Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..  (Read 10558 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.351
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« on: 08 January 2009, 07:56:11 PM »
Sebenernya si ini pengalaman pribadi dari mama aku, Begini cerita-nya:

Dirumah kami kan terdapat seekor burung kutilang yang sudah kami rawat selama kurang lebih 3 tahun. Pertama kali datang burung kutilang tersebut sangat lah liar dan galak. Mama pun mencoba meluluhkan-nya dengan kasih sayang dengan memancarkan cinta kasih kepada burung tersebut dengan tetap memelihara dan merawat burung tersebut. Akhirnya usaha mama pun berbuah, burung tersebut menjadi jinak sekali, setiap kita pulang khususnya mama burung tersebut selalu bernyanyi(mengeluarkan suaranya) dengan senang sekali sepertinya, dan setiap dipanggil namanya pun dia selalu bunyi(tanda menyahut).. :D

oh iya, kelupaaan burung tersebut kami beri nama Itam.. :D
seiring perjalanan waktu, dirumah pun kami sering memutar lagu-lagu yang memancarkan cinta kasih universal..

Ajal itu pun datang, Itam pun akhirnya meninggal dunia sekitar sebulan lalu pada malam hari, mama sempat merasa kehilangan, aku berusaha menghibur dengan menguatkan bahwa semua mahkluk pasti akan mengalami kematian, tidak ada yng tau kapan kita akan mengalami-nya.

Mama pun berpikir, apa yang bisa dilakukan untuk membantu burung tersebut supaya tidak terlahir dialam yng sama. Mama pun melakuka kebajikan besar ( mempersembahkan bunga di buddha rupang n melepas makhluk hidup) lalu melimpahkan jas tersebut ke burung tersebut.

Tepatnya Semalam(tanggal 7-01-09) mama bermimpi, sewaktu mama pulang kerumah ketika membuka pintu ada seorang lelaki dengan umur 30 thn dengan kulit sawo matang, seketika orang tersebut melihat mama langsung dia mencium tangan mama n dahi mama n bersujud mengucapkan terima kasih sekali atas bantuan n perawatan mama selama ini. Mama heran dan bertanya kamu siapa, orang tersebut menjawab saya Itam bu.. :) :)

Sontak mama kaget dan terharu.. lalu mama bertanya gmn kamu itam apa sudah bahagia disana.. ?? sudah bu saya sudah bahagia sekarang, dan sekali lagi dia mengucapkan terima kasih ke mama...
lalu setelah itu lelaki itu pun mohon pamit dan menghilang dan mama pun terbangun dengan perasaan bahagia. :)

Benar ternyata semua makhluk bisa merasakan getaran cinta kasih yang kita pancarkan dan Pelimpahan jasa kebajikan benarlah adanya.
semoga ini bisa menambah usaha kita untuk berbuat baik ke semua mahkluk dan membagikan jasa kita ke yang membutuhkan.
salam metta.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #1 on: 08 January 2009, 09:02:00 PM »
Wah.. Mama Nanda sangat baik hati ya..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #2 on: 08 January 2009, 09:28:33 PM »
Sungguh mulia perbuatan Mama-mu, Nanda...
Sungguh baik hatimu, Nanda...
Semoga Itam berbahagia...

Sebagai renungan saja, Bro...
...mimpi itu tidak bisa diyakini 100%...  :)

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #3 on: 08 January 2009, 10:13:23 PM »
kejadian yg aneh
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #4 on: 08 January 2009, 10:41:21 PM »
Good Post !
Gw jadi teringat mimpi gw yang menyebabkan gw jadi buddhis sekarang
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #5 on: 09 January 2009, 01:48:13 AM »
Yah aneh ngga aneh yg penting mamanya Nanda sudah menjadi lebih yakin berkat mimpi dan lebih tekun lg dlm menjalankan kebaikan dan praktek dhamma, ngga masalah lah..

Bagus tuh ceritanya.. Semoga secepatnya mama saya bs begitu jg seperti mama Nanda ^^ :)

Nice sharing.. grp sent bro :)

mettacittena
_/\_
appamadena sampadetha

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.351
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #6 on: 09 January 2009, 01:51:52 AM »
thx all... :)
moga-moga bisa berguna post ini.. ;D

Offline oddiezz

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • in vain
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #7 on: 09 January 2009, 08:58:54 AM »
Good Post !
Gw jadi teringat mimpi gw yang menyebabkan gw jadi buddhis sekarang

mimpi gimana ? dishare juga aja..
Eschew Obfuscation! Espouse Elucidation!

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #8 on: 09 January 2009, 11:49:04 AM »
Good Post !
Gw jadi teringat mimpi gw yang menyebabkan gw jadi buddhis sekarang

mimpi gimana ? dishare juga aja..

Oke, saya repost kembali.. ^_^
 
kisah hidup saya bisa jadi buddhis agak di luar nalar
meski terlahir dari ortu yang sering sembahyang pake hio
dan sekolah dari sd sampai kuliah non buddhis
akhirnya saya menjadi buddhis yang di dapat dari mimpi

saya mimpi di datangi tiga rupang yang nembus tembok kamar saya dari bulatan kecil sampai menjadi berbentuk rupang (rupang tengah paling besar, sedang kiri kanan ukuran sama sedang sebagai pengapit)
sudah itu dalam mimpi, saya seketika beranjali kepada tiga rupang tersebut, untuk kemudian mereka mengecil dan lenyap kembali di tembok kamar.

seketika keringat dingin saya mengucur deras, dan saya sontak bangun sambil merenung
beberapa hari kemudian saat cici saya mengajak saya pergi ke vihara, saya mulai mau ikut (biasanya saya ga pernah mau karena malas)
dan anehnya saat saya hadir ke dalam ruangan uposathagara vihara jakarta dhammacakka jaya - sunter itu, seketika saya terkesiap, karena rupang yang ada di dalam ruangan tersebut mirip sekali dengan rupang yang saya impikan tersebut

sejak saat itu saya mulai mengenal ajaran Dhamma dari nol
dan kenapa saya bisa mimpi seperti itu saya juga ga bisa menemukan jawabannya
mungkin dalam kehidupan lalu saya mempunyai tekad untuk selalu berlindung pada Buddha Dhamma Sangha kali ya ?

dan pada akhirnya saya di tisaranakan menjadi upasakha di vihara tersebut

demikian ulasan singkat perjalanan hidup saya menjadi seorang buddhis   
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #9 on: 09 January 2009, 11:55:32 AM »
kok pada aneh ya ???

apa g doank yg gak aneh, makanya jadi aneh?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #10 on: 09 January 2009, 04:22:09 PM »
Nice :jempol: semoga semua makhluk berbahagia _/\_ :lotus: :)
Smile Forever :)

Offline doris

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 1
  • hallo semoga bahagia
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #11 on: 09 January 2009, 04:27:15 PM »
met sore

mimpi bagi dong
Kemana aku mencari guru sejati

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #12 on: 09 January 2009, 04:30:35 PM »
kok pada aneh ya ???

apa g doank yg gak aneh, makanya jadi aneh?

Loe aneh ? mana gw tau.. itukan diri loe sendiri bro..
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline bhadrasuryabhumi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 31
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #13 on: 09 January 2009, 09:09:50 PM »
Terima kasih... sangat berguna sekali :D ... nanti saya akan terapkan buat si kukuk.
sayang belom bisa ngasih GRP _/\_
« Last Edit: 09 January 2009, 09:11:53 PM by bhadrasuryabhumi »

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #14 on: 09 January 2009, 09:31:23 PM »
kok pada aneh ya ???

apa g doank yg gak aneh, makanya jadi aneh?
dunia emang 'aneh'. hatred sendiri di sudut pandang org laen jg 'aneh' :))
ya sesama orang 'aneh' jangan meng'aneh'kan.. ntar jadi makin 'aneh' ^-^
appamadena sampadetha

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #15 on: 09 January 2009, 09:33:43 PM »
 [at] xuvie

heii... kemana saja kau ? baru muncul

aneh....
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #16 on: 09 January 2009, 09:49:07 PM »
kok pada aneh ya ???

apa g doank yg gak aneh, makanya jadi aneh?

Bro Hatred ga aneh kok... tapi unik... :))

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #17 on: 09 January 2009, 10:07:26 PM »
 :( terharu

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #18 on: 09 January 2009, 11:55:23 PM »
koq pola nya mirip ya?

bener kata medok... ada "pola"-nya

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #19 on: 10 January 2009, 02:03:43 AM »
[at] xuvie

heii... kemana saja kau ? baru muncul

aneh....
maklum bro rada (sok) sibuk.. hehehe ;D
appamadena sampadetha

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.351
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #20 on: 14 January 2009, 07:38:05 AM »
saya yakin semua bisa, coba lah praktekan dhamma itu.. :)
thx ya uda kasi GRP.. ;D

;D

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.644
  • Reputasi: 67
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #21 on: 14 January 2009, 10:16:44 AM »
Indah mimpi itu, saya pernah bermimpi pula pasang hio di depan pintu rumah kamar atas, kemudian langitpun mengeluarkan kilat2 yang indah, tapi tidak membuat ngeri, bentuknya bagus dan bercahaya
Tidak tahu maksudnya apa ? Hanya sekadar bunga tidur ?
Dulu Papa Mama punya altar sembahyang berwujud tempelan Hu yg diberi tempat dupa dan lilin
Pernah suatu ketika saya bermimpi altar itu bergerak dan pindah ke kamar saya
Dan saya merasa senang dan bahagia
Begitu

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #22 on: 29 January 2009, 12:07:06 AM »
semoga semua makhluk hidup berbahagia...
sadhu3x...
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline huihui

  • Sebelumnya parahita
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.278
  • Reputasi: 109
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #23 on: 29 January 2009, 12:55:15 PM »
nice true story :jempol:

Offline sumana

  • Teman
  • **
  • Posts: 98
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Limit by yourself
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #24 on: 30 June 2009, 01:14:28 PM »
Pengalaman waktu saya masih usia 19-23tahun.
waktu itu jam malam 11, antara sadar dan tidak, saya seolah-olah mendengar ada yang berkata bahwa ayah saya akan
menuju tempat yang lebih bahagia dalam waktu 3 bulan. tentunya hal ini sempat membuat saya was-was.
karena pada saat itu, ayah saya memang lagi sakit, yg lumayan berat juga
dan memang setelah  3 bulan, ayah saya wafat. ya.. itu tadi penyakitnya. ANICCA
dan, dulunya saya sering berdoa baca paritta di hadapan DEWI KWAN IM.
boleh percaya boleh tidak.
Kelahiran telah terjadi, sukha dan dukha silih berganti. Kehidupan tidak kekal, menggapai pembebasan terakhir (nibbana).

Offline Wijianto sugiato

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 20
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Mimpi yang membuat-ku yakin dhamma lah yang terbaik..
« Reply #25 on: 29 April 2017, 01:59:48 AM »
Ini baru mantap!.