//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [Help] Vihara Tangerang  (Read 9191 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline nara

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
[Help] Vihara Tangerang
« on: 11 April 2015, 12:28:34 AM »
Halo salam kenal semua  _/\_

saya tertarik untuk belajar agama buddha dan ingin sekali ke vihara ikut kebaktian dsb tetapi saya belum pernah sama sekali di umur saya yg sudah 20 tahunan ini .. mungkin ada teman2 di sini yg berdomisili di tangerang yang bisa bantu saya  :)

sebenarnya orang tua saya buddha, kakak saya semua kr****n.. orang tua saya buddha tetapi ke vihara hanya hari2 besar saja . Pernah saya ikut papa saya ke vihara ketika masih kecil tetapi saya merasa bingung, karena yg orang tua saya lakukan adalah sembahyang di altar2.. jujur aja saya tidak mengerti bagaimana cara berdoa di agama buddha.. sejak kecil saya sekolah di sekolah kr****n, mgkn kalo ke gereja saya sudah sering .. kebanykan ajakan untuk ke gereja oleh teman2 .. tapi entah kenapa saya lebih tertarik untuk belajar agama buddha.. karena melihat di agama buddha perbuatan dan karma lebih penting daripada menyembah Tuhan itu sendiri

jujur saja di keluarga saya berbicara mengenai agama adalah hal tabu buat saya, jadi saya jarang sekali membicarakan tentang agama di keluarga. Saya ingign ikut kebaktian di vihara seperti belajar membaca parita dan mendengar ceramah2 dll tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana.. mungkin teman2 di sini yg sering mengikuti kebaktian di vihara dll khususnya di daerah Tangerang bisa membantu saya untuk membimbing saya seperti mengajak saya untuk mengikuti kebaktian2 di vihara dsb

terima kasih.. salam

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #1 on: 11 April 2015, 12:54:38 AM »
halo salam kenal nara, tangerang nya dmn?
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline sungaibesar

  • Betet Penipu, Jgn Diberi Makan
  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 47
  • Reputasi: -7
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #2 on: 11 April 2015, 03:47:15 AM »
Halo salam kenal semua  _/\_

saya tertarik untuk belajar agama buddha dan ingin sekali ke vihara ikut kebaktian dsb tetapi saya belum pernah sama sekali di umur saya yg sudah 20 tahunan ini .. mungkin ada teman2 di sini yg berdomisili di tangerang yang bisa bantu saya  :)

sebenarnya orang tua saya buddha, kakak saya semua kr****n.. orang tua saya buddha tetapi ke vihara hanya hari2 besar saja . Pernah saya ikut papa saya ke vihara ketika masih kecil tetapi saya merasa bingung, karena yg orang tua saya lakukan adalah sembahyang di altar2.. jujur aja saya tidak mengerti bagaimana cara berdoa di agama buddha.. sejak kecil saya sekolah di sekolah kr****n, mgkn kalo ke gereja saya sudah sering .. kebanykan ajakan untuk ke gereja oleh teman2 .. tapi entah kenapa saya lebih tertarik untuk belajar agama buddha.. karena melihat di agama buddha perbuatan dan karma lebih penting daripada menyembah Tuhan itu sendiri

jujur saja di keluarga saya berbicara mengenai agama adalah hal tabu buat saya, jadi saya jarang sekali membicarakan tentang agama di keluarga. Saya ingign ikut kebaktian di vihara seperti belajar membaca parita dan mendengar ceramah2 dll tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana.. mungkin teman2 di sini yg sering mengikuti kebaktian di vihara dll khususnya di daerah Tangerang bisa membantu saya untuk membimbing saya seperti mengajak saya untuk mengikuti kebaktian2 di vihara dsb

terima kasih.. salam

keluarga beragama spt itu bukan hal yg buruk.jika nara melihat
riwayat agung para buddha. selalu demikian siklusnya.
sebelum arahat sammasambuddha muncul, lokiya atau dunia ini
berada di telapak kaki gods, menurut ajaran mereka tentunya.

para brahmana, manusia yg paling dihormati raja karena kemampuan
batinnya, sangat menghormat gods.
karena mereka tahu langsung, jika meremehkan akibatnya spt apa.

para gods bisa membuat kerajaan hancur dalam satu malam jika murka,
harta benda bisa habis jika kena pastu mereka, nyawa putus dijalan
oleh kemarahan mereka.
kitab suci agama samaxx dan hindxx banyak bercerita mengenai ini.

setelah buddha mangkat, ajaran ini berkembang di jambudwipa.
ciri khasnya pujian, bhakti, moralitas, surga, dan menjunjung tinggi kesetiaan.
jika manusia setia kpd mereka, merekapun akan memenuhi janjinya
menolong lahir di alam mereka.

shg tidak salah jika ada toleransi kepada mereka.apalagi itu adalah
bagian dari keluarga sendiri.
kekuatan spt itu juga ada pada orang yg tekun belajar agama.
mereka bisa melihat jalan kehidupan orang lain, dimana mesti
diam, dimana mesti maju.
jika main main, pembimbingnya marah, habislah semua
investasi kebaikan yg dikumpulkan susah payah.
inilah yg disebut karma baik hancur.
apa yg dimilikinya. termasuk orang disekitarnya juga hancur.
namun ia selamat.

oleh karena itu nara,
jika nara masih pemula, buatlah batas dalam belajar agama buddha.
u pemula, pancasila dan buddhanusati sdh pokok.lebih dari cukup
jangan melewati batas tanpa pembimbing.
sbg terhindar dari kesalahan yg sebenarnya tidak perlu.
jika ada kesalahan, masih bisa minta maaf didepan altar buddha
di vihara.

nara, apakah agama itu kejam sekali dengan hukuman spt ini.
jawab sy tentu tidak kejam.
apa jadinya agama, jika ada salah interpretasi pada teks teks kuno
yg diwariskan ribuan tahun yg lalu.
jika itu terjadi, banyak orang generasi berikutnya yg mendapat
ajaran keliru akibat perbuatan tidak mereka sadari itu salah.

jika keluarga menghormati tuhxx, jangan dipersoalkan.
jangan diserang dengan teori karma dan perbuatan.
carilah teman divihara yg "sejenis" , dalam arti pindahan dari agama K itu.
kemudian lihatlah pada teman yg sedari kecil beragama buddha
diajak ortu ke vihara sekedar taruh bunga, pasang hio.

perbedaannya spt langit dan bumi.

nara,

yg pertama spt orang sakit hati dibooing pacar sekian tahun
yg kedua malah easy going, tiada beban.hidupnya lebih gembira.

jadikan yg kedua sbg contoh dan teladan.

jadikan yg kedua sbg contoh dan teladan.meskipun kelihatan spt
kerbau hidungnya diberi tali, namun batinnya bersih.
jika memang ada batasan, ia tahu kapan mesti bertanya dan
apa yg dikerjakan jika pembimbingnya diam saja.

jika suka sutta, tetap membuat batasan.
ini u umat biasa, u samana, u bhikkhu.
sbg tahu apa yg mesti dikerjakan dan apa yg belum dikerjakan.

yg membuat batasan tentu pembimbing yg benar.
jangan buat buat sendiri.

itu baru bijaksana.

selamat belajar agama buddha
selamat juga menjadi bagian dari keluarga yg harmoni
sekalipun agama berbeda




« Last Edit: 11 April 2015, 04:09:40 AM by sungaibesar »

Offline sungaibesar

  • Betet Penipu, Jgn Diberi Makan
  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 47
  • Reputasi: -7
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #3 on: 11 April 2015, 04:29:56 AM »
nara,

sbg pemula jika menemukan dharmasala
dengan patung budha besar ditengahnya
jangan ragu u tisarana dan minta maaf

patung itu mungkin diam saja
dharmasala itu mungkin sepi, mungkin tiada apa apa

namun, jika kita disana minta maaf
jika pernah main main dgn agama buddha
disana kita menemukan kesungguhan
mencakup semua masa depan kita beragama buddha.

disana juga ada jalan yg lebih lurus yaitu sradha
daripada sekedar tahu dari buku saja.
disana ada kejujuran yg tertulis didepan altar.
tidak bisa main copas atau cuplik sana sini.
disana tidak ada lagi kloning, momod, user, admin
u umat biasa tidak dibedakan.

dan yg pasti ada keberanian u bicara apa adanya
didepan rupang buda.
jauh lebih berani dari sekedar copas nasehat orang lain
di forum terbuka.

« Last Edit: 11 April 2015, 04:46:09 AM by sungaibesar »

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #4 on: 11 April 2015, 07:43:49 AM »
 [at] nara: kalau mau belajar, dari buku juga bagus.. kalau suka baca buku, nanti dikasih link ebook-nya.

Ke vihara, boleh-boleh aja sih. Tapi dari pengalaman saya ke vihara, tidak begitu dapat ilmu.

Offline ardb

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 259
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #5 on: 11 April 2015, 12:13:11 PM »
 _/\_ salam kenal

di bukan hanya ada forum loh, tp terdapat banyak harta karun juga

misalnya

http://dhammacitta.org/dcpedia/

http://dhammacitta.org/perpustakaan/

http://dhammacitta.org/artikel/


saya rekom baca ini http://dhammacitta.org/dcpedia/Pertanyaan_Baik_Jawaban_Baik_%28Dhammika%29

selamat membaca dan memburu harta karun ya  ;D
ada = tidak ada

frenky awi dorje tsering

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #6 on: 11 April 2015, 07:39:52 PM »
Nara, byk link referensi yang baik tuh dari yg atas.
Awas jgn salah pilih bacaan  ^-^, di filter mana yg musti dibaca dan yg musti di flag as spam :)), karena pemikirannya sangat implisit dan irasional  :))
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #7 on: 13 April 2015, 10:26:41 AM »
astaga...
nanya vihara... dikasih buku

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.414
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #8 on: 13 April 2015, 12:41:58 PM »
astaga...
nanya vihara... dikasih buku

:)) :)) :))
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #9 on: 13 April 2015, 03:17:56 PM »
salah satu tujuannya kan mau belajar agama buddha.. ;D

Tapi kalo hanya mau kebaktian aja, ya ke vihara lah..

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #10 on: 13 April 2015, 09:13:28 PM »
astaga...
nanya vihara... dikasih buku
Saya ingign ikut kebaktian di vihara seperti belajar membaca parita dan mendengar ceramah2 dll tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana

TS gak tau harus mulai dari mana, mungkin sebelum memutuskan pergi ke vihara mana, gak ada salahnya lihat/baca e-book yang diberikan. _/\_
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #11 on: 13 April 2015, 09:14:52 PM »
biasa nya burung tilil udah meracau, mana nih....
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline sungaibesar

  • Betet Penipu, Jgn Diberi Makan
  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 47
  • Reputasi: -7
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #12 on: 14 April 2015, 07:30:47 AM »
Saya ingign ikut kebaktian di vihara seperti belajar membaca parita dan mendengar ceramah2 dll tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana

TS gak tau harus mulai dari mana, mungkin sebelum memutuskan pergi ke vihara mana, gak ada salahnya lihat/baca e-book yang diberikan. _/\_

pikirkan baik baik
permulaan yg baik
akan berakhir baik

vandana yg  di buku atau depan altar buddha
trisarana didepan buku atau depan altar buddha
hio dan bunga di depan buku atau altar buddha.

banyak hal yg tidak bisa diperoleh dari buku
padahal itu adalah sederhana .

at d.dina

nama d.dina itu datangnya dari depan buku atau depan altar.
apa buat buat sendiri.

apa hebatnya rapb setebal lemari
jika vandana dan trisarana tidak ada.

apa benar pertapa sidharxx
samadi di uruwela
membawa buku rapb
kesana kemari.



« Last Edit: 14 April 2015, 07:34:04 AM by sungaibesar »

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #13 on: 14 April 2015, 10:47:43 AM »
Halo salam kenal semua  _/\_

saya tertarik untuk belajar agama buddha dan ingin sekali ke vihara ikut kebaktian dsb tetapi saya belum pernah sama sekali di umur saya yg sudah 20 tahunan ini .. mungkin ada teman2 di sini yg berdomisili di tangerang yang bisa bantu saya  :)

sebenarnya orang tua saya buddha, kakak saya semua kr****n.. orang tua saya buddha tetapi ke vihara hanya hari2 besar saja . Pernah saya ikut papa saya ke vihara ketika masih kecil tetapi saya merasa bingung, karena yg orang tua saya lakukan adalah sembahyang di altar2.. jujur aja saya tidak mengerti bagaimana cara berdoa di agama buddha.. sejak kecil saya sekolah di sekolah kr****n, mgkn kalo ke gereja saya sudah sering .. kebanykan ajakan untuk ke gereja oleh teman2 .. tapi entah kenapa saya lebih tertarik untuk belajar agama buddha.. karena melihat di agama buddha perbuatan dan karma lebih penting daripada menyembah Tuhan itu sendiri

jujur saja di keluarga saya berbicara mengenai agama adalah hal tabu buat saya, jadi saya jarang sekali membicarakan tentang agama di keluarga. Saya ingign ikut kebaktian di vihara seperti belajar membaca parita dan mendengar ceramah2 dll tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana.. mungkin teman2 di sini yg sering mengikuti kebaktian di vihara dll khususnya di daerah Tangerang bisa membantu saya untuk membimbing saya seperti mengajak saya untuk mengikuti kebaktian2 di vihara dsb

terima kasih.. salam


kalo mau buku, di atas banyak link.

mau ke vihara, bisa ke bun tek bio - pasar lama, di belakang kelentengnya ada viharanya, atau ke bun san bio - pasar baru, di belakang kelentengnya ada viharanya juga, atau ke dharma ratna - benda, atau ke bhumi sambhara - kutabumi, atau ke budhi vardhana - sekolah budhi karawaci (di sekitarnya juga banyak vihara).

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: [Help] Vihara Tangerang
« Reply #14 on: 14 April 2015, 12:03:20 PM »
[...]
at d.dina

nama d.dina itu datangnya dari depan buku atau depan altar.
apa buat buat sendiri.

dari dalam buku..

Quote
apa hebatnya rapb setebal lemari jika vandana dan trisarana tidak ada.

vandana dan tisarana, itu juga dari buku kan? yaitu buku paritta..

Quote
apa benar pertapa sidharxx samadi di uruwela membawa buku rapb  kesana kemari.

kurang tau juga, saya tidak ingat / tidak pernah liat petapa tersebut samadi..
« Last Edit: 14 April 2015, 12:05:53 PM by dhammadinna »

 

anything