Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: car BERPIKIR...  (Read 9183 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
car BERPIKIR...
« on: 09 December 2008, 11:39:42 AM »
Hayo, semua rekan2,... mari kita sama2 belajar cara berpikir....

Spt yg ku dengar,
Kebijaksanaan dpt diperoleh :
1. melalui membaca, mendengarkan pengalaman org lain,
2. menganalisa dgn logika secara rational dan cermat apa yg didapat #1
3. melalui meditasi vipasana..


Ternyata disini Bro candra_mukti19 yg konon meditasi udah pernah mencapai jhanna
plus siswa terbaik dari ilmu logika... dpt berbagi pengetahuannya pada kita2...

Quote
saya (Candra_mukti19) yakin kalau saya mengerti logic. mengapa? karena saya telah belajar kursus lilmu logika filsafat kepada seorang guru besar ilmu logika selama 2 tahun. dari 88 orang muridnya, saya adalah siswa terbaik dari ilmu logika. beliau merekomendasikan saya untuk mengajar ilmu logika di salah satu universitas di bandung, tapi saya gak berminat. kalau anda meragukan kemampuan logika saya, silahkan anda menguji kemampuan logika saya.

terlihat berbelit-belit ya? itu tandanya otak anda gak nyampe ke ilmu saya. maka jangn minta banyak-banyak. gw kasih atu aja pernyataan gw :

Johan!
saya perhatikan anda itu cuma orang yang berusaha memperbanyak pertanyaan, dalam tradisi islam itu disebut metode jindal. boleh-boleh aja memperbanyak pertanyaan, tapi harus fokus pada inti permasalahan. saya perhatikan, pertanyaan anda diajukan dengan kurang memperhatikan bagian terpenting dari suatu pernyataan orang lain, maka pertanyaan-pertanyaan anda jadi ngambang. cobalah deh, untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang lebih fokus ke inti persoalan!

Quote diatas hanya sedikit flash back...(atau sbg catatan saja...dan tak bermaksud lain...)

Jadi begini....Bro candra_mukti19,

Anda sebagai kepala suatu proyek!..............

pengalaman yg pernah diuji :
Dua org dewasa (umur 20) masing2 dilengkapi 1 secop, 1 emberPlastik* 6Liter, 1 Jangkul,
Tali pemanjat gunung diameter 15mm, panjang 70m berkekuatan 1000kg
Apabila  2 org tsb diatas bekerja selama 7 jam perhari dapat menggali kedalaman 1 meter,

(* utk angkat tanah keatas)

proyek yg akan datang :
#1. Berapakah kedalaman yg dpt dicapai bila memperkerjakan total 10 orang (dewasa)?
Dengan asumsi kekerasan tanah adalah homogen (sama) dan cuaca cerah!
#2. Berikanlah analisa jelas dan rinci tentang jawaban anda pada #1.
#3. Sebutkanlah semua kemungkinan2 yg perlu diantisipasi dan diketahui.

Selamat menjawab Bro candra_mukti19.

Setelah Bro Candra_Mukti19 menjawab, yg lain silahkan berpartisipasi...
tetapi tempat hormat pertama kita berikan pada Bro Candra_Mukti19...

Yg lain pingin jawab bisa pakai HOVER atau PM gw, dan nanti saya postingkan....

Thanks, dan saya menunggu jawaban dari anda!... <:-P
« Last Edit: 09 December 2008, 11:50:05 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
Re: car BERPIKIR...
« Reply #1 on: 09 December 2008, 12:37:16 PM »
 [at]  johan

saya bukan ahli dalam logika matematika. sejak smu hingga kuliah, nilai matematik saya paling butut. kalau anda mau menguji kemampuan logika matematis saya, saya nyerah. matematika adalah kelemahan saya. kalo anda mo menguji kemampuan logika filasafat saya, maka silahkan!

dalam logika filsafat saya hanya memerlukan 1 argument untuk satu pernyataan.
ini adalah pernyataan logika filsafat :
2 orang itu menggali tanah sedalam 1 meter perhari. karena 2 orang itu bekerja selama 7 jam perhari.

dalam batin saya, saya akan mengkonversi kalimat tersebut ke dalam bahasa logika yang baku :
2orang itu bekerja selama 7 jam perhari. Dan setiap (yang) bekerja selama 7 jam perhari itu dapat menggali tanah sedalam 1 meter perhari (dengan alat bantu, bla..bla..bla..). Jadi, 2orang itu dapat menggali tanah sedalam 1 meter perhari.

kalimat pertama -->dianggap benar, dan tidak perlu dipertnyakan lagi kebenarannya. (ilmiah)
kalimat ketiga --> dianggap benar, untuk sementara (Qiyas)
kalimat kedua --> inilah yang meragukan, dan perlu dipertanyakan kebenarannya dan diuji kembali dengan rumus logika, sampai terbukti "benar" atau "salah"

logika filsafat bukan untuk hitung menghitung, seperti menghitung berapa luas persegi panjang jika panjangnya 10, dan lebarnya 5.
logika filsafat adalah untuk menguji pernyataan logic, apakah pernyataan ini benar atau salah.
saya kagum dengan seorang sarjana matematik yang dapat mengukur ketinggian gedung dengan tepat hanya dengan mengukur bayangannya. tapi, dia belum tentu faham logika filsafat dan cara membuktikan kebenaran dari suatu pernyataan. 

jadi, tolong bedakan antara logika matematis dan logika filsafat, walaupun keduanya memiliki korelasi, tetapi banyak perbedaan fungsi dan cara.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #2 on: 09 December 2008, 07:11:50 PM »
CARA BERPIKIR

Apakah logika filsafat/matematika..... ini adalah pertanyaan
menunjukkan seberapa jauh kemampuan seseorang membuat keputusan/berpikir...
dlm informasi yg tidak lengkap.... serta sanggup menganalisa/mendukung..
keputusan yg dia pilih.


OK saya bantu dikit deh............


#1 jawabannya ada diantara..... 1 s/d 10 meter....  (anda tentukan angkanya)

#2 (memberi kesempatan anda utk menjawab)

#3 Kemungkinannya....
     A.
     Disini 10 org dewasa tidak disebutkan lelaki atau perempuan...
     Mereka bersaudara atau tidak.... dan apabila tidak...
     Bila pekerjanya bercampur Lelaki dan wanita yg BERGESEK dilubang sempit
     dapat menimbulkan gesekan tubuh yg bakal menjadi masalah dlm pekerjaan
     (birahi)... Jadi sebaiknya memilih 10 org tsb lelaki semua....

     B. (memberikan kesempatan anda berjawab)


pertanyaan tambahan #4
Kalau ini adalah dlm perlombaan, dapatkan anda membeberkan rencana kerja yg detail...
sehingga group ini membuat lubang yg paling dalam.


Sambil menunggu kebijaksanaan dari bro Candra_Mukti19 yg telah mencapai Jhanna
utk menjawab....  ^:)^
« Last Edit: 09 December 2008, 07:37:16 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #3 on: 09 December 2008, 07:21:35 PM »
CARA BERPIKIR

[at]  johan

saya bukan ahli dalam logika matematika. sejak smu hingga kuliah, nilai matematik saya paling butut.
Kalau seseorang melamar pekerjaan, inilah yg mungkin saya tanyakan.


kalau anda mau menguji kemampuan logika matematis saya, saya nyerah. matematika adalah kelemahan saya. kalo anda mo menguji kemampuan logika filasafat saya, maka silahkan!
Apapun yg anda sebut, ini menguji kemampuan seseorang berpikir dan membuat keputusan...


dalam logika filsafat saya hanya memerlukan 1 argument untuk satu pernyataan.
ini adalah pernyataan logika filsafat :
2 orang itu menggali tanah sedalam 1 meter perhari. karena 2 orang itu bekerja selama 7 jam perhari.
Dalam realitas, permasalahan dunia bisa saja komplex, jadi jangan berharap 1 arg, 1 pertanyaan


dalam batin saya, saya akan mengkonversi kalimat tersebut ke dalam bahasa logika yang baku :
2orang itu bekerja selama 7 jam perhari. Dan setiap (yang) bekerja selama 7 jam perhari itu dapat menggali tanah sedalam 1 meter perhari (dengan alat bantu, bla..bla..bla..). Jadi, 2orang itu dapat menggali tanah sedalam 1 meter perhari.
Statement tsb salah, mereka berdua bekerja 7 jam sehari dpt menggali 1 meter kedalaman...


kalimat pertama -->dianggap benar, dan tidak perlu dipertnyakan lagi kebenarannya. (ilmiah)
kalimat ketiga --> dianggap benar, untuk sementara (Qiyas)
kalimat kedua --> inilah yang meragukan, dan perlu dipertanyakan kebenarannya dan diuji kembali dengan rumus logika, sampai terbukti "benar" atau "salah"
Mana jawabnya?

logika filsafat bukan untuk hitung menghitung, seperti menghitung berapa luas persegi panjang jika panjangnya 10, dan lebarnya 5.
logika filsafat adalah untuk menguji pernyataan logic, apakah pernyataan ini benar atau salah.
saya kagum dengan seorang sarjana matematik yang dapat mengukur ketinggian gedung dengan tepat hanya dengan mengukur bayangannya. tapi, dia belum tentu faham logika filsafat dan cara membuktikan kebenaran dari suatu pernyataan.
Disini tidak mengharapkan jawaban paling benar, atau 100% benar... karna di dunia nyata,... jawaban
yg 100% benar TIDAK selalu mudah didapat (optimal solution),
bisa2 biayanya terlalu mahal atau tunggunya terlalu lamanya sehingga tidak berguna.


jadi, tolong bedakan antara logika matematis dan logika filsafat, walaupun keduanya memiliki korelasi, tetapi banyak perbedaan fungsi dan cara.

Apapun yg anda sebut.... saya menunggu jawaban yg mendekatin kebenaran....
Bila meditasi membantu, silahkan dijawab besok

trims sebelumnya  :P  :P  :P
« Last Edit: 09 December 2008, 07:39:09 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #4 on: 09 December 2008, 07:28:43 PM »
Bro Chandra_Mukti19,

Untuk pertanyaan diatas....
diperbolehkan CALL guru Meditasi anda....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: car BERPIKIR...
« Reply #5 on: 11 December 2008, 04:37:03 PM »
:outoftopic:

:backtotopic:

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: car BERPIKIR...
« Reply #6 on: 11 December 2008, 04:38:28 PM »
om candra, semuanya ada cause n effect.

si Johan berlaku seperti itu juga keknya karena om candra sendiri.

mengenai kenapa hanya om candra yang kena SP itu karena om candra secara explisit berkata kurang sopan.

ngomong2 Forum FFI apaan yak?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: car BERPIKIR...
« Reply #7 on: 11 December 2008, 04:38:39 PM »
Bro Candra...

Sadari batin Anda sekarang tercemar oleh kekotoran...
Jangan menyadarinya nanti setelah menjelang meditasi...

Sadari sekarang juga...  _/\_

Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
Re: car BERPIKIR...
« Reply #8 on: 11 December 2008, 04:39:53 PM »
apakah doktrin ahimsa itu merupakan doktrin, agar orang  lain tidak melawan ketika diperlakukan kasar? apakah doktrin ahimsa itu dikembangkan agar ada orang yang merasa leluasa untuk menghina orang lain, tanpa terancam bahaya? ini pertanyaan bung!

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: car BERPIKIR...
« Reply #9 on: 11 December 2008, 04:42:51 PM »
apakah doktrin ahimsa itu merupakan doktrin, agar orang  lain tidak melawan ketika diperlakukan kasar? apakah doktrin ahimsa itu dikembangkan agar ada orang yang merasa leluasa untuk menghina orang lain, tanpa terancam bahaya? ini pertanyaan bung!

Ahimsa bukan doktrin, ahimsa hanyalah filsafat / pandangan...
Ahimsa tidak menyetujui kekerasan. Orang yang menjalani ahimsa tidak melakukan perlawanan dalam bentuk kekerasan.

Saya khan sudah pernah memberi contoh bagaimana Sang Buddha melawan kekerasan dengan kebijaksanaan + cinta kasih...


Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
Re: car BERPIKIR...
« Reply #10 on: 11 December 2008, 04:45:41 PM »
Bro Candra...

Sadari batin Anda sekarang tercemar oleh kekotoran...
Jangan menyadarinya nanti setelah menjelang meditasi...

Sadari sekarang juga...  _/\_

terima kasih, anda telah meningatkan.
saya anggap, anda orang yang paling bijaksana di sini. tidak ada kebencian dalam batin anda. tak ada kata-kata kotor dan menghina dari anda untuk saya. terima kasih.

diri saya adalah cerminan mereka sendiri.
jika saya kasar, itu karena mereka kasar.
jika saya menghina, itu kaerna mereka menghina.
biarkan merka belajar bercermin.
biar mereka belajar mencubit diri sendiri, sebelum mencubit orang lain.
biar mereka mengerti arti kata "tenggang rasa" dan "toleransi".
kalau anda sopan, mengapa saya tidak
kalau mereka kasar, kenapa enggan dilawan kasar?

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: car BERPIKIR...
« Reply #11 on: 11 December 2008, 04:50:32 PM »
Bro Candra...

Sangat disayangkan Anda begitu mulianya dan sering melakukan kamma2 baik...
...namun ketika Anda mendapat vipaka buruk, Anda malah membalas dengan melakukan kamma buruk...

Itu amat disayangkan...  _/\_

Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
Re: car BERPIKIR...
« Reply #12 on: 11 December 2008, 04:53:48 PM »
Bro Candra...

Sangat disayangkan Anda begitu mulianya dan sering melakukan kamma2 baik...
...namun ketika Anda mendapat vipaka buruk, Anda malah membalas dengan melakukan kamma buruk...

Itu amat disayangkan...  _/\_

inilah kebencian. inilah penderitan. inilah neraka dalam kehidupan.
beginilah nasib orang yang hidup dalam nereka.
di dalam dadanya, api selalu menyala-nyala.
tak kunjung padam.
tak berhenti, dan terus menyiksa.
mengapa aku tersiksa?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: car BERPIKIR...
« Reply #13 on: 11 December 2008, 04:54:20 PM »
 :)) semoga dicapai kesepakatan damai.  ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
Re: car BERPIKIR...
« Reply #14 on: 11 December 2008, 04:58:41 PM »
mengapa ada orang yang membuatku benci?
mengapa ada orang yang membuatku marah?
mengapa aku merasa diri sebagai manusia gagah, padahal aku lemah?
mengapa aku ingin mengamuk? mengapa aku ingin berkelahi? mengapa aku ingin membunuh? mengapa aku ingin memuaskan diri dengan menumpahkan kemarahan?
mengapa mataku memerah seperti mata iblis?
mengapa kemarahan menggetarkan sekujur tubuhku?
mengapa cinta kasih lenyap dari batinku?
mengapa semua orang tampak membencikan?
lalu aku bersedih, dan menangis. betapa kehidupan ini adalah penderitaan.

Offline whatthe

  • Teman
  • **
  • Posts: 94
  • Reputasi: -10
  • Gender: Male
Re: car BERPIKIR...
« Reply #15 on: 11 December 2008, 04:59:15 PM »
Jika 1 orang mengambang diair dan banyak orang tidak dapat mengambang diair. Apakah dulunya orang tersebut tidak dapat mengambang diair?
What is the world mean? It's unlimited, unrecognized. So why you stucking here?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: car BERPIKIR...
« Reply #16 on: 11 December 2008, 04:59:49 PM »
mengapa ada orang yang membuatku benci?
mengapa ada orang yang membuatku marah?
mengapa aku merasa diri sebagai manusia gagah, padahal aku lemah?
mengapa aku ingin mengamuk? mengapa aku ingin berkelahi? mengapa aku ingin membunuh? mengapa aku ingin memuaskan diri dengan menumpahkan kemarahan?
mengapa mataku memerah seperti mata iblis?
mengapa kemarahan menggetarkan sekujur tubuhku?
mengapa cinta kasih lenyap dari batinku?
mengapa semua orang tampak membencikan?
lalu aku bersedih, dan menangis. betapa kehidupan ini adalah penderitaan.

terima kasih sudah menyadarkan
i'm just a mammal with troubled soul



Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: car BERPIKIR...
« Reply #17 on: 11 December 2008, 05:00:58 PM »
Jika 1 orang mengambang diair dan banyak orang tidak dapat mengambang diair. Apakah dulunya orang tersebut tidak dapat mengambang diair?

maksudnya kek Hukum Darwin itu yak apa siapa yak namanya lupa laplace  yak?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline whatthe

  • Teman
  • **
  • Posts: 94
  • Reputasi: -10
  • Gender: Male
Re: car BERPIKIR...
« Reply #18 on: 11 December 2008, 05:02:02 PM »
Jika 1 orang mengambang diair dan banyak orang tidak dapat mengambang diair. Apakah dulunya orang tersebut tidak dapat mengambang diair?

maksudnya kek Hukum Darwin itu yak apa siapa yak namanya lupa laplace  yak?

Ayo jawab.
What is the world mean? It's unlimited, unrecognized. So why you stucking here?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: car BERPIKIR...
« Reply #19 on: 11 December 2008, 05:04:12 PM »
Jika 1 orang mengambang diair dan banyak orang tidak dapat mengambang diair. Apakah dulunya orang tersebut tidak dapat mengambang diair?

orang yang di bold itu maksudnya orang yang ngambang (abis tenggelem) di air itu yak.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #20 on: 11 December 2008, 05:06:36 PM »
mengapa ada orang yang membuatku benci?
mengapa ada orang yang membuatku marah?
mengapa aku merasa diri sebagai manusia gagah, padahal aku lemah?
mengapa aku ingin mengamuk? mengapa aku ingin berkelahi? mengapa aku ingin membunuh? mengapa aku ingin memuaskan diri dengan menumpahkan kemarahan?
mengapa mataku memerah seperti mata iblis?
mengapa kemarahan menggetarkan sekujur tubuhku?
mengapa cinta kasih lenyap dari batinku?
mengapa semua orang tampak membencikan?
lalu aku bersedih, dan menangis. betapa kehidupan ini adalah penderitaan.

Ini kalau dibuat lagu....
semoga laris manis deh....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline whatthe

  • Teman
  • **
  • Posts: 94
  • Reputasi: -10
  • Gender: Male
Re: car BERPIKIR...
« Reply #21 on: 11 December 2008, 05:07:14 PM »
coba yg merasa pinter logika. Coba jawab dengan bahasa logika anda! hehehe... (tantangan)
What is the world mean? It's unlimited, unrecognized. So why you stucking here?

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #22 on: 11 December 2008, 05:07:54 PM »
Jika 1 orang mengambang diair dan banyak orang tidak dapat mengambang diair. Apakah dulunya orang tersebut tidak dapat mengambang diair?

mulai balita, orang dewasa, orang tua,
gadis2, embok2, kakek2, yg bermeditasi maupun yg tidak....

Kalau di air LAUT MATI.....

SEMUANYA MENGAMBANG.....  (makanya jangan salah pilih/membuat keputusan)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: car BERPIKIR...
« Reply #23 on: 11 December 2008, 05:09:41 PM »
Bro Candra...

Tidak ada satu orang pun yang cukup suci di dunia ini untuk terhindar dari perkataan yang tidak menyenangkan yang keluar dari mulut orang lain...

Sebagaimana kita menyadari bahwa kata2 buruk adalah tidak menyenangkan, maka seharusnya kita tidak berkata2 buruk pada orang lain, dan juga tidak membalas perlakuan orang lain dengan kata2 buruk...

Sang Buddha pernah berkata : "semakin orang memperlakukan-Ku dengan kebencian, maka Aku akan semakin memperlakukannya dengan cinta-kasih"

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #24 on: 11 December 2008, 05:13:35 PM »
Bro Candra...

Tidak ada satu orang pun yang cukup suci di dunia ini untuk terhindar dari perkataan yang tidak menyenangkan yang keluar dari mulut orang lain...

Sebagaimana kita menyadari bahwa kata2 buruk adalah tidak menyenangkan, maka seharusnya kita tidak berkata2 buruk pada orang lain, dan juga tidak membalas perlakuan orang lain dengan kata2 buruk...

Sang Buddha pernah berkata : "semakin orang memperlakukan-Ku dengan kebencian, maka Aku akan semakin memperlakukannya dengan cinta-kasih"

Bro upasaka,

Suatu nasehat yg amat indah dan mantep.....
(berguna utk saya, begitu juga utk Bro setiap saat diingat terus)

Kira2 nasehat itu berkhasiat ngak utk anak SD atau TK ?
Dan kalau tidak kenapa?

trims sebelumnya...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
Re: car BERPIKIR...
« Reply #25 on: 11 December 2008, 05:18:09 PM »
coba yg merasa pinter logika. Coba jawab dengan bahasa logika anda! hehehe... (tantangan)

itu bukan pernyataan logika bung! orang tidak akan dapat menggunakan logika untuk pernyataan/pertanyaan anda.

anda seperti menyodorkan seekor kuda, lalu berkata, "hayo siapa yang merasa dirinya mahir mengendarai motor, tunggangilah kuda ini." artinya, anda meminta seorang ahli logika untuk mengerjakan sesuatu  yang diluar bidang ilmu logika.

jadi, harus dikenali dulu, mana pernyataan logic, dan mana bukan.
mana yang harus dibahas secara logic, dan mana yang tidak perlu.

Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
Re: car BERPIKIR...
« Reply #26 on: 11 December 2008, 05:23:01 PM »
Bro Candra...

Tidak ada satu orang pun yang cukup suci di dunia ini untuk terhindar dari perkataan yang tidak menyenangkan yang keluar dari mulut orang lain...

Sebagaimana kita menyadari bahwa kata2 buruk adalah tidak menyenangkan, maka seharusnya kita tidak berkata2 buruk pada orang lain, dan juga tidak membalas perlakuan orang lain dengan kata2 buruk...

Sang Buddha pernah berkata : "semakin orang memperlakukan-Ku dengan kebencian, maka Aku akan semakin memperlakukannya dengan cinta-kasih"

Bro upasaka,

Suatu nasehat yg amat indah dan mantep.....
(berguna utk saya, begitu juga utk Bro setiap saat diingat terus)

Kira2 nasehat itu berkhasiat ngak utk anak SD atau TK ?
Dan kalau tidak kenapa?

trims sebelumnya...

doktrin itu cocok untuk anda, upasaka, tapi tidak untuk si Johan. buat si johan. doktrin itu merupakan doktrin untuk membuat orang lain diam, tak berkutik saat dia leluasa melancarkan hinaannya. wah, sungguh doktrin yang menguntungkan si penjahat johan ini.
kalau moderator peka, kalau sdr. upasaka peka, si johan bermaksud mengatakan "saya adalah anak TK/SD". itu namanya penghinaan. kalau orang gak ngerti sastra, pasti gak akan mengerti maksud perkataan si johan itu adalah suatu cara menghina.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: car BERPIKIR...
« Reply #27 on: 11 December 2008, 05:24:56 PM »
 [at] Johan3R

bner gak begitu :-?    tak bilangin mod yak. ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #28 on: 11 December 2008, 05:32:50 PM »
coba yg merasa pinter logika. Coba jawab dengan bahasa logika anda! hehehe... (tantangan)
Bro Candra...

Tidak ada satu orang pun yang cukup suci di dunia ini untuk terhindar dari perkataan yang tidak menyenangkan yang keluar dari mulut orang lain...

Sebagaimana kita menyadari bahwa kata2 buruk adalah tidak menyenangkan, maka seharusnya kita tidak berkata2 buruk pada orang lain, dan juga tidak membalas perlakuan orang lain dengan kata2 buruk...

Sang Buddha pernah berkata : "semakin orang memperlakukan-Ku dengan kebencian, maka Aku akan semakin memperlakukannya dengan cinta-kasih"

Bro upasaka,

Suatu nasehat yg amat indah dan mantep.....
(berguna utk saya, begitu juga utk Bro setiap saat diingat terus)

Kira2 nasehat itu berkhasiat ngak utk anak SD atau TK ?
Dan kalau tidak kenapa?

trims sebelumnya...

doktrin itu cocok untuk anda, upasaka, tapi tidak untuk si Johan. buat si johan. doktrin itu merupakan doktrin untuk membuat orang lain diam, tak berkutik saat dia leluasa melancarkan hinaannya. wah, sungguh doktrin yang menguntungkan si penjahat johan ini.
kalau moderator peka, kalau sdr. upasaka peka, si johan bermaksud mengatakan "saya adalah anak TK/SD". itu namanya penghinaan. kalau orang gak ngerti sastra, pasti gak akan mengerti maksud perkataan si johan itu adalah suatu cara menghina.

itu bukan pernyataan logika bung! orang tidak akan dapat menggunakan logika untuk pernyataan/pertanyaan anda.

anda seperti menyodorkan seekor kuda, lalu berkata, "hayo siapa yang merasa dirinya mahir mengendarai motor, tunggangilah kuda ini." artinya, anda meminta seorang ahli logika untuk mengerjakan sesuatu  yang diluar bidang ilmu logika.

jadi, harus dikenali dulu, mana pernyataan logic, dan mana bukan.
mana yang harus dibahas secara logic, dan mana yang tidak perlu.

Kalau org lain bilang saya PENJAHAT...........

saya santai aja.... paling2 gw pikir...
ah mungkin org tersebut lagi MABUK....
dan penggunaan katanya KURANG TEPAT...

Bro CM19, .... kita lanjut.... cara berpikir.....

Katakanlah saya berkunjung ke rumah Bro...

terus saya hadiahkan
a. 1 Botol kecap
b. 1 Cermin

pertanyaannya : apakah Bro mengambil
A. a.,
B. b. 
C. a. dan b.
D. tidak mengambil,
E. marah2, F. ____ (pilihan bebas)
jelaskan dgn rinci kenapa pilihan tsb adalah yg paling baik utk dilakukan?

trims sebelumnya!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #29 on: 11 December 2008, 05:34:01 PM »
[at] Johan3R

bner gak begitu :-?    tak bilangin mod yak. ;D

Pengalaman dalam kehidupan saya...
orang yg marah sering sekali MENYALAHKAN ORANG LAIN
atau KONDISI YG DILUAR.....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #30 on: 11 December 2008, 05:48:00 PM »
Quote
kalau moderator peka, kalau sdr. upasaka peka, si johan bermaksud mengatakan "saya adalah anak TK/SD". itu namanya penghinaan. kalau orang gak ngerti sastra, pasti gak akan mengerti maksud perkataan si johan itu adalah suatu cara menghina.

Mungkin ini tanda2 org yg mencapai Jhanna tingkat 3 atau 4....
sehingga udah yakin bisa membaca KEHENDAK orang lain....


Sedikit sharing deh..........
Satpan2 di lingkungan perumahan kami selain menjaga keamanan...
juga selalu melambaikan tangan sewaktu mobil kita lewat.............

dan paling tidak 30%, pemilik rumah (pengendaraan mobil) sibuk dgn sesuatu
dan tidak membalas lambaian tangan dari satpan..........

Satpan saja memiliki pengertian yg tinggi...........
ngak mungkin dia samperin pemilik rumah dan
bilang "Bapak gimana sih... dalam bulan ini udah 10 kali saya lambaikan tangan
tetapi bapak tidak membalas. Apakah bapak menganggap remeh saya? menghina?
merendahkan saya.... dst, dst..........."

Untunglah tidak.....
Setidaknya hidup kita bisa lebih enak, karna satpan2 MENGERTI !

bagaimana menurut yg lain?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #31 on: 11 December 2008, 05:59:28 PM »
Bro Candra...

Sadari batin Anda sekarang tercemar oleh kekotoran...
Jangan menyadarinya nanti setelah menjelang meditasi...

Sadari sekarang juga...  _/\_

terima kasih, anda telah meningatkan.
saya anggap, anda orang yang paling bijaksana di sini. tidak ada kebencian dalam batin anda. tak ada kata-kata kotor dan menghina dari anda untuk saya. terima kasih.

diri saya adalah cerminan mereka sendiri.
jika saya kasar, itu karena mereka kasar.
jika saya menghina, itu kaerna mereka menghina.
biarkan merka belajar bercermin.
biar mereka belajar mencubit diri sendiri, sebelum mencubit orang lain.
biar mereka mengerti arti kata "tenggang rasa" dan "toleransi".
kalau anda sopan, mengapa saya tidak
kalau mereka kasar, kenapa enggan dilawan kasar?

Jika seseorang KASAR, nah itu KESEMPATAN BERHARGA
menunjukkan BERTAMA MULUSNYA kita............

Kalau semua MULUS2...........
begitu kita nunjukan MULUS2 kita.........

eh.......... ngak ada yg noleh!.....

ngak percaya.... coba praktekan di pantai Kutai, Bali....
disana banyak yg MULUS berbaris dan bersaingan........
mana mungkin MULUS ku mendapat perhatian ????

Apakah yg dilakukan Buddha, sewaktu seorang wanita cantik
bernama Cinca mengatakan Buddha yg telah menghamilinnya?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
Re: car BERPIKIR...
« Reply #32 on: 11 December 2008, 06:03:41 PM »
coba yg merasa pinter logika. Coba jawab dengan bahasa logika anda! hehehe... (tantangan)
Bro Candra...

Tidak ada satu orang pun yang cukup suci di dunia ini untuk terhindar dari perkataan yang tidak menyenangkan yang keluar dari mulut orang lain...

Sebagaimana kita menyadari bahwa kata2 buruk adalah tidak menyenangkan, maka seharusnya kita tidak berkata2 buruk pada orang lain, dan juga tidak membalas perlakuan orang lain dengan kata2 buruk...

Sang Buddha pernah berkata : "semakin orang memperlakukan-Ku dengan kebencian, maka Aku akan semakin memperlakukannya dengan cinta-kasih"

Bro upasaka,

Suatu nasehat yg amat indah dan mantep.....
(berguna utk saya, begitu juga utk Bro setiap saat diingat terus)

Kira2 nasehat itu berkhasiat ngak utk anak SD atau TK ?
Dan kalau tidak kenapa?

trims sebelumnya...

doktrin itu cocok untuk anda, upasaka, tapi tidak untuk si Johan. buat si johan. doktrin itu merupakan doktrin untuk membuat orang lain diam, tak berkutik saat dia leluasa melancarkan hinaannya. wah, sungguh doktrin yang menguntungkan si penjahat johan ini.
kalau moderator peka, kalau sdr. upasaka peka, si johan bermaksud mengatakan "saya adalah anak TK/SD". itu namanya penghinaan. kalau orang gak ngerti sastra, pasti gak akan mengerti maksud perkataan si johan itu adalah suatu cara menghina.

itu bukan pernyataan logika bung! orang tidak akan dapat menggunakan logika untuk pernyataan/pertanyaan anda.

anda seperti menyodorkan seekor kuda, lalu berkata, "hayo siapa yang merasa dirinya mahir mengendarai motor, tunggangilah kuda ini." artinya, anda meminta seorang ahli logika untuk mengerjakan sesuatu  yang diluar bidang ilmu logika.

jadi, harus dikenali dulu, mana pernyataan logic, dan mana bukan.
mana yang harus dibahas secara logic, dan mana yang tidak perlu.

Kalau org lain bilang saya PENJAHAT...........

saya santai aja.... paling2 gw pikir...
ah mungkin org tersebut lagi MABUK....
dan penggunaan katanya KURANG TEPAT...

Bro CM19, .... kita lanjut.... cara berpikir.....

Katakanlah saya berkunjung ke rumah Bro...

terus saya hadiahkan
a. 1 Botol kecap
b. 1 Cermin

pertanyaannya : apakah Bro mengambil
A. a.,
B. b. 
C. a. dan b.
D. tidak mengambil,
E. marah2, F. ____ (pilihan bebas)
jelaskan dgn rinci kenapa pilihan tsb adalah yg paling baik utk dilakukan?

trims sebelumnya!


saya pilih D, karena saya tidak tahu alasan anda memberi hadiah.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: car BERPIKIR...
« Reply #33 on: 11 December 2008, 06:05:34 PM »
Bro chandra kok sensi amat :) coba jangan berprasangka dulu :)
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #34 on: 11 December 2008, 06:06:21 PM »
coba yg merasa pinter logika. Coba jawab dengan bahasa logika anda! hehehe... (tantangan)
Bro Candra...

Tidak ada satu orang pun yang cukup suci di dunia ini untuk terhindar dari perkataan yang tidak menyenangkan yang keluar dari mulut orang lain...

Sebagaimana kita menyadari bahwa kata2 buruk adalah tidak menyenangkan, maka seharusnya kita tidak berkata2 buruk pada orang lain, dan juga tidak membalas perlakuan orang lain dengan kata2 buruk...

Sang Buddha pernah berkata : "semakin orang memperlakukan-Ku dengan kebencian, maka Aku akan semakin memperlakukannya dengan cinta-kasih"

Bro upasaka,

Suatu nasehat yg amat indah dan mantep.....
(berguna utk saya, begitu juga utk Bro setiap saat diingat terus)

Kira2 nasehat itu berkhasiat ngak utk anak SD atau TK ?
Dan kalau tidak kenapa?

trims sebelumnya...

doktrin itu cocok untuk anda, upasaka, tapi tidak untuk si Johan. buat si johan. doktrin itu merupakan doktrin untuk membuat orang lain diam, tak berkutik saat dia leluasa melancarkan hinaannya. wah, sungguh doktrin yang menguntungkan si penjahat johan ini.
kalau moderator peka, kalau sdr. upasaka peka, si johan bermaksud mengatakan "saya adalah anak TK/SD". itu namanya penghinaan. kalau orang gak ngerti sastra, pasti gak akan mengerti maksud perkataan si johan itu adalah suatu cara menghina.

itu bukan pernyataan logika bung! orang tidak akan dapat menggunakan logika untuk pernyataan/pertanyaan anda.

anda seperti menyodorkan seekor kuda, lalu berkata, "hayo siapa yang merasa dirinya mahir mengendarai motor, tunggangilah kuda ini." artinya, anda meminta seorang ahli logika untuk mengerjakan sesuatu  yang diluar bidang ilmu logika.

jadi, harus dikenali dulu, mana pernyataan logic, dan mana bukan.
mana yang harus dibahas secara logic, dan mana yang tidak perlu.

Kalau org lain bilang saya PENJAHAT...........

saya santai aja.... paling2 gw pikir...
ah mungkin org tersebut lagi MABUK....
dan penggunaan katanya KURANG TEPAT...

Bro CM19, .... kita lanjut.... cara berpikir.....

Katakanlah saya berkunjung ke rumah Bro...

terus saya hadiahkan
a. 1 Botol kecap
b. 1 Cermin

pertanyaannya : apakah Bro mengambil
A. a.,
B. b. 
C. a. dan b.
D. tidak mengambil,
E. marah2, F. ____ (pilihan bebas)
jelaskan dgn rinci kenapa pilihan tsb adalah yg paling baik utk dilakukan?

trims sebelumnya!


saya pilih D, karena saya tidak tahu alasan anda memberi hadiah.

Jawaban yg benar adalah..............

Pak apa yg bisa saya lakukan sehingga...
besok datang lagi dan membawa 1 botol kecap dan 1 buah cermin....
kalau bisa lebih banyak lagi lebih baik....

biar gw buku

TOKO KECAP

dan

TOKO CERMIN

Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
Re: car BERPIKIR...
« Reply #35 on: 11 December 2008, 06:08:54 PM »
Quote from: johan
Jawaban yg benar adalah..............

Pak apa yg bisa saya lakukan sehingga...
besok datang lagi dan membawa 1 botol kecap dan 1 buah cermin....
kalau bisa lebih banyak lagi lebih baik....

biar gw buku

TOKO KECAP

dan

TOKO CERMIN

begitulan orang yang..............membuat pilihan.
tapi untunglah saya bukan orang yang..............

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: car BERPIKIR...
« Reply #36 on: 11 December 2008, 06:24:14 PM »
Quote from: johan
Jawaban yg benar adalah..............

Pak apa yg bisa saya lakukan sehingga...
besok datang lagi dan membawa 1 botol kecap dan 1 buah cermin....
kalau bisa lebih banyak lagi lebih baik....

biar gw buku

TOKO KECAP

dan

TOKO CERMIN

begitulan orang yang..............membuat pilihan.
tapi untunglah saya bukan orang yang..............
boleh juga jawabannya gitu :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline whatthe

  • Teman
  • **
  • Posts: 94
  • Reputasi: -10
  • Gender: Male
Re: car BERPIKIR...
« Reply #37 on: 11 December 2008, 08:40:22 PM »
coba yg merasa pinter logika. Coba jawab dengan bahasa logika anda! hehehe... (tantangan)

itu bukan pernyataan logika bung! orang tidak akan dapat menggunakan logika untuk pernyataan/pertanyaan anda.

anda seperti menyodorkan seekor kuda, lalu berkata, "hayo siapa yang merasa dirinya mahir mengendarai motor, tunggangilah kuda ini." artinya, anda meminta seorang ahli logika untuk mengerjakan sesuatu  yang diluar bidang ilmu logika.

jadi, harus dikenali dulu, mana pernyataan logic, dan mana bukan.
mana yang harus dibahas secara logic, dan mana yang tidak perlu.
Ilmu logika adalah pola pikir seseorang untuk memecahkan suatu masalah.
Ilmu logika bukanlah suatu puitis yang dibuat.
Ilmu logika hanyalah prosedur dari inisial diri seseorang.
Masuk tidak berarti kedalam, masuk dapat berarti keluar.
Bayangkan sebuah pintu yang ditaruh dengan ruangan yang tidak ada lantainya. Apakah itu kedalam?
What is the world mean? It's unlimited, unrecognized. So why you stucking here?

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #38 on: 12 December 2008, 09:31:53 AM »
Bro Candra...

Sangat disayangkan Anda begitu mulianya dan sering melakukan kamma2 baik...
...namun ketika Anda mendapat vipaka buruk, Anda malah membalas dengan melakukan kamma buruk...

Itu amat disayangkan...  _/\_

inilah kebencian. inilah penderitan. inilah neraka dalam kehidupan.
beginilah nasib orang yang hidup dalam nereka.
di dalam dadanya, api selalu menyala-nyala.
tak kunjung padam.

tak berhenti, dan terus menyiksa.
mengapa aku tersiksa?

Cerita diatas bro Candra tau dari mana?

Kalau apinya ngak kunjung padam....
bagus tuh bisa utk merebus indo mie tanpa beli minyak tanah....
banyak org miskin akan terbantu....
Bukankah menurut ilmu logika begitu?
« Last Edit: 12 December 2008, 09:33:51 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: car BERPIKIR...
« Reply #39 on: 12 December 2008, 09:39:23 AM »
coba yg merasa pinter logika. Coba jawab dengan bahasa logika anda! hehehe... (tantangan)

itu bukan pernyataan logika bung! orang tidak akan dapat menggunakan logika untuk pernyataan/pertanyaan anda.

anda seperti menyodorkan seekor kuda, lalu berkata, "hayo siapa yang merasa dirinya mahir mengendarai motor, tunggangilah kuda ini." artinya, anda meminta seorang ahli logika untuk mengerjakan sesuatu  yang diluar bidang ilmu logika.

jadi, harus dikenali dulu, mana pernyataan logic, dan mana bukan.
mana yang harus dibahas secara logic, dan mana yang tidak perlu.
Ilmu logika adalah pola pikir seseorang untuk memecahkan suatu masalah.
Ilmu logika bukanlah suatu puitis yang dibuat.
Ilmu logika hanyalah prosedur dari inisial diri seseorang.
Masuk tidak berarti kedalam, masuk dapat berarti keluar.
Bayangkan sebuah pintu yang ditaruh dengan ruangan yang tidak ada lantainya. Apakah itu kedalam?

Bro Candra udah pernah lihat...

PINTU BERPUTAR ngak?....Apa gunanya pintu berputar?


Quote
Bayangkan sebuah pintu yang ditaruh dengan ruangan yang tidak ada lantainya. Apakah itu kedalam?
Kalau yg ini Bro niat membunuh orang..... begitu masuk...eh ngak ada lantainya... jadi langsung terjun kebawah... kepalanya pecah... dan mati atas DOSA besarnya bro Candra....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya