Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)  (Read 13186 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.427
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #15 on: 25 May 2008, 02:04:26 PM »
solusinya: emut jempol aja... ^-^ :whistle:
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Fudotakika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.257
  • Reputasi: 67
  • FUDO
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #16 on: 25 May 2008, 02:09:52 PM »
solusinya: emut jempol aja... ^-^ :whistle:

sakit atuh kalo jempol digigit terus, patah cemana bisa gambar nanti? ato, kasih dot anak baby yak? xixixixixiixix.....:P
THE WORLD IS JUST AWESOME

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #17 on: 25 May 2008, 06:08:38 PM »
 :outoftopic: :backtotopic:
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #18 on: 25 May 2008, 06:44:33 PM »
Kayanya sih kalau lagi tidur gigi beradu itu artinya orang itu ada ketegangan, kecemasan. soalnya saudara gue yang suka ditekan oleh saudara2nya, kalau tidur gigi dia beradu sampai bunyi cukup keras.
Mungkin solusinya adalah rajin2 meditasi dan rileksasi. Mudah2an aja ketegangan mentalnya berkurang sehingga kalau tidur giginya tidak menimbulkan bunyi lagi
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.804
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #19 on: 25 May 2008, 09:04:31 PM »
Quote
Mungkin solusinya adalah rajin2 meditasi dan rileksasi.
Mungkin saja sih, dulu waktu saya smp/sma sering mengatupkan rahang dengan keras saat tidur, dan menggesek-gesekkan gigi, sehingga waktu bangun sering terasa sakit pada gusi dan gigi.
Tapi semenjak relaksasi dan mulai "sadar" hampir tidak pernah terasa lagi, paling setahun beberapa kali.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Fudotakika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.257
  • Reputasi: 67
  • FUDO
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #20 on: 26 May 2008, 12:20:32 PM »
Hm, mungkin juga, soalnya hubby udah berapa bulan ini lembur sampe jam 11an baru pulang ke rumah.
THE WORLD IS JUST AWESOME

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #21 on: 26 May 2008, 02:37:26 PM »
Mau tanya juga, Apa ada Faktor turunan kebiasaan tidur sambil "ngunyah" ini ? ...

lo kate kite ini memamah biak apa kek sapi ama karabau yang bobo juga ngunyeh ngunyeh  ^-^ ;D :)) :)) :)) :))

Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #22 on: 26 May 2008, 02:41:54 PM »
???


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #23 on: 26 May 2008, 04:16:11 PM »
Adakah yang bisa jelaskan kenapa pada saat tidur,gigi rahang atas dan bawah saling bergesekan? Di beberapa orang bisa sampai seperti mengunyah kerupuk, padahal lagi tidur dan gigi saling bergesekan.


bunyinya kretek...kretek... atau krukk.. krukkk..  gitu kan?
(kadang kita ampe heran kenapa giginya nggak patah), sedangkan kalo lagi sadar (bangun) disuruh begitu nggak bakalan bisa.

Menurut saya, kalo cowo, itu tandanya dia lagi mikirin/mimpi WILnya.....  he he he >:D
(iseng mode: ON)


::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #24 on: 26 May 2008, 04:36:44 PM »
solusinya: emut jempol aja... ^-^ :whistle:

Lama-lama...jempolnya bisa kecil lho... ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #25 on: 26 May 2008, 04:41:10 PM »
 :P Ce Lily  ada-ada aja, kalau begitu dulu ce Lily menyusui bayinya berarti makin................ :whistle: :)) :)) :)) :)) :)) OOT deh
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #26 on: 26 May 2008, 04:59:40 PM »
:)) :)) :))
Bro Nyana :hammer: ... kalo menyusui kan tidak lama... paling lama jg setahun. Kalo tidur isap jempol kan bisa lama tuh... ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Fudotakika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.257
  • Reputasi: 67
  • FUDO
Re: [ASK] Gigi bergesekan saat bobo (Bruxism)
« Reply #27 on: 28 May 2008, 10:35:32 AM »
 :backtotopic:
so...masih ga ada yang tau persis ya?
THE WORLD IS JUST AWESOME