Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Membangun vihara untuk Sangha  (Read 3366 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline pujianto

  • Teman
  • **
  • Posts: 76
  • Reputasi: 6
  • Buka pintu hati, emang ada pintunya?
Membangun vihara untuk Sangha
« on: 09 January 2009, 12:32:09 PM »
 _/\_

apakah pengertian membangun vihara untuk Sangha?

trims
Semoga semua makhluk berbahagia

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #1 on: 10 January 2009, 10:07:22 AM »
Koq Vihara ?
Bukannya yang lebih tepat membangun Kuti ?
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #2 on: 10 January 2009, 10:08:34 AM »
Vihara bukannya dibangun untuk kepentingan umat sendiri ?

Lha kalau bhikkhu sangha itu bisa hidup dimana saja...
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Jayadharo Anton

  • Sebelumnya: Balaviro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.300
  • Reputasi: 19
  • Gender: Male
  • Namatthu Buddhassa
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #3 on: 10 January 2009, 10:24:27 AM »
Membangun Vihara Sebagai Perwujudan Pengabdian Pada Sangha Demi Melestarikan Dhamma{oleh Bhikkhu Subhapañño Thera},sebenarnya para Bhikkhu bisa memilih tempat tinggal mereka untuk sementara menetap di gua2.Dibawah pohon,namun hal itu bukan keharusan melainkan sebuah pilihan saja para bhikkhu bisa tinggal di bangunan permanen di sebuah vihara ,krn vihara memang tempat tinggal para samanera dan bhikkhu,sb tmp berteduh agar bebas dari gigitan serangga,panasnya sengatan matahari dsb,peran umat dlm hal menyediakan tmp tinggal bagi para samana  <dikutip  seperlunya dari buku kenangan peresmian Mahavihara Buddhamanggala,Bpp>
"Kesehatan adalah keuntungan yang paling besar,kepuasan adalah kekayaan yang paling berharga,kepercayaan adalah saudara paling baik,nibbana adalah kebahagiaan tertinggi" [DHAMMAPADA:204]

cunda

  • Guest
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #4 on: 10 January 2009, 01:44:05 PM »
Membangun Vihara Sebagai Perwujudan Pengabdian Pada Sangha Demi Melestarikan Dhamma{oleh Bhikkhu Subhapañño Thera},sebenarnya para Bhikkhu bisa memilih tempat tinggal mereka untuk sementara menetap di gua2.Dibawah pohon,namun hal itu bukan keharusan melainkan sebuah pilihan saja para bhikkhu bisa tinggal di bangunan permanen di sebuah vihara ,krn vihara memang tempat tinggal para samanera dan bhikkhu,sb tmp berteduh agar bebas dari gigitan serangga,panasnya sengatan matahari dsb,peran umat dlm hal menyediakan tmp tinggal bagi para samana  <dikutip  seperlunya dari buku kenangan peresmian Mahavihara Buddhamanggala,Bpp>


Namaste suvatthi hotu

Dengan ini aku kutipkan teks tentang dana vihāra Veḷuvanārāma (taman Veḷuvana) di dekat kota Rājagaha yang dipersembahkan raja Bimbisāra raja Magadha kepada  Saṅgha

Semoga bermanafaat

Thuti



Khuddakanikāye; Buddhavaṃsa-aṭṭhakathā; Nidānakathā;
Abbhantaranidānaṃ; 1. Ratanacaṅkamanakaṇḍavaṇṇanā



‘Āyuñca vaṇṇañca sukhaṃ balañca, varaṃ pasatthaṃ paṭibhānameva;
Dadāti nāmāti pavuccate so, yo deti saṅghassa naro vihāraṃ.


Orang yang memberikan vihāra pada Saṅgha dikatakan bahwa dia sesungguhnya memberi umur panjang (āyu), keceriahan (vaṇṇa), kebahagiaan (sukha) dan kekuatan (bala) yang dipuji oleh Orang Bijaksana

Offline tula

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 482
  • Reputasi: 24
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #5 on: 11 January 2009, 09:08:51 PM »
maap a little oot
makana itu .. jarang yg mau dirikan sekulah based on buddhism, tp pada dirikan vihara (terutama di sby), pdhl umat nya ya itu2 aja ... kalo senin ke vihara a , kalo kamis ke vihara c, kalo sabtu ke vihara d, ke kelenteng jg ketemu lagi ;D, kadang ada yg ke vihara nya chi kung (maap kalo salah tulis, dan saya ta tau .. ini chi kung tang masup buddhis kaga ?) ketemu lagi xixixixixi

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #6 on: 12 January 2009, 12:46:23 PM »
bangun sekolah sih kagak susah, tapi kelora yang susah :)) + tujuan bangun sekolah itu apa? cari duit / gmn? banyak yang tidak dapat sekolah karena gak ada uang "bukan" karena kagak ada sekolah ;D
Smile Forever :)

Offline tula

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 482
  • Reputasi: 24
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #7 on: 12 January 2009, 01:40:05 PM »
weleh .. kalo cari duit ya susah ... ya bangun sekolah itu utk mendidik murid, kalo berbasis buddhis ya selain mendidik pelajaran sekalian menanamkan pandangan2 yg benar mengenai ajaran buddhis.

kalo di Ujung duit, bangun vihara jg ga susah lo, tp kelola nya yg susah, jgn sampe isinya minta sumbangan terus, jgn sampe yg dateng isinya baca sutra trus tp bahkan arti dari sutra itu ga tau, tp baca sutra dengan tujuan cuman utk dapet pahala, or malah utk bermohon2 di vihara .... IMO

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #8 on: 12 January 2009, 01:54:44 PM »
Bertindak bijaksana saja :)) tapi memohon itu diharuskan loh :)) kan kita memohon agar pahala kita, kebajikan kita dilimpahkan kepada semua makhluk agar mereka berbahagia terlepas dari penderitaan ;D
Smile Forever :)

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #9 on: 12 January 2009, 02:00:31 PM »
Menanti hadirnya vihara dhammacitta... Seperti impian suhu benz :lotus:


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #10 on: 12 January 2009, 02:03:28 PM »
Sumedho jadi bhante nya? :))
Smile Forever :)

Offline doris

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 1
  • hallo semoga bahagia
Re: Membangun vihara untuk Sangha
« Reply #11 on: 12 January 2009, 02:18:07 PM »
Menanti hadirnya vihara dhammacitta... Seperti impian suhu benz :lotus:

met sore

wah suhu mau jadi tongkah

kionghie

Doris

Kemana aku mencari guru sejati