Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: CETASIKA  (Read 28099 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: CETASIKA
« Reply #15 on: 21 October 2008, 06:52:17 PM »
6.   Jivitindriya = penghidup batin, merupakan faktor batin yg melebur kehidupan ke dlm factor-faktor batin yg berhubungan dengannya. Walaupun cetana menentukan aktivitas dari semua faktor batin, jivitindriya yg menginfusi kehidupan ke dlm cetana dan faktor batin lainnya.
7.   Manasikara = perhatian, adalah faktor batin yg mengarahkan faktor batin lainnya kepada objek secara spontan.

Hehe.. baru aja selesai baca ampe no. 7.. :-[ kebetulan uda ga nerti nih.. c lily bisa tlg jelasin ga?
maksdnya gmn penghidup batin?  ??? jivitindriya yg menginfusi kehidupan ke dlm cetana dan faktor batin lainnya? ~X(
manasikara = perhatian, jd teringat ma sati (perhatian), trs bedanya? ???
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: CETASIKA
« Reply #16 on: 21 October 2008, 07:01:43 PM »
Nah,

ke 52 CETASIKA (faktor batin) inilah yg akan bersekutu dgn CITTA.

CITTA yg sebelumnya netral, jika sudah bersekutu dgn salah satu dari CETASIKA diatas, maka tidak akan netral lagi, melainkan menjadi KUSALA (baik) ataupun AKUSALA (buruk) alias KAMMA.

::

PERHATIKAN:

Jenis-jenis BATIN kita terdiri atas:
~ 13 adalah Netral
~ 14 adalah AKUSALA = batin jelek/tidak bermanfaat
~ 25 adalah SOBHANA = batin indah/bermanfaat

Nah, jenis2 batin yg TERBANYAK adalah batin indah alias Sobhana, artinya: kita mempunyai lebih banyak pilihan untuk memproduksi batin/pikiran bahagia dibanding memproduksi pikiran buruk. Perbandingannya adalah 14 berbanding 25.

Ketersediaan jenis batin indah hampir 2x lipat banyaknya dibanding batin buruk.
Logikanya, pikiran kita harus memproduksi pikiran2 baik 2x lebih banyak ketimbang pikiran2 buruk kan?

Tapi bagaimana kenyataannya?

Setiap saat kita memilih untuk bersikap: kesal, marah2, sentimen, benci terhadap seseorang.
Setiap saat kita memilih untuk bersikap: sedih, kecewa, ragu2, gelisah pada setiap masalah.   :-[
Setiap saat kita memilih untuk bersikap: tamak, mau dan mau lagi, serakah, malas2an untuk setiap detik hidup kita.

Jarang yah, kita memeilih bersikap: kasih sayang, seimbang, murah hati, simpati, bijaksana, belas kasih, dsbnya.

Jadi, sebenarnya pilihan berada pada tangan kita sendiri.
KEBAHAGIAAN sebenarnya berada ditangan kita sendiri.
Kita mau memilih sikap batin indah yg 25 ataukah yg buruk 14, yg sedikit itu?

::

 _/\_ mau pilih sikap batin indah dunk.. ^-^
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: CETASIKA
« Reply #17 on: 22 October 2008, 06:30:36 PM »
6.   Jivitindriya = penghidup batin, merupakan faktor batin yg melebur kehidupan ke dlm factor-faktor batin yg berhubungan dengannya. Walaupun cetana menentukan aktivitas dari semua faktor batin, jivitindriya yg menginfusi kehidupan ke dlm cetana dan faktor batin lainnya.
7.   Manasikara = perhatian, adalah faktor batin yg mengarahkan faktor batin lainnya kepada objek secara spontan.

Hehe.. baru aja selesai baca ampe no. 7.. :-[ kebetulan uda ga nerti nih.. c lily bisa tlg jelasin ga?
maksdnya gmn penghidup batin?  ??? jivitindriya yg menginfusi kehidupan ke dlm cetana dan faktor batin lainnya? ~X(
manasikara = perhatian, jd teringat ma sati (perhatian), trs bedanya? ???


Jivitindriya = juga Vitalitas/kehidupan psikis atau  berarti kehidupan dari bentuk batin. Jivitindriya ini sangat penting. Ia merupakan pemelihara dari bentuk-bentuk batin dalam kelanjutannya.

Manasikara lain ama Sati (coba baca faktor batin sati no.29)... perbedaannya adalah :

Manasikara (perhatian) yg berguna untuk membawa  obyek keinginan itu ke dalam bidang kesadaran.

Sedangkan Sati adalah perhatian murni

Quote
29. Sati = perhatian terhadap objek sesuai kondisi yg sesungguhnya

Semoga bisa di mengerti yaah (pinjam istilah Bro Markos ;D )

_/\_ :lotus:



~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: CETASIKA
« Reply #18 on: 22 October 2008, 07:25:03 PM »
6.   Jivitindriya = penghidup batin, merupakan faktor batin yg melebur kehidupan ke dlm factor-faktor batin yg berhubungan dengannya. Walaupun cetana menentukan aktivitas dari semua faktor batin, jivitindriya yg menginfusi kehidupan ke dlm cetana dan faktor batin lainnya.

ini apa sih apa kayak nafas gitu memberi kehidupan??? atau yang memasukan cetana kedalam faktor batin yang lain? atau yang menggerakan cetana pada faktor batin yang lain?

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: CETASIKA
« Reply #19 on: 23 October 2008, 12:18:32 AM »
 _/\_ makasi penjelasannya c lily.. yumi akan pelan2 sambung bacanya.. hehe.. ga bisa sekaligus, terlalu rumit, jd sdkt demi sdkt lo..  :-[
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: CETASIKA
« Reply #20 on: 23 October 2008, 12:47:21 AM »
_/\_ makasi penjelasannya c lily.. yumi akan pelan2 sambung bacanya.. hehe.. ga bisa sekaligus, terlalu rumit, jd sdkt demi sdkt lo..  :-[

tul wa baca buku abhidhamma sehari hari sampai hang ( sakit kepala tiga hari) karena di baca sekaligus sampai habis dalam sehari.

mesti nya baca dikit dikit saja agar otak nya tidak sampai over loading sama data abhidhamma.

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: CETASIKA
« Reply #21 on: 25 October 2008, 03:25:19 PM »
13.   Chanda = harapan untuk melakukan. Terdapat tiga jenis chanda, yaitu :
   Kammacchanda : nafsu indera, satu dari rintangan batin (immoral)
   Kattukamyata chanda : harapan untuk melakukan (unmoral)
   Dhammacchanda : harapan kebaikan (moral)
Chanda yang dimaksud didlm cetasika ini adalah kattukamyata chanda

_/\_ c lily, tny lagi.. ;D immoral dengan unmoral bedanya gimana? sama2 tidak bermoral kan? kenapa yg termasuk cetasika cuman kattukamyata chanda?

Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CETASIKA
« Reply #22 on: 27 October 2008, 01:12:17 PM »
6.   Jivitindriya = penghidup batin, merupakan faktor batin yg melebur kehidupan ke dlm factor-faktor batin yg berhubungan dengannya. Walaupun cetana menentukan aktivitas dari semua faktor batin, jivitindriya yg menginfusi kehidupan ke dlm cetana dan faktor batin lainnya.

ini apa sih apa kayak nafas gitu memberi kehidupan??? atau yang memasukan cetana kedalam faktor batin yang lain? atau yang menggerakan cetana pada faktor batin yang lain?

dear daimond

kalau boleh saya perjelas, sebenarnya ini mirip seperti lem.... yang merekatkan faktor2 lainnya, sehingga bisa "berjalan/berfungsi"

kalo dalam rupa, ada yang disebut dengan rupa kalapa dimana materi/rupa (4 mahabutha atau 28 unsur rupa) itu timbul secara berkelompok/bersama-sama..... jadi semacem pemersatu yang membuat rupa bisa berfungsi.....

semoga bisa dimengerti yah.......

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CETASIKA
« Reply #23 on: 27 October 2008, 02:04:58 PM »
13.   Chanda = harapan untuk melakukan. Terdapat tiga jenis chanda, yaitu :
   Kammacchanda : nafsu indera, satu dari rintangan batin (immoral)
   Kattukamyata chanda : harapan untuk melakukan (unmoral)
   Dhammacchanda : harapan kebaikan (moral)
Chanda yang dimaksud didlm cetasika ini adalah kattukamyata chanda

_/\_ c lily, tny lagi.. ;D immoral dengan unmoral bedanya gimana? sama2 tidak bermoral kan? kenapa yg termasuk cetasika cuman kattukamyata chanda?

dear yumi,

immoral berarti tidak baik/akusala, sementara unmoral berarti tanpa moral/kebaikan alias netral

sementara Dhammachanda adalah kusala.

Jika kamachanda, maka sudah pasti akan masuk ke lothika cetasika

kalau netral, tidak ada "rekanan" cetasika lainnya, yang dapat memunculkan "action/kamma"..... tapi kalo kusala, maka chanda akan bersekutu dengan sobhana cetasika

semoga bisa memperjelas yah  _/\_

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CETASIKA
« Reply #24 on: 27 October 2008, 02:08:26 PM »
_/\_ makasi penjelasannya c lily.. yumi akan pelan2 sambung bacanya.. hehe.. ga bisa sekaligus, terlalu rumit, jd sdkt demi sdkt lo..  :-[

tul wa baca buku abhidhamma sehari hari sampai hang ( sakit kepala tiga hari) karena di baca sekaligus sampai habis dalam sehari.

mesti nya baca dikit dikit saja agar otak nya tidak sampai over loading sama data abhidhamma.

dear daimond,

kalo saya boleh saran, abhidhamma hendaknya dibaca, sembari didiskusikan dan dipraktekkan... jika hanya dibaca dan dihapal tanpa dipraktekkan, biasanya cenderung akan menjadi jago debat

namun jika didiskusikan, direnungkan dan dipraktekkan dalam hidup sehari2, dan ditambah menjalankan vipassana, niscaya itu akan meningkatkan kualitas batin.....

semoga bermanfaat

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: CETASIKA
« Reply #25 on: 28 October 2008, 10:41:47 PM »
 _/\_ Ko Markos, thx y penjelasannya, bisa mengerti koq  ;D, ini ada lagi yg mau ditanya..

20.   Mana cetasika : Kesombongan: faktor batin yg menginduksi makhluk dlm perbandingan diri yg lebih rendah, lebih tinggi atau membandingkan sama dengan makhluk lainnya.

Merendahkan ataupun menyamakan diri kenapa disebut sombong?

c.   Docatuka cetasika : 4 cetasika kelompok Dosa :
21.   Dosa cetasika : kebencian, faktor batin yg menolak objek
22.   Issa cetasika : faktor batin yg menyebabkan iri / cemburu terhadap objek (bersifat objektif)
23.   Macchariya cetasika : kekikiran faktor batin yg menyebabkan kikir atas sesuatu yg dimiliki (bersifat subjektif)
24.   Kukkucca cetasika : kekhawatiran, faktor batin yg menyebabkan menyesal terhadap perbuatan yg telah dilakukan, yaitu menyesal atas kejahatan yg telah dilakukan atau menyesal atas perbuatan baik yg tdk dilakukan. Kekhawatiran ini adalah kekhawatiran terhadap sesuatu yg telah lewat (lampau).

Kenapa Iri/cemburu termasuk dalam kelompok Dosa? Biasa kan terpisah, dosa, lobha, moha, irsia..

Trus, dari yg akusala cetasika 14 tdd: 4 cetasika kelompok Moha, 3 cetasika kelompok Lobha, 4 cetasika kelompok Dosa dsb.. Dari mana bisa mengelompokkan seperti: Pandangan & Sombong masuk dlm kategori Serakah.., Kikir & Khawatir itu masuk dlm Benci..? Di mana kaitannya?

Kikir bersifat subjektif dengan iri/cemburu bersifat objektif maksudnya gimana?


d.   Thina-Middha cetasika 2 :
25.   Thina cetasika : kemalasan, kesakitan batin, faktor batin yg merupakan lawan dari viriya, faktor batin ini sering disebut citta-gelanna bertentangan dengan cittakammannata, daya penyesuaian batin.
26.   Middha cetasika : kelambanan, tidak aktip, inert, faktor batin yg merupakan lawan dari viriya, faktor batin ini sering disebut kaya-gelanna yg bertentangan dengan kayakammannata, daya penyesuaian tubuh batin. Di dalam hal ini, tubuh batin yg dimaksud bukanlah tubuh fisik, melainkan faktor-faktor batin yg terdiri dari vedana, sanna dan faktor-faktor batin lainnya.

Gimana bedain batin dengan tubuh batin? kalo tubuh batin = faktor-faktor batin yg terdiri dari vedana, sanna dan faktor-faktor batin lainnya, terus batin spt apa2 aja?

 ^:)^
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CETASIKA
« Reply #26 on: 31 October 2008, 09:34:25 AM »
_/\_ Ko Markos, thx y penjelasannya, bisa mengerti koq  ;D, ini ada lagi yg mau ditanya..

maaf kelamaan ga jawab yah  :-[

ikut senang melihat yumi yang sangat bersemangat.......... itu modal utama untuk maju loh

20.   Mana cetasika : Kesombongan: faktor batin yg menginduksi makhluk dlm perbandingan diri yg lebih rendah, lebih tinggi atau membandingkan sama dengan makhluk lainnya.

Merendahkan ataupun menyamakan diri kenapa disebut sombong?

dear yumi,

memang istilah "sombong" selama ini berkonotasi dengan "merasa lebih tinggi/besar/dll"....... dalam "mana", istilah ini dirasa paling tepat diterjemahkan ke bhs indonesia karena selama ini, "sombong" dalam arti merasa "lebih" yang paling umum terjadi (termasuk saya sendiri yang sering muncul "mana")

lebih tepatnya sih membandingkan diri.... .cuma sepertinya kata2nya kurang mudah dicerna.... karena membuat org akan bingung  ;D

mana adalah jenis akusala cetasika yang sedemikian halusnya, sampai anagami saja masih mengalami mana loh..... dia bisa melihat org lain baru mencapai sakadagami atau sotapati dan dia tahu dirinya sudah anagami.....

moga ga bingung ama istilah pengindonesiaan yah........  _/\_

Kenapa Iri/cemburu termasuk dalam kelompok Dosa? Biasa kan terpisah, dosa, lobha, moha, irsia..

Mengenai iri yang termasuk dalam Docatuka : kalau saya lihat ini membandingkan kategori yang berbeda.
Seperti Cetasika, yang juga bisa dipecah dalam panca khanda (khan cm masuk vinnana, sanna dan vedana, sisanya masuk sankhara)

Trus, dari yg akusala cetasika 14 tdd: 4 cetasika kelompok Moha, 3 cetasika kelompok Lobha, 4 cetasika kelompok Dosa dsb.. Dari mana bisa mengelompokkan seperti: Pandangan & Sombong masuk dlm kategori Serakah.., Kikir & Khawatir itu masuk dlm Benci..? Di mana kaitannya?[/color]

Kalau saya boleh perjelas, mungkin kita liat kembali harafiahnya dari Docatuka yaitu 4 cetasika yang berlandaskan Dosa.
Demikian juga Lotika yang berbasis Lobha dan Mocatuka yang berbasis Moha

Dari sini kita bisa melihat cetasika2 dengan lebih jelas, misal:
1. Kikir : disini beda sudut pandang dengan kikir dalam pengertian umum, yaitu ga mo bagi miliknya.
Cetasika ini berlandas pada "tidak ingin melihat org lain mempunyai kebahagiaan seperti aku"

2. Khawatir : cetasika ini terjadi karena kita "menolak" kondisi yang berubah.
Yumi tau khan rasanya khawatir?
Misal ibu yang "khawatir" pada anak perempuannya yang pulang malam. Khawatir ini muncul karena awalnya ibu "melekat" pada anak, sehingga "menolak" jika ada perubahan pada kondisi sang anak.
Atau saya sebagai cowo, "khawatir" kalo pacarnya berpaling ke cowo laen...... itu juga sama, krn saya melekat, lalu saya "menolak" pacar saya berubah

3. Mana : disini jelas bhw mana timbul karena ada asumsi "Ini Aku loh", "Aku punya ini loh", "Aku tidak punya ini"...... coba deh Yumi rasakan...... itu adalah kemelekatan pada si "AKU"

moga2 ga nambah pusing yah  ^-^

Kikir bersifat subjektif dengan iri/cemburu bersifat objektif maksudnya gimana?[/color]

Yang dimaksud subyektif dan obyektif disini adalah dari sudut pandangnya, sis....

Kalo subyektif, adalah dari sisi subyeknya. Kikir spt yg disebut diatas adalah "tidak ingin melihat org lain mempunyai kebahagiaan seperti aku"

Sementara iri/cemburu adalah "tidak senang melihat org lain mempunyai sesuatu"

Jadi kalau kikir, saya ada sesuatu misal terkenal, lalu kalau ada org laen deket2 kita, dan jika kita "kikir" maka akan muncul pikiran "nih org deket2 melulu, mo numpang beken yah?"  ;D

Kalo iri, liat org laen terkenal, kita "iri" ama dia.....

moga2 jelas yah???  _/\_

d.   Thina-Middha cetasika 2 :
25.   Thina cetasika : kemalasan, kesakitan batin, faktor batin yg merupakan lawan dari viriya, faktor batin ini sering disebut citta-gelanna bertentangan dengan cittakammannata, daya penyesuaian batin.
26.   Middha cetasika : kelambanan, tidak aktip, inert, faktor batin yg merupakan lawan dari viriya, faktor batin ini sering disebut kaya-gelanna yg bertentangan dengan kayakammannata, daya penyesuaian tubuh batin. Di dalam hal ini, tubuh batin yg dimaksud bukanlah tubuh fisik, melainkan faktor-faktor batin yg terdiri dari vedana, sanna dan faktor-faktor batin lainnya.

Gimana bedain batin dengan tubuh batin? kalo tubuh batin = faktor-faktor batin yg terdiri dari vedana, sanna dan faktor-faktor batin lainnya, terus batin spt apa2 aja?

 ^:)^

ehm batin itu terdiri dari citta dan cetasika. Jadi citta dan cetasika selalu berendeng, seperti 2 sisi koin dan batinnya adalah koin itu sendiri

nah dalam salah satu cetasika berpasangan ada cittakammannata dan kayakammannata..... cittakammannata merupakan yang menyesuaikan citta, sementara kayakammannata yang menyesuaikan cetasika.
Jadi mereka sifatnya adalah mempercepat respons batin

Mengenai tubuh batin, itu adalah nama lain dari cetasika, yang kalau dalam bahasa inggrisnya adalah mental body

Semoga bisa memperjelas yah  _/\_

Senang bisa berdiskusi dengan anda
« Last Edit: 31 October 2008, 10:10:00 AM by markosprawira »

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: CETASIKA
« Reply #27 on: 31 October 2008, 01:20:38 PM »
maaf kelamaan ga jawab yah  :-[

ikut senang melihat yumi yang sangat bersemangat.......... itu modal utama untuk maju loh

 _/\_ ;)

Mengenai iri yang termasuk dalam Docatuka : kalau saya lihat ini membandingkan kategori yang berbeda.
Seperti Cetasika, yang juga bisa dipecah dalam panca khanda (khan cm masuk vinnana, sanna dan vedana, sisanya masuk sankhara)

maksudnya yg ini ya..  :-?
Apakah hakekat sesungguhnya dari pancakkhandha?
Jawab :
Hakekat sesungguhnya dari pancakkhandha adalah :
1.   Vinnanakkhandha adalah citta 89
2.   Vedanakkhandha adalah vedana cetasika
3.   Sannakkhandha adalah sanna cetasika
4.   Sankharakkhandha adalah cetasika 50
5.   Rupakkhandha adalah rupa 28
yg vinnana itu citta ko, bukan masuk cetasika  :-?


Dari sini kita bisa melihat cetasika2 dengan lebih jelas, misal:
1. Kikir : disini beda sudut pandang dengan kikir dalam pengertian umum, yaitu ga mo bagi miliknya.
Cetasika ini berlandas pada "tidak ingin melihat org lain mempunyai kebahagiaan seperti aku"

Kalo subyektif, adalah dari sisi subyeknya. Kikir spt yg disebut diatas adalah "tidak ingin melihat org lain mempunyai kebahagiaan seperti aku"

Jadi kalau kikir, saya ada sesuatu misal terkenal, lalu kalau ada org laen deket2 kita, dan jika kita "kikir" maka akan muncul pikiran "nih org deket2 melulu, mo numpang beken yah?"  ;D

Kalo iri, liat org laen terkenal, kita "iri" ama dia.....

moga2 jelas yah???  _/\_

^-^ hehe.. tadinya yumi kirain kikir = pelit, n kalo subjektif brati pilih kasih sama org2 tertentu murah hati, tar sama org2 tertentu pelit. :))

;) oc, lainny cukup jelas koq.. thx ya..  ^:)^
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CETASIKA
« Reply #28 on: 31 October 2008, 01:51:17 PM »
yg vinnana itu citta ko, bukan masuk cetasika  :-?

anumodana untuk koreksinya........  _/\_ terlalu cepet nulisnya  :-[

^-^ hehe.. tadinya yumi kirain kikir = pelit, n kalo subjektif brati pilih kasih sama org2 tertentu murah hati, tar sama org2 tertentu pelit. :))

;) oc, lainny cukup jelas koq.. thx ya..  ^:)^

istilah kikir ini emg agak sedikit rancu ama pandangan umum...... tapi sukur kalo udah dimengerti  _/\_

anumodana untuk diskusinya karena membuat saya jadi mengulang2 bahan lagi  ^:)^

Offline mushroom_kick

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.303
  • Reputasi: 92
Re: CETASIKA
« Reply #29 on: 06 November 2008, 03:37:01 PM »
mo numpang tanya... dr mana datang na keinginan?  _/\_
Segala fenomena bentuk & batin tidaklah kekal ada na.....
Semua hanyalah sementara.....