//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: REVIEW Hewlett Packard Ipaq 912 : Pembawa Pesan Bisnis  (Read 2474 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
REVIEW Hewlett Packard Ipaq 912 : Pembawa Pesan Bisnis
« on: 04 December 2008, 10:04:17 AM »

Penampilannya sekilas agak mirip BlackBerry. Kecepatan internet HSDPA sampai 7,2 Mbps menjadi andalan seri ini.


HP (Hawlett Packard) baru saja merilis seri terbaru PDA-Phone iPAQ 912 Business Messenger. Penampilan seri ini -sengaja atau tidak- mirip sekali dengan ponsel BlackBerry. Kemiripan itu tampak pada desain muka, format layar horizontal, keyboard QWERTY, scroll wheel dan beberapa pernik lain. Selain itu ada aplikasi push mail, sebagai solusi messaging yang ditawarkan dalam paket HP iPAQ 912 Business Messenger, tapi tidak sama dengan BlackBerry dalam kompresi, keamanan, dan sumber daya baterai.

Charger iPAQ 912 didesain efisien, karena kabelnya bisa dicabut dari kepala konektor dan dapat digunakan sebagai kabel mini USB untuk keperluan sinkronisasi ke PC/laptop. Port mini USB bisa multi fungsi, dapat digunakan untuk sinkronisasi, charger, dan untuk headset. Berikut beberapa fitur andalan lainnya dari iPAQ 912 yang diuji tim SELULAR

INTERNET
Memiliki browser yang umum seperti halnya PDA/smartphone berOS Windows Mobile, yaitu Internet Explorer mobile. Tapi bukan hanya itu andalannya, iPAQ 912 Business Messenger ini juga bisa berfungsi sebagai modem kecepatan tinggi melalui fitur internet sharing.
Pengujian : membuka halaman situs www.detik.com dalam hitungan detik saja
Nilai : 3,3
Catatan : kecepatan maksimum tergantung dari coverage 3g/HSDPA layanan data operator

MESSAGING
Sesuai julukannya, untuk urusan messaging layak mendapat acungan jempol mulai dari SMS, MMS dan email. Setting email terbilang mudah, cukup dalam beberapa langkah saja, seperti memasukkan email account, password dan setting lainnya. Ditambah dengan aplikasi PUSH yang telah dibenamkan sebagai solusi push mail.
Pengujian : membuat account di Gmail dengan beberapa langkah saja
Nilai : 3,7
Catatan : mendukung email Outlook, Hotmail dan email lainnya

KAMERA
Kualitas modul kamera cukup lumayan, dengan ukuran 3Mpix mampu menghasilkan maksimal foto 2048 x 1536 pixel. Sedangkan untuk merekam video maksimal resolusi yang dihasilkan adalah 320 x 240 pixel (QVGA). Untuk optimalisasi hasil foto ada beberapa pengaturan seperti white balance, contrast, effect, brightness, hue, saturation, sharpness dan tersedia lampu flash yang dapat digunakan pada mode photo maupun video.
Pengujian : memotret dan merekam video dengan resolusi maksimal
Nilai : 3
Catatan : tidak tersedia night mode untuk pengambilan gambar malam hari

MEDIA PLAYER
Fitur bawaan dari OS Windows Mobile pasti terinstal untuk memutar audio dan video. Fasilitas pemutar musik seperti playlist, library,shuffle dan repeat tersedia dalam aplikasi hiburan ini. Saat memutar video dapat diatur dengan mode fullscreen. Mendukung beragam format file audio seperti WMA, MP3, MIDI, AMR dan AAC.
Pengujian : memutar file audio MP33, memutar video fullscreen
Nilai : 3,2
Catatan : tidak ada equalizer

GPS dan GOOGLE MAPS
Memiliki modul GPS untuk mengetahui posisi melalui satelit. Sayangnya peta digital yang menyertainya hanya Google Maps. Saat posisi kita terdeteksi satelit, peta yang muncul dapat menampilkan mode satellit view atau map. Sayangnya untuk mode map, peta Jakarta tidak sedetil yang dibuat oleh pengembang peta digital seperti Teleatlas, Nusamap dan Mapking.
Pengujian : mencari sinyal satelit di depan kantor SELULAR, membutuhkan waktu beberapa menit.
Nilai : 3
Catatan : Saat membuka Google maps memerlukan pemakaian data GPRS

REMOTE DESKTOP
Fitur ini tak ubahnya fitur yang ada di desktop PC. Kita bisa mengontrol PC secara wireless dimanapun berada, asalkan saat menggunakannya terhubung ke jaringan LAN ataupun internet. Caranya mudah, ada beberapa parameter yang harus diisi sebelumnya seperti nama/IP komputer, username, password dan domain PC yang akan diremote.
Pengujian : melakukan remote desktop di salah satu PC, dapat berjalan lancar.
Nilai : 3
Catatan : layar dapat diatur full screen.

KONEKTIVITAS
Perangkat konektivitas termasuk lengkap Ada bluetooth 2.0/EDR (A2DP), WiFi 802.11b/g, mini USB hingga akses internet 3G/HSDPA. Saat kita berada di hotspot area dapat melakukan browsing, chatting dan cek email melalui WiFi.
Pengujian : melakukan koneksi WiFi melalui hotspot yang ada di ruangan redaksi SELULAR
Nilai : 3,3
Catatan : Bluetooth A2DP kompatibel dengan bluetooth strereo Nokia BH503

KINERJA
Tak ada banyak kendala saat diuji berbagai aplikasi yang ada. Sedikit kendala yang umum terjadi di PDA-Phone adalah ketika menutup aplikasi tidak langsung ‘close’, sehingga setiap aplikasi yang dibuka selalu ‘idle’ dan solusinya adalah menutup aplikasi dengan Task Manager agar resources memori lebih leluasa mengolah aplikasi yang berjalan.

Kinerja Baterai
Selama masa pengujian digunakan browsing, bermain game Bubble breaker, dan sesekali bertelepon baterai bertahan 2 hari. Tidak ada keterangan dari vendor standby time maupun talktime.

SKOR AKHIR : 3,3

Pengujian Audio
Musik: 89.5 dB
Ringtone: 77.6 dB
Human Voice: 64.5 dB

selular.co.id