//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mie instan,terlalu sering??  (Read 3079 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Mie instan,terlalu sering??
« on: 22 February 2009, 06:04:35 PM »
Om2,ibu2,teman2 maaf merepotkan lg,mau tanya

resiko apa yg dapat ditimbulkan,kalo terlalu sering mengkosumsi mie instan,?
Gw kadang,seminggu ampe 5x makan mie instan...

Thank
_/\_

buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline antidote

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 249
  • Reputasi: 25
  • Gender: Male
Re: Mie instan,terlalu sering??
« Reply #1 on: 22 February 2009, 07:11:08 PM »
MIE INSTAN
Para penggemar Mi Instan. Pastikan Anda punya selang waktu paling tidak 3 (tiga) hari setelah Anda mengkonsumsi Mi Instan jika Anda akan mengkonsumsinya lagi.
Informasi kedokteran bahwa ternyata tedapat lilin yang melapisi mi instan. Itu Sebabnya mengapa Mi Instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak.
Jika kita perhatikan Mi China yang berwarna kuning yang biasa ditemukan di pasar, dari hasil pengamatan, mi yang belum dimasak tersebut akan terlihat seperti berminyak. Lapisan minyak ini akan menghindari lengke tnya mi tersebut satu dengan lainnya.

Mi Wonton yang masih mentah biasanya ditaburkan tepung agar terhindar dari lengket. Ketika tukang masak akan memasak mi, dia memasaknya pertama-tama dalam air panas, kemudian dibilas / ditiriskan dengan air dingin sebelum dimasak dengan air panas lagi. Memasak dan meniriskan dengan cara ini akan dapat menghindari lengketnya mi tersebut satu sama lainnya. Tukang masak memberikan minyak dan saos pada mi tersebut agar tidak menjadi lengket ketika akan dikonsumsi secara kering (tanpa kuah).

Aturan masak dalam membuat Spaghetti (Mi Italy) akan dibutuhkan minyak dan mentega yang ditambahkan terlebih dahulu pada air rebusan Spaghetti untuk menghindari lengketnya pasta tersebut. Konsumsi mie instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker. aktor SBC (sekarang TCS) pada beberapa tahun yang lalu, karena begitu sibuknya dalam berkarir sehingga tidak punya waktu lagi untuk memasak, sehingga diputuskannya untuk mengkonsumsi Mi Instan setiap hari. Akhirnya dia menderita kanker.
Dokternya mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena adanya lilin dalam mi instan tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) hari
untuk membersihkan lilin tersebut.

Ada seorang pramugari SIA (Singapore Air) yang setelah berhenti dan kemudian menjadi seorang ibu rumah tangga, tidak memasak tetapi hampir selalu mengkonsumsi mi instan setiap kali dia makan. Kemudian akhirnya menderita kanker dan meninggal karenanya.

sumber  http://www.mail-archive.com/milis-hai [at] news.gramedia-majalah.com/msg00019.html
NOW

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mie instan,terlalu sering??
« Reply #2 on: 22 February 2009, 08:08:56 PM »
Mengenai wax.. itu Hoax

Silakan baca : http://www.snopes.com/food/warnings/noodles.asp

Mengenai makan mie instant terlalu sering, saya juga tidak menyarankan, karena produk mie instant itu tahan dalam waktu yang lama, secara logika menggunakan bahan pengawet. Di samping bahan pengawet, mie instant juga menggunakan bahan pewarna di dalam mienya. Pewarna yang biasa digunakan adalah Tartrazin.
Dan mengenai bumbu yang pada mie instant, juga mengandung penguat rasa berupa MSG (Mono Sodium Glutamat).

Jadi intinya, mie instant itu kaya akan bahan2 kimia, di samping itu gizi yang dikandung oleh mie instant juga tidak banyak. Saran saya, makan sebagai having fun is ok.. tapi dijadikan pola hidup.. baiknya dihindari..
Ikutilah pesan Buddha melalui jalan tengah.. dan jangan berlebihan.. termasuk dalam mengkonsumsi mie instant.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Mie instan,terlalu sering??
« Reply #3 on: 22 February 2009, 08:14:06 PM »
 [at] antidote
Thank informasinya,tunggu bingkisan ku


 [at] forte
jadi ga ada resiko serius ni,sy setuju dgn anda,jalan tengah!!
bingkisannya lain kali ya

padahal di kemasannya ditulis "diperkaya vitamin A,B1,B6,B12,niasin,asam folat dan meneral zat besi" suatu pembodohan konsumen

tapi masuk akal juga si,masa dgn harga Rp 1000 mau dapat vitamin selengakap itu,kan imposible!!
« Last Edit: 22 February 2009, 08:19:12 PM by Chikennn »
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Mie instan,terlalu sering??
« Reply #4 on: 22 February 2009, 08:24:11 PM »
[at] antidote
Thank informasinya,tunggu bingkisan ku


 [at] forte
jadi ga ada resiko serius ni,sy setuju dgn anda,jalan tengah!!
bingkisannya lain kali ya

padahal di kemasannya ditulis "diperkaya vitamin A,B1,B6,B12,niasin,asam folat dan meneral zat besi" suatu pembodohan konsumen

tapi masuk akal juga si,masa dgn harga Rp 1000 mau dapat vitamin selengakap itu,kan imposible!!

kagak juga bro. memang diperkaya sesuai yang tertulis, tetapi diperkaya bahan-bahan lain juga, termasuk pengawet, msg, dll.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Mie instan,terlalu sering??
« Reply #5 on: 22 February 2009, 09:22:42 PM »
Jadi kaya akan vitamin dan kaya akan zat2 yang merusak juga ^-^

Gw kalau makan mie instan kadang gw imbangin dengan tambahin sayuran yang buanyak banget biar masih dapat gizinya ^-^

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Mie instan,terlalu sering??
« Reply #6 on: 22 February 2009, 09:36:46 PM »
makanan andalan gw nich...

keuntungannya makanan andalan dikala bokek (anak kost-an) ;D

kerugiannya bosen ngindo terus karena kebanyakan bokeknya ;D

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Mie instan,terlalu sering??
« Reply #7 on: 23 February 2009, 07:44:51 AM »
Wahh.. saya setuju sebagai makanan di kala bokek
Masak langsung dua bungkuspun masih kejangkau harganya dahh
Biasa malah saya campur dengan kembang tahu, jadi deh mie kuah kembang tahu
Muantappp abieszz...   :jempol:
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Mie instan,terlalu sering??
« Reply #8 on: 23 February 2009, 08:14:54 AM »
wah baru tahu pake kembang tahu enak nih. yang aye penah sih pake kimchi :) jadi serasa makan direstoran korea yg mahal :))
There is no place like 127.0.0.1

 

anything