Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kopitiam  (Read 262797 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #705 on: 19 September 2012, 09:22:38 AM »
menurut info ini makanan Cina,....

tem (dikukus) pe (kedelai kuning)... nah ini bahasa apa ay ?

masa sih?

ini dari wiki : Tempe

Quote

Tidak seperti makanan kedelai tradisional lain yang biasanya berasal dari Cina atau Jepang, tempe berasal dari Indonesia.[6] Tidak jelas kapan pembuatan tempe dimulai. Namun demikian, makanan tradisonal ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta. Dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 (Serat Centhini sendiri ditulis pada awal abad ke-19) telah ditemukan kata "tempe", misalnya dengan penyebutan nama hidangan jae santen tempe (sejenis masakan tempe dengan santan) dan kadhele tempe srundengan. Hal ini dan catatan sejarah yang tersedia lainnya menunjukkan bahwa mungkin pada mulanya tempe diproduksi dari kedelai hitam, berasal dari masyarakat pedesaan tradisional Jawa—mungkin dikembangkan di daerah Mataram, Jawa Tengah, dan berkembang sebelum abad ke-16.[5]

Kata "tempe" diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kuno terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Tempe segar yang juga berwarna putih terlihat memiliki kesamaan dengan makanan tumpi tersebut.[7]

Selain itu terdapat rujukan mengenai tempe dari tahun 1875 dalam sebuah kamus bahasa Jawa-Belanda.[8] Sumber lain mengatakan bahwa pembuatan tempe diawali semasa era Tanam Paksa di Jawa.[9] Pada saat itu, masyarakat Jawa terpaksa menggunakan hasil pekarangan, seperti singkong, ubi dan kedelai, sebagai sumber pangan. Selain itu, ada pula pendapat yang mengatakan bahwa tempe mungkin diperkenalkan oleh orang-orang Tionghoa yang memproduksi makanan sejenis, yaitu koji1 kedelai yang difermentasikan menggunakan kapang Aspergillus.[10] Selanjutnya, teknik pembuatan tempe menyebar ke seluruh Indonesia, sejalan dengan penyebaran masyarakat Jawa yang bermigrasi ke seluruh penjuru Tanah Air.[5]


Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #706 on: 19 September 2012, 09:30:55 AM »
menurut info ini makanan Cina,....

tem (dikukus) pe (kedelai kuning)... nah ini bahasa apa ay ?


info nya gosip kali itu...

org taiwan ngk pernah denger kata tempe
org hongkong juga ngk tau tempe itu apa
di china mainland juga ngk ada tempe

tempe itu kebanggaan indonesia
ngk ada hubungannya dengan bahasa mandarin
en di bahasa mandarin,
tem bukan (dikukus)
pe bukan (kedelai kuning)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #707 on: 19 September 2012, 09:43:57 AM »
info nya gosip kali itu...

org taiwan ngk pernah denger kata tempe
org hongkong juga ngk tau tempe itu apa
di china mainland juga ngk ada tempe

tempe itu kebanggaan indonesia
ngk ada hubungannya dengan bahasa mandarin
en di bahasa mandarin,
tem bukan (dikukus)
pe bukan (kedelai kuning)
kalau dikukus itu tim, bukan tem..
contohnya yang diadopt ke bahasa indo : "tim peng" => nasi tim
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline juli wu

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 217
  • Reputasi: 23
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia,pintar,bikja
Re: Kopitiam
« Reply #708 on: 19 September 2012, 10:07:32 AM »
kalau dikukus itu tim, bukan tem..
contohnya yang diadopt ke bahasa indo : "tim peng" => nasi tim
tim peng = nasi di panasi

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #709 on: 19 September 2012, 10:16:25 AM »
sama seperti 'tim kue' = ayam tim

masakan favorit saya nih  :x :x

siapa yang pernah makan hong bak / babi hong ?
kalo belum pernah, kalian harus coba yang ini... kelezatannya luar biasa... sluuurrrppp..!!!

Offline west

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 39
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • ..........
Re: Kopitiam
« Reply #710 on: 19 September 2012, 10:31:45 AM »
sama seperti 'tim kue' = ayam tim

masakan favorit saya nih  :x :x

siapa yang pernah makan hong bak / babi hong ?
kalo belum pernah, kalian harus coba yang ini... kelezatannya luar biasa... sluuurrrppp..!!!

sumber penyakit itu...menurut ku

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #711 on: 19 September 2012, 10:35:46 AM »
sumber penyakit itu...menurut ku

jika berlebihan, iya

tapi bebrapa resep tim kue/ayam tim justru nge-tim-nya adalah sama herbal2 tertentu, dan cenderung menyehatkan.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #712 on: 19 September 2012, 10:36:06 AM »
tim peng = nasi di panasi
nasi panas = sio peng (sio = panas)
nasi goreng = cha peng
nasi sayur = chai peng
nasi lemak = iu peng


sumber penyakit itu...menurut ku
bue yang kin lah.. cit pai cit pai :))
cin cai larr :))

 :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #713 on: 19 September 2012, 10:39:36 AM »
nasi panas = sio peng (sio = panas)
nasi goreng = cha peng
nasi sayur = chai peng
nasi lemak = iu peng

bue yang kin lah.. cit pai cit pai :))
cin cai larr :))

 :))

dari dialeknya saya tebak, bukan medan kia..
kampungnya selat panjang ya bro? ato bengkalis? bagan? ato jangan2 dari sungai apit?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #714 on: 19 September 2012, 10:42:59 AM »
kampung pekanbaru koq :P
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #715 on: 19 September 2012, 10:45:39 AM »
kampung pekanbaru koq :P

kampung babehnya ?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #716 on: 19 September 2012, 10:49:17 AM »
kampung babehnya ?
ya leluhur ada lah yang disebutkan di atas .. ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #717 on: 19 September 2012, 10:55:03 AM »
ya leluhur ada lah yang disebutkan di atas .. ;D

oh.. i see
 :D

kapan2 makan bak kut te bareng yuk... (kalo balek ke pekanbaru)

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #718 on: 19 September 2012, 10:58:35 AM »
bos saya hokien medan, dia punya cerita lucu..

waktu itu beliau merantau ke Pekanbaru - Riau belum lama. harus dipahami bahwa dialek hokien medan dan riau berbeda cukup jauh lhooo.
so suatu hari beliau di kedai kopi, nah meja samping ada 3 acek2 umur 50an++ sedang cerita2
namanya juga kedai kopi, ceritanya gak pake pelan2. satu meja cuap2 meja lain pasti dengar.

ntah apa yang diceritakan, namun sampai suatu kesempatan ada satu acek dengan bangganya bilang :
acek1 : gua e si tua kia (anak sulung saya), khi pasia co kang (ke Jakarta kerja) bo sa ni (gak sampe tiga tahun) e bue 'HONG CHIA' ( bisa beli HONG CHIA)
acek2 dan acek3 : wow... hebatttt
.....

bos saya jadi bingung
 :o :o :o

pikirnya, ini acek1 banga2in anaknya kerja di jakarta ga sampe 3 tahun bisa beli HONG CHIA. cuman bisa beli HONG CHIA aja dah bangga???? duh kasian..

ada yang tau apa yang aneh?

ya, itu dia, HONG CHIA...

dalam dialek hokien riau, HONG CHIA itu artinya MOBIL
sedang dalam dialek hokien medan, HONG CHIA itu artinya SEPEDA

belakangan bos saya baru tahu, hong chia itu mobil...  :-[
pantaslah si acek1 bisa bangga2in anaknya ke temannya acek2 dan acek3, lha wong merantau ke jakarta belon 3 tahun dah bisa beli mobil (hong chia)

duh...

 :))
:)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :))

Offline west

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 39
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • ..........
Re: Kopitiam
« Reply #719 on: 19 September 2012, 10:20:53 PM »
hong cia = sepeda angin  ;D