Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [INFO] Diabetes  (Read 10753 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
[INFO] Diabetes
« on: 16 October 2008, 01:27:14 PM »
Christian Kusnady <kmd9658 [at] yahoo.com> wrote:

obat diabetes   

Quote
kemaren aku tau dari si pasien untuk obat diabetes adalah undur-undur (binatang yang bersarang di pasir dan berjalan mundur)
si pasien sudah mau di amputasi kakinya, tapi setelah minum obat dari singapur (harga +/- 10 jt untuk 3 butir obat), dan ternyata sembuh.
setalah diperiksa ternyata isinya undur-undur tadi.
 
silahkan mencoba dan mudahan cepat sembuh bagi si pasien.

« Last Edit: 18 October 2008, 11:40:06 AM by FoxRockman »

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Info tentang Diabetes (lagi....)
« Reply #1 on: 16 October 2008, 01:27:52 PM »
Christian Kusnady <kmd9658 [at] yahoo.com> wrote:

Quote
Jika seseorang terkena penyakit diabetes, berarti pankreasnya tidak berfungsi, biasanya diobati dengan insulin, tetapi dia tetap harus mengkonsumsi gula satu sendok teh setiap hari, sebagai sumber tenaga.
 
Untuk pencegahan/ menjaga fungsi pankreas sebaiknya minum gula 2 sendok makan tiap pagi dan sore (misal teh manis), bisa juga diganti madu atau sirup.
Ini baik juga untuk menjaga kesehatan mata, lever/hati, jantung, selain itu gula juga menghasilkan energi/tenaga.
 
Untuk asam urat dan kolesterol, obat yang paling sederhana adalah, kacang tanah yang masih ada kulitnya, (bagusnya yang baru dipanen atau yang berasal dari Madura) dicuci bersih, direbus (menggunakan panci email)bersama kulitnya dengan 3 gelas air menjadi satu gelas air , dengan api yang kecil, (hasilnya air akan berwarna coklat mirip air teh) tiap pagi dan sore diminum tapi kacang tanah hasil rebusannya tak boleh dimakan. Banyaknya kacang tanah tersebut bisa dikira-kira sendiri.Kalau badan sudah merasa enak (sendi tidak kaku dll), hentikan. Banyak yang sudah sukses.
 
Semoga ini dapat membantu. TQ.
 

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Info tentang Diabetes (lagi....)
« Reply #2 on: 16 October 2008, 01:28:54 PM »
Christian Kusnady <kmd9658 [at] yahoo.com> wrote:


Quote
Dear Yanuar

Just Sekedar info yah..Hope can Help U.. and anyone..

Berhubungkan g warga keturunan nich n dari kecil g kgk pernah yang namanya berobat ke dokter krn papaku bisa n mengerti obat traditional china...Jadi kebetulan tahu sedikit banyak..
and kemaren papa ceritakan bahwa penyebab seseorang diabetet apa - apa aja... krn g org yang selalu penasaran juga..Jadi selalu mau tahu dan mau tahu penanganannya agar g bisa berbagi ke yang butuh..
G harap sich bermanfaat bagi semua soudara2 ku setanah air...

Kebiasaan konsumsi air es / dingin.
    Kita akan merasa haus krn dalam badan kita terasa panas dan tubuh butuh supplay air.
    Trus kita minum air es, kalo kita haus dan minum air es, haus kita hilang sejenak tapi kemudia akan terasa haus kembali,
    itu dikarenakan panas kena dingin usus kita akan bereaksi cepat yaitu mengerut (mati rasa) jadi air yg kita minum
    tidak terserap
   
Akibatnya : jika terus menerus minum air dingin.. lama kelamaan dinding usus kita akan membentuk
    lapisan seperti lendir atau jamur atao lapisan kulit2 mati yang makin hari makain bertambah dan akibatnya,
    usus kita tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya (menyerap zat air ato
    makanan)

Orang yang mengindap penyakit diabetes ini akan terus merasa haus dan lapar, tubuh makin hari akan makin kurus krn bahan yang dibutuhkan tubuh kita tidak terpenuhi.

cara penanganannya :
    HENTIKAN KEBIASAAN MINUM AIR DINGIN walaupun sehaus apapun.. minum air dingin hanya boleh sekali kali aja dan
    jangan jadikan kebiasaan.
   
    Olah raga yang teratur. krn dengan berolah raga panas tubuh dapat membakar jamur2 di dalam tubuh walaupun tidak instan.
    krn penyembuhan yang tidak instan lebih permanen daripada yang instan.
    Selain itu carilah pengobatan traditional yang ada disekitar daerah mu.

Untuk Obatnya mungkin saya kurang tahu  krn pengobatan tradisional itu pada setiap org kondisi badan, suhu, kebiasaan itu sangat berpengaruhi obat yang harus diminum.

maybe teman2 yang lain bisa share pengalamannya.

Offline rika

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 200
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
  • qiute....
Re: Info tentang Diabetes (lagi....)
« Reply #3 on: 16 October 2008, 01:53:00 PM »
iya nh, ada sodara yg diabet trus konsumsi undur2, undur2 nya dimasukin ke pisang trus dimakan deh.... ya katanya sih enakan......
Bro markos bukannya kalau asam urat itu anti dengan kacang2 an, tp boleh juga sih dicoba......

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Info tentang Diabetes (lagi....)
« Reply #4 on: 16 October 2008, 01:55:51 PM »
katanya meditasi bisa membantu diabetes...coba cek: http://www.balimeditation.com/ dan dari tgl 11 oct smp 8 minggu kedepan setiap sabtu ada diadakan meditasi kesehatan (bali usada) di vihara dhammacakka ..

Offline quark

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 29
  • Reputasi: 1
Re: Info tentang Diabetes (lagi....)
« Reply #5 on: 16 October 2008, 02:10:52 PM »
wah obat kolesterol tuh bermanfaat, jaman sekarang gak tua gak muda banyak yang kena kolesterol

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Info tentang Diabetes (lagi....)
« Reply #6 on: 16 October 2008, 02:16:41 PM »
hati-hati minum obat kolesterol kl ga salah sih ada enzim q10 yg akan hilang kl menurut web site dr mercola...jd orang yg tiap hari minum obat kolesterol pun tetap/lbh cepat kena serangan jantung krn kekurangan enzim tsb...hehe

so sebaiknya perbanyak makan buah dan sayur..itu yg jauh lbh baik..

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Info tentang Diabetes (lagi....)
« Reply #7 on: 16 October 2008, 02:29:43 PM »
iya nh, ada sodara yg diabet trus konsumsi undur2, undur2 nya dimasukin ke pisang trus dimakan deh.... ya katanya sih enakan......
Bro markos bukannya kalau asam urat itu anti dengan kacang2 an, tp boleh juga sih dicoba......

ehm coba dibaca lagi deh sis........

kalo diatas sih, kayanya disebutin kalo yang dikonsumsi tuh air rebusan kacang yang masih ada kulitnya deh, bukan konsumsi kacangnya... cmiiw.....

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Info tentang Diabetes (lagi....)
« Reply #8 on: 16 October 2008, 02:31:58 PM »
katanya meditasi bisa membantu diabetes...coba cek: http://www.balimeditation.com/ dan dari tgl 11 oct smp 8 minggu kedepan setiap sabtu ada diadakan meditasi kesehatan (bali usada) di vihara dhammacakka ..


benernya sih itu adalah proses citta jarupa, bro.....

udah banyak penelitian efek meditasi terhadap penyakit2 tuh......

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Info tentang Diabetes (lagi....)
« Reply #9 on: 18 October 2008, 11:39:36 AM »
Dari sini akan saya jelaskan pengaruh meditasi ditinjau dari sudut ilmiah.

Seperti yang kita tahu bahwa tubuh kita ini juga diatur oleh Sistem Saraf Perifer yang terdiri dari sistem saraf simpatis dan saraf parasimpatis. Dan ada 2 hormon yang berkaitan dengan pengaturan gula darah, yaitu hormon insulin yang mengubah glucose menjadi glicogen, dan hormon glucagon yang merupakan antagonis dari insulin.

Pada saat keadaan stress, maka tubuh akan lebih banyak berperan sistem saraf simpatis, makanya yang terjadi adalah pengeluaran neurotransmitter ephinefrin dan nor ephinefrin lebih banyak. Dan akibat pengeluaran neurotransmitter ini, maka hormon glucagon lebih banyak dikeluarkan sehingga menyebabkan peningkatkan gula darah akibat perombakan dari glicogen menjadi glucose.

Dengan meditasi, maka keadaan stress dapat dikurangi, secara logika maka kerja saraf simpatis juga dikurangi, maka gula darah yang dihasilkan dari perombakan glikogen juga lebih sedikit dibanding saat stress.

Semoga bermanfaat


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [INFO] Diabetes
« Reply #10 on: 19 October 2008, 04:08:10 AM »
Copas truss ...... hobii  :P ;D



Saat ini pengidap diabetes tidak lagi orang lanjut usia tapi juga banyak diidap oleh kelompok usia produktif. Diabetes, yang diambil dari kata Diabetes mellitus, adalah sekelompok penyakit metabolis, yang dicirikan dengan kadar gula darah (glukosa), yang tinggi. Penyakit ini terjadi akibat kerusakan sekresi insulin, kerja insulin, atau keduanya.


Penyebab

Diabetes terjadi jika tubuh tidak menghasilkan hormon insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal, atau jika sel tubuh tidak merespon insulin secara tepat. Hal itu bisa terjadi karena gaya hidup yang penuh stres, jarang olahraga dan pola makan yang tidak seimbang.



Menurut The American Diabetes Association, ada sejumlah faktor risiko penyebab diabetes, antara lain:
* Riwayat keluarga mengidap diabetes (orang tua, atau saudara kandung)
* Obesitas
* Berusia lebih dari 45 tahun
* Kelompok etnis tertentu
* Kehamilan
* Tekanan darah tinggi
* Kadar trigliserida dalam darah tinggi
* Kadar kolesterol tinggi

Diabetes mellitus dikategorikan atas 2 tipe:

Diabetes mellitus tipe I  (diabetes yang tergantung pada insulin) menghasilkan sedikit insulin atau sama sekali tidak menghasilkan insulin. Sebagain besar Diabetes mellitus tipe I terjadi sebelum usia 30 tahun. Faktor lingkungan berupa infeksi virus atau faktor gizi pada masa anak-anak menyebabkan sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas.

Diabetes Mellitus tipe II  (diabetes yang tidak tergantung pada insulin), pankreas tetap menghasilkan insulin, kadang kadarnya lebih tinggi dari normal. Tetapi tubuh membentuk kekebalan terhadap efeknya sehingga terjadi kekurangan insulin relatif. Biasanya terjadi setelah usia 30 tahun.

Gejala

Seseorang yang mengidap Diabetes Mellitus, cenderung mengalami:

* Rasa haus yang berlebihan.
* Sangat sering berkemih (volume urin banyak)
* Selalu merasa lelah/kekurangan energi
* Mengalami infeksi kulit yang sulit sembuh
* Penglihatan menjadi kabur (Buta Ayam)
* Berat badan merosot drastis (pada sebagian penderita)
* Hyperglaisimia (peningkatan abnormal kandungan gula darah)
* Glaikosuria (terdapat kandungan glukosa dalam urin)

Pencegahan dan Pengobatan

1. Mempertahankan berat badan ideal dan melakukan gaya hidup aktif. Latihan (gerak) fisik sangat penting untuk mencegah diabetes. Paling tidak, berolahragalah setengah jam per hari. Jalan cepat untuk mempercepat detak jantung atau gerakan yang menghasilkan keringat. Menurut penelitian, orang yang berjalan cepat selama 30 menit setiap hari selama lima hari per minggu, dan orang yang berat badannya turun 5-7 persen dari berat badan totalnya, akan dapat mengurangi risiko terkena diabetes sampai 50%.

2. Menurunkan berat badan. Sekitar 80% pengidap diabetes mengalami kelebihan berat badan. Maka, hindari mengonsumsi makanan yang terbuat dari gula. Makanan yang diproses dan digoreng juga tidak sehat. Sebaliknya konsumsi makanan berserat sangat dianjurkan.

3. Jangan merokok. Merokok tak hanya meningkatkan risiko diabetes tapi juga menyebabkan penyakit jantung dan kanker paru-paru.

4. Jangan minum minuman beralkohol.


  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] Diabetes
« Reply #11 on: 19 October 2008, 10:32:34 AM »
Sedikit penjelasan ilmiah ;D

Gejala haus ini berguna karena tubuh "jenuh" dengan gula dan adanya timbul rasa haus untuk memaksa diberikan minum untuk membuat konsentrasi gula dalam tubuh menjadi lebih encer.
Sering melakukan urinasi ini adalah respon tubuh dalam membuang gula yang berlebihan dalam tubuh.
Padahal sebenarnya ginjal dirancang dengan jutaan nefron yang kecil lubang penyaringannya, tidak bisa menyaring molekul yang sebesar glucose. Akibatnya nefron akan dipaksa sehingga merusak glomerulus yang ada di dalam nefron dan glomerulus menjadi jebol. Dan nefron menjadi mati / dikenal dengan nefronopati dan akan berkembang menjadi gagal ginjal kronis. Dan akan ditemukan glucose dalam urine.

Kekurangan energi diakibatkan karena jenuhnya / kurangnya insulin, jadi glucose yang ada walau banyak tetapi tidak bisa masuk ke dalam sel sehingga tidak dapat diproses dalam metabolisme sel yang berkaitan dengan ATP (Adenosin TriPhosphat)
ATP berhubungan erat dengan energi

Mengalami infeksi yang sulit sembuh ini juga sering terjadi pada penderita diabetes yang akan berkembang menjadi borok. Dan lama2 akan menuju ke gangren / kematian jaringan. Hal ini terjadi karena kadar gula yang berlebihan di dalam darah akan menghambat pembentukan benang2 fibrin dengan sempurna dari hasil pemecahan Fibrinogen dengan bantuan vitamin K dan ion Ca++ dan platelet. Di samping itu, akan timbul infeksi baru dari luka ini, karena seperti yang pernah saya uraikan dalam mikrobiologi di thread lain, bakteri menyukai lingkungan yang banyak makanan, dan lingkungan darah yang banyak mengandung glucose adalah surga bagi bakteri, sehingga bakteri akan lebih cepat berkembang mengikuti fase log.

Penglihatan menjadi kabur, dan biasanya juga akan menyebabkan glaukoma. Ini erat kaitannya dengan tekanan pada bola mata. Karena pada kondisi penderita diabetes, darah yang bersirkulasi juga akan mempengaruhi tekanan pada bola mata sehingga menyebabkan tekanan mata meningkat, sehingga akibatnya akan mematikan sel-sel mata (karena tertekan). Dan selanjutnya akan menyebabkan retinopati yaitu kematian pada sel retina.

Selain itu yang lupa diuraikan, diabetes dekat kaitannya dengan penyakit jantung. Karena kelebihan gula darah akan dirombak juga menjadi lemak. Lemak2 yang ada akan menempel di dinding pembuluh darah dengan bantuan ion Ca++
Sehingga menyebabkan ruang pembuluh tempat aliran darah menjadi lebih sempit. Fenomena ini dikenal dengan Arterosklerosis yang akan menyebabkan tingginya tekanan darah dan dapat memicu terjadinya stroke.

Selain itu juga, diabetes juga dapat menyebabkan impotensi, karena sirkulasi darah yang masuk ke dalam sistem reproduksi pria juga akan terganggu.

Semoga bermanfaat

 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [INFO] Diabetes
« Reply #12 on: 10 November 2008, 02:50:38 PM »
Niru Virya... COPAAS!!!.........


http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/16/18452551/obat.baru.atasi.diabetes

Obat Baru Atasi Diabetes

www.daily-diabetic.com
Galvus (vildagliptin) obat oral yang dikonsumsi sekali sehari untuk penderita diabetes tipe 2. Vildagliptin bekerja dengan meningkatkan jumlah dua hormon inkretin yang ditemukan di tubh disebut glucagon-like peptide-1 (GLP-1) dan glucose-dependent insulinotropic peptide (GIP).
/
Artikel Terkait:
* Diabetesi, Hindari Tepung Selama Puasa
* Diabes Mellitus Incar Usia Produktif
* Olahraga Bikin Insulin Lebih Sensitif
* Diteliti, Potensi Cokelat Bagi Diabetesi
* Terapi Baru untuk Diabetesi
Kamis, 16 Oktober 2008 | 18:45 WIB
HARAPAN baru telah muncul bagi para penderita diabetes (diabetesi) di Indonesia khususnya yang menjalani pengobatan tetapi belum juga menunjukkkan perbaikan yang siginifikan.

Kini, telah hadir obat generasi baru berzat aktif Vildagliptin, yang diklaim memiliki keunggulan dibandingkan kelompok atau generasi sebelumnya.

Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Dr Pradana Soewondo Sp.PD-KEMD, menyatakan, Vildagliptin merupakan obat oral diabetes yang menggunakan pendekatan baru.

"Selama ini, pengobatan diabetes hanya memperhatikan insulin (hormon yang menurunkan kadar glukosa darah) saja, sementara glukagonnya (yang meningkatkan kadar glukosa darah) belum disentuh," ungkap Soewondo dalam acara Media Edukasi Penatalaksanaan Diabetes di Jakarta, Kamis (16/10).

Vildagliptin bertindak sebagai inhibitor protein Dipeptidyl Peptidase-4 (DPP-4 Inh) yang poten, selektif dan reversibel. Secara sederhana, obat ini bekerja dengan cara memperbaiki fungsi sel beta pankreas (sel yang memproduksi insulin) dan sel alfa pankeras (yang memproduksi glukagon) serta memperbaiki sensitivitas insulin.

Inkretin
Menurut Soewondo, selain kekurangan insulin, diabetesi juga mengalami kekurangan hormon inkretin, sejenis hormon yang disekresi saluran usus ketika makanan masuk, berfungsi mengatur dan mengontrol glukosa darah. Inkretin juga berperan dalam memperbaiki fungsi keseimbangan antara glukagon dan insulin.

Kurangnya inkretin disebabkan oleh hadirnya protein DPP-4 yang bekerja memecah inkretin. Padahal, kurangnya hormon inkretin ini dapat mengganggu keseimbangan antara glukagon dan insulin.

"Dengan hadirnya inhibitor (penghambat) DPP-4, keseimbangan akan tercapai sehingga fungsi organ pankreas pun akan meningkat," ungkap Soewondo.

Vildagliptin, lanjutnya, juga menghasikan efek farmakologik memperbaiki fungsi sel beta yang rusak dan menjadi satu-satunya yang bekerja terhadap sel alfa. Hasil uji klinis menunjukkan, pasien yang mendapat vildagliptin 50mg satu tablet sehari, sel betanya lebih sensitif terhadap glukosa dibandingkan yang tidak.

"Dengan kata lain, Valdigliptin mampu meningkatkan fungsi pankreas yakni memperbaiki sensitifitas sekresi glukagon terhadap glukosa dan memperbaiki sensitifitas sekresi insulin terhadap glukosa," ungkapnya.

Vildagliptin akan dipasarkan PT Dexa Medica efektif mulai Oktober 2008 ini. Obat ini sebenarnya ditemukan oleh Novartis, perusahaan farmasi yang berpusat di Swiss, tetapi di Indonesia obat ini akan dipasarkan oleh Dexa Medica.

"Novartis dan Dexa Medica melakukan sharing competency untuk memasarkan obat ini ke konsumen di Indonesia. Sosialisasi dan perkenalan kepada para dokter akan segera dilakukan pekan ini di 6 kota besar," ungkap Head Marketing and Sales Sinergi Dexa Medica, Dorothy Maria Dharma.
AC


Offline milan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 1
  • Gender: Female
Re: [INFO] Diabetes
« Reply #13 on: 15 November 2008, 08:23:34 PM »
hi semua...
kebetulan sekali sekarang aku lagi mendalami salah satu produk herbal.
awalnya dari pengalaman papa saya 5 bulan yang lalu tiba-tiba badannya lemas, kejang-kejang dan bicaranya sudah ngacoooo sekali (sampe-sampe minta disiapin semua peralatan untuk pemakaman, dan sebagai anak yang baik kami menyiapkan semua permintaan dia). akhirnya pada sore hari kondisinya sudah payahhhh sekali dan kami memutuskan untuk membawanya kerumah sakit. dan ternyata papa aku terkena diabetes sampai alat pengukurnya sudah tidak terditek lagi. dirumah sakit 1 hari untuk suntik penurun gula bisa 1 juta (keluar dari ru rumah sakit papa aku sudah tidak bisa jalan dan gulanya jadi naik turun). dan saya berterima kasih sekali... slah satu teman saya memberi produk kesehatan dari herbal yaitu chlorophyl dan koyo kino takara. sejak minum produk itu papa saya tidak pernah masuk lagi kerumah sakit dan sekarang dia sudah bisa jalan. sekedar info saja kalau punya teman,saudara, ortu dll yang terkena penyakit, bahkan penyakit yang bikin mereka hilang harapan (stroke)  dan sudah bosen dengan obat dokter, tidak ada salahnya untuk menyebar luaskan info ini.

kamu bisa lihat di **************    oke semoga info ini berguna, kalau ada yang mau info lebih lanjut juga bisa hub saya di ***************


Pesan buat Milan : Jika tidak promosi.. tidak perlu menghubungi Anda secara pribadi, melainkan bisa dipost di forum ini langsung.
Jika ingin melakukan Promosi / Penjualan produk dilakukan di board kaki lima.. tidak di board kesehatan. Terima kasih.

=Fox=


« Last Edit: 16 November 2008, 07:13:26 AM by FoxRockman »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] Diabetes
« Reply #14 on: 19 February 2009, 07:01:04 PM »
Ini adalah salah satu laporan saya sewaktu memberikan penyuluhan mengenai Diabetes Melitus di bangsal Interne Wanita (Penyakit Dalam) Rumah Sakit M. Djamil, Padang tahun 2006. Semoga bermanfaat

Penyuluhan Diabetes Melitus
oleh : Hedi Kasmanto, S.Farm., Apt.


Definisi Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus merupakan salah satu penyakit degeneratif yang ditandai dengan kadar gula darah di dalam tubuh meningkat yang disebabkan defisiensi insulin atau gangguan metabolisme glukosa.

Penyebab Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus dapat disebabkan faktor genetika, obesitas, pola hidup yang tidak sehat, stres berkepanjangan, infeksi mikroba, respon autoimun.

Klasifikasi Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus (DM) dapat diklasifikasikan yaitu :
a. DM Tipe 1 atau Diabetes Mellitus Tergantung Insulin
Tipe ini ditandai dengan kerusakan pada sel beta pancreas sehingga insulin tidak dapat dihasilkan.
b. DM Tipe 2 atau Diabetes Mellitus Tidak tergantung Insulin
Tipe ini ditandai dengan produksi insulin oleh sel beta pancreas yang tidak memadai.

Penatalaksanaan Terapi DM

Penatalaksanaan terapi DM ini dengan terapi non farmakologis dan terapi farmakologis
1. Terapi Non Farmakologis
a. Perencanaan Pola Makan Sehat
Perlu diperhatikan jumlah asupan kalori yang diperlukan oleh tubuh yang disesuaikan dengan berat badan ideal.

BB Ideal : 90 % x {tinggi badan (cm) – 100)}

Komposisi makanan yang dianjurkan :
- Karbohidrat : 60 – 70 %
- Protein : 10 – 15 %
- Lemak : 20 – 25 %
- Serat : 25 g/hari

b. Latihan fisik atau Olah raga
Latihan fisik atau olah raga bertujuan untuk meningkatkan permiabelitas membran terhadap glukosa saat terjadinya kontraksi otot, sehingga glukosa banyak digunakan dan kadarnya berkurang dalam tubuh.

2. Terapi Pengobatan
Terapi pengobatan ini dilakukan bila dengan terapi non pengobatan, kadar gula darah tetap tidak terkontrol, maka perlu diberi obat-obatan antidiabetes sesuai dengan tipe diabetes yang dideritanya. Berupa:
a. DM tipe I (DMTI)
Untuk DMTI biasanya terapi yang diberikan hanya pemberian insulin seumur hidup. Insulin ini disebut juga antidiabetika suntikan yang diberikan lewat pembuluh darah vena (IV) otot atau IM, bawah kulit atau sub kutan (SC).
• Insulin adalah dua rantai peptida A dan B dengan masing-masing 21 dan 30 asam amino yang dihubungkan oleh
jembatan disulfida.
• Insulin diberikan secara subkutan dengan tujuan mempertahankan gula darah dalam batas normal yaitu 80 –
1200 mg% saat puasa dan 80-160 mg setelah makan.
• Untuk pasien di atas 60 tahun, batas gula darah paling tinggi adalah 150 mg saat puasa dan 200 mg setelah makan.
• Insulin semi sintetik didapatkan dari pankreas hewan (babi). Insulin ini mirip dengan insulin manusia.
• Insulin biosintetik didapatkan dengan cara rekombinan DNA

b. DM tipe II (DMTTI)
DMTTI ini biasanya diberikan pengobatan bila terapi non obat tidak mampu mengontrol kadar gula darah sehingga diperlukan obat yang biasanya disebut antidiabetik oral.

Ada tiga jenis obat yang diberikan untuk DMTTI ini yaitu :
1. Golongan Sulfonilurea
• Generasi pertama : tolbutamid, asetoheksamid, tolazamid, klorpropamid
• Generasi kedua : gliburid, glibenklamid, glipizid, glikazid, glibonurida. (Umumnya generasi kedua ini lebih poten daripada pertama)
2. Golongan Biguanid
Obatnya : buformin, merformin dan fenformid.
3. Golongan lain
Obatnya : akarbosa, deksfenfluramin dan troglitazon

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan obat secara umum dan khususnya obat antidiabetik
1. Saat menerima obat pastikan obat masih dalam kemasan yang utuh tanpa ada kerusakan bila obat diberikan dalam kemasan pabrik atau bungkus aslinya. Jangan menerima obat dalam kemasan yang sudah rusak.
2. Perhatikan batas kadaluarsa yang tercantum pada label obat. Bila sudah melewati tanggal yang tertera, beritahukan pada petugas kesehatan yang terkait.
3. Perhatikan label atau etiket apakah mencantumkan hal-hal sebagai berikut:
a. Nama pasien (untuk mencegah salah pemberian obat)
b. Aturan pakai
Sangat penting untuk mengerti aturan pakai obat yang tertera pada label karena :
Tiap-tiap obat memiliki aturan pemakaian yang berbeda, baik itu cara pakai, waktu pakai (waktu minum obat), jumlah obat yang dipakai (jumlah obat yang diminum), dan lama pemakaian obat. Semua hal ini harus dipatuhi demi mencapai kesembuhan si pasien. Bila ada keraguan dan hal-hal yang tidak dimengerti pasien harus menanyakan kepada petugas kesehatan yang terkait seperti dokter, apoteker, dan perawat.
c. Perhatikan logo dan peringatan- peringatan yang ada pada label atau etiket.
d. Perhatikan ada tidak no registrasi pada kemasan baik kemasan luar dan dalam yang mana harus sama angkanya pada kedua kemasan .
e. Minumlah obat sesuai anjuran, pada waktu yang tepat dan sesuai jangka waktu pengobatan yang ditentukan.
f. Jangan mengkonsumsi obat orang lain walaupun menderita penyakit yang sama.
Hal ini perlu diperhatikan karena masing-masing orang mempunyai kondisi fisiologis dan riwayat penyakit yang berbeda.
e. Konsumsilah obat sampai habis, jangan dihentikan walaupun sudah dirasa membaik. Khususnya untuk obat-obat antibiotik.
f. Beritahukan dokter tentang riwayat penyakit, keadaan hamil atau menyusui serta alergi yang ada.
g. Usahakan menggunakan obat generik.
Disamping harganya murah, obat-obat ini mempunyai khasiat yang sama dengan obat-obat paten yang beredar. Penggunaan obat generik ini dapat diminta pada saat dokter meresepkan obat pada pasien.

Kesalahan- kesalahan dalam pengunaan obat
• Lupa minum obat
• Dosis tidak sebagaimana mestinya
• Interval waktu makan obat tidak dipatuhi
• Menghentikan penggunaan lebih dari seharusnya.
Efek yang dapat ditimbulkan oleh hal-hal diatas dapat berupa penyakit yang tidak sembuh. Bila telah terjadi kesalahan dalam penggunaan obat jangan segan untuk berkonsultasi dengan petugas kesehatan

Cara penyimpanan obat
• Jauhkan dari jangkauan anak-anak
• Simpan obat dalam kemasan aslinya dan dalam wadah tertutup rapat
• Simpan obat ditempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung

KESIMPULAN
Diabetes Mellitus termasuk dalam penyakit yang dapat menyebabkan kematian dan cenderung penyakit diabetes ini tidak dapat disembuhkan. Namun penderita Diabetes Mellitus dapat hidup normal bila kadar gula dalam darahnya terkendalikan dengan baik. Pengendalian Diabetes Mellitus dilakukan dengan cara melakukan diet secara baik dan benar, rutin berolah raga, makan obat diabetes secara teratur dan benar.


Pertanyaan

1. Apa penyebab penyakit diabetes ?

Diabetes Melitus dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti faktor keturunan, pola makan yang tidak sehat, malas berolahraga. Faktor keturunan maksudnya adalah bila orang tua menderita DM maka cenderung anaknya akan menderita
DM. Pola makan yang tidak sehat seperti banyak makan makanan yang berkarbohidrat tinggi dan malas berolahraga sehingga tidak ada pengeluaran kalori dan tertumpuk dan sehingga kadar gula menjadi tinggi


2. Apakah kita harus mengurangi mengkonsumsi gula agar terhindar dari penyakit diabetes ?

Ya, Kita harus mengurangi mengkonsumsi gula agar tidak memperburuk kondisi DM, dan tidak memberatkan kerja insulin dalam memetabolisme gula. Selain itu juga harus diiringi dengan olah raga agar dapat meningkatkan metabolisme sel sehingga kadar gula kita menjadi turun.

3. Apabila ada keluarga berpenyakit DM, resiko kita juga terkena lebih besar ?
Ya, Dengan ada sanak saudara yang mengidap DM, resiko terkena penyakit DM juga besar. Karena DM dapat diwariskan secara keturunan.

4. Bagaimana pola hidup orang DM yang benar ?
Pola hidup orang DM yang benar adalah
- Diet Rendah Kalori secara teratur dengan tujuan untuk mengurangi masukan gula dari luar sehingga tidak memperparah DM.
- Rajin Berolahraga dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sel sehingga gula yang di dalam tubuh kita dapat berkurang karena diolah menjadi energi untuk berolah raga
- Rutin Menggunakan Obat DM dengan tujuan menjaga agar DM tidak bertambah parah dan perlu diperhatikan agar selalu mengikuti aturan penggunaan obat DM supaya tidak terjadi kekurangan gula di dalam tubuh yang dapat berakibat fatal.

DAFTAR PUSTAKA
1. Mansjoer, A., dkk, Kapita Selekta Kedokteran, Jilid 1, Edisi 3, Media Aesculapius Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, 2000
2. Grahane-Smith, D.G., dan J.K. Aronson, Oxford Textbook of Clinical Pharmacology and Drug Therapy, edisi 2, Oxford Unipress, New York-Tokyo, 1992
3. Dipiro, J.T., et all, Pharmacotheraphy : A pathophysiologic approach, 3rd ed, Appleton & lange, Stamford, 1997
4. Anief, M., Ilmu Meracik Obat, Teori dan Praktek, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 1997
5. Walker R. and Clive Edwards, Clinical Pharmacy and Terapeutics, Churchill Livingstone, 1996
6. Bagian Farmakologi Fak. Kedokteran UI, Farmakologi dan Terapi, Universitas Indonesia, Jakarta, 1995
7. Mc. Evoy, G. K, Drug Information AHFS, The American Society Of Health System Pharmacist Inc., Bethesda, 1997
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl