Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?  (Read 21500 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #75 on: 11 January 2009, 12:10:59 AM »
emanknya kesurupan itu ada yg gak termasuk dimasuki ya?
dimasuki bukan berarti gak bisa dikeluarkan lagi kan?

Kalau dalam pandangan orang awam 'kan makhluk halus itu bisa "hinggap" di dalam tubuh orang lain, sehingga orang itu kesurupan.

Kalau kata Bro Kainyn, makhluk halus itu menyurupi orang dengan cara mengintimidasi pikirannya, sehingga batin orang itu 'jatuh' dan mengikuti intimidasi dari makhluk halus itu.

Sedangkan menurut kisah di Surabha-Miga-Jataka No.483 (Cerita Jataka tentang Dewa Sakka merasuki tubuh pendeta), diknyatakan bahwa Dewa Sakka (dianggap makhluk halus dong  ::)), MASUK ke dalam tubuh orang alias menyurupi / merasuki.


[at] Reenzia

Kalau bisa masuk, seharusnya bisa keluar juga...  ^-^

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #76 on: 11 January 2009, 12:15:19 AM »
hmm intimidasi ya? bisa juga....berarti kyk menghipnotis/mempengaruhi pikiran gt kah?

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #77 on: 11 January 2009, 12:20:01 AM »
hmm intimidasi ya? bisa juga....berarti kyk menghipnotis/mempengaruhi pikiran gt kah?

Kurang lebih memang seperti itu.

Jika hipnotis itu melalui metode pemberian sugesti, kalau menyurup / merasuki itu melalui metode mengintimidasi.
^ Copas dari penjelasan Kainyn_Kutho  ;D

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #78 on: 11 January 2009, 12:30:49 AM »


kira kira seperti ini kali tampangnya

Offline kiman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 348
  • Reputasi: 13
  • Gender: Female
  • HUM !
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #79 on: 11 January 2009, 12:44:12 AM »
yup... dy hinggap di bahu, kemudian mengintimidasi... wa tau, karena wa pernah kesurupan...
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #80 on: 11 January 2009, 02:58:20 AM »
wah pernah kesurupan? coba cerita donk....
Lebih tokcer klo dpt cerita dr pengalaman langsung...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #81 on: 11 January 2009, 11:14:37 AM »
Walaupun dikatakan "merasuk", dalam dhamma bukan seperti roh itu menempati tubuh seseorang. Kembali lagi mahluk adalah bathin jasmani yang saling berhubungan, bukan semacam tubuh (kendaraan) yang diisi roh (yang bisa di-keluar-masuk-in pula). Saat seseorang dirasuki, maka bathin dan jasmaninya tetap ada di sana (tidak bisa dibawa ke tempat lain atau disembunyikan oleh si perasuk). Bedanya, ia dalam pengaruh sehingga kesadaran terhadap bathin-jasmaninya resesif, cenderung mengikuti si perasuk.

Offline kiman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 348
  • Reputasi: 13
  • Gender: Female
  • HUM !
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #82 on: 11 January 2009, 01:00:35 PM »
emm gimana y ceritainnya... wa bs ceritain tapi nanti mlm ja y... lg males mikir hehehe...
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #83 on: 11 January 2009, 09:59:49 PM »
[at] kiman

Sekarang sudah malam, loh...  :D

Omong-omong, kok Anda bisa tahu kalau ada sesuatu yang hinggap di bahu Anda?  ;D

Offline kiman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 348
  • Reputasi: 13
  • Gender: Female
  • HUM !
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #84 on: 11 January 2009, 11:50:56 PM »
emm... kek ada pressing dari belakang, nemplok di bahu. pokoke nda enak... itu wkt SMP lho...
4 org tmen ku bs liat mereka, jadi setiap ada kejadian, mereka tau gmn cara makhluk itu ngontrolin korban. dy berdiri dibelakang korban, mendekati kepala. makanya bulu buduk merinding karena dingin yg ngga kek biasanya, terutama rambut di leher. hiii hiii hiii hiii.....

dari kesurupan, aku dpt bnyk pengalaman. ternyata mereka memanfaatkan ketidaktenangan batin. lebih tepatnya ego ato keegoisan. aku di rumah jg pernah kesurupan. di rumah kesurupannya pas Kul, uda belajar Dharma wkt itu. kesurupan kan kesadaran tetep ada cm badan ini serasa ga ada di tangan kita.

di rumah, aku kan lg guling2, pengen bobo. aku tau dy ada diatasku. trus kubilang ja (lwt batin), percuma niban ke tubuh ini yg ga ada apa2nya... eh dy msh niban jg... kesadaran sempat melayang. tapi karena aku melepas, dy jd ga bs apa2. dy bingunk sendiri. uda itu keluar sendiri coz apa yg diinginkannya melalui tubuh ku, ga didapetin. setelah dy pergi, ga lemes2 amat, ga kek kesurupan dulu waktu SMP...
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

Offline N1AR

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 930
  • Reputasi: 22
  • Yui
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #85 on: 12 January 2009, 11:46:22 AM »
kalau kesurupan kata temen
dalam tahap awal akan ada suara yg makin lama2 makin keras ( kaya ing.......ING......ING....... )

 [at] kiman
bener nih kejadian dari pihak 1

dia berdiri dibelakang korban
maksudnya kaya di tradisi yah.. kaki yg kesurupan menginjak kaki dia gitu, dikontrol kaya boneka pinokio

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #86 on: 13 January 2009, 01:13:51 AM »
ngga pernah liat orang kesurupan ... kecuali liat ditv, koran dan cerita2
katany ada yg bilang ..... orang yg gampang kesurupan, salah satunya ada tulang yg bolong?? ato orang yg kesurupan itu adalah masih ada tali persodaraan bisa jg disebut leluhurnya, benarkah begitu ???

kalo yg pernah ayee ngalamin ..... tiba2 mencium aroma ... bau/wangi dan ini tercium bukan hanya ayee tapi bebrapa orang dalam ruangan itu .... fenomenan apa ini?? (maaf kalo sedikit oot)  ;D

 
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline kiman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 348
  • Reputasi: 13
  • Gender: Female
  • HUM !
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #87 on: 13 January 2009, 10:23:16 PM »
tulang bolong, gak percaya aku.
tali persodaraan, mgkn, tapi bs jg ngga mgkn. yah tergantung karma nya si korban ko.

wangi: umumnya baik, asal wangi nya tdk menyengat hidung. aku jg pernah, dulu waktu lg serius belajar Dharma, wewangian itu selalu ada. wkt lg kumpul2 (sesama Buddhis), wewangian itu sering muncul. wangi nya khas, ngga spt dupa.

kalo mama ku bilang, kalo ada bau wangi atau bau aneh, jgn bnyk komentar. mereka itu ada di dekat kita. simpan di dalam hati aja. toh kalau baik, mereka pasti mengerti kita...

kalo mereka iseng, ya balik ke karma, berarti dulu kita pernah buat karma tidak bajik ke dy...
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #88 on: 13 January 2009, 11:17:57 PM »
klo bauk kentut???

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bagaimanakah Kesurupan Itu?
« Reply #89 on: 14 January 2009, 01:02:13 AM »
klo bauk kentut???

.. itu berarti ko Hendra ada di samping Gw .....



  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....