Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...  (Read 4902 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Gun@saro

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 111
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • Satisampajañña
Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« on: 16 August 2007, 02:38:52 AM »
Namo Buddhaya...

Dulu sy ketika kuliah, menunggu di Gajah Mada Plaza, didekati oleh umat dr Saksi Yehova...

Kelanjutannya adalah, kedua orang tsb meminta seniornya utk execute plan B padaku. Dia bilang kenal Biksu Panyafaro (dgn lafal 'f' atau 'v', bukan 'w') & juga tahu punarbafa (bukan 'w' juga), jadi saya tahu, itu adalah "amunisi" rekayasa utk meyakinkan saja...

Dia bilang, yg tdk akan ada di Buddhisme & paling membedakan dgn Kristiani adalah: Penghapusan Dosa. Itulah yg akan dilakukan Yesus Kristus, janji yg telah digenapiNya. Kalo Buddhisme, semua ditanggung sendiri, mana mungkin & lagian menyulitkan sekali...

Saya pikir: debat 2 konsep yg berbeda akan kecil manfaatnya, bahkan tidak ada... Mending saya pertegas saya preferensi masing² dari kami... Saya berikanlah ilustrasi ini:
Saya (SY) & dia (YH)...

*

SY: Pernah nonton film laga Mandarin atau serial kungfu?
YH: Sering lah, sin-tiau eng-hionh, siau-li fei-tau, bla³...

SY: Nah, pasti pernah lihat adegan di mana seorang abdi raja yg jujur, suatu saat berbuat kesalahan? Atau Kasim raja/ratu berbuat kesalahan khan?
YH: Rata² ada tuh, umum itu di film²...

SY: Seorang abdi yg jujur, pasti langsung menghadap raja, berlutut, menghormat, mengakui kesalahan dgn penuh penyesalan, dan... minta dihukum oleh raja. Benar?
YH: Oh iya, di film mmg sering ada adegan demikian...

SY: Nah, ada kalanya, raja tidak mau perpanjang masalah itu, mengingat bagitu banyak jasa dr si abdi & memang dia selama itu sangat jujur & bertanggung-jawab. Si abdi tetap ngotot utk dihukum, bahkan sambil menampar, memukul diri sendiri, plus ratapan penyesalan. Alhasil, krn ditolak terus, si abdi nekat menarik pisau/pedang utk menusuk dirinya sendiri... Benar?
YH: Wah, persis, jadi ingat lagi tuh film² lama...

SY: Ada kalanya, raja & para pengawal kalah tangkas, sehingga pisau tertancap ke perut. Tapi, ada punya adegan: yg mana dgn lemparan cangkir mungil, pisau/pedang lepas dr genggaman. Adegan dramatis itu pun berakhir. Raja dgn terpaksa & helaan nafas panjang mengiyakan utk memberikan pukulan 100 (misalnya). Mendengar itu, si abdi girang sekali, sambil menghormat (pai-kui) dia ucapin terima-kasih berulang²... Hukuman diterima dgn gagah perkasa, tidak menampakkan wajah dendam, tapi patriotik... Apa yg dia lakukan setelah terima hukuman?
YH: Ehm, terima-kasih lagi ke raja...

SY: Tepat sekali. Ada model lain, kasim. Kalo ketahuan salah, merengek², mengungkit kebaikan sebelumnya, menyanjung² raja sebagai figur maha bijak nan maha pengampun para abdi. Atau, dia cari kambing-hitam utk disalahkan, dengan mata yg biasa dipojokkan ke pinggir mata. Ada khan adegan demikian? Atau, jika ada kaki-tangan kasim ini yg caught in the act, si kasim yg akan jadi penengah, merayu raja utk mengampuni dgn perjanjian/dalil tertentu. Benar?
YH: Iyah, model gitu juga selalu ada, biasanya pihak lawan tuh...

SY: Sama dgn film kungfu, contoh: Jakie Chan dlm Drunken Master dll... Muridnya sangat menghormati guru mereka. Bahkan, mereka rela berkorban utk gurunya... Jika bersalah atau badung, mereka menyesal & akhirnya berlatih dgn sangat giat. Mereka membawa nama baik kungfu gurunya & jaga diri...
YH: Saya juga nonton yg itu. Rata² certinya ada karakter demikian...

SY: Syukurlah Anda setuju... Nah, bicara ttg pengampunan dosa, penyucian dosa... Saya adalah karakter umat beragama yg mirip dgn abdi di atas. Sy gak mau tuh bebanin guru/pemimpin saya, sy maunya dgn gentle terima semua konsekuensi dr perbuatan saya: baik atau buruk. Apalagi sampai ngajak begitu banyak orang bersalah utk membebani guru saya, wah... amit² dah... Seperti yg Anda lakukan sekarang ini, mengajak saya yg berdosa utk dibebankan & ditanggung oleh Yesus... Saya sih nggak mau repotin Yesus & saya kasihan dgn Beliau krn punya banyak murid yg begitu rajin membawa masuk pendosa utk disucikan oleh gurunya...
Jadi... bukannya ini masalah kemampuan/kehebatab guru mana yg mampu cuci dosa, tapi memang karakter sy yg gak cocok dgn gaya si kasim di atas. Itu pukan tipe saya, makanya saya pilih Buddhisme. So sorry, but it's not my style... Tapi jika Anda selarasa dgn gaya si kasim & menjadi Nasrani, itu pilihan Anda & saya tdk bisa apa² juga. Meskipun, nampaknya dr tadi Anda lebih kagum dgn sosok si abdi yah? Kalo Anda tadinya mengaku pernah belajar Buddhisme, Anda pernah dengar cerita Sang Buddha yg akan dicelakai dgn seekor gajah? Bhikkhu Ananda spontan menjadi benteng hidup, saat itu tanpa ragu hendak mengorbankan bahkan nyawanya demi Guru Agung kami. Bukan seperti murid² Yesus yg ketakutan saat Beliau ditangkap.
Yah itulah Bhante Ananda, su-siong senior kami yg luar biasa... Putra Sakya yg setia & luhur... Dan itulah para rasul yg menjadi kakak-seperguruan Anda... Kita beda karakter khan? Sehingga agama pilihan kita juga beda khan? Saya, sangat bangga menjadi Buddhis dgn karakter saya...
YH: Maaf yah, kami harus pergi karena sebentar lagi ada acara...

SY: Silahken...

*

Nah... Karakter² ini, juga teraplikasi dlm bentuk pola pikir. Banyak dr kita masih sering meng-urgent-essential-kan dasar² pertanyaan yg tidak relevan dgn Buddha Dhamma itu sendiri. Pertanyaan² yg muncul dari dasar pemahaman non-Buddhis, krn kita hidup di lingkungan mayoritas non-Buddhis sih... Sehingga, rasa penasaran krn hal itu tertanam lama, sering kita tanyakan terus... Seperti ttg Tuhan, apakah Dia yg ciptakan alam semesta? Jika bukan, lantas siapa? Siapa yg atur ini semua?
Saran saya... Pertanyaan ini perlu difilter dgn pertanyaan balik, dgn muatan asas....
Sukhi Hotu...

Gunasaro

Offline Sol Capoeira

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.746
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #1 on: 16 August 2007, 02:47:27 AM »
duh kalo gw mah...dah gw nanyain tentang adam hawa, trus gw kasi buku "beyond belief" mwahahhaha...

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #2 on: 19 August 2007, 10:10:10 PM »
seru jg pengalaman bro Gunasaro, tapi berhasil membuat orang kr****n menyadari kebodohannya.

kadang gw lucu mendengar istilah Penghapusan Dosa, apakah itu menyatakan bahwa manusia setelah percaya [berarti terhapus dosanya karena telah ditebus] berarti yg namanya dosa [penderitaan] akan menjauh dari orang" yg udah percaye ?

kalo masih mengalami, berarti emang janji udah digenapi [janji Mr. Y ke papi] tapi darah nya yg berceceran itu sia" karena orang yg udeh percaye, masih mengalami dosa [penderitaan]

yg anehnya lagi, koq tiap detik Mr. T menciptakan manusia trus ? lucunya lagi tiap bayi yg lahir itu pasti berdosa, sebagai akibat perbuatan nenek moyang, si Adam dan Hawa, trus pekerjaan si Mr. T/Mr. Y akan bertambah donk akibat perbuatan dia sendiri menciptakan manusia ? gimana ga bertambah, setiap kali ada bayi yg baru dilahirkan, berarti daftar manusia yg kudu diselamatin bertambah pula, ya kaga ? tapi koq tetep mau nyiptain manusia ya ? ;D

muncul pekerjaan baru akibat dari perbuatan nya Mr. T/Mr. Y itu sendiri, apa kengangguran ya, sampe cari kerjaan yg dibuat sendiri sebabnya ^-^

 
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #3 on: 20 August 2007, 07:21:31 AM »
Wah kalian semua harus di baptis nih, supaya dosanya hilang. Enak kan! Dah gitu, bikin dosa lagi dah. (enaknya jd krtn).
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #4 on: 20 August 2007, 10:30:09 AM »
ryu, loe mau dipancung Boss Medhoq ya? Belom dapet warning ya?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #5 on: 20 August 2007, 10:32:16 AM »
wah, tiada kekerasan disini >:D
itu udah posting baru baca PM :)
There is no place like 127.0.0.1

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #6 on: 20 August 2007, 10:46:10 AM »
Hehehehe.... Ternyata semua dpt jg ya.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #7 on: 20 August 2007, 10:49:52 AM »
kadang gw lucu mendengar istilah Penghapusan Dosa, apakah itu menyatakan bahwa manusia setelah percaya [berarti terhapus dosanya karena telah ditebus] berarti yg namanya dosa [penderitaan] akan menjauh dari orang" yg udah percaye ?

Setahu saya pengertian "dosa" dalam agama C bukan berarti penderitaan tetapi "dosa" berarti tindakan yang melanggar kehendak Mr. A. Kl seseorang tidak percaya pada Mr. A tapi pada yang lain maka ia sudah berdosa, karena salah satu kehendak Mr. A adalah agar manusia tidak percaya/menyembah selain Mr. A. Dan jika berdosa (melanggar) berarti dapat hukuman. Nah, karena hukuman ini maka manusia menderita. Jadi agar tidak menderita ya jangan melanggar kehendak Mr.A.

Oleh karena itu, seperti kata Sdr. Ryu, baptis dan bertobatlah maka dosa akan hilang, serta ingatlah moto "iman lebih besar dari perbuatan"
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #8 on: 20 August 2007, 11:02:04 AM »
kadang gw lucu mendengar istilah Penghapusan Dosa, apakah itu menyatakan bahwa manusia setelah percaya [berarti terhapus dosanya karena telah ditebus] berarti yg namanya dosa [penderitaan] akan menjauh dari orang" yg udah percaye ?

Setahu saya pengertian "dosa" dalam agama C bukan berarti penderitaan tetapi "dosa" berarti tindakan yang melanggar kehendak Mr. A. Kl seseorang tidak percaya pada Mr. A tapi pada yang lain maka ia sudah berdosa, karena salah satu kehendak Mr. A adalah agar manusia tidak percaya/menyembah selain Mr. A. Dan jika berdosa (melanggar) berarti dapat hukuman. Nah, karena hukuman ini maka manusia menderita. Jadi agar tidak menderita ya jangan melanggar kehendak Mr.A.

apakah bisa dikatakan Dosa itu sudah ada sejak nenek moyang manusia dulu ? karena ada beberapa sumber dari pihak C mengatakan bahwa Dosa (pelanggaran terhadap perintah Mr. A) sudah terjadi dan akibat dari Dosa itu muncul hukuman dari Mr. A karena manusia telah berani menantang perintahnya sebagai akibatnya adalah penderitaan, yg cilaka seluruh perbuatan si Adam dan Hawa pasti akan di alami oleh semua keturunan manusia, berarti bayi yg baru lahir pun dapat dikatakan telah berdosa sampai nti bayi ini mau menerima dan percaya pada Mr. A dan anaknya Mr. Y

jd Hukuman itu telah ditentukan pertama kali sejak si Adam dan Hawa, karena manusia saat itu telah jatuh kedalam Dosa yg berakibat penderitaan bagi manusia.

kalo mengikuti logika itu, seharusnya manusia yg udeh percaye ma Mr. A/Mr. Y dan bertobat serta dibaptis deh, berarti bukankah Dosa itu udah di tebus ? berarti akibat Dosa yaitu penderitaan/hukuman seharusnya sudah tidak berlaku lagi bagi manusia yg udah percaye... betul ga ? tapi kenyataannya ? ....................................................... :whistle:

apa penderitaan yg dialami umat C kudu di-imani lg ?  ^-^ iman tanpa perbuatan adalah mati, so mending diwujudkan dalam perbuatan aja deh, daripada sekedar iman mengiman  ;D
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #9 on: 20 August 2007, 11:22:55 AM »
Yg dimaksud dosa turunan: kamu mewarisi apapun dr ortu anda, spt penyakit, miskin kaya, cacad yg mau tdk mau harus diterima sbg anugerah ya!
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #10 on: 20 August 2007, 11:34:23 AM »
Quote
Yg dimaksud dosa turunan: kamu mewarisi apapun dr ortu anda, spt penyakit, miskin kaya, cacad yg mau tdk mau harus diterima sbg anugerah ya!

kalo ortu gw kaya, sehat, gw lahir normal.... dosanya dimana?

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #11 on: 20 August 2007, 11:45:11 AM »
Maut. Upah dosa adalah maut.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #12 on: 20 August 2007, 12:36:16 PM »
Hahaha... semua orang juga bakal mati Mr.Hadoken...
Maut di agama kr****n adalah maut neraka abadi... Dimana ketika pengadilan terkahir loe masih ga percaya Yesus dan menerima Beliau sebagai juru selamat...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #13 on: 20 August 2007, 12:42:37 PM »
Makanya u hrs percaya yah! Supaya dosa turunan di hilangkan. Udah ah jgn ngobrol ini trs nanti dikasi sp loh.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #14 on: 20 August 2007, 02:45:29 PM »
Kammassakomhi
Kammadayado
Kammayoni
Kammabandhu
Kammapatisarano
Yam kammam karissami
Kalyanam va papakam va
Tassa dayado bhavissami.....

 ;)

Offline Fei Lun Hai

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 687
  • Reputasi: 24
  • Gender: Female
Re: Karakter Umat, Tentukan Agama yg Dipilih...
« Reply #15 on: 20 August 2007, 04:46:14 PM »
Kammassakomhi
Kammadayado
Kammayoni
Kammabandhu
Kammapatisarano
Yam kammam karissami
Kalyanam va papakam va
Tassa dayado bhavissami..... ;)

Setuju dengan saudara ke-tujuh  ;D
your life simple or complex is depend on yourself