Project Program Logika08F

Started by candra_mukti19, 17 December 2008, 09:11:53 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

candra_mukti19

Quote from: johan3000 on 22 December 2008, 11:33:52 AM
Bagaimana Logika08F dpt digunakan utk menaikan penjualan di suatu perusahaan?
Bagaimana Logika08F dpt digunakan utk membuat seorang pengajar lebih baik lagi?

thanks!

untuk menaikan penjualan suatu barang perlu menggunakan logika statistic, bukan logika filsafat
sedangkan untuk seorang guru, logika filsafat ini sangat berguna, sebab dia dapat memahami dengan jernih konsep-konsep yang hendak disampaikan kepada muridnya, serta mengetahui jalan untuk dapat membuat murid-muridnya mengerti secara logic.

polandio

waduh lupa dimana ya? maaf ingatan kurang begitu bagus. pokokne masi angka 18. bisa dibagi ga trialnya?
I've Been Here

candra_mukti19

Quote from: polandio on 22 December 2008, 01:01:34 PM
waduh lupa dimana ya? maaf ingatan kurang begitu bagus. pokokne masi angka 18. bisa dibagi ga trialnya?

kalo saya kirim, ntar saya juga harus mengirim petunjuk penggunaannya. soalnya, saya belum membuat menu Help. trus, anda menggunakannya gimana?

polandio

Begitu susahnya kah program sdr. candra_mukti19? hm.. wa jg berniat utk membuat satu program logika. teori yang mendasari program logika sdr apa ya? Mohon bimbingannya
I've Been Here

candra_mukti19

Quote from: polandio on 23 December 2008, 06:46:29 PM
Begitu susahnya kah program sdr. candra_mukti19? hm.. wa jg berniat utk membuat satu program logika. teori yang mendasari program logika sdr apa ya? Mohon bimbingannya

logika aristoteles, 19 rumus.

mengoperasikan programnya sih tidak terlalu sulit, tapi kalo tidak mengerti ilmu logikanya sama seperti orang mencoba mengoperasikan MYOB, tapi gak ngerti akuntan. atau, mengoperasikan SPSS, tapi gak ngerti statistic, tentu program tersebut menjadi tampak kurang berdaya guna.

polandio

Wow aristoteles, I love aris. tapi maksud saya dasar logika apa yang sdr candra_mukti19 buat? Apakah:
- Abductive logic
- Constraint logic
- Concurrent logic
- Inductive logic
- Higher-order
- Linear logic
- etc?

Sori ini merupakan kopian dari wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Logic_programming). Jadi dimanakah sdr. menaruh tempat program sdr. ? Mohon bimbingannya.
I've Been Here

hatRed

 [at] polandio

keknya e tertarik ma algo,

mo minta saran n masukan bro

kalo Ant colony system tau gak bro, ada contoh implementasinya gak?
i'm just a mammal with troubled soul



polandio

sdr. hatRed, wa kurang begitu paham mengenai ant colony. wa sudah mencari di mr.google dan menemukan bahwa itu adalah algoritma penemuan jalur. Untuk penemuan jalur, wa lebih banyak menggunakan A* atau Djikstra. Selain lebih cepat dari algoritma lain juga lebih mudah.
Untuk implementasi penemuan jalur, wa lebih sering untuk pembuatan AI seorang musuh mencari jalur seorang jagoan.

Semoga membantu sdr. hatRed.
I've Been Here

candra_mukti19

Quote from: polandio on 24 December 2008, 03:02:00 PM
Wow aristoteles, I love aris. tapi maksud saya dasar logika apa yang sdr candra_mukti19 buat? Apakah:
- Abductive logic
- Constraint logic
- Concurrent logic
- Inductive logic
- Higher-order
- Linear logic
- etc?

Sori ini merupakan kopian dari wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Logic_programming). Jadi dimanakah sdr. menaruh tempat program sdr. ? Mohon bimbingannya.

deduktif logic

johan3000

Quote from: polandio on 24 December 2008, 03:15:13 PM
sdr. hatRed, wa kurang begitu paham mengenai ant colony. wa sudah mencari di mr.google dan menemukan bahwa itu adalah algoritma penemuan jalur. Untuk penemuan jalur, wa lebih banyak menggunakan A* atau Djikstra. Selain lebih cepat dari algoritma lain juga lebih mudah.
Untuk implementasi penemuan jalur, wa lebih sering untuk pembuatan AI seorang musuh mencari jalur seorang jagoan.

Semoga membantu sdr. hatRed.

Seperti halnya saya kagum akan Mr. Pacman... bagaimana dia bisa dikejar monster...
(Ataut lebih tepat mengatakan :
   Bagaimana monster2 mengejar Pacman) ?

Setelah berpikir beberapa minggu....(tanpa meditasi dan baca buku)....
akhirnya sewaktu saya mencuci tangan di washtafel....
ehhh koq airnya selalu meluncur ke lubang dari bawah.......(nah idea keluar)....

Algorithm sbb :
Pada posisi Pacman, carilah jalan yg dpt dilalui (4 derection), dan berikan nilai 1....

#RR
Dari posisi yg bernilai (bukan tembok)....
lakukan pencarian 4 arah lagi dan memberikan tempat yg dpt dilalui dgn nilai P+1...
   (dimana P adalah nilai sebelumnya tempat pembuatan nilai baru)....

ulamgom #RR sampai semua tempat terisi nilai.....

cara monter mencari pacman adalah sbb :
bandingkan nilai 4 arah dan pilih salah satu yg paling kecil (atau sama)
   kemudian monter melangkah ke arah tsb....
   (contoh 4, 5, 4, 4   maka yg dipilih adalah angka 4... boleh yg mana saja)

Dgn cara begitulah monter dpt mengejar Pacman.....

Walaupun cara tsb bukan Djikstra maupun AI.....

NB. Kalau sharing ilmu jangan pelit2 deh spt bro Chandra....(enjrit, engrit.....
  spt org terceret, ceret, cirit, cirit, pilit, pelit, pilit, pelit )

gimana menurut yg lain ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Quote from: candra_mukti19 on 25 December 2008, 03:59:36 PM
Quote from: polandio on 24 December 2008, 03:02:00 PM
Wow aristoteles, I love aris. tapi maksud saya dasar logika apa yang sdr candra_mukti19 buat? Apakah:
- Abductive logic
- Constraint logic
- Concurrent logic
- Inductive logic
- Higher-order
- Linear logic
- etc?

Sori ini merupakan kopian dari wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Logic_programming). Jadi dimanakah sdr. menaruh tempat program sdr. ? Mohon bimbingannya.

deduktif logic
rules base... forwared atau backward chain?....
...
jangan pelit2 deh membagi ilmu....
mana gambaran codingnya....

deductive logic.... apakah itu spt yg dpt dikerjain di LISP dan PROLOG?

hayo doxen.... ngajarin DONG!...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Quote from: candra_mukti19 on 24 December 2008, 07:57:04 AM
Quote from: polandio on 23 December 2008, 06:46:29 PM
Begitu susahnya kah program sdr. candra_mukti19? hm.. wa jg berniat utk membuat satu program logika. teori yang mendasari program logika sdr apa ya? Mohon bimbingannya

logika aristoteles, 19 rumus.

mengoperasikan programnya sih tidak terlalu sulit, tapi kalo tidak mengerti ilmu logikanya sama seperti orang mencoba mengoperasikan MYOB, tapi gak ngerti akuntan. atau, mengoperasikan SPSS, tapi gak ngerti statistic, tentu program tersebut menjadi tampak kurang berdaya guna.

bRO cHANDRA....
dari dulu muncul judul 19....

mana daftar lengkapnya sekali gus....
supaya bisa gw checking apa ada kesalahan....

heheheheheh! hayo! pak Doxen....semangat....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

polandio

sdr. johan3000, yap. itu adalah dasar algoritma dari A*. Dimana menemukan jalur terdekat dari solusi yang ingin dicari. Algoritma yang dijabarkan oleh sdr. memerlukan banyak resource yaitu cari 4 langkah dari kemungkinan yang ada. bagaimana jika 1000 jalan kemungkinan? pasti akan lama sekali. Itu diterapkan untuk jalur 3D yang memunculkan banyak kemungkinan dari sudut X bukan lagi sudut Y.
I've Been Here

polandio

Wa mengerti apa yang dimaksud dengan sdr. candra_mukti19. Dia mengambil rumus aristoteles (entahlah apakah sebanyak 19 rumus atau lebih) dan membentuk konsepnya sendiri berdasarkan pengalamannya. Wa salut dengan konsep buatan sendiri. Dengan logika bersifat deduktif, ini merupakan hasil yang bisa dijual dengan harga yang lebih dipasaran. Wa harus banyak belajar dari beliau. Begitu perkiraan wa sdr. johan3000.
I've Been Here

johan3000

Quote from: polandio on 25 December 2008, 09:22:04 PM
sdr. johan3000, yap. itu adalah dasar algoritma dari A*. Dimana menemukan jalur terdekat dari solusi yang ingin dicari. Algoritma yang dijabarkan oleh sdr. memerlukan banyak resource yaitu cari 4 langkah dari kemungkinan yang ada. bagaimana jika 1000 jalan kemungkinan? pasti akan lama sekali. Itu diterapkan untuk jalur 3D yang memunculkan banyak kemungkinan dari sudut X bukan lagi sudut Y.

Shortest path

Bener bro Polandio....
Mr. Pacman adalah game 2 demensi.... yg gerakannya cuma 4 arah (diagonal tidak diizinkan)...
nah dlm kasusu 3D... mungkin bisa diterapkan semacam (stack) yg menimpang jumlah2 N node yg akan didapat dipakai sebagai access path (jln yg dpt dilalui)....

Type program diatas memang ke arah brute force (membabi buta).... tapi hasilnya utk game kecil2an masih feasible.... kalau utk jaringan sekota.... bisa2...out of resources.....

Kalau cara yg lebih canggih lagi....sih menunggu sharing dari bro Polandio....

murid siap mendengarkan!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya