Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......  (Read 22117 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Hasil interview saya kepada Sayadaw U Aganna

Bond : Bhante, bagaimana cara mencapai 4 tingkat kesucian mulai dari sotapanna, sakadagami,anagami dan Arahanta secara singkat saja? Selama ini kita hanya tahu ciri2nya dari lenyapnya kilesa2 dari setiap tingkatan adakah cara khusus atau tanda khusus atas 4 pencapaian tingkat kesucian? Sepertinya pencapaian jhana kita mengetahui dengan adanya kemunculan nimitta sebelumnya..

Bhante : Jadi dengan kesadaran setelah jhana kita mengamati nama dan rupa, dari situ akan mencapai 7 pemurnian(7 visudhi) secara lengkap besertaan dengan itu muncul seluruh nyana2(bisa lihat http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,1304.0.html). Maka tercapailah sotapanna.

Bond : bagaimana setelah sotapanna ke sakadagami dan seterusnya bhante?

Bhante : Mengulangi  visudhi tadi dan nyana2 tersebut hanya saja pengulangan visudhi tadi tidak dari awal tetapi dari advance. Contohnya : jika seseorang sudah mencapai sarjana dan ingin mengambil gelar master tentunya tidak perlu mengulangi pelajaran sarjana dari awal.Demikian seterusnya hal ini dilakukan sampai mencapai tingkat arahanta

Bond : Adakah tanda khususnya bhante?

Bhante : mengenai hal ini harus ada guru yg mengajar dan memberitahu kamu untuk memastikan apa yg kamu capai.

Bond : Terima kasih bhante atas penjelasannya.

Hal yg diterangkan Bhante tentang prosesnya sama persis dengan pencapaian Arahat Alm.Ven. Sunlun Sayadaw.(http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,1587.0.html) atau baca saja di http://www.sunlun-meditation.com.mm/

 _/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #1 on: 30 May 2008, 09:39:36 AM »
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline thanaku

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 1
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #2 on: 30 May 2008, 10:21:50 PM »
Cara Pencapaian Kesucian Sejati adalah dengan tidak berkeinginan terhadapnya .....
« Last Edit: 30 May 2008, 10:25:10 PM by thanaku »

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #3 on: 31 May 2008, 12:39:48 PM »
Cara Pencapaian Kesucian Sejati adalah dengan tidak berkeinginan terhadapnya .....
"Tdk berkeinginan" ketika seorg meditasi apa tujuan meditasinya??
Tujuan umat Buddha adalah Nibbana bukan?
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #4 on: 31 May 2008, 01:59:39 PM »
Cara Pencapaian Kesucian Sejati adalah dengan tidak berkeinginan terhadapnya .....

Kalo masih ada keinginan berarti belum suci.
Keinginan itu adalah Lobha ( halus sekali ).

_/\_ :lotus:

~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #5 on: 31 May 2008, 03:05:04 PM »
Bond : bagaimana setelah sotapanna ke sakadagami dan seterusnya bhante?

menurut saya, ketika sotapanna telah tercapai (lenyapnya pandangan salah tentang diri, keraguan thd Buddha, Dhamma & Sangha, kemelekatan thd ritual), semua pertanyaan sudah berhenti & dia sudah tau apa yg harus dilakukan.

yg dilakukan adalah menyapu debu2 yg tersisa :))
« Last Edit: 31 May 2008, 09:12:31 PM by tesla »
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #6 on: 31 May 2008, 08:34:01 PM »
Jika sudah mencapai tingkat sotapanna apakah dijamni tdk bs menghilang?
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.388
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #7 on: 31 May 2008, 08:52:18 PM »
konon katanya demikian... maksimum 7x kelahiran lagi sebelum nibbana.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #8 on: 31 May 2008, 08:55:54 PM »
konon katanya demikian... maksimum 7x kelahiran lagi sebelum nibbana.
Yg dibold...Konon=blm pastikan?
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #9 on: 31 May 2008, 08:56:29 PM »
Truz kalau uda mencapai sotapanna tetapi tdk dikembangkan hanya stop pada tingkat tsb apakah bisa menghilang sotapannanya?
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.388
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #10 on: 31 May 2008, 09:26:59 PM »
yah emang belon aye buktiin :))
Katanya juga seorang sotapanna itu sudah "masuk arus", maka itu sotapanna itu artinya "stream enterer" atau pemasuk arus, dimana dia akan terus pasti sampai pada "tujuan".
Jadi tidak akan hilang, seperti orang masuk ke sungai arus keras, tidak akan mundur lagi.
There is no place like 127.0.0.1

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #11 on: 31 May 2008, 10:04:00 PM »
saya yakin, ketika telah melihat dhamma, tidak ada lagi jalan mundur.

soal maksimum 7x kehidupan, kalau ini paham Theravada, menurut saya tidak usah ambil pusing.
memikirkan ini hanya menghambat pencerahan.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #12 on: 01 June 2008, 11:42:17 AM »
At : atas...
Thank you atas infonya
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #13 on: 07 January 2009, 12:38:01 PM »
Hasil interview saya kepada Sayadaw U Aganna

Bond : Bhante, bagaimana cara mencapai 4 tingkat kesucian mulai dari sotapanna, sakadagami,anagami dan Arahanta secara singkat saja? Selama ini kita hanya tahu ciri2nya dari lenyapnya kilesa2 dari setiap tingkatan adakah cara khusus atau tanda khusus atas 4 pencapaian tingkat kesucian? Sepertinya pencapaian jhana kita mengetahui dengan adanya kemunculan nimitta sebelumnya..

Bhante : Jadi dengan kesadaran setelah jhana kita mengamati nama dan rupa, dari situ akan mencapai 7 pemurnian(7 visudhi) secara lengkap besertaan dengan itu muncul seluruh nyana2(bisa lihat http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,1304.0.html). Maka tercapailah sotapanna.

Bond : bagaimana setelah sotapanna ke sakadagami dan seterusnya bhante?

Bhante : Mengulangi  visudhi tadi dan nyana2 tersebut hanya saja pengulangan visudhi tadi tidak dari awal tetapi dari advance. Contohnya : jika seseorang sudah mencapai sarjana dan ingin mengambil gelar master tentunya tidak perlu mengulangi pelajaran sarjana dari awal.Demikian seterusnya hal ini dilakukan sampai mencapai tingkat arahanta

Bond : Adakah tanda khususnya bhante?

Bhante : mengenai hal ini harus ada guru yg mengajar dan memberitahu kamu untuk memastikan apa yg kamu capai.

Bond : Terima kasih bhante atas penjelasannya.

Hal yg diterangkan Bhante tentang prosesnya sama persis dengan pencapaian Arahat Alm.Ven. Sunlun Sayadaw.(http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,1587.0.html) atau baca saja di http://www.sunlun-meditation.com.mm/

 _/\_


menilik postingan anda ttg hal Kesucian ...

apakah anda ingin mengatakan bahwa yang di sasar oleh buddhism adalah "menjadi org suci" ?

jika demikian, apakah anda sepakat dgn saya jika sang buddha adalah "org paling suci" ?

ika.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #14 on: 07 January 2009, 12:38:41 PM »
aneh, sungguh aneh
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #15 on: 07 January 2009, 12:45:50 PM »
 [at] bro ika

ya ngga donk....tujuan umat buddhist adalah nibbana, yaitu lepas dari roda samsara,,,,bgimane?

lagian ngmgin org suci...org suci itu org yg seperti apa sih?
standar suci itu sperti apa? sedikit suci, agak suci, suci, suci sekali?

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #16 on: 07 January 2009, 01:55:04 PM »
[at] bro ika

ya ngga donk....tujuan umat buddhist adalah nibbana, yaitu lepas dari roda samsara,,,,bgimane?

lagian ngmgin org suci...org suci itu org yg seperti apa sih?
standar suci itu sperti apa? sedikit suci, agak suci, suci, suci sekali?

bukankah tingkatan kesucian itu bla, bla , bla ..spt telah disebutkan diatas ? dan sdh seharusnya dipahami oleh para awam buddhis ?


ika.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #17 on: 07 January 2009, 01:56:18 PM »
aneh, sungguh aneh
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #18 on: 07 January 2009, 02:11:31 PM »
[at] bro ika

ya ngga donk....tujuan umat buddhist adalah nibbana, yaitu lepas dari roda samsara,,,,bgimane?

lagian ngmgin org suci...org suci itu org yg seperti apa sih?
standar suci itu sperti apa? sedikit suci, agak suci, suci, suci sekali?

bukankah tingkatan kesucian itu bla, bla , bla ..spt telah disebutkan diatas ? dan sdh seharusnya dipahami oleh para awam buddhis ?

ika.

Kalo belum paham...cemana donk?

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #19 on: 07 January 2009, 02:18:00 PM »
[at] bro ika

ya ngga donk....tujuan umat buddhist adalah nibbana, yaitu lepas dari roda samsara,,,,bgimane?

lagian ngmgin org suci...org suci itu org yg seperti apa sih?
standar suci itu sperti apa? sedikit suci, agak suci, suci, suci sekali?

bukankah tingkatan kesucian itu bla, bla , bla ..spt telah disebutkan diatas ? dan sdh seharusnya dipahami oleh para awam buddhis ?

ika.

Kalo belum paham...cemana donk?

_/\_ :lotus:

gunakan sebanyak mungkin sarana dan prasarana utk kemajuan pengembangan batin anda !... yang pada akhirnya utk kemanfaatan semua mahkluk !


ika.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #20 on: 07 January 2009, 02:20:26 PM »
Termasuk kundalini?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #21 on: 07 January 2009, 02:24:41 PM »
Termasuk kundalini?

jika anda merasa sdh dicukupkan oleh tipitaka dan meykini ajaran buddha merupakan ajaran Sejati dan COCOK dgn cara pandang pribadi , apa alsannya utk "mempertimbangkan" lainnya ?

btw, sampai saat ini anda sdh membca buku komentar ttg buddha dharma dari berapa penulis ?


ika.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #22 on: 07 January 2009, 02:26:52 PM »
aneh, sungguh aneh
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #23 on: 07 January 2009, 02:29:49 PM »
jika anda merasa sdh dicukupkan oleh tipitaka dan meykini ajaran buddha merupakan ajaran Sejati dan COCOK dgn cara pandang pribadi , apa alsannya utk "mempertimbangkan" lainnya ?

btw, sampai saat ini anda sdh membca buku komentar ttg buddha dharma dari berapa penulis ?

ika.
Wah, kayaknya belum sebanyak master kundalini tuh.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #24 on: 07 January 2009, 02:35:58 PM »
jika anda merasa sdh dicukupkan oleh tipitaka dan meykini ajaran buddha merupakan ajaran Sejati dan COCOK dgn cara pandang pribadi , apa alsannya utk "mempertimbangkan" lainnya ?

btw, sampai saat ini anda sdh membca buku komentar ttg buddha dharma dari berapa penulis ?

ika.
Wah, kayaknya belum sebanyak master kundalini tuh.

jika jwbnya ada banyak, kenapa cuma tidak anda pilih salah satunya saja dan yang lain anda buang jauh2 ?

jika jwbnya cuma satu, bukankah dgn demikian dan diikuti oleh semua org awam buddhis , akan "mematikan" produktifitas penerbitan buku buddhis ?


ika.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #25 on: 07 January 2009, 02:40:24 PM »
aneh, sungguh aneh
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #26 on: 07 January 2009, 02:41:30 PM »
Makanya Oom, terbitin dong buku kundalini biar kangtaw produktifitas Oom makin gede.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Daniel

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 38
  • Reputasi: 2
  • sepahit empedu - semanis madu
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #27 on: 07 January 2009, 02:50:02 PM »

bukankah tingkatan kesucian itu bla, bla , bla ..spt telah disebutkan diatas ? dan sdh seharusnya dipahami oleh para awam buddhis ?


ika.

salam

emangnya Ika Polim udh paham ttg bla bla.........

Daniel
Semoga semua makhluk berbahagia

Offline Daniel

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 38
  • Reputasi: 2
  • sepahit empedu - semanis madu
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #28 on: 07 January 2009, 02:51:11 PM »

Kalo belum paham...cemana donk?

_/\_ :lotus:

wah anda harus belajar dari Ika Polim wakakakaka

Daniel
Semoga semua makhluk berbahagia

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #29 on: 07 January 2009, 03:06:08 PM »
bukan da

Kalo belum paham...cemana donk?

_/\_ :lotus:

wah anda harus belajar dari Ika Polim wakakakaka

Daniel

bukan belajar dari mana-mana, tp dari tipitaka dan dari sang buddha sendiri !


ika.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #30 on: 07 January 2009, 06:02:35 PM »
Hasil interview saya kepada Sayadaw U Aganna

Bond : Bhante, bagaimana cara mencapai 4 tingkat kesucian mulai dari sotapanna, sakadagami,anagami dan Arahanta secara singkat saja? Selama ini kita hanya tahu ciri2nya dari lenyapnya kilesa2 dari setiap tingkatan adakah cara khusus atau tanda khusus atas 4 pencapaian tingkat kesucian? Sepertinya pencapaian jhana kita mengetahui dengan adanya kemunculan nimitta sebelumnya..

Bhante : Jadi dengan kesadaran setelah jhana kita mengamati nama dan rupa, dari situ akan mencapai 7 pemurnian(7 visudhi) secara lengkap besertaan dengan itu muncul seluruh nyana2(bisa lihat http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,1304.0.html). Maka tercapailah sotapanna.

Bond : bagaimana setelah sotapanna ke sakadagami dan seterusnya bhante?

Bhante : Mengulangi  visudhi tadi dan nyana2 tersebut hanya saja pengulangan visudhi tadi tidak dari awal tetapi dari advance. Contohnya : jika seseorang sudah mencapai sarjana dan ingin mengambil gelar master tentunya tidak perlu mengulangi pelajaran sarjana dari awal.Demikian seterusnya hal ini dilakukan sampai mencapai tingkat arahanta

Bond : Adakah tanda khususnya bhante?

Bhante : mengenai hal ini harus ada guru yg mengajar dan memberitahu kamu untuk memastikan apa yg kamu capai.

Bond : Terima kasih bhante atas penjelasannya.

Hal yg diterangkan Bhante tentang prosesnya sama persis dengan pencapaian Arahat Alm.Ven. Sunlun Sayadaw.(http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,1587.0.html) atau baca saja di http://www.sunlun-meditation.com.mm/

 _/\_


menilik postingan anda ttg hal Kesucian ...

apakah anda ingin mengatakan bahwa yang di sasar oleh buddhism adalah "menjadi org suci" ?

jika demikian, apakah anda sepakat dgn saya jika sang buddha adalah "org paling suci" ?

ika.

ah...nabi nanya melulu. Jawab sendiri di hati Anda sendiri yah.... ^-^ :whistle:
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #31 on: 07 January 2009, 11:14:16 PM »
:)) 'nabi'

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #32 on: 07 January 2009, 11:32:01 PM »

menilik postingan anda ttg hal Kesucian ...

apakah anda ingin mengatakan bahwa yang di sasar oleh buddhism adalah "menjadi org suci" ?

jika demikian, apakah anda sepakat dgn saya jika sang buddha adalah "org paling suci" ?

ika.

Bicara tentang Kebajikan...

Tanda-tanda besar dan kecil pada Bodhisatta Siddharta juga disebut ciri-ciri Satapunnaa. Bodhisatta telah melakukan kebajikan seratus kali lebih banyak daripada total kebajikan yang telah dilakukan semua makhluk-makhluk lain di seluruh alam semesta yang tidak terhitung banyaknya. Oleh karena itu, kebajikannya disebut satapunna, ‘Kebajikan seratus kali lipat.’ Oleh karena itulah Ia memperoleh tiga puluh dua tanda-tanda besar dan delapan puluh tanda-tanda kecil tersebut.
« Last Edit: 07 January 2009, 11:33:42 PM by dilbert »
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #33 on: 08 January 2009, 12:55:16 PM »

menilik postingan anda ttg hal Kesucian ...

apakah anda ingin mengatakan bahwa yang di sasar oleh buddhism adalah "menjadi org suci" ?

jika demikian, apakah anda sepakat dgn saya jika sang buddha adalah "org paling suci" ?

ika.

Bicara tentang Kebajikan...

Tanda-tanda besar dan kecil pada Bodhisatta Siddharta juga disebut ciri-ciri Satapunnaa. Bodhisatta telah melakukan kebajikan seratus kali lebih banyak daripada total kebajikan yang telah dilakukan semua makhluk-makhluk lain di seluruh alam semesta yang tidak terhitung banyaknya. Oleh karena itu, kebajikannya disebut satapunna, ‘Kebajikan seratus kali lipat.’ Oleh karena itulah Ia memperoleh tiga puluh dua tanda-tanda besar dan delapan puluh tanda-tanda kecil tersebut.

jika benar demikian kenapa anda jauh lbh paham dari pada Beliau saat itu?

buktinya?

buktinya Beliau "gak pd/percaya diri" ttg hal kepastiannya utk keberhasilan perealisasian ke Buddha annya!

buktinya?

bukannya Beliau mempunyai "perhituangan" spt apa yang anda paparkan diatas, Beliau malah melakukan perjudian/gambling dgn melakukan tindakan iluk ba dgn menggunakan mangkuk makannya sendiri terhdp arus sungai!

what do you say on this bro?


ika.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #34 on: 08 January 2009, 02:02:06 PM »


jika benar demikian kenapa anda jauh lbh paham dari pada Beliau saat itu?

buktinya?

buktinya Beliau "gak pd/percaya diri" ttg hal kepastiannya utk keberhasilan perealisasian ke Buddha annya!

buktinya?

bukannya Beliau mempunyai "perhituangan" spt apa yang anda paparkan diatas, Beliau malah melakukan perjudian/gambling dgn melakukan tindakan iluk ba dgn menggunakan mangkuk makannya sendiri terhdp arus sungai!

what do you say on this bro?

ika.

kata siapa saya lebih tahu daripada guru BUDDHA ? Saya tahu-nya dari e-book dan mr.google... terima kasih sdr.ika telah "begitu tinggi" menilai saya...

mana ada saya quote "perhitungan" siddharta ? Ukuran kebajikan yang dikategorikan sebagai kebajikan satapunna itu diketahui tentunya setelah guru BUDDHA mencapai Pencerahan berupa empat pengetahuan Pandangan Cerah mengenai Jalan yang disertai kemahatahuan. Empat pengetahuan mengenai Jalan adalah pemahaman atas Empat Kebenaran Mulia oleh diri sendiri tanpa bantuan guru, dan memiliki kekuatan untuk melenyapkan kotoran batin, juga kebiasaan-kebiasaan (vàsanà) dari kehidupan-kehidupan sebelumnya; Kemahatahuan adalah pemahaman atas semua prinsip yang perlu diketahui

saya sendiri mana tahu kondisi bathin Siddharta sewaktu itu ? Hanya saja saya beranalogi, jika kelahiran kembali memang ADA, dan setiap makhluk yang terlahir itu membawa "kelangsungan" kesadaran-nya... LHA mengapa semua yang lahir itu RATA-RATA (mayoritas) tidak tahu apa yang terjadi pada kelahiran sebelumnya...

Sampai sekarang saya tidak tahu apa yang saya perbuat di kehidupan lampau ? Dengan analogi yang sama, mungkin saja Siddharta tidak tahu apa yang diperbuat-nya pada waktu yang lampau. Jika yang lampau saja tidak diketahui, bagaimana siddharta bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang ?


BALIK NANYA ...

jika peristiwa mangkok pindapata mengalir berlawanan dengan arus sungai itu BENAR ADANYA ? Menurut sdr.Ika bagaimana hal itu dapat dijelaskan ? Apakah hukum alam melakukan hukum "pengecualian" pada mangkok pindapata siddharta ?

Contoh lain :

Ketika masa pelepasan duniawi, ketika siddharta memotong rambutnya dan mengucapkan aspirasi dengan menerbangkan rambutnya ke udara, CERITA-nya rambut tersebut tidak jatuh ke tanah, menurut sdr.ika apakah hukum gravitasi melakukan "pengecualian" terhadap rambut siddharta ?
« Last Edit: 08 January 2009, 02:09:22 PM by dilbert »
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #35 on: 08 January 2009, 02:08:33 PM »

menilik postingan anda ttg hal Kesucian ...

apakah anda ingin mengatakan bahwa yang di sasar oleh buddhism adalah "menjadi org suci" ?

jika demikian, apakah anda sepakat dgn saya jika sang buddha adalah "org paling suci" ?

ika.

Bicara tentang Kebajikan...

Tanda-tanda besar dan kecil pada Bodhisatta Siddharta juga disebut ciri-ciri Satapunnaa. Bodhisatta telah melakukan kebajikan seratus kali lebih banyak daripada total kebajikan yang telah dilakukan semua makhluk-makhluk lain di seluruh alam semesta yang tidak terhitung banyaknya. Oleh karena itu, kebajikannya disebut satapunna, ‘Kebajikan seratus kali lipat.’ Oleh karena itulah Ia memperoleh tiga puluh dua tanda-tanda besar dan delapan puluh tanda-tanda kecil tersebut.

jika benar demikian kenapa anda jauh lbh paham dari pada Beliau saat itu?

buktinya?

buktinya Beliau "gak pd/percaya diri" ttg hal kepastiannya utk keberhasilan perealisasian ke Buddha annya!

buktinya?

bukannya Beliau mempunyai "perhituangan" spt apa yang anda paparkan diatas, Beliau malah melakukan perjudian/gambling dgn melakukan tindakan iluk ba dgn menggunakan mangkuk makannya sendiri terhdp arus sungai!

what do you say on this bro?


ika.

kalau begitu, apa pendapat pak ika tentang KESUCIAN?

bagaimana rasanya KESUCIAN?

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #36 on: 08 January 2009, 04:45:13 PM »
Ayo nabi ika jawab 3 pertanyaanya(1 pertanyaan dari om dilbert dan 2 pertanyaan dari om markos), banyak yg menunggu loh pencerahannya.  ^-^
Jangan buat pertanyaan lain dulu. Biar sabda mu dapat jelas, tidak menjadi kitab suci yg ambigu  ^-^
« Last Edit: 08 January 2009, 04:48:08 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline BlackDragon

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 154
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • *SADHAKA*
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #37 on: 09 January 2009, 12:29:03 AM »
Quote
ah...nabi nanya melulu. Jawab sendiri di hati Anda sendiri yah....

Weekeeekkkekkekkk ampe sakit perut gw  :))  :'(:))  :'(:))  =))

Quote
Ayo nabi ika jawab 3 pertanyaanya(1 pertanyaan dari om dilbert dan 2 pertanyaan dari om markos), banyak yg menunggu loh pencerahannya. 
Jangan buat pertanyaan lain dulu. Biar sabda mu dapat jelas, tidak menjadi kitab suci yg ambigu

Emang neh Bung Nabi bisa nya nanya mulu, ga pernah jelasin ape2.
Nanti kalo kitabnya uda jadi, masa isinya pertanyaan semua??? 8) 8) 8)

Bagi2 donk ilmunya BI...
Upsss... ;D ;D ;D

 :jempol: :jempol: :jempol:
Hanya orang bodoh yg merasa dirinya cukup pintar.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #38 on: 09 January 2009, 09:27:02 AM »
Biar jadi lebih terang dan mumpung cerita mengenai Buddha sedang hanngat, saya ingin menambahkan pertanyaan kepada pak IP :

1. Dalam Jataka, diceritakan bahwa Bodhisatta bertemu dengan setiap Buddha yg muncul mulai dari jaman Buddha Dipankara.

Kalau pak IP bersedia, tolong jabarkan juga anda sudah bertemu dengan Buddha apa saja?

2. Bodhisatta dalam perjalanannya, berusaha menyempurnakan 10 parami, 4 bhumi dan 6 ajjhaya.

Saya ingin bertanya bagaimana tingkatan batin dalam parami, bhumi dan ajjhaya itu yg ada pada pak Ika

3. Buddha2 selanjutnya adalah Metteya, Uttama, Rama, Pasendi Kosala, Abhibhu, Dighasoni, Sankaccha, Subha, Todeya dan Nalagiri Palaleyya

Jika bapak "merasa" sebagai pengganti Buddha Gotama, apakah berarti pak Ika = Buddha Metteya?

Mohon penjelasan kepada saya yg masih putthujhana ini.......  _/\_

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #39 on: 09 January 2009, 10:02:32 AM »
Biar jadi lebih terang dan mumpung cerita mengenai Buddha sedang hanngat, saya ingin menambahkan pertanyaan kepada pak IP :

1. Dalam Jataka, diceritakan bahwa Bodhisatta bertemu dengan setiap Buddha yg muncul mulai dari jaman Buddha Dipankara.

Kalau pak IP bersedia, tolong jabarkan juga anda sudah bertemu dengan Buddha apa saja?

2. Bodhisatta dalam perjalanannya, berusaha menyempurnakan 10 parami, 4 bhumi dan 6 ajjhaya.

Saya ingin bertanya bagaimana tingkatan batin dalam parami, bhumi dan ajjhaya itu yg ada pada pak Ika

3. Buddha2 selanjutnya adalah Metteya, Uttama, Rama, Pasendi Kosala, Abhibhu, Dighasoni, Sankaccha, Subha, Todeya dan Nalagiri Palaleyya

Jika bapak "merasa" sebagai pengganti Buddha Gotama, apakah berarti pak Ika = Buddha Metteya?

Mohon penjelasan kepada saya yg masih putthujhana ini.......  _/\_

Husss... Sembarangan... itu FITNAH...

Ingat FITNAH lebih KEJAM dari Pembunuhan..... ;D
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #40 on: 09 January 2009, 11:57:50 AM »


jika benar demikian kenapa anda jauh lbh paham dari pada Beliau saat itu?

buktinya?

buktinya Beliau "gak pd/percaya diri" ttg hal kepastiannya utk keberhasilan perealisasian ke Buddha annya!

buktinya?

bukannya Beliau mempunyai "perhituangan" spt apa yang anda paparkan diatas, Beliau malah melakukan perjudian/gambling dgn melakukan tindakan iluk ba dgn menggunakan mangkuk makannya sendiri terhdp arus sungai!

what do you say on this bro?

ika.

kata siapa saya lebih tahu daripada guru BUDDHA ? Saya tahu-nya dari e-book dan mr.google... terima kasih sdr.ika telah "begitu tinggi" menilai saya...

mana ada saya quote "perhitungan" siddharta ? Ukuran kebajikan yang dikategorikan sebagai kebajikan satapunna itu diketahui tentunya setelah guru BUDDHA mencapai Pencerahan berupa empat pengetahuan Pandangan Cerah mengenai Jalan yang disertai kemahatahuan. Empat pengetahuan mengenai Jalan adalah pemahaman atas Empat Kebenaran Mulia oleh diri sendiri tanpa bantuan guru, dan memiliki kekuatan untuk melenyapkan kotoran batin, juga kebiasaan-kebiasaan (vàsanà) dari kehidupan-kehidupan sebelumnya; Kemahatahuan adalah pemahaman atas semua prinsip yang perlu diketahui

saya sendiri mana tahu kondisi bathin Siddharta sewaktu itu ? Hanya saja saya beranalogi, jika kelahiran kembali memang ADA, dan setiap makhluk yang terlahir itu membawa "kelangsungan" kesadaran-nya... LHA mengapa semua yang lahir itu RATA-RATA (mayoritas) tidak tahu apa yang terjadi pada kelahiran sebelumnya...

Sampai sekarang saya tidak tahu apa yang saya perbuat di kehidupan lampau ? Dengan analogi yang sama, mungkin saja Siddharta tidak tahu apa yang diperbuat-nya pada waktu yang lampau. Jika yang lampau saja tidak diketahui, bagaimana siddharta bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang ?


BALIK NANYA ...

jika peristiwa mangkok pindapata mengalir berlawanan dengan arus sungai itu BENAR ADANYA ? Menurut sdr.Ika bagaimana hal itu dapat dijelaskan ? Apakah hukum alam melakukan hukum "pengecualian" pada mangkok pindapata siddharta ?

Contoh lain :

Ketika masa pelepasan duniawi, ketika siddharta memotong rambutnya dan mengucapkan aspirasi dengan menerbangkan rambutnya ke udara, CERITA-nya rambut tersebut tidak jatuh ke tanah, menurut sdr.ika apakah hukum gravitasi melakukan "pengecualian" terhadap rambut siddharta ?


yang saya sebut dgn kata "perhitungan" adalah apa yang biasanya mereka katakan sbg "berbagai hal baik yang telah dikumpulkannya sejak sekian lamanya, parami dsb"!

pertanyaannya: kenapa anda yang menganggap masih putujhana terkesan lbh paham dibandingkan beliau yang saat itu menurut kisahnya sdh bodhisatta?

ika.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #41 on: 09 January 2009, 12:03:43 PM »
Quote from: ika_polim
jika benar demikian kenapa anda jauh lbh paham dari pada Beliau saat itu?

buktinya?

buktinya Beliau "gak pd/percaya diri" ttg hal kepastiannya utk keberhasilan perealisasian ke Buddha annya!

buktinya?

bukannya Beliau mempunyai "perhituangan" spt apa yang anda paparkan diatas, Beliau malah melakukan perjudian/gambling dgn melakukan tindakan iluk ba dgn menggunakan mangkuk makannya sendiri terhdp arus sungai!

what do you say on this bro?

ika.


...

"Semoga hidupmu selalu diliputi berkah dan keberuntungan. Aku bukanlah dewa pohon, tetapi seorang putra raja yang telah enam tahun menjadi seorang pertapa untuk mencari sinar terang yang dapat dipakai untuk memberi penerangan kepada semua makhluk yang berada dalam jalan kegelapan. Aku yakin dalam waktu dekat aku akan memperoleh sinar terang tersebut. Dalam hal ini, persembahan makananmu telah banyak membantu, karena sekarang badanku menjadi kuat dan segar kembali. Karena itulah maka engkau pasti akan mendapatkan berkah yang sangat besar akibat persembahanmu ini. Tetapi, adikku yang baik, apakah engkau sekarang bahagia dan semua kehidupanmu sudah terpuaskan dari segala sisinya?”
...

Pak Ika, mungkin Anda belum membaca paragraf di atas?
Atau sudah lupa?

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #42 on: 09 January 2009, 12:04:31 PM »
Biar jadi lebih terang dan mumpung cerita mengenai Buddha sedang hanngat, saya ingin menambahkan pertanyaan kepada pak IP :

1. Dalam Jataka, diceritakan bahwa Bodhisatta bertemu dengan setiap Buddha yg muncul mulai dari jaman Buddha Dipankara.

Kalau pak IP bersedia, tolong jabarkan juga anda sudah bertemu dengan Buddha apa saja?

2. Bodhisatta dalam perjalanannya, berusaha menyempurnakan 10 parami, 4 bhumi dan 6 ajjhaya.

Saya ingin bertanya bagaimana tingkatan batin dalam parami, bhumi dan ajjhaya itu yg ada pada pak Ika

3. Buddha2 selanjutnya adalah Metteya, Uttama, Rama, Pasendi Kosala, Abhibhu, Dighasoni, Sankaccha, Subha, Todeya dan Nalagiri Palaleyya

Jika bapak "merasa" sebagai pengganti Buddha Gotama, apakah berarti pak Ika = Buddha Metteya?

Mohon penjelasan kepada saya yg masih putthujhana ini.......  _/\_


apakah ada jelas tertulis di tipitaka bahwa bodhisatta gotama "ber kiblat" ke Buddha yangmana ?
seperti Bodhisatta Avalokitesvara kpd Buddha Amithaba?

ika.

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #43 on: 09 January 2009, 12:06:13 PM »
Quote from: ika_polim
jika benar demikian kenapa anda jauh lbh paham dari pada Beliau saat itu?

buktinya?

buktinya Beliau "gak pd/percaya diri" ttg hal kepastiannya utk keberhasilan perealisasian ke Buddha annya!

buktinya?

bukannya Beliau mempunyai "perhituangan" spt apa yang anda paparkan diatas, Beliau malah melakukan perjudian/gambling dgn melakukan tindakan iluk ba dgn menggunakan mangkuk makannya sendiri terhdp arus sungai!

what do you say on this bro?

ika.


...

"Semoga hidupmu selalu diliputi berkah dan keberuntungan. Aku bukanlah dewa pohon, tetapi seorang putra raja yang telah enam tahun menjadi seorang pertapa untuk mencari sinar terang yang dapat dipakai untuk memberi penerangan kepada semua makhluk yang berada dalam jalan kegelapan. Aku yakin dalam waktu dekat aku akan memperoleh sinar terang tersebut. Dalam hal ini, persembahan makananmu telah banyak membantu, karena sekarang badanku menjadi kuat dan segar kembali. Karena itulah maka engkau pasti akan mendapatkan berkah yang sangat besar akibat persembahanmu ini. Tetapi, adikku yang baik, apakah engkau sekarang bahagia dan semua kehidupanmu sudah terpuaskan dari segala sisinya?”
...

Pak Ika, mungkin Anda belum membaca paragraf di atas?
Atau sudah lupa?

apakah yang dimaksud dgn kata Sinar Terang itu adalah Nibbana ?

ika.

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #44 on: 09 January 2009, 12:10:05 PM »
Biar jadi lebih terang dan mumpung cerita mengenai Buddha sedang hanngat, saya ingin menambahkan pertanyaan kepada pak IP :

1. Dalam Jataka, diceritakan bahwa Bodhisatta bertemu dengan setiap Buddha yg muncul mulai dari jaman Buddha Dipankara.

Kalau pak IP bersedia, tolong jabarkan juga anda sudah bertemu dengan Buddha apa saja?

2. Bodhisatta dalam perjalanannya, berusaha menyempurnakan 10 parami, 4 bhumi dan 6 ajjhaya.

Saya ingin bertanya bagaimana tingkatan batin dalam parami, bhumi dan ajjhaya itu yg ada pada pak Ika

3. Buddha2 selanjutnya adalah Metteya, Uttama, Rama, Pasendi Kosala, Abhibhu, Dighasoni, Sankaccha, Subha, Todeya dan Nalagiri Palaleyya

Jika bapak "merasa" sebagai pengganti Buddha Gotama, apakah berarti pak Ika = Buddha Metteya?

Mohon penjelasan kepada saya yg masih putthujhana ini.......  _/\_

Husss... Sembarangan... itu FITNAH...

Ingat FITNAH lebih KEJAM dari Pembunuhan..... ;D



jgn pernah kuatir dan jgn pernah menunggu nunggu kehadiran seorg buddha hidup lagi!

kalaupun Beliau hadir , bukankah spt Buddha Gotama akan dgn sendirinya mengakuinya/ mengumumkannya kpd org2 pilihannya juga ?

ika.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #45 on: 09 January 2009, 12:11:32 PM »
Quote from: ika_polim
jika benar demikian kenapa anda jauh lbh paham dari pada Beliau saat itu?

buktinya?

buktinya Beliau "gak pd/percaya diri" ttg hal kepastiannya utk keberhasilan perealisasian ke Buddha annya!

buktinya?

bukannya Beliau mempunyai "perhituangan" spt apa yang anda paparkan diatas, Beliau malah melakukan perjudian/gambling dgn melakukan tindakan iluk ba dgn menggunakan mangkuk makannya sendiri terhdp arus sungai!

what do you say on this bro?

ika.


...

"Semoga hidupmu selalu diliputi berkah dan keberuntungan. Aku bukanlah dewa pohon, tetapi seorang putra raja yang telah enam tahun menjadi seorang pertapa untuk mencari sinar terang yang dapat dipakai untuk memberi penerangan kepada semua makhluk yang berada dalam jalan kegelapan. Aku yakin dalam waktu dekat aku akan memperoleh sinar terang tersebut. Dalam hal ini, persembahan makananmu telah banyak membantu, karena sekarang badanku menjadi kuat dan segar kembali. Karena itulah maka engkau pasti akan mendapatkan berkah yang sangat besar akibat persembahanmu ini. Tetapi, adikku yang baik, apakah engkau sekarang bahagia dan semua kehidupanmu sudah terpuaskan dari segala sisinya?”
...

Pak Ika, mungkin Anda belum membaca paragraf di atas?
Atau sudah lupa?

apakah yang dimaksud dgn kata Sinar Terang itu adalah Nibbana ?

ika.

Kalau menurut Anda?


Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #46 on: 09 January 2009, 12:12:28 PM »
Biar jadi lebih terang dan mumpung cerita mengenai Buddha sedang hanngat, saya ingin menambahkan pertanyaan kepada pak IP :

1. Dalam Jataka, diceritakan bahwa Bodhisatta bertemu dengan setiap Buddha yg muncul mulai dari jaman Buddha Dipankara.

Kalau pak IP bersedia, tolong jabarkan juga anda sudah bertemu dengan Buddha apa saja?

2. Bodhisatta dalam perjalanannya, berusaha menyempurnakan 10 parami, 4 bhumi dan 6 ajjhaya.

Saya ingin bertanya bagaimana tingkatan batin dalam parami, bhumi dan ajjhaya itu yg ada pada pak Ika

3. Buddha2 selanjutnya adalah Metteya, Uttama, Rama, Pasendi Kosala, Abhibhu, Dighasoni, Sankaccha, Subha, Todeya dan Nalagiri Palaleyya

Jika bapak "merasa" sebagai pengganti Buddha Gotama, apakah berarti pak Ika = Buddha Metteya?

Mohon penjelasan kepada saya yg masih putthujhana ini.......  _/\_

Husss... Sembarangan... itu FITNAH...

Ingat FITNAH lebih KEJAM dari Pembunuhan..... ;D


apakah dgn tidak mengenal buddhism , maka secara pasti bisa dikatakn bahwa org tsb tidak pernah melakukan apa yang diistilahkan dlm buddhism sekarang ini sbg no 2 diatas ?

ika.

Offline pujianto

  • Teman
  • **
  • Posts: 76
  • Reputasi: 6
  • Buka pintu hati, emang ada pintunya?
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #47 on: 09 January 2009, 12:12:45 PM »

apakah ada jelas tertulis di tipitaka bahwa bodhisatta gotama "ber kiblat" ke Buddha yangmana ?
seperti Bodhisatta Avalokitesvara kpd Buddha Amithaba?

ika.

 _/\_

menanti penjelasan Yang Maha Mengetahui Ika Polim
Semoga semua makhluk berbahagia

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #48 on: 09 January 2009, 12:15:56 PM »
Saya sangat tertarik dengan pertanyaan-pertanyaan "kritis" dari bro Polim.

Tapi bolehkan sekali-kali bro juga mengemukakan pendapat supaya saya bisa lebih mengerti. Thanks sebelumnya bro.

Offline pujianto

  • Teman
  • **
  • Posts: 76
  • Reputasi: 6
  • Buka pintu hati, emang ada pintunya?
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #49 on: 09 January 2009, 12:17:59 PM »

jgn pernah kuatir dan jgn pernah menunggu nunggu kehadiran seorg buddha hidup lagi!

kalaupun Beliau hadir , bukankah spt Buddha Gotama akan dgn sendirinya mengakuinya/ mengumumkannya kpd org2 pilihannya juga ?

ika.


iya gak usah nunggu apalagi khawatir,
nanti juga ada yg sudah ngaku sendiri, seperti orang yang telah mengakui dirinya sebagai "master Kundalini"

Semoga semua makhluk berbahagia

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #50 on: 09 January 2009, 12:19:30 PM »
Quote from: ika_polim
apakah dgn tidak mengenal buddhism , maka secara pasti bisa dikatakn bahwa org tsb tidak pernah melakukan apa yang diistilahkan dlm buddhism sekarang ini sbg no 2 diatas ?

ika.

Semua orang (bodhisatta) yang berjuang untuk menyempurnakan parami tidak terikat pada label aliran apapun. Buddhisme hanyalah nama / merek yang diberikan oleh manusia. Namun yang pasti semua bodhisatta akan berjuang menyempurnakan parami di dalam Kebenaran. Dan Kebenaran (Dhamma) itu tidak akan berubah, tak lapuk oleh waktu.

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #51 on: 09 January 2009, 01:03:35 PM »
Quote from: ika_polim
apakah dgn tidak mengenal buddhism , maka secara pasti bisa dikatakn bahwa org tsb tidak pernah melakukan apa yang diistilahkan dlm buddhism sekarang ini sbg no 2 diatas ?

ika.

Semua orang (bodhisatta) yang berjuang untuk menyempurnakan parami tidak terikat pada label aliran apapun. Buddhisme hanyalah nama / merek yang diberikan oleh manusia. Namun yang pasti semua bodhisatta akan berjuang menyempurnakan parami di dalam Kebenaran. Dan Kebenaran (Dhamma) itu tidak akan berubah, tak lapuk oleh waktu.

walau tidak lapuk oleh apapun, namun buddha baru akan datang juga kan ?

apa maksud dr kedtgannya itu bro ?

ika.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #52 on: 09 January 2009, 01:31:42 PM »
Quote from: ika_polim
apakah dgn tidak mengenal buddhism , maka secara pasti bisa dikatakn bahwa org tsb tidak pernah melakukan apa yang diistilahkan dlm buddhism sekarang ini sbg no 2 diatas ?

ika.

Semua orang (bodhisatta) yang berjuang untuk menyempurnakan parami tidak terikat pada label aliran apapun. Buddhisme hanyalah nama / merek yang diberikan oleh manusia. Namun yang pasti semua bodhisatta akan berjuang menyempurnakan parami di dalam Kebenaran. Dan Kebenaran (Dhamma) itu tidak akan berubah, tak lapuk oleh waktu.

walau tidak lapuk oleh apapun, namun buddha baru akan datang juga kan ?

apa maksud dr kedtgannya itu bro ?

ika.

Kedatangan Buddha adalah sebab Kebahagiaan.
Karena sudah tidak ada lagi jalan yang masih eksis untuk mencapai Kebahagiaan Tertinggi, maka Sammasambuddha pun muncul untuk mengajarkan dunia dalam mencapai Kebahagiaan itu.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #53 on: 09 January 2009, 05:12:14 PM »

walau tidak lapuk oleh apapun, namun buddha baru akan datang juga kan ?

apa maksud dr kedtgannya itu bro ?

ika.

apa yang tidak lapuk oleh apapun ? Semua yang terkondisi akan berubah (annicca)... bahkan ajaran buddha (buddha sasana) bisa hilang. Karena hilang itulah maka perlu kedatangan buddha baru untuk kembali membabarkan ajaran buddha yang hilang itu.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #54 on: 09 January 2009, 05:17:06 PM »
apakah dhamma itu berkondisi ?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #55 on: 09 January 2009, 05:18:32 PM »
Nibbana adalah Dhamma yang tidak terkondisi.
Jadi ada Dhamma yang terkondisi.
Dhamma yang terkondisi itu misalnya -> hatRed  ^-^

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #56 on: 09 January 2009, 05:24:08 PM »
:)) ya kondisi ku "memprihatinkan" :))
i'm just a mammal with troubled soul



Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #57 on: 09 January 2009, 05:29:08 PM »
aneh... sungguh aneh......  :P

hatRed mode : ON  :))

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #58 on: 09 January 2009, 10:08:42 PM »
apakah dhamma itu berkondisi ?

dhamma sebagai sasana (ajaran) itu berkondisi...
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #59 on: 10 January 2009, 12:30:37 AM »
Quote from: ika_polim
apakah dgn tidak mengenal buddhism , maka secara pasti bisa dikatakn bahwa org tsb tidak pernah melakukan apa yang diistilahkan dlm buddhism sekarang ini sbg no 2 diatas ?

ika.

Semua orang (bodhisatta) yang berjuang untuk menyempurnakan parami tidak terikat pada label aliran apapun. Buddhisme hanyalah nama / merek yang diberikan oleh manusia. Namun yang pasti semua bodhisatta akan berjuang menyempurnakan parami di dalam Kebenaran. Dan Kebenaran (Dhamma) itu tidak akan berubah, tak lapuk oleh waktu.

walau tidak lapuk oleh apapun, namun buddha baru akan datang juga kan ?

apa maksud dr kedtgannya itu bro ?

ika.

yg pasti bukan sebagai org yg diutus untuk menebus dosa manusia deh :))

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #60 on: 12 January 2009, 02:20:29 PM »
Quote from: ika_polim
apakah dgn tidak mengenal buddhism , maka secara pasti bisa dikatakn bahwa org tsb tidak pernah melakukan apa yang diistilahkan dlm buddhism sekarang ini sbg no 2 diatas ?

ika.

Semua orang (bodhisatta) yang berjuang untuk menyempurnakan parami tidak terikat pada label aliran apapun. Buddhisme hanyalah nama / merek yang diberikan oleh manusia. Namun yang pasti semua bodhisatta akan berjuang menyempurnakan parami di dalam Kebenaran. Dan Kebenaran (Dhamma) itu tidak akan berubah, tak lapuk oleh waktu.

walau tidak lapuk oleh apapun, namun buddha baru akan datang juga kan ?

apa maksud dr kedtgannya itu bro ?

ika.

yg pasti bukan sebagai org yg diutus untuk menebus dosa manusia deh :))

jika demikian anda sdh "tergelincir" oleh permainan kata belaka , dan missed thdp esensi yang ingin disampaikan oleh "kata" itu !

ika.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #61 on: 12 January 2009, 02:38:47 PM »
kayaknya gak berhubungan dengan topiknya deh
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #62 on: 12 January 2009, 02:43:04 PM »
kayaknya gak berhubungan dengan topiknya deh

saya selalu terbuka utk "mengikuti arus air" yang terbentuk, apalagi saya paham benar dgn maksud dari ungkapan yang disasarnya!

ika.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #63 on: 12 January 2009, 02:46:24 PM »
:outoftopic:

silahkan om ika buat topik baru dan didiskusikan, jangan satu arah
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline ika_polim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 323
  • Reputasi: -16
Re: Cara mencapai 4 tingkat kesucian sotapanna,sakadagami.......
« Reply #64 on: 12 January 2009, 02:49:21 PM »
:outoftopic:

silahkan om ika buat topik baru dan didiskusikan, jangan satu arah

bukankah seharusnya "org" yang mengungkap kata "menebus dosa" itulah yang perlu mendptkan perhatian anda?

ika.