Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?  (Read 30552 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
[ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« on: 28 August 2008, 10:52:33 PM »
Sesuai judul .... benarkah air kelapa ijo berkhasiat apa hanya mitos?
berkhasiat disini salah satunya, utk wanita yg hamil, konon katanya bila diminum secara rutin
kelak bila melahirkan akan lebih mudah, dan sibayi mempunyai kulit yg putih dan halus

terlepas dr khasiat ato tidak, aye memang mao membawakan air kelapa ijo setiap minggu kepada
sodara aye yg sedang hamil muda  :) dan jg atas permintaan dia, moga2 keinginan dia terkabul ....
mudah melahirkan dgn selamat, sang bayi putih, halus.

ko ... Hedi dan yg laiinya
gimana penjelasan mengenai hal tersebut, mohon pencerahannya

Thanks .....  _/\_
« Last Edit: 30 August 2008, 06:59:44 AM by FoxRockman »
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline antidote

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 25
  • Gender: Male
Re: Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #1 on: 29 August 2008, 07:13:25 AM »
copy paste dari http://kelapahijau.wordpress.com/2007/12/24/khasiat-air-kelapa/

Salah satu produk kelapa yang sering dijadikan limbah adalah air kelapa. Sebenarnya air kelapa merupakan air alamiah yang steril dan mengandung kadar kalium, chlor dan kalori yang tinggi. Dalam industri makanan, air kelapa dijadikan bahan baku untuk pembuatan kecap dan nata de coco.
Sementara dalam keadaan segar, air kelapa muda merupakan minuman yang menyegarkan sebagai es kelapa atau es campur.
Air kelapa telah lama dikenal sebagai sumber zat tumbuh, yaitu sitokinin. Selain itu, air kelapa mengandung protein, lemak, mineral, karbohidrat, dan berbagai vitamin (C dan B kompleks) yang amat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa ramuan dari air kelapa dapat digunakan baik untuk kesehatan maupun kecantikan:

- Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

- Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

- Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

- Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

- Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.

- Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

- Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

- Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan. (Nadira)***
NOW

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #2 on: 29 August 2008, 07:51:47 AM »
Thanks 4 antidote yang telah post mengenai manfaat air kelapa (jadi saya gak perlu capek2 :P)

Menurut saya hanya mitos, saya belum menemukan adanya jurnal kesehatan yang menyatakan demikian (sori hanya bisa dari jurnal kesehatan).

Tapi saya tidak menyatakan bahwa mitos itu salah, mungkin ibu2 di forum ini yang sudah ber-ehipassiko bisa turut memberikan pendapat. Atau papa Bond / bro Hengki yang mendalami pengobatan Timur mungkin bisa turut memberikan pandangan.

Terlepas dari itu semua, air kelapa banyak mengandung garam. Salah satunya kalium, jadi ibu yang mengalami tekanan darah rendah, harus memperhatikan ini juga. Selain air kelapa, biasanya wanita yang tengah hamil sering mengalami konstipasi / sembelit / susah buang air besar, jadi ada baiknya banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #3 on: 29 August 2008, 07:54:32 AM »
kalau mengenai jerawat bener d......soalnya temen ada yang coba pake, dari mukanya yang jerawatan parah. bisa licin.....bener lo.....
dia cuma cuci muka aja dengan air kelapa...hampir tiap hari....hahhah

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #4 on: 31 August 2008, 04:55:14 AM »
Thanks ... ko Hedi n antidote   _/\_

ada yg lain mao menambahkan ?

bole dicoba yg berjerawatan pake air kelapa
kalo gw sick gak mao, sayang ... mending air kelapanya buat minum  :P
Thanks ... Anestan


  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #5 on: 03 September 2008, 09:33:04 AM »
Kalo secara Buddhis sih tradisinya berdana bunga, ntar di kehidupan mendatang kulit bisa kayak bunga, bercahaya sebagai akibat perbuatan baik.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #6 on: 03 September 2008, 12:20:09 PM »
Kalo secara Buddhis sih tradisinya berdana bunga, ntar di kehidupan mendatang kulit bisa kayak bunga, bercahaya sebagai akibat perbuatan baik.
bagaimana dengan berdana minyak and pelita?

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #7 on: 03 September 2008, 12:20:58 PM »
bole dicoba yg berjerawatan pake air kelapa
kalo gw sick gak mao, sayang ... mending air kelapanya buat minum  :P
Thanks ... Anestan
ya jangan semuanya.....sedikit aja.....asal basah aja........
minum dulu .....hahhaa........trus campur kelapanya...pake fanta d.....hehehe.....

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #8 on: 03 September 2008, 12:54:13 PM »
Kalo secara Buddhis sih tradisinya berdana bunga, ntar di kehidupan mendatang kulit bisa kayak bunga, bercahaya sebagai akibat perbuatan baik.
bagaimana dengan berdana minyak and pelita?


yah kalo direnungkan bagaimana bahagianya saat berdana (jgn merenungin dana/objeknya loh, itu jadi melekat), seharusnya akan membuat anda masuk surga.

itu kenapa mahluk surgawi rata2 bercahaya........  ;D

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #9 on: 03 September 2008, 01:05:22 PM »
Terlepas dari itu semua, air kelapa banyak mengandung garam. Salah satunya kalium, jadi ibu yang mengalami tekanan darah rendah, harus memperhatikan ini juga.

Bro, bukankah ibu hamil justru dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam?
karena setahu saya, kebanyakan garam biasanya berdampak pada kaki dan tangan yang bengkak

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #10 on: 04 September 2008, 06:38:51 PM »
Terlepas dari itu semua, air kelapa banyak mengandung garam. Salah satunya kalium, jadi ibu yang mengalami tekanan darah rendah, harus memperhatikan ini juga.

Bro, bukankah ibu hamil justru dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam?
karena setahu saya, kebanyakan garam biasanya berdampak pada kaki dan tangan yang bengkak
Dampak pada kaki dan tangan yang bengkak itu biasa terjadi jika ada kelainan. Biasa kelainan pada ginjal.
Makanya terjadi akumulasi cairan. Di samping itu juga perlu dilakukan olahraga berupa senam hamil untuk mengeluarkan cairan salah satunya lewat pori2.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #11 on: 04 September 2008, 10:14:00 PM »
ada ilmu baru nih ... ternyata utk membedakan kelapa ijo dengan kelapa biasa
adalah ...jika kita membeli kelapa ijo, pastikan belum dikupas yaitu masih berbentuk buah kelapa utuh
naahh ... kalo kelapa ijo itu dikupas bagian atas (kutub utara) ato bagian bawah (kutub selatan)
selabutnya berwarna agak merah .... itu benar kelapa ijo ... kalo kelapa biasa selabut warna putih

semoga bermanfaat ......  _/\_


  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #12 on: 04 September 2008, 10:21:22 PM »
maksudnya kelapa muda dengan kelapa yang lebih tua ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #13 on: 04 September 2008, 10:43:32 PM »
maksudnya kelapa muda dengan kelapa yang lebih tua ?

bukan ......
beda kelapa ijo dengan kelapa biasa,.... sepintas gak ada bedanya
aye jg di ajarin tukang buah, waktu mao beli kelapa ijo, katanya jgn sampe di boongin
denger2 ... air kelapa ijo lbh berkhasiat dr kelapa biasa

tapi gak tau degh ... bener apa gak??  :))
pesen sodara aye yg lagi hamil muda jg gitu ... mao kelapa ijo ... engga yg lain (kyk iklan) ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #14 on: 05 September 2008, 03:04:03 PM »
maksudnya kelapa muda dengan kelapa yang lebih tua ?

bukan ......
beda kelapa ijo dengan kelapa biasa,.... sepintas gak ada bedanya
aye jg di ajarin tukang buah, waktu mao beli kelapa ijo, katanya jgn sampe di boongin
denger2 ... air kelapa ijo lbh berkhasiat dr kelapa biasa

tapi gak tau degh ... bener apa gak??  :))
pesen sodara aye yg lagi hamil muda jg gitu ... mao kelapa ijo ... engga yg lain (kyk iklan) ;D
kalau kelapa kopyor itu gimana ya cara bedainnya?