Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)  (Read 28197 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #15 on: 13 December 2017, 01:39:32 PM »
jika memang diskusi sutta,
1.mana nara sumber
2.saran.mana tulisan evam me suttam.

1. Gak perlu narsum, silahkan berikan referensi untuk menyanggah opini saya.
2. Kalo mau tulisan itu, bisa liat di Sutta. Disini kita diskusi doktrin, bukan ngomongin kata Evamme Suttam.

Kalo gak niat kassih jawaban, dengan penuh hormat gw katakan, keluar dari threadku!  :P
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #16 on: 13 December 2017, 01:42:38 PM »
1. benar, demikianlah istilah di sutta, misalnya di Samanaphala sutta
2. benar, demikianlah tertulis di sutta
3. Ini ketemunya di komentar entah dimana. Karena di sutta hanya disebut tujuh maksimal

Di beberapa Sutta sih ada untuk nomer 3.

Contoh: https://suttacentral.net/id/an10.64
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #17 on: 13 December 2017, 01:47:09 PM »
2.mengapa seorang putujhana berdiskusi mengenai sotaphana, sesuatu yg berada diluar kemampuan dan pengalamannya. bagaimana caranya ikan di aquarium mengerti lautan jika ia tidak melompat ke laut.

Darimana anda tau semua yg disini seorang Putujhana? Emangnya anda punya mata batin? Kalo nggak, mending diem aja deh daripada nyampah gak guna di thread ini...  :P
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #18 on: 13 December 2017, 02:38:07 PM »
1. Gak perlu narsum, silahkan berikan referensi untuk menyanggah opini saya.
2. Kalo mau tulisan itu, bisa liat di Sutta. Disini kita diskusi doktrin, bukan ngomongin kata Evamme Suttam.

Kalo gak niat kassih jawaban, dengan penuh hormat gw katakan, keluar dari threadku!  :P

sutta berbeda dengan doktrin, seperti halnya di ajaran agama lain.ciri khas sutta adalah kalimat evam me suttam.itu pengaman agar orang yg membaca mengerti jika para bhante yg menulisnya juga mendengar dari orang lain.sehingga bukan suatu mutlak dan bisa ada kesalahan.
namun para bhante yg menulis tidak kena bahaya karma krn adanya kalimat evam me suttam,

Nah sekarang anda mendiskusi kan sutta untuk thread ini.tanpa menyertakan kalimat evam me suttam, berarti anda terkena bahaya karma jika ada pandangan salah dari hasil diskusi.
Tirulah para bhante yg menulis 2500 tahun yg lalu.berhati hati krn ada bahaya karma.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #19 on: 13 December 2017, 02:49:30 PM »
Kenapa malu2 sih keluarin kata danda kamma?

mana button "thanks"?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #20 on: 13 December 2017, 02:51:31 PM »
sutta berbeda dengan doktrin, seperti halnya di ajaran agama lain.ciri khas sutta adalah kalimat evam me suttam.itu pengaman agar orang yg membaca mengerti jika para bhante yg menulisnya juga mendengar dari orang lain.sehingga bukan suatu mutlak dan bisa ada kesalahan.
namun para bhante yg menulis tidak kena bahaya karma krn adanya kalimat evam me suttam,

Nah sekarang anda mendiskusi kan sutta untuk thread ini.tanpa menyertakan kalimat evam me suttam, berarti anda terkena bahaya karma jika ada pandangan salah dari hasil diskusi.
Tirulah para bhante yg menulis 2500 tahun yg lalu.berhati hati krn ada bahaya karma.

danda kamma maksud anda? atau apakah anda baru saja nabrak tiang listrik hingga geger otak dan amnesia?

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #21 on: 13 December 2017, 06:08:45 PM »
danda kamma maksud anda? atau apakah anda baru saja nabrak tiang listrik hingga geger otak dan amnesia?

kamma bhaya.kamma adalah karma
bhaya adalah bahaya.

karena itulah semua sutta dibuka dengan kalimat evam me suttam.

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #22 on: 13 December 2017, 07:26:41 PM »
dhammacakkhu
Dhamma adalah pengertian di atas duniawi
Cakkhu adalah mata yg melihat.
apa yg dimaksud dgn pengertian diatas duniawi, atau diatas pengertian orang biasa.

Contoh yg sederhana adalah bhaya kamma, bahaya karma.
Bagi orang biasa, tulisan evam me suttam itu biasa saja, sepertinya hanya kalimat pembuka agar tutur kata terdengar merendah dan santun.
Namun bagi mereka yg sudah mendengar dan tahu bahsya karma, itu adalah pengaman.jangan sampai berdiskusi, menulis berkenaan dgn para arya dan Buddha menimbulkan pandangan salah bagi yg membaca, yg mendengar ataupun yg berdiskusi.

bila ditulis kata evam me suttam di pembuka copas atau link atau sutta yg utuh, bila ada kesalahan maka ybs tidak kena bhaya kamma.

meski putujhana tdk memiliki dhammacakkhu, ia tetap harus berhati hati dan tahu malu.tdk agresif melebihi para ariya di masa lalu.bhaya kamma itu tidak terelakan, jika  masih serampangan copas, cuplik ataupun translate sutta tanpa tulisan evam me suttam.


Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #23 on: 13 December 2017, 07:37:21 PM »
mana button "thanks"?
Quote from sunkmanitu "menerima ucapan terima kasih dalam bentuk grp"
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #24 on: 13 December 2017, 09:50:01 PM »
sutta berbeda dengan doktrin, seperti halnya di ajaran agama lain.ciri khas sutta adalah kalimat evam me suttam.itu pengaman agar orang yg membaca mengerti jika para bhante yg menulisnya juga mendengar dari orang lain.sehingga bukan suatu mutlak dan bisa ada kesalahan.
namun para bhante yg menulis tidak kena bahaya karma krn adanya kalimat evam me suttam,

Nah sekarang anda mendiskusi kan sutta untuk thread ini.tanpa menyertakan kalimat evam me suttam, berarti anda terkena bahaya karma jika ada pandangan salah dari hasil diskusi.
Tirulah para bhante yg menulis 2500 tahun yg lalu.berhati hati krn ada bahaya karma.

Doktrin berada di Sutta. Dan gak ada bahaya karma kalo gak ngucapin Evam mayam sutram tiap kali mo diskusi Sutta. Justru yg nyiptain istilah sendiri yg aneh2 malah ada bahaya karma menyesatkan orang lain. :p
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #25 on: 13 December 2017, 10:00:49 PM »
dhammacakkhu
Dhamma adalah pengertian di atas duniawi
Cakkhu adalah mata yg melihat.
apa yg dimaksud dgn pengertian diatas duniawi, atau diatas pengertian orang biasa.

Nah ini satu contoh yg menyesatkan. Menginterpretasikan kata2 semau dewek tanpa perbandingan penggunaan kata di kanon khususnya Sutta. Hasilnya ya menyesatkan.

Quote
Contoh yg sederhana adalah bhaya kamma, bahaya karma.
Bagi orang biasa, tulisan evam me suttam itu biasa saja, sepertinya hanya kalimat pembuka agar tutur kata terdengar merendah dan santun.
Namun bagi mereka yg sudah mendengar dan tahu bahsya karma, itu adalah pengaman.jangan sampai berdiskusi, menulis berkenaan dgn para arya dan Buddha menimbulkan pandangan salah bagi yg membaca, yg mendengar ataupun yg berdiskusi.

bila ditulis kata evam me suttam di pembuka copas atau link atau sutta yg utuh, bila ada kesalahan maka ybs tidak kena bhaya kamma.

Nah, ini orang dah gak punya malu dan takut. Kerjaannya menyesatkan orang lain terus. Sekarang ciptain istilah baru "Bhaya Kamma"...  :))

Quote
meski putujhana tdk memiliki dhammacakkhu, ia tetap harus berhati hati dan tahu malu.tdk agresif melebihi para ariya di masa lalu.bhaya kamma itu tidak terelakan, jika  masih serampangan copas, cuplik ataupun translate sutta tanpa tulisan evam me suttam.
Masih mau nyesatin orang?

#Jhindra

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #26 on: 13 December 2017, 11:36:05 PM »
Darimana anda tau semua yg disini seorang Putujhana? Emangnya anda punya mata batin? Kalo nggak, mending diem aja deh daripada nyampah gak guna di thread ini...  :P

nyana jhana, lupa ya?

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.240
  • Reputasi: 42
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #27 on: 14 December 2017, 12:02:55 AM »
nyana jhana, lupa ya?
bro,makasih ya karena 3 tongkat.jika pesan sudah disampaikan pada yang tepat,ada rasa beban yg berkurang.jika cuma kise tongkat pikiran,ucapan dan perbuatan kurang jelas.pelengkap kondisi.ya serasa berkelana turun gunung untuk menyampaikan kabar gembira.tapi kalau soal rasa memang susah diungkapkan dengan huruf.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.240
  • Reputasi: 42
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #28 on: 14 December 2017, 12:47:46 AM »
pamit ya...."Saya mengerti"
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.240
  • Reputasi: 42
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #29 on: 14 December 2017, 01:41:18 AM »
numpang catatan selagi ingat.bukunya kr dicuri orang.kr setiap kejadian aneh dulu saya catat.tolong jangan dihapus.saya sedang tidak berpikir dulu.tiba2 muncul pikiran spt ada pikiran org lain dan dia berpikir tentang media manusia yang akan dibunuh.kr terlalu sering dengar sy bingung.kemudian sya temukan caranya dengan menutup lubang telinga dia hilang.ada orang yg tidak suka saya belajar disini.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)