Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Sensasi ketika meditasi  (Read 37124 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Sensasi ketika meditasi
« on: 30 October 2007, 04:23:56 PM »
Lanjutan dari Thread lain,

Ada pernah dapat sensasi2x ketika meditasi ? bisa enak maupun tidak enak

There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #1 on: 30 October 2007, 04:44:42 PM »
Saya jarang meditasi, tapi dulu pernah meditasi 30 menit dengan objek pernafasan.
Waktu itu sensasi yang dialami ya ada perasaan melayang dan badan menjadi ringan, isi kepala menjadi plong.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline uwi

  • Teman
  • **
  • Posts: 98
  • Reputasi: 8
  • Gender: Male
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #2 on: 30 October 2007, 04:51:55 PM »
meluas, padang cahaya, sendirian, badan - kepala seperti di pressed. semua itu sensasi major, sedangkan yang minor cepat silih berganti seperti nikmat yang datang tiba2 dan menghilang tiba2.
"Etam mama, eso hamasmi, eso me atta 'ti."

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #3 on: 31 October 2007, 07:03:09 AM »
banyak tp seringkali ga diingat, beberapa yg saya ingat :

suhu tubuh meningkat ->akhirnya dipakai kl sdg dingin, meditasi bentar untuk meningkatkan suhu tubuh :))

ada pancaran energi (bahagia) yg muncul, meluber sampe ke ujung dunia sehingga semua orang bagian dr energi itu, semua org adalah satu -> yg ini bikin ga bisa ga senyum selama 1 minggu (bisa dikendalikan, tp kl lg diem, bisa senyum2 sendiri lagi) ;D

yg ga enak ya spt skrg, ada tekanan di kuping.
ini kejadian sdh 7 thn, 7 thn lalu paling parah, kuping, kepala belakang dan dahi sakit. mnrt yg lain mungkin krn kurang relax. akhirnya tidak meditasi selama 3 thn. mula2 hanya bisa mesitasi atanpa gangguan kuping sakit selama 10-15 mnt. wkt buat jurnal sdh ada kemajuan, bisa meditasi 20-30 mnt, cuman kembali lagi kupingnya sakit #-o

oni... kao titi bobo... gigi...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #4 on: 31 October 2007, 08:18:55 AM »
dulu pernah ada sensasi badan memanas, kuping mendengung, kalau tidak tenang, kaki kesemutan, kalau tenang, kaki tidak kesemutan, hilang semua.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #5 on: 31 October 2007, 08:27:38 AM »
saya pernah alami telinga mendengung pada meditasi saat sangat sunyi. Memang kurang begitu nyaman ketika meditasi ada suara ngiiiiiiing. Solusinya, saya buka mp3 buddhist tapi suaranya kecil untuk memecah keheningan.
 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #6 on: 31 October 2007, 09:02:36 AM »
kalo ini dengung kapan saja, mau berisik ataupun tidak. bahkan ketika tidak meditasi duduk juga ada nih...
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #7 on: 31 October 2007, 11:37:20 AM »
Sejak mulai belajar meditasi ada sensasi denyutan di tubuh, kadang di lengan, betis, paha, wajah, dll.
Awalnya saya pikir hanya perasaan yang sensitif terhadap aliran darah. Tapi kalau diperhatikan dengan mata, ternyata memang benar-benar berdenyut (bergetar).

Seingat saya, sensasi ini tidak pernah terjadi sebelum berlatih meditasi..
Atau mungkin juga sudah terjadi, tapi kurang diperhatikan? :-?
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #8 on: 31 October 2007, 11:41:55 AM »
wah, kalau denyut belon pernah ngerasain om. darah tinggi nga :P
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #9 on: 31 October 2007, 11:51:19 AM »
Darah tinggi?
Wadoh.. :-SS

Ngga mungkin darah tinggi kan kalo tinggi aye cuma 168 cm..
Kalo 2 meter tuh baru tinggi.. :))

Yang ada juga rendah hati, karena posisi hati aye rendah.. =))
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #10 on: 31 October 2007, 11:54:21 AM »
:))

keknya belon ada yg mirip2x yah, mesti disampling lebih banyak biar bisa dibahas nih...
There is no place like 127.0.0.1

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #11 on: 31 October 2007, 12:36:21 PM »
kok gua ga ada sensasi ya???

harus tekun meditasi nih... :) :) :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline MONBAB

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 15
  • Reputasi: 1
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #12 on: 31 October 2007, 12:48:54 PM »
sensasi maksudnya sensasi fisik? kalo begitu: kesemutan, keram, bagian hidung di antara mata seperti tertekan (sangat amat tidak nyaman), tiap nafas jadi pendek sekali tapi bukan ngos2an malah sebaliknya nyantai, n badan terasa ringan.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #13 on: 31 October 2007, 01:07:48 PM »
nah, bagian diantara mata keatas sedikit juga ada tertekan, tapi kalau dialihkan/tidak diperhatikan hilang sendiri. soal nafas pendek, juga pernah tuh... sampe hilang.... dan panik  :))
There is no place like 127.0.0.1

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Sensasi ketika meditasi
« Reply #14 on: 31 October 2007, 01:12:45 PM »
Sensasi ketika hanya "AKU" dan "Objek"