//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)  (Read 44739 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« on: 26 September 2008, 02:07:23 PM »
Saya sedikit ragu dengan asumsi yang ada mengenai Buddhist School Buddhayana ini.

Apakah benar Buddhayana termasuk dari pada Aliran Buddhisme ?
Bagaimana dengan Tri Dharma ?
« Last Edit: 26 September 2008, 02:09:18 PM by Kemenyan »

Offline mushroom_kick

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.303
  • Reputasi: 92
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #1 on: 26 September 2008, 02:20:23 PM »
brahmajala sutta, semoga gk OOT ;D
Segala fenomena bentuk & batin tidaklah kekal ada na.....
Semua hanyalah sementara.....

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #2 on: 26 September 2008, 02:23:08 PM »
Kalau menurut pengamatanku, Buddhayana awalnya bukan aliran, tapi satu lembaga yang mewadahi aliran2 dalam Agama Buddha, tapi dalam perjalannya, karena penolakan dari aliran lain akhirnya malah dianggap jadi aliran baru.

Kalo Tri Dharma, gak ngerti deh...

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #3 on: 26 September 2008, 02:26:32 PM »
Seperti kata om Indra, semangatnya awalnya adalah aliran-aliran yang ada berkumpul secara harmonis tetapi tetap dengan pegangan masing-masing, bukan untuk mencampur aduk semuanya.

Kalau Tri Dharma adalah sintesis Buddhisme dengan agama dan pemikiran Tiongkok, yaitu Konghucu dan Taoisme.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline karma_tenpe_gyatso

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 29
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • Om mani padme hum
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #4 on: 26 September 2008, 02:31:09 PM »
A lotus for all, Buddha to be

Setuju dengan Karuna.

Rgds and bow,
Tenpe
Karena Bodhicitta sangat berharga, Semoga mereka yang belum memilikinya sekarang, membangkitkannya.
Semoga mereka yang sudah memilikinya, tidak menghancurkannya. Semoga Bodhicitta tersebut semakin tumbuh & berkembang

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #5 on: 26 September 2008, 02:36:09 PM »
Berarti...
Buddhayana sekarang menjadi Aliran (sah secara sangha)?

atau hanya persepsi umum?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #6 on: 26 September 2008, 02:40:28 PM »
secara de facto iya, tapi secara de jure tidak. Karena secara resmi Buddhayana bukan aliran, melainkan adalah wadah pemersatu bagi aliran2 Buddhis. Tapi anggapan yg beredar di publik, ya aliran.

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #7 on: 26 September 2008, 02:43:42 PM »
Apakah ada Sangha Buddhayana?
Apakah ada Bhikku dari aliran Buddhayana ?
Yang ditasbihkan oleh Sangha Buddhayana?


Semoga tanya jawab disini mampu memberikan sedikit pandangan mengenai kesalahan yang beredar dipublik

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #8 on: 26 September 2008, 02:57:04 PM »
Sangha dalam Buddhayana namanya Sangha Agung Indonesia, di dalamnya terdiri dari Sangha Theravada, Sangha Mahayana dan Sangha Tantrayana/Vajrayana. tidak pernah disebutkan Sangha Buddhayana.

Bhikkhu dari Buddhayana biasanya memang ditahbiskan oleh para Bhikkhu dari Sangha Theravada, Mahayana, atau Tantrayana, bisa juga ditahbiskan oleh para Bhikkhu dari luar Buddhayana misalnya dari STI, ataupun dari luar negeri, banyak ditahbiskan di Taiwan, Thailand atau Myanmar.

Setuju dengan mbah kemenyan, semoga tanya jawab ini bisa meluruskan pandangan keliru sehubungan dengan Buddhayana. Dan sebenarnya saya tidak berwenang menjawab pertanyaan mbah Kemenyan, jadi jawaban saya sepenuhnya pendapat pribadi saya, silahkan rekan2 lain menambahkan atau mengoreksi jawaban saya. Lebih baik lagi kalo ada dari rekan2 yg merupakan official dari Buddhayana, silahkan menanggapi.

cunda

  • Guest
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #9 on: 26 September 2008, 03:57:07 PM »
Kalau menurut pengamatanku, Buddhayana awalnya bukan aliran, tapi satu lembaga yang mewadahi aliran2 dalam Agama Buddha, tapi dalam perjalannya, karena penolakan dari aliran lain akhirnya malah dianggap jadi aliran baru.

Kalo Tri Dharma, gak ngerti deh...

namaste suvatthi hotu

akoooor

Buddhayana adalah wadah dari tiga aliran besar Buddhisme, yaitu: Theravada, Mahayana dan Vajrayana.
Bukan karena cuma penolakan dari kelompok lain saja, tapi juga ada kecenderungan gado-gado di kalangan Buddhayana sendiri, atau "tri in one" kayak gula, kopi ditambah susu menjadi "kopi susu".

Tridharma mirip seperti itu cuma bukan cuma sesama aliran Buddhism malahan mewadahi Buddhisme, Confusiusme dan Taoisme.

Selama sebagai wadah saja, keberadaan Buddhayana tentu sangat baik karena merujuk pada kerukunan beragama, namun apabila merujuk pada pemahaman "gado-gado" tentu seharusnya dihindari.



cunda

  • Guest
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #10 on: 26 September 2008, 04:03:52 PM »
Apakah ada Sangha Buddhayana?
Apakah ada Bhikku dari aliran Buddhayana ?
Yang ditasbihkan oleh Sangha Buddhayana?


Semoga tanya jawab disini mampu memberikan sedikit pandangan mengenai kesalahan yang beredar dipublik


namaste suvatthi hotu

Pada hakekatnya pengertian "Sangha Buddhayana" tidak ada, yang ada adalah "Sangha Agung" yang sejatinya merupakan  wadah "Tiga Sangha", yaitu: sangha Theravada, Mahayana dan Vajrayana.

Dalam kenyataannya seperti yang anda saksikan sendiri deh

sukhi

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #11 on: 26 September 2008, 07:41:48 PM »
AFAIK, dari info yang saya dapat dari sdr.Bond, Tri Dharma pada awalnya hanya wadah untuk ketiga agama tersebut (Buddha, Tao, Konghucu) seperti layaknya Buddhayana, namun pada perkembangannya, Tridharma dijadikan sebuah aliran tersendiri.

Sebenarnya kalau disuruh pilih majelis, saya akan pilih Buddhayana, karena saya bisa belajar ketiga aliran sekaligus, MTV (Mahayana Theravada Vajrayana). Tapi saya memahami Buddhayana bukan aliran, melainkan wadah (dulu saya pernah salah sangka juga, saya kira buddhayana itu aliran, dan parahnya guru agama saya sampai sekarang masih menganggap buddhayana adalah aliran)

Offline tula

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 482
  • Reputasi: 24
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #12 on: 27 September 2008, 01:40:11 PM »
lah trus kok ada lagi MBI aka Majelis Buddhayana Indonesia ? jadi binghung o_O

Offline Surya Kumari

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #13 on: 27 September 2008, 04:21:19 PM »
setau saya..

MBI adalah kepanjangan tangan dari Sangha Agung Indonesia..
MBI dibentuk sebagai wadah umat Buddha yg awalnya bernama PUUI (persaudaraan upasaka-upasika Indonesia), tujuan awalnya adalah membantu penyebaran Buddha-Dharma oleh Bhikkhu Ashin Jinarakkhita..

ada yang bisa bantu koreksi atau tambahkan?
salam metta
 _/\_
makan saat sedang makan..minum saat sedang minum..

Offline SandalJepit

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 425
  • Reputasi: 3
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #14 on: 29 September 2008, 01:45:25 PM »
Tri Dharma itu masuk aliran neo-confucianism, di Tiongkok berkembang pesat sekali pada waktu dinasti Song

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #15 on: 29 September 2008, 07:40:50 PM »
Bukannya klo di Tiongkok gak ada istilah Tridharma ya? Klo disono emank agama Buddhanya uda berbaur gitu kan?

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #16 on: 21 July 2010, 02:15:07 PM »
Kalau menurut pengamatanku, Buddhayana awalnya bukan aliran, tapi satu lembaga yang mewadahi aliran2 dalam Agama Buddha, tapi dalam perjalannya, karena penolakan dari aliran lain akhirnya malah dianggap jadi aliran baru.

Kalo Tri Dharma, gak ngerti deh...

 [at]  Bro Indra, setuju!
Hal ini pernah saya tanyakan langsung kepada alm. Y.A Bhante Ashin J.  Jawabnya ya sama dengan pengamatan anda, bahkan dengan penegasan, setiap bikkhu, bhiksu atau suhu harus mengikuti vinaya/aturan dari aliran nya masing masing. Kalau dari Mahayana ya pakai Mahayana Sila, kalau Theravada ya pakai Theravada Sila, tidak boleh pilih pilih yg paling enak dan gampang buat diri sendiri.  Kalau sekarang dipaksakan sebagai satu aliran sendiri, yah , itulah politik, dulu juga dipaksakan kumpul dlm satu wadah : Walubi (yg dulu), supaya bertarung satu sama lain , persis seperti ring tinju.



~Life is suffering, why should we make it more?~

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #17 on: 21 July 2010, 04:04:04 PM »
Tridharma mirip seperti itu cuma bukan cuma sesama aliran Buddhism malahan mewadahi Buddhisme, Confusiusme dan Taoisme.
yess..
ada 3 rupang di altar Tri Dharma..
Rupang Buddha di tengah
Rupang Khong Hu Cu di kiri
Rupang Lo Cu di kanan

**hehe vihara sejak Elin kecil yg di Bekasi, termasuk vihara Tri Dharma ;D**

Offline Pariahina

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 314
  • Reputasi: -12
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #18 on: 21 July 2010, 04:35:09 PM »
Tridharma sepengetahuan gw bukan aliran tapi gerakan. Di Tiongkok disebut Sanjiao Huiyi atau "Tiga Agama Menjadi Satu" terjemahan harafiahnya. Gerakan itu timbul pada masa Dinasti Ming (cmiww). Tujuannya adalah menghentikan pertentangan antara agama Buddha, Tao, dan Konghucu. Sampai ada semboyan: "Bertopi Daois, berkassa Buddhis, bersepatu Konfusianis." Gitu kira2 semboyannya. Sebelumnya, tiga agama itu memang masih sering cakar-cakaran.
Tetapi saya kurang tahu apakah ada hubungan antara gerakan di Tiongkok dengan di Indonesia. Wadah bagi gerakan Tridharma di Indonesia adalah Samkauw Hwee, yang bahasa Chinanya adalah Sanjiao Hui. Hui = perkumpulan. Berdirinya kalo tak salah dia awal abad ke-20.
Gitu yang paria tahu. Mohon maaf kalau ada data yang salah.

Offline Pariahina

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 314
  • Reputasi: -12
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #19 on: 21 July 2010, 04:39:02 PM »
Di Tiongkok yang tepat adalah agama rakyat. Ada elemen2 Buddha, Tao, dan KHC-nya. Jadi wajar bila dalam sebuah kuil terdapat unsur2 agama tersebut. Nampaknya hal ini juga terbawa ke Indonesia. Tetapi sejarah pastinya gimana paria ga tahu. Mungkin bisa baca buku karya Pak Chau Ming. Buku punya paria udah ilang ntah ke mana.

Offline Pariahina

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 314
  • Reputasi: -12
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #20 on: 21 July 2010, 04:46:20 PM »
Sepengetahuan paria. Rujukan tentang buddhayana itoe ada di Sutra Teratai. Di situ ada disebutkan mengenai Ekabuddhayana atau "Kendaraan Buddha yang Tunggal." Jadi Sang Buddha ada membabarkan Dharma dalah tiga kendaraan, tetapi sesungguhnya yang ada hanyalah satu kendaraan Buddha saja alias Eka Buddhayana.
Kalau di Indonesia, Buddhayana nampaknya bukan aliran baru. Karena sewaktu paria berkunjung ke vihara2 di bawah naungan Buddhayana, ibadahnya masih dipisah2. Jadi Theravada, Mahayana, en Tantrayana ada jadwal kebaktiannya sendiri. Contohnya waktu ceit dan capgo pake sutra Mahayana. Waktu minggu pake paritta Pali kebaktiannya. Waktu Rabu pake Tantrayana.
Gitu yang paria tahu. Mohon maap kalo ada data yang salah.

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #21 on: 24 July 2010, 10:17:39 PM »
aliran tridharma itu terbentuk karena politik, dijaman orde baru hanya diakui 5 agama saja, oleh karena itu mau gak mau tao dan konghucu dilebur didalam buddha terbentuklah tridharma yang alirannya cuma di Indonesia saja
(cmiiw)

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #22 on: 24 July 2010, 11:15:46 PM »
setau saya..

MBI adalah kepanjangan tangan dari Sangha Agung Indonesia..
MBI dibentuk sebagai wadah umat Buddha yg awalnya bernama PUUI (persaudaraan upasaka-upasika Indonesia), tujuan awalnya adalah membantu penyebaran Buddha-Dharma oleh Bhikkhu Ashin Jinarakkhita..

ada yang bisa bantu koreksi atau tambahkan?
salam metta
 _/\_
Organisasi Buddhayana:
kumpulan bapak2 disebut MBI ( Majelis Buddhayana Indonesia)
Kumpulan ibu2 disebut WBI (wanita Buddhis Indonesia)
Kumpulan Muda-mudi disebut PMVBI ( Persaudaraan Muda-mudi Vihara Buddhayana Indonesia)

organisasi STI:
Kumpulan Bapak2 disebut MAGABUDI ( Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia )
Kumpulan Ibu2 disebut WANDANI ( Wanita ......... )
Kumpulan Muda-mudi disebut Patria ( Pemuda ........ )

cmiiw.
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #23 on: 29 July 2010, 08:56:57 PM »
jadi buddhayana bukan merupakan aliran hanya wadah saja tapi disini juga bersifat egaliter atau menghargai sesama buddhisme tidak gara gara di kau theravada jadi menghina Mahayana dan Tantrayana dst gitu, karena kita sama sama belajar dari dhamma yang di babarkan sang Budhha meskipun dhamma nya telah mengalir kedalam tiga aliran yang berbeda tetapi berasal dari satu sumber yang sama yaitu Sang Buddha.

Offline abhassara

  • Teman
  • **
  • Posts: 93
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #24 on: 02 February 2018, 03:17:01 PM »
secara de facto iya, tapi secara de jure tidak. Karena secara resmi Buddhayana bukan aliran, melainkan adalah wadah pemersatu bagi aliran2 Buddhis. Tapi anggapan yg beredar di publik, ya aliran.
oh oh ketahuan, makanya gak bisa disembunyikan, gak ada de fakto atau de jure. sekte itu, sekte buddhayana sama sekte ekayana sama sekte tsu zhi. yang benar adalah theravada = buddhisme awal dari dulu ampe sekarang. tradisi Theravada hanya untuk membedakan dengan tradisi lain, misalnya dengan sekte buddhayana atau sekte ekayana, dll. berdasarkan catatan Mahavamsa, theravada mempertahankan kemurnian ajaran buddha, silakan cek sendiri, bukan mulut gw yang berbicara, tetapi sumber otentik, sumber jelas, gak disembunyikan. Sekte tetap sekte, gak bisa sembunyi. aliran tetap aliran, mazhab tetap mazhab. sekte buddhayana gak perlu disembunyikan, gak ada yang marah kog, hanya saja gak boleh berbohong. kembangkan sekte sendiri, gitu aja.
Buddhisme awal = theravada, bukan sekte ekayana/buddhayana. Baca Mahavamsa dan Dipavamsa. Jangan biarkan sejarah terkubur. jangan biarkan fiksi buddhis menutup nonfiksi. tdk ada yg perlu disembunyikan. sadhu 3x
KBTI (keluarga Buddhayana Tsu chi indonesia). STI (Sangha Theravada Indonesia) #SaveSTI

Offline Panda00

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #25 on: 23 April 2019, 01:58:46 PM »
Di Indonesia, umumnya yang dikenal dengan nama Tridharma adalah:

1. Majelis Agama Buddha Tridharma Indonesia (MABTI), terdaftar di Kementerian Agama Indonesia
Ciri khasnya:
Di tengah patung Buddha
Patung Kong Hu Cu di sisi kirinya
Patung Laozi di sisi kanannya

Lambangnya:
Swastika untuk mewakili Buddha
Genta untuk mewakili Kong Hu Cu
Taiji / Yinyang untuk mewakili Tao

Memiliki tempat ibadah sendiri, dengan tata cara / ritual sendiri.
Kebaktian menggunakan parita

Ada ceramah dengan topik Buddhism,
Ada ceramah dengan topik Kong Hu Cu,
Ada ceramah dengan topik Tao.

Banyak dikenal di daerah Jakarta maupun Jawa Barat.

2. Tempat Ibadah Tridharma (TITD), terdaftar di Kementerian Agama Indonesia
Banyak menaungi kelenteng-kelenteng, terutama di daerah Jawa Tengah & Jawa Timur

Offline Panda00

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #26 on: 23 April 2019, 02:44:07 PM »
Tridharma mengacu pada:
Buddhism, Ruism (Kong Hu Cu), Taoism.

Tridharma, istilah Tionghoa-nya adalah San Jiao heyi.
Yang dimaksud sebenarnya 3 agama dalam 1 tempat ibadah.

Ruism & Taoism lahir & berkembang di Tiongkok.
Buddhism lahir di Nepal / India, berkembang di luar India. Salah satunya di Tiongkok.

Tokoh sentral:
Buddhism > Sidharta Gautama / Sakyamuni (Se Jia Mo Ni) / Buddha (Fo)
Ruism       > Kong Hu Cu
Taoism      > Lao Zi / Lo Cu / Lao Tzu


Kitab Suci:
Buddhism > Tripitaka
Ruism       > Si Shu Wu Jing (Su Si Ngo Keng)
Taoism     > Dao Zhang (Kanon Taoisme)


Pemuka agama:
Buddhis    > Sangha (He Shang / Bhante / Biksu - Biksuni / Bikhu - Bikhuni)
Ruism       > Pendeta Kong Hu Cu (Wen Shu, Jiao Sheng, Xue Shi, Zhang Lao)
Taoism      > Pendeta Tao (Tao Shi, Tao Zhang, Tao Zun)


Junjungan:
Buddhism > Buddha (Fo), Bodhisatva (Pusa), Mahasatva (Mohosa)
Rusim       > Kong Hu Cu, Shen Ming
Taoism      > Shen & Xian


Tempat ibadah:
Buddhism  > Vihara, Cetiya, Yuan, Shi
                    contoh: Dhammacakka, Jin De Yuan, Shao Lin Shi, Tai Kak Sie, dsb
Ruism        > Li Tang, Miao / Bio
                    contoh: Li Tang di Taman Mini, Li Tang di Tangerang, Wen Miao (Boen Bio) di Jagalan - Surabaya, dsb
Taoism      > Gong / Kiong, Guan / Kuan, Miao / Bio
                    contoh: Tai Qing gong, Bai Yun guan, Xiao Yao guan, Po An kiong, dsb
Note:
kelenteng adalah rumah ibadah bernuansa arsitektur Tionghoa dengan warna dominan kuning & merah.
Mungkin tempat ibadah Buddhism / Ruism / Taoism, atau kombinasi diantaranya.


Offline Panda00

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #27 on: 23 April 2019, 03:09:28 PM »
Rupang / patung di tempat ibadah:
Buddhism > Buddha (Shi Jia Mo Ni Fo, O Mi Duo Fo); Avalokitesvara (Guan Yin Po Sa), Ji Gong Huo Fo, Di Zhang Wang Po Sa, Shi ba Luo Han, dsb.
Ruism       > Kong Hu Cu, 24 murid Kong Hu Cu, Shen Ming
Taoism     > Shen & Xian

Note:
Shen Ming dalam Kong Hu Cu seringkali beririsan dengan Shen & Xian dalam Taoism.
Contohnya:
   * Fu De Zheng Shen (Hok Tek Ceng Sin)
   * Xie Tian Da Di / Guan Sheng Di Jun (Kwan Kong)
   * Cai Shen Ya (Dewa Rejeki)
   * Tai Shui Ya

Shen dalam Taoism, contohnya:
  San Qing Dao Zu,         
  Tai Shang Lao Jun (Thay Siong Loo Kun),
  San Guan Da Di (Sam Kwan Ta Tee),     
  Guang Zi Zun Wang (Kong Tek Cun Ong),     
  Bao Sheng Da Di (Po Seng Ta Tee),
  Xuan Tian Shang Di (Hian Thian Shang Tee),
  Tian Shang Sheng Mu (Ma Co Po),
  Han Tan Kong,             
  Shen Nong Da Di (Ngo Kok Ong / Wu Gu Da Di),
  dsb

Xian dalam Taoism, contohnya:
  Ba Xian



Kelompok / Tradisi / Aliran / School:
Buddhism > Theravada, Mahayana, Vajrayana
Ruism       > ?
Taoism     > Zheng Yi pai, Quan Zhen pai, Mao Shan pai, Li Shan pai, dsb


Metode latihan spiritual
Buddhism > meditasi samatha bhavana, meditasi vipassana, chanting / liam keng, vegetarian, hidup selibat
Ruism       > meditasi, hidup berkeluarga seperti orang biasa
Taoism     > qi gong, jing zuo, hidup berkeluarga seperti orang biasa (tergantung aliran / school)

Offline Panda00

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #28 on: 23 April 2019, 04:02:42 PM »
Di Tiongkok, ada lukisan yang menggambarkan Tridharma, yaitu:
https://en.wikipedia.org/wiki/Vinegar_tasters

Lukisan ini menguraikan tentang perbedaan sudut pandang atas kehidupan dari menurut Budhism, Ruism & Taoism.

Confucianism saw life as sour, in need of rules to correct the degeneration of people;
Buddhism saw life as bitter, dominated by pain and suffering; and
Taoism saw life as fundamentally good in its natural state.


Buddhism memandang bahwa kehidupan ini pahit karena samsara, oleh karenanya meninggalkan kehidupan (duniawi)
Ruism memandang bahwa kehidupan ini masam, oleh karenanya mewariskan aturan-aturan kehidupan untuk mengendalikan.
Taoism memandang bahwa kehidupan ini adalah alamiah, apa adanya, ada manis pahit asam, dsb.


Offline Panda00

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #29 on: 23 April 2019, 05:11:17 PM »
Umat awam kelenteng pada umumnya rancu dengan istilah dewa.

Dalam Buddhism, ada yang disebut sebagai 'DEVA' yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi dewa.
Dalam Ruism, ada yang disebut sebagai 'SHEN MING' yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi dewa.
Dalam Taoism, ada yang disebut sebagai 'SHEN' & 'XIAN' yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi dewa.

Karena keterbatasan yang ada, maka dikalangan umum seolah-olah, "Dewa" dari ketiga agama tersebut sama.

Padahal, kalau kita benar-benar hendak belajar dengan baik, seharusnya kita mulai secara fair.
Kembali mengacu pada definisi istilah asli di agama masing-masing.

Apa definisi Deva dalam Budhism?
Apa definisi Shen Ming dalam Ruism?
Apa definisi Shen & Xian dalam Taoism?

Jika kita sudah mencari tahu, kita bisa lebih saling menghormati.
Mengerti bahwa Deva dalam Budhism berbeda dengan Shen Ming dalam Ruism, berbeda dengan Shen & Xian dalam Taoism.

Offline Panda00

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhayana, Tri Dharma... (Aliran kah?)
« Reply #30 on: 23 April 2019, 05:31:45 PM »
Kenapa ada kelenteng yang disebut Vihara / Wihara?

Pertanyaan ini sering timbul di benak umat awam.

Masalah ini sebenarnya disebabkan karena situasi kondisi di masa lalu, berdasarkan kondisi politis pada saat itu.

Seluruh kelenteng, yang nama aslinya dalam bahasa Tionghoa, wajib ganti nama.
Semua diberi nama Indonesia.

Kelenteng yang bernaung di bawah Majelis Agama Buddha (contohnya MBI), diberi tambahan nama Vihara, dan diberi tambahan altar Buddha.
Kelenteng yang bernaung di bawah Tempat Ibadah Tri-Dharma, diberi tambahan nama TITD, dan (mungkin) diberi tambahan altar Buddha.

Ini pula sebabnya kenapa banyak umat yang selama ini sembahyang di kelenteng, meng-identifikasi-kan dirinya sebagai umat Buddha.
Padahal besar kemungkinan tidak mengerti / tidak pernah belajar tentang Buddha Dharma.

Lantas, sebenarnya umat agama apa?
Ini kembali ke masing-masing individu.
Mau cuek saja, jalan seperti yang sudah berjalan selama ini.
Atau mau mencari tahu, memilih, lalu mendalami salah satu dari agama dalam lingkup Tridharma tersebut?

Kalau saya boleh menyarankan,
Sebaiknya, cari tahu & pelajari terlebih dahulu.
Pahami secara intelektual, dan tanyakan pada hati nurani.
Pilihlah salah satu yang paling bisa diterima secara intelektual & paling cocok dengan diri sendiri.

Masing-masing memiliki sudut pandang sendiri, metode sendiri, keunikan sendiri.
Jangan diadu / dipertentangkan, karena secara detilnya memang berbeda.