//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [INFO] Studi: Ponsel Picu Penyakit Ginjal dan Jantung!  (Read 1761 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
[INFO] Studi: Ponsel Picu Penyakit Ginjal dan Jantung!
« on: 30 December 2008, 03:40:58 PM »



Rumania - Para ilmuwan seakan berlomba menemukan dampak yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel terhadap kesehatan. Sekelompok ilmuwan di Rumania misalnya, baru-baru ini mengklaim radiasi ponsel bisa merusak jantung dan ginjal manusia.

Dikutip detikINET dari Mina, Selasa (30/12/2008), dijelaskan bahwa paparan radiasi ponsel menyebabkan hemoglobin di sel darah merah bocor. Hal ini dapat jadi biang penyakit jantung dan batu ginjal.

Dalam riset ini, para ilmuwan menggunakan sampel sel darah yang diberi radiasi dalam berbagai skala selama sepuluh sampai 60 jam. Terungkap bahwa meski dalam level radiasi yang paling rendah, kebocoran hemoglobin tetap terjadi.

Studi dilakukan di European Research Institute for Electronic Component yang berbasis di Bukares. Hasil temuan ini membuat beberapa pihak meminta otoritas berwewenang menyikapinya dengan serius.

Profesor Edward Tuddenham dari Imperial College Medical Shool di London menyatakan bahwa temuan itu mengkhawatirkan dan perlu ditindaklanjuti. Sebab menurutnya, akumulasi hemoglobin di dalam tubuh memang bisa menyebabkan penyakit jantung atau ginjal.

"Kita memang masih menginvestigasi konsekuensi biologis dari ponsel. Namun jelas telah terdapat studi laboratorium yang menyatakan memang ada efek buruk," demikian pendapat lain dari lembaga konsumen Powerwatch di Inggris.

Ponsel sebelumnya sudah sering dikait-kaitkan berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Misalnya radiasi ponsel bisa menyebabkan beragam jenis kanker. Namun demikian, tak sedikit pula studi yang membuktikan sebaliknya.
« Last Edit: 14 January 2009, 06:05:50 PM by Forte »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Studi: Ponsel Picu Penyakit Ginjal dan Jantung!
« Reply #1 on: 30 December 2008, 04:40:48 PM »
Nice info bro Markos,

Mungkin saya bisa menjelaskan sedikit mengenai penyebab gagal jantung / ginjal ini dengan mengkaitkan kimia dasar, dan fisiologi tubuh. Istilah dari bocor Hemoglobin lebih saya tangkap dengan arti naiknya bilangan oksidasi dari zat besi (Ferrum).  Mohon koreksi jika ada kesalahan.

Seperti yang kita tahu, Hb itu memiliki inti Fero (Fe2+) yang mana biasa disupplay dalam bentuk SF (Sulfas Ferrosus), dan dalam hal ini akibat adanya radiasi, akan ada perpindahan energi yang akan mengaktifkan energi aktivasi yang memungkinkan loncatan electron. Loncatan electron ini akan menyebabkan naiknya bilangan oksidasi dari +2 menjadi +3 (Fero => Feri), akibatnya ikatan yang ada di dalam Hb akan lemah dan terlepaslah zat besi di dalam Hb itu.

Ferri yang dalam bentuk sudah teroksidasi ini akan mengendap di jantung dan ginjal sehingga menyebabkan kelainan pada kedua organ tersebut.

Saya rasa gejalanya akan mirip dengan gejala Thalasemia yang mana terdapat kelainan pada saat uptake zat besi yang ada di dalam Hb pada eritrosit yang sudah tua..

 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

 

anything