//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Bahaya ayam kadaluarsa  (Read 5118 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline rika

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 200
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
  • qiute....
[ASK] Bahaya ayam kadaluarsa
« on: 06 November 2008, 01:29:17 PM »
hayooo...masih berani makan mie ayam ga yaaah??
Fakta yang akan gw utarakan adalah mengenai Mie Ayam gerobak...

Ceritanya :

Waktu temen gw ngajak jalan ke sebuah supermarket yang ternama di daerah Depok, waktu itu jam menunjukan pukul 10 malam. Gw pikir ngapain ngajak gw kesana untuk belanja jam segini dan itu jam tutup supermaketnya.

Trus temen gw bilang kalo dia mau beli ayam untuk tambak ikannya. dia sudah menyiapkan 2 karung ukuran 50 kg utnuk menampung ayam2 tersebut. Setelah sampai kita tidak langsung masuk tapi menunggu di dekat pembuangan limbah supermarket tersebut, gw semakin bingung aja. Trus temen gw cerita kalo dia mau beli ayam udah kadaluwarsa dengan jumlah cukup banyak untuk makanan ikannya. Tetapi ada hal yang sangat aneh, kok banyak orang2 yang ikut menunggu di depan pembuangan sampah yang bau dan tidak sedap dipandang.

Trus gw memberanikan diri untuk bertanya ke salah satu oknum dari pihak toko tersebut (dia bagian pembuangan limbah)

T : Pak boleh nanya sesuatu?
J : Boleh, ada apa
T : Itu orang nunggu untuk ngapain pak?
J : Oh orang2 itu beli ayam yang seperti temen bapak beli.
T: Untuk makanan ikan juga?
J : Bukan tapi untuk diolah lagi dan dijadikan bahan dalam Mie Ayam. Coba aja tanya sendiri sama mereka orang mereka itu sapa?

Wew hal yang sangat mengerikan ternyata pedagang Mie Ayam gerobak yang harganya cuma Rp 5.000,- semangkok itu ayamnya adalah ayam sudah mau kadaluawarsa maupun ada yang sudah kadaluwarsa.

Semenjak itu gw sampe sakarang ng pernah mau makan mie ayam gerobak lagi, setelah denger itu mendingan gw cari makan di restaurant aja.

Info ini berguna bagi teman2 untuk berhati2 dalam membeli mie ayam dari pedagang mie ayam gerobak.

Bro Fox nanya donk ....Ayam kadaluwarsa sama ayam busuk apa bedanya? Bahaya apa yg ditimbulkan?

 _/\_

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bahaya ayam kadaluarsa
« Reply #1 on: 06 November 2008, 01:32:10 PM »
cemana bedain ya udah kadaluarsa / udah busuk?
Smile Forever :)

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK] Bahaya ayam kadaluarsa
« Reply #2 on: 06 November 2008, 02:37:37 PM »
yang gw tau sih, biasanya kalo namanya kadaluarsa adalah kondisi fisik masih bagus namun beberapa indikator sudah melebihi batas normal.

misal kalo di makanan kaleng, jumlah bakteri melampaui sekian ppm.....

sementara kalau busuk, dari fisiknya sudah mulai mengalami penguraian....

cmiiw

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK] Bahaya ayam kadaluarsa
« Reply #3 on: 06 November 2008, 02:41:04 PM »
hayooo...masih berani makan mie ayam ga yaaah??
Fakta yang akan gw utarakan adalah mengenai Mie Ayam gerobak...

Ceritanya :

Waktu temen gw ngajak jalan ke sebuah supermarket yang ternama di daerah Depok, waktu itu jam menunjukan pukul 10 malam. Gw pikir ngapain ngajak gw kesana untuk belanja jam segini dan itu jam tutup supermaketnya.

Trus temen gw bilang kalo dia mau beli ayam untuk tambak ikannya. dia sudah menyiapkan 2 karung ukuran 50 kg utnuk menampung ayam2 tersebut. Setelah sampai kita tidak langsung masuk tapi menunggu di dekat pembuangan limbah supermarket tersebut, gw semakin bingung aja. Trus temen gw cerita kalo dia mau beli ayam udah kadaluwarsa dengan jumlah cukup banyak untuk makanan ikannya. Tetapi ada hal yang sangat aneh, kok banyak orang2 yang ikut menunggu di depan pembuangan sampah yang bau dan tidak sedap dipandang.

Trus gw memberanikan diri untuk bertanya ke salah satu oknum dari pihak toko tersebut (dia bagian pembuangan limbah)

T : Pak boleh nanya sesuatu?
J : Boleh, ada apa
T : Itu orang nunggu untuk ngapain pak?
J : Oh orang2 itu beli ayam yang seperti temen bapak beli.
T: Untuk makanan ikan juga?
J : Bukan tapi untuk diolah lagi dan dijadikan bahan dalam Mie Ayam. Coba aja tanya sendiri sama mereka orang mereka itu sapa?

Wew hal yang sangat mengerikan ternyata pedagang Mie Ayam gerobak yang harganya cuma Rp 5.000,- semangkok itu ayamnya adalah ayam sudah mau kadaluawarsa maupun ada yang sudah kadaluwarsa.

Semenjak itu gw sampe sakarang ng pernah mau makan mie ayam gerobak lagi, setelah denger itu mendingan gw cari makan di restaurant aja.

Info ini berguna bagi teman2 untuk berhati2 dalam membeli mie ayam dari pedagang mie ayam gerobak.

Bro Fox nanya donk ....Ayam kadaluwarsa sama ayam busuk apa bedanya? Bahaya apa yg ditimbulkan?

 _/\_


dear sis rika

ini beneran kisah pribadi atau anda forward dari email org lain???

soalnya kalau email yg pertama saya dapat, supermarketnya itu di daerah selatan jakarta dan namanya "C"

Offline rika

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 200
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
  • qiute....
Re: [ASK] Bahaya ayam kadaluarsa
« Reply #4 on: 06 November 2008, 04:47:15 PM »
Kalu pribadi sih ga ya, cuma temen saya bilangnya ngalamin sendiri, saya jg pengen nanya2 sih apa berita ini benar ato hanya hoax....cuma belum dapat jawaban nh....

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK] Bahaya ayam kadaluarsa
« Reply #5 on: 06 November 2008, 05:11:11 PM »
oo.... ditunggu kabar selanjutnya yah.... biar jadi clear aja

soalnya kasian juga sebenarnya para pedagang itu.......

dari tahu yg kedelainya naek, bakso pake boraks en formalin, kulit dari ex sendal/sepatu kulit, jualan bakso tikus, juga pernah isyu mie ayam pake daging tikus dan sekarang daging yg kadaluarsa.....

Offline rika

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 200
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
  • qiute....
Re: [ASK] Bahaya ayam kadaluarsa
« Reply #6 on: 07 November 2008, 08:39:49 AM »
Iya nh... jujur g sih penggemar mie ayam....mungkin ga semua kali yah yg begitu....masih ada lah pedagang yg jujur n memakai ayam segar.....malah info terbaru nh mie nya pake formalin.....
Ya bijaksana aja deh menanggapi info2 yg kurang jelas kebenarannya...

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK] Bahaya ayam kadaluarsa
« Reply #7 on: 07 November 2008, 10:28:34 AM »
yup, mie ayam emg makanan favotir untuk bnyk orang........ termasuk saya dulu... he3...

cm setelah lama kenal buddhism, skrg coba ngurangin utk ga "favorit" ama apapun...... soalnya itu khan "lobha/melekat"....

sementara tujuan buddhism, justru utk ngikis lobha, dosa dan moha..... he3

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bahaya ayam kadaluarsa
« Reply #8 on: 08 November 2008, 05:30:36 PM »
Iya nh... jujur g sih penggemar mie ayam....mungkin ga semua kali yah yg begitu....masih ada lah pedagang yg jujur n memakai ayam segar.....malah info terbaru nh mie nya pake formalin.....
Ya bijaksana aja deh menanggapi info2 yg kurang jelas kebenarannya...
ya.. jujur saja.. sangat sulit untuk membedakan bahwa ayam tersebut apakah ayam yang masih baik / tidak, karena sudah tercampur dengan bumbu2 dapur jadi otomatis analisa secara organoleptis juga akan menjadi rancu.. dan untuk jelasnya memang lebih baik diambil sampel untuk dicek secara lab.

mengenai mie, memang ada yang mengandung formalin, dan biasanya mie yang mengandung formalin itu lebih ke mie basah bukan mie kering. Solusinya jika ingin belanja / makan, carilah warung mie yang laku, karena secara logika jika laku, mereka tidak akan menggunakan formalin dalam pengawetan (buat apa.. kan dagangannya laris) dan mereka juga khawatir akan cita rasa masakan mereka pudar dan konsumen lari
 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl