//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?  (Read 26485 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Semit

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 172
  • Reputasi: 30
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #30 on: 02 September 2008, 07:58:09 PM »
Saya minta teman2 untuk tidak menanggapi, kok malah saya yang menanggapi sang bebek? sorry... kabur ah, paling dituduh lempar tangan sembunyi batu.

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #31 on: 02 September 2008, 08:00:05 PM »
siapakah yang meminta anda untuk tetap tinggal? setau saya, malah teman2 udah mengucapkan selamat jalan,dsb kepada anda. dan kenapa saya diterima di sini, mungkin karena saya lebih bersahabat, tidak mengumbar kemarahan dan kebencian seperti anda.
bang riky, saya minta anda tinggal selama anda suka...
saya suka melihat perbedaan pendapat...
status anda dan bang semit sama di sini...
satu saran saya agar anda fokus terhadap topiknya saja dan memikirkan manfaat post anda untuk semua orang dan anda sendiri...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #32 on: 02 September 2008, 08:02:20 PM »
 [at] Semit : Anda ingin mengatur forum ?? , :))

Silahkan kembali ke Topic, Jika tdk ada lagi pembahasan sesuai dgn topic,maka thread akan di Lock ...

:backtotopic:


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #33 on: 02 September 2008, 08:02:40 PM »
 [at] semit dan riky: _/\_

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #34 on: 02 September 2008, 08:03:51 PM »
[at] riky: :))

kalaupun emank kata u bener, tapi jangan straight gitu donk ngomongnya, bisa melukai perasaan orang.

Lagian Bang Sumedho juga bikinnya dengan tujuan baik koq...

[at] Wei :)) :))

Owh...Saya balik berkata kalaupun emank kata Sumedho dkk(soal keputusan menendang MMD) benar , tapi jangan tidak disertai alasan atau argumen yang kuat dong....Dan lebih parahnya lagi sampai sekarang ini tuntutan pak hudoyo belum ditanggapi,saudara Karuna belum menarik kata2nya(kalau tidak salah ya,saya tidak baca,kalaupun salah saya minta maaf dan tolong diberikan referensi pada postingan mana saudara Karuna sudah menarik kembali kata2nya) dan semua pernyataan saya belum digubris sehingga saya menganggap bahwa asumsi saya benar...
Saya tidak minta apapun dari forum ini dan saya tidak berkepentingan apapun dengan "label" MMD,tapi yang saya permasalahkan sekarang adalah mengundang tamu baik2 dan menendang tamu dengan kurang ajar,padahal didalam forum ini apa yang anda sering kalian lontarkan kepada saya?RIKY_DAVE bersikap KURANG AJAR,TIDAK SOPAN,DLL TAPI KALIAN?APAKAH SEKARANG KALIAN MERASA SOPAN DENGAN TINDAKAN KALIAN?KEPUTUSAN KALIAN?ACARA NGEJUNK DIMANA2?APAKAH INI NAMANYA PENGENDALIAN DIRI AJARAN SANG BUDDHA DAN TIPITAKA?SAYA RASA INI BUKAN NAMANYA PENGENDALIAN DIRI TAPI LEPAS KENDALI... :)
(Silakan disanggah bagi siapapun yang merasa terganggu dengan pernyataan saya ini,alih2 dengan penyerangan  pribadi dan acara ngejunk,buat yang ngejunk silakan ngejunk di thread yang telah tersediakan,jangan mencoreng nama baik Sumedho dan global moderator,karena sikap kalian bisa saya gunakan nanti didalam perdebatan...)

_/\_

Salam,
Riky
« Last Edit: 02 September 2008, 08:06:40 PM by Riky_dave »
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #35 on: 02 September 2008, 08:07:43 PM »
Asikkkk riky disini :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #36 on: 02 September 2008, 08:08:49 PM »
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #37 on: 02 September 2008, 08:10:24 PM »
G juga termasuk junkers lagi :))

Jadi gak enak, saya mewakili teman2 junkers mohon maaf kalau junk kami banyak mengganggu _/\_

btw, g uda ubah postingan g, g panjangin lagi biar lebih jelas :))

Sisanya aye no comment deh... itu aye gak mau ikut campur :))


Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #38 on: 02 September 2008, 08:11:19 PM »
siapakah yang meminta anda untuk tetap tinggal? setau saya, malah teman2 udah mengucapkan selamat jalan,dsb kepada anda. dan kenapa saya diterima di sini, mungkin karena saya lebih bersahabat, tidak mengumbar kemarahan dan kebencian seperti anda.
bang riky, saya minta anda tinggal selama anda suka...
saya suka melihat perbedaan pendapat...
status anda dan bang semit sama di sini...
satu saran saya agar anda fokus terhadap topiknya saja dan memikirkan manfaat post anda untuk semua orang dan anda sendiri...

Paling2 manfaat post saya akan membuat beberapa orang keblak2an dan kebakaran jenggot,alih2 malah mereka menuduh saya yang kebakaran jenggot...
:))
100ribu orang yang menyudutkan saya pun,saya tidak akan bergeming....
Daripada menyudutkan saya mending keluarkan argumen yang mematahkan argumen saya,baru saya bisa diam...Saya ucapkan terima kasih atas sarannya..
_/\_

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #39 on: 02 September 2008, 08:14:20 PM »
Sdr. Semit nampaknya anda senang mencari permasalahan dengan memberikan pernyataan yang menyudutkan anggota forum yah ... Baiklah , Saya sekarang yang meminta riky untuk stay di forum .. Riky , forum DhammaCitta selalu terbuka untukmu ...

Semoga semua mahkluk berbahagia dalam Dhamma ...

_/\_
_/\_

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
[Jawaban2 Pak Hudoyo]
« Reply #40 on: 03 September 2008, 07:35:16 PM »
Saya akan mencopy paste jawaban2 pak hudoyo yang menurut saya patut untuk kita lihat kembali...
_/\_

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: [Jawaban2 Pak Hudoyo]
« Reply #41 on: 03 September 2008, 07:35:50 PM »
Quote:
Originally Posted by semar00 View Post
Belakangan, di forum tercinta kita, telah timbul sedikit keributan, yang inti masalahnya adalah: apakah MMD termasuk Buddhisme / tidak.

Masing-masing pihak mengemukakan argumen masing-masing. Yang tentu saja tidak akan ditemukan kesepakatan jika tidak mengacu pada suatu sumber independent yg jelas dan valid yg dapat dijadikan patokan.

Point-point penting yg dikemukakan masing2 pihak adalah sbb:

MMD termasuk Buddhism karena:
~ bersumber pada Bahiya sutta dan Malunkyaputta sutta

MMD tidak termasuk Buddhism karena:
~ tidak menerima Jalan Mulia beruas 8
~ tidak menerima Sila Samadhi dan Panna
~ Lebih banyak mengacu kepada ajaran J Khrisnamurti ketimbang ajaran Sang Buddha sendiri
Sudah tentu tidak pernah ketemu pandangan kedua belah pihak, karena dasar berpikir yang berbeda.

Pihak Moderator DC beranggapan bahwa setiap orang, setiap kelompok yang menamakan diri "Buddhis" harus memegang dan mengacu pada Empat Kebenaran Mulia, Jalan Mulia Berunsur Delapan, dan Tiratana.

Pihak MMD berpendapat bahwa MMD adalah ajaran meditasi Sang Buddha kepada Bahiya & Malunkyaputta. Dalam kedua sutta itu Sang Buddha tidak mengajarkan atau menuntut pada meditator untuk menganut suatu doktrin apa pun, termasuk doktrin yang belakangan disebut "Agama Buddha". ... Bahkan kepada Bahiya & Malunkyaputta Sang Buddha menekankan agar dalam kesadaran vipassana hendaklah "melihat munculnya pikiran sebagai pikiran semata-mata" ... ini berarti jangan melekat pada pikiran. ... Semua doktrin agama Buddha itu, juga doktrin agama apa pun, adalah pikiran, jadi jangan dilekati.

Demikianlah Moderator DC berpegang pada kulit, sedangkan MMD berpegang pada isi.

Salam,
hudoyo
« Last Edit: 03 September 2008, 07:40:49 PM by Riky_dave »
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #42 on: 03 September 2008, 07:49:28 PM »
Teman-teman, karena Riky_Dave sebelumnya sudah menyatakan mundur dari DC, maka apapun yang ia katakan tidak perlu lagi ditanggapi, anggap saja "bebek yang sedang bercuap-cuap".

mestinya di forum ini ada peraturan bahwa anak di bawah umur dilarang masuk, karena bikin berisik aja
forum ini terbuka bagi umum.
siapa saja yg ingin berdiskusi dhamma boleh mampir.

ingin datang silahken!
ingin pergi tidak ditahan.
ingin balik lagi, always welcome :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline andrew

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 568
  • Reputasi: 22
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #43 on: 03 September 2008, 07:52:37 PM »

Demikianlah Moderator DC berpegang pada kulit, sedangkan MMD berpegang pada isi.

Salam,
hudoyo


jadi ingat sebaris bait Zen Buddhism   

                      Warisan di luar Kitab suci
                 langsung mengarah kepada pikiran



praktisi Zen Buddhism juga banyak yang kelakuannya dianggap aneh oleh orang yang tidak mengerti...

seperti pernyataan- pernyataan...

Jika bertemu Buddha di jalan  saya akan membunuhnya !!!

bila saya mengucapkan kata Buddha, saya akan membersihkan/mencuci  mulut saya selama tiga hari...


juga kelakuan seorang guru Zen yang membakar patung Buddha di vihara untuk menghangatkan badan 
:)

 
mungkin jika kita bertemu langsung dengan orang -orang seperti mereka, kita juga akan mengatakan mereka itu orang-orang sesat,



_/\_
« Last Edit: 03 September 2008, 07:56:50 PM by andrew »

Offline Hikoza83

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.296
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
  • panda is so cute... ^-^
Re: Apa sih patokan Buddhisme / tidak Buddhisme?
« Reply #44 on: 03 September 2008, 07:53:49 PM »
Teman-teman, karena Riky_Dave sebelumnya sudah menyatakan mundur dari DC, maka apapun yang ia katakan tidak perlu lagi ditanggapi, anggap saja "bebek yang sedang bercuap-cuap".

mestinya di forum ini ada peraturan bahwa anak di bawah umur dilarang masuk, karena bikin berisik aja
forum ini terbuka bagi umum.
siapa saja yg ingin berdiskusi dhamma boleh mampir.

ingin datang silahken!
ingin pergi tidak ditahan.
ingin balik lagi, always welcome :)

keren ui, bro tesla.  8)
contoh seorang moderator forum yang baik. :)


By : Zen
Aku akan melaksanakannya dengan tubuhku,
Karena apa gunanya hanya membaca kata-kata belaka?
Apakah mempelajari obat-obatan saja
Dapat menyembuhkan yang sakit?
[Bodhicaryavatara, Bodhisattva Shantideva]