Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [INFO] Luo Han Guo / Siraitia grosvenorii  (Read 6144 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline GandalfTheElder

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
[INFO] Luo Han Guo / Siraitia grosvenorii
« on: 04 October 2008, 02:08:28 PM »
Ada yang suka minum ini?

Luohan-guo (buah Arahat).  :D

羅漢果 juga berarti Arhat phala [Arahattaphala].

Makan buah ini langsung jadi Arahat.....  ^-^

Nama ilmiahnya Siraitia grosvenorii.





The dried fruit may be bought in a market. The surface of the fruit is round and smooth, it has a yellow-brownish or green-brownish colour, and is covered by fine hairs. The fruit has a hard but thin shell. Inside, one finds a partially dried, soft substance which contains the juice and a large quantity of seeds. All components are very sweet. Their nature is cool and not toxic. The fruit can act as a remedy for sun stroke, wet the lungs, remove phlegma, stop cough and aid defecation.

 _/\_
The Siddha Wanderer
« Last Edit: 05 October 2008, 11:39:46 AM by FoxRockman »
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.383
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Luo Han Guo
« Reply #1 on: 04 October 2008, 02:41:08 PM »
sering koq. yg udah dikeringkan buahnya atau yg sudah di kemas dalam kotak2x.

kalau yg kotak2x biasa sih langsung di isap seperti makan permen aja ;D

btw di US udah mulai dikenal tuh dan dijadikan pemanis alternatif.
There is no place like 127.0.0.1

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Luo Han Guo
« Reply #2 on: 04 October 2008, 03:15:55 PM »
katanya sech bagus buat batuk2

tp katanya, klu kebanyakan isa impoten?? +_+

CMIIW,

navis
« Last Edit: 04 October 2008, 03:21:10 PM by naviscope »
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.383
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Luo Han Guo
« Reply #3 on: 04 October 2008, 03:21:21 PM »
kebanyakan bisa impoten? yah tiap hari minum sih belum kelihatan ada efeknya kesono >:D
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Luo Han Guo
« Reply #4 on: 04 October 2008, 05:27:09 PM »
Quote
Luohan-guo (buah Arahat). :D
羅漢果 juga berarti Arhat phala [Arahattaphala].

kebanyakan bisa impoten? yah tiap hari minum sih belum kelihatan ada efeknya kesono >:D

*joke mode on*
karena suhu belom arahat.. :))
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Surya Kumari

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Luo Han Guo
« Reply #5 on: 04 October 2008, 06:27:24 PM »
katanya bisa buat panas dalam..
tapi bingung kalo mo beli harus liat made in...
lain negara lain kualitas..(katanye...)

bro/sis ada yg tau made in mana lebih bagus??
makan saat sedang makan..minum saat sedang minum..

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Luo Han Guo
« Reply #6 on: 04 October 2008, 08:50:38 PM »
katanya buat panas dalam yak?
tunggu bond konfirmasi ah...
tapi kurang ngepek tuh...
Samma Vayama

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.383
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Luo Han Guo
« Reply #7 on: 04 October 2008, 08:57:03 PM »
aye sih, sukses2x aja kalo panas dalem pake itu.
There is no place like 127.0.0.1

Offline GandalfTheElder

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Luo Han Guo
« Reply #8 on: 04 October 2008, 10:18:26 PM »
Kurang ngefek kalo sama aku..... klo I panas dalem mesti minum antibiotik baru sembuh, kalau cuma Luo Han Guo nggak bisa.

Tapi tampaknya banyak juga (temen, saudara) yang cocok lo....

_/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Luo Han Guo
« Reply #9 on: 04 October 2008, 10:48:06 PM »
 [at] Suhu: Luo Han Guo yang dalam bentuk kotak dihisap? Gak kemanisan tuh? Klo g seduh air...

Buah Lo Han di Indonesia bisa ditemui dimana?

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Luo Han Guo
« Reply #10 on: 04 October 2008, 11:10:33 PM »
Luo han guo memang bagus untuk panas dalam tetapi kalau untuk menyembuhkan batuk, itu tidak benar yg benar kalo baru gejala awal batuk saja.

Kalau panas dalam makan luo han guo belum sembuh juga, coba perhatikan pola makannya. Apakah saat panas dalam masih makan goreng2an dan pedas?


Dalam kasus panas dalam berat sampai banyak sariawan, luo han guo kurang ngefek, lebih baik minum huang lien shang chi pien.

Kalau luo han guo bisa menyebabkan impoten, saya sendiri baru dengar. Belum ada data medis yg mengatakan demikian. Mungkin bro fox bisa menjelaskan mengenai kandungan luo han guo.

« Last Edit: 04 October 2008, 11:14:55 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Luo Han Guo
« Reply #11 on: 04 October 2008, 11:12:26 PM »
Klo sariawan saya langsung taburi garam.
Klo buat saya sih luo han guo bukan untuk mencegah/meredam panas dalam tetapi minuman iseng aja ;D

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Luo Han Guo
« Reply #12 on: 04 October 2008, 11:30:47 PM »
katanya sech bagus buat batuk2

tp katanya, klu kebanyakan isa impoten?? +_+

CMIIW,

navis

di bungkusan rokok tertulis... "MEROKOK DAPAT MERUSAK KESEHATAN, MENYEBABKAN IMPOTENSI, KANKER, SERANGAN JANTUNG DAN GANGGUAN PADA JANIN."

Banyak tuh yang tiap hari merokok saja masih gak impoten... apalagi kalau hanya makan/minum LUO HAN KUO... hehehehehe
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Luo Han Guo
« Reply #13 on: 05 October 2008, 08:41:36 AM »
Luo han guo memang bagus untuk panas dalam tetapi kalau untuk menyembuhkan batuk, itu tidak benar yg benar kalo baru gejala awal batuk saja.

Kalau panas dalam makan luo han guo belum sembuh juga, coba perhatikan pola makannya. Apakah saat panas dalam masih makan goreng2an dan pedas?


Dalam kasus panas dalam berat sampai banyak sariawan, luo han guo kurang ngefek, lebih baik minum huang lien shang chi pien.

Kalau luo han guo bisa menyebabkan impoten, saya sendiri baru dengar. Belum ada data medis yg mengatakan demikian. Mungkin bro fox bisa menjelaskan mengenai kandungan luo han guo.


Setuju.. saya juga belum pernah dengar juga seh.. Seperti yang teman2 telah ketahui, bahwa Luo Han Guo itu rasanya manis itu bukanlah dari glucose, tetapi dari senyawa terpenoid yaitu mogroside. Jadi dalam hal ini, lagi dikembangkan mogroside sebagai alternatif pemanis pengganti glucose yang disinyalir lebih aman. Karena saya telusuri dari situs FDA, belum ada laporan mengenai senyawa ini.



Dan katanya juga, zat aktif pada luo han guo berfungsi sebagai antioksidan, jadi bisa MENCEGAH kanker.

Oh ya.. dilihat dari familynya Cucurbitacea, jadi Luo Han Guo ini masih sodaraan ama timun.. kunyit.. dll..
« Last Edit: 05 October 2008, 08:43:54 AM by FoxRockman »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: [INFO] Luo Han Guo / Siraitia grosvenorii
« Reply #14 on: 05 October 2008, 07:31:31 PM »
 [at] atas: sekalian tanya, kalau glukosa, atau apa tuh yg mirip gitu yg dikalengin/di dus. yg warnanya putih.. (tau gak bro bond? kalau gak salah produk china juga)
bisa buat kencing manis tak yah?
yg aye tau seh namanya pu to tong (atau yg mirip2 gitu deh..) katanya bisa juga buat panas dalam yak?
Thank atas jawabannya.
Samma Vayama