Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kopitiam  (Read 263175 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #690 on: 18 September 2012, 04:35:39 PM »
co kang bo co kang, lan lang tio ai ciak

co kang e lang, u lui tio ciak ho he ho bak
bo co kang e lang, bo lui tio ciak chai po kun na


 :)) :)) :))

kerja atau tidak kerja, orang tetap harus makan

orang yang kerja, punya uang untuk makan udang enak daging enak
orang yang tidak kerja, tidak punya uang maka makan sayur
po kun na --> ngk ngerti

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #691 on: 18 September 2012, 04:45:54 PM »
bos saya hokien medan, dia punya cerita lucu..

waktu itu beliau merantau ke Pekanbaru - Riau belum lama. harus dipahami bahwa dialek hokien medan dan riau berbeda cukup jauh lhooo.
so suatu hari beliau di kedai kopi, nah meja samping ada 3 acek2 umur 50an++ sedang cerita2
namanya juga kedai kopi, ceritanya gak pake pelan2. satu meja cuap2 meja lain pasti dengar.

ntah apa yang diceritakan, namun sampai suatu kesempatan ada satu acek dengan bangganya bilang :
acek1 : gua e si tua kia (anak sulung saya), khi pasia co kang (ke Jakarta kerja) bo sa ni (gak sampe tiga tahun) e bue 'HONG CHIA' ( bisa beli HONG CHIA)
acek2 dan acek3 : wow... hebatttt
.....

bos saya jadi bingung
 :o :o :o

pikirnya, ini acek1 banga2in anaknya kerja di jakarta ga sampe 3 tahun bisa beli HONG CHIA. cuman bisa beli HONG CHIA aja dah bangga???? duh kasian..

ada yang tau apa yang aneh?

ya, itu dia, HONG CHIA...

dalam dialek hokien riau, HONG CHIA itu artinya MOBIL
sedang dalam dialek hokien medan, HONG CHIA itu artinya SEPEDA

belakangan bos saya baru tahu, hong chia itu mobil...  :-[
pantaslah si acek1 bisa bangga2in anaknya ke temannya acek2 dan acek3, lha wong merantau ke jakarta belon 3 tahun dah bisa beli mobil (hong chia)

duh...

 :))

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #692 on: 18 September 2012, 04:47:52 PM »
kerja atau tidak kerja, orang tetap harus makan

orang yang kerja, punya uang untuk makan udang enak daging enak
orang yang tidak kerja, tidak punya uang maka makan sayur
po kun na --> ngk ngerti

chai po = sayur yang di asinkan, bisanya lobak
kun na = akar2an.. tapi lebih ke kiasan sih artinya, bukan benar-benar makan akar2an  :))

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #693 on: 18 September 2012, 06:00:50 PM »
acek1 : gua e si tua kia (anak sulung saya), khi pasia co kang (ke Jakarta kerja) bo sa ni (gak sampe tiga tahun) e bue 'HONG CHIA' ( bisa beli HONG CHIA)


hahhaha....sepeda aja bangga  ;D

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Kopitiam
« Reply #694 on: 18 September 2012, 08:11:57 PM »
ada yang tau apa yang aneh?

ya, itu dia, HONG CHIA...

dalam dialek hokien riau, HONG CHIA itu artinya MOBIL
sedang dalam dialek hokien medan, HONG CHIA itu artinya SEPEDA
sebenarnya saya g aneh om, karna selama ini saya juga taunya hong chia = mobil. ;D
terus kalo dalam dialek hokien medan, mobil disebut apa om?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #695 on: 18 September 2012, 09:01:13 PM »
cukup 'CHIA' saja.... ;D
atau kalo gak pake 'Mon to'
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #696 on: 18 September 2012, 09:15:49 PM »
kalau gw biasanya lebih sering pake : "si dien"(4 roda) untuk mobil daripada hong chia (kendaraan angin ?) :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #697 on: 18 September 2012, 09:32:16 PM »
kalau gw biasanya lebih sering pake : "si dien"(4 roda) untuk mobil daripada hong chia (kendaraan angin ?) :))
=))
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Kopitiam
« Reply #698 on: 18 September 2012, 10:00:41 PM »
cukup 'CHIA' saja.... ;D
atau kalo gak pake 'Mon to'
mon to chia itu bukannya motor ya?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #699 on: 18 September 2012, 10:14:00 PM »
mon to chia itu bukannya motor ya?
kalo orang medan gak pernah pake mon to chia (dan aneh juga, pertama kali dengar.. :P)
kalau motor itu mon to pit
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #700 on: 19 September 2012, 07:50:03 AM »
OTT dikit,

kalo di kampung sini,
kereta = motor
motor = mobil

jadi suka bingung motor atau mobil  ;D

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
TEMPE, buka taohu, taoco, taoge, taosi, taosa.....
« Reply #701 on: 19 September 2012, 08:55:19 AM »
nah ada yg punya info bagaimana asal usul pemanggilan TEMPE ?
apakah tempe ini asli makanan Cina, dan dari manakah ejaan Tempe tsb didapatkan ?

thx.... sambil minum kopi... :P :P :P
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #702 on: 19 September 2012, 08:56:24 AM »
lain daerah lain bahasa...
padahal masih sama2 bahasa hokien, gak heran kalau kadang2 terjadi salah paham.

hong chia..  :)) :)) masih sering ketawa kalau ingat cerita bos saya

medan :
hong chia : sepeda
chia : mobil
mon to pit : sepeda motor

riau :
hong chia : mobil
kha tak chia : sepeda
HONDA : sepeda motor <== ini yang lucu..

nah kenapa sepeda motor itu bisa disebut honda? memang honda adalah salah satu merek sepeda motor, tapi agak aneh kalau menyebut sepeda motor merek suzuki, yamaha, dll = honda

di sini (riau) rata2 'teng lang' menyebut segala jenis sepeda motor itu HONDA, ga peduli apapun mereknya  :)) :))
dan walau salah, tapi tidak aneh ketika di gunakan..

 :)) :)) :))

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #703 on: 19 September 2012, 08:59:08 AM »
nah ada yg punya info bagaimana asal usul pemanggilan TEMPE ?
apakah tempe ini asli makanan Cina, dan dari manakah ejaan Tempe tsb didapatkan ?

thx.... sambil minum kopi... :P :P :P

tempe bukannya asli makanan indonesia?
di China ngk ada tempe
di malaysia aja jarang ada tempe
tempe malah dieksport ke US
hanya di indonesia aja tempe berlimpah

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Kopitiam
« Reply #704 on: 19 September 2012, 09:14:51 AM »
tempe bukannya asli makanan indonesia?
di China ngk ada tempe
di malaysia aja jarang ada tempe
tempe malah dieksport ke US
hanya di indonesia aja tempe berlimpah

menurut info ini makanan Cina,....

tem (dikukus) pe (kedelai kuning)... nah ini bahasa apa ay ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018