Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)  (Read 2558 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« on: 11 September 2013, 12:05:26 PM »
 Temukan Cincin Berlian, Tunawisma Ini Mendadak Menjadi Milyader           
 
Billy Ray Harris
Billy Ray Harris I youtube.com
    Di Dunia ini walaupun ada banyak para tunawisma namun jangan meremehkan mereka, mereka juga termasuk orang baik hati atau jujur. Namun pada kenyataannya masih banyak orang memandang mereka dengan sebelah mata (negatif).
   
  Di Amerika Serikat seorang pria tunawisma menemukan sebuah cincin berlian mahal, namun ia mengembalikan cincin tersebut kepada pemiliknya, yaitu seorang wanita yang tak sengaja menjatuhkannya ke dalam koleksi cangkirnya.
   
  Dikutip dari okezone.com. Pria ini menerima uang hasil donasi sebanyak USD190 ribu atau setara Rp2,09 miliar (kurs Rp11.030 per USD) atas kejujurannya. 
  Penemu berlian Billy Ray Harris mendapat perhatian dari media di seluruh dunia ketika dia mengembalikan cincin pertunangan Sarah Darling setelah terjatuh dari tasnya. Demikian dilansir dari Metro, Kamis (5/9/2013). 
  Tunangan Sarah Darling, Bill Krejci pun membuat halaman donasi secara online untuk memberikan penghargaan bagi Harris atas kejujuran. Sumbangan pun langsung mengalir deras dari seluruh dunia. 
  Mengetahui mendapat rejeki nomplok, mantan pengemis ini menginvestasikan hadiahnya di rumah dan dia berencana untuk merenovasi dirinya sendiri dan juga telah membuka akun untuk mengelola uangnya. Dia juga berinvestasi membeli Volkswagen Beetle. 
  Harris pun mendadak menjadi selebriti setelah muncul di sebuah acara talkshow Today dengan pasangannya dan menceritakan kisahnya. 
  "Ketika saya berpikir tentang masa lalu, saya berpikir 'Terima kasih Tuhan ini sudah berakhir,' Maksudku, aku merasa sekarang menjadi manusia," tuturnya. 
  "Ini adalah apa yang mereka sebut American Dream. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang membantu saya keluar dari tunawisma. Saya ingin mereka melihat di mana semua upaya mereka, berkat dan kebaikan mereka," tambahnya. 
  Harris pun terus berkomunikasi dengan kedua pasangan yang membantunya keluar dan juga telah dihubungi oleh anggota keluarganya yang telah lama hilang. 

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #1 on: 11 September 2013, 12:18:05 PM »
Iya sis bagi kita umat Buddhist akan paham ini kamma vipaka dia udah matang, tapi bagi agama lain, ini adalah karunia Tuhan yang menyelamatkan dia, semoga dia pun tidak melupakan para tunawisma, semoga dia membuat yayasan utk pembangunan rusun murah bagi tunawisma, semoga.semoga.semoga. ^:)^
I'm an ordinary human only

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #2 on: 11 September 2013, 12:40:13 PM »
Iya sis bagi kita umat Buddhist akan paham ini kamma vipaka dia udah matang, tapi bagi agama lain, ini adalah karunia Tuhan yang menyelamatkan dia, semoga dia pun tidak melupakan para tunawisma, semoga dia membuat yayasan utk pembangunan rusun murah bagi tunawisma, semoga.semoga.semoga. ^:)^

yup...setuju Sis, moga2 dia ga terlena menikmati 'rejeki nomploknya' moga2 ingat ama yg dulu senasib & moga2 ingat menabung, krn duit semilyar jg bkl habis kalo ga ada tabungan ya....

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #3 on: 11 September 2013, 03:41:02 PM »
Iya sis bagi kita umat Buddhist akan paham ini kamma vipaka dia udah matang, tapi bagi agama lain, ini adalah karunia Tuhan yang menyelamatkan dia, semoga dia pun tidak melupakan para tunawisma, semoga dia membuat yayasan utk pembangunan rusun murah bagi tunawisma, semoga.semoga.semoga. ^:)^
yup...setuju Sis, moga2 dia ga terlena menikmati 'rejeki nomploknya' moga2 ingat ama yg dulu senasib & moga2 ingat menabung, krn duit semilyar jg bkl habis kalo ga ada tabungan ya....
Sadhu... Sadhu... Sadhu... _/\_
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #4 on: 11 September 2013, 03:45:08 PM »
Sadhu... Sadhu... Sadhu... _/\_
Hallooo...terakhir muncul wkt Ultah bagi2 GRP...pa kabar ?  >:)<
I'm an ordinary human only

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #5 on: 11 September 2013, 07:56:09 PM »
saya nemu flashdisk di warnet lalu memberikannya ke operator supaya bisa ditempel pengumuman tentang barang hilang. setelah keluar dari warnet helm saya hilang. bagaimanakah penjelasan hukum kammanya? ;D

Spoiler: ShowHide
ini kisah asli lo :))

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #6 on: 11 September 2013, 08:42:17 PM »
kalo gak balikin flashdisk sekalian motornya yang ilang
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #7 on: 11 September 2013, 08:50:34 PM »
saya nemu flashdisk di warnet lalu memberikannya ke operator supaya bisa ditempel pengumuman tentang barang hilang. setelah keluar dari warnet helm saya hilang. bagaimanakah penjelasan hukum kammanya? ;D

Spoiler: ShowHide
ini kisah asli lo :))


perbuatan baik akan berakibat baik, perbuatan buruk akan berakibat buruk, ini sudah hukum alam. gak ada hubungannya balikin flashdisk dan kehilangan helm. kehilangan helm adalah akibat dari perbuatan yg lain (mungkin pernah nyolong sandal dari mesjid). sedangkan balikin flashdisk belum berbuah.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #8 on: 11 September 2013, 09:26:53 PM »


saya nemu flashdisk di warnet lalu memberikannya ke operator supaya bisa ditempel pengumuman tentang barang hilang. setelah keluar dari warnet helm saya hilang. bagaimanakah penjelasan hukum kammanya? ;D

Spoiler: ShowHide
ini kisah asli lo :))



kalo gak balikin flashdisk sekalian motornya yang ilang



Saya setuju dg pandangan Bro Gacha, karena itu juga terjadi pada keponakan saya, dikala dia menolong seorang Bpk korban tabrak lari, lantas hny dlm hitungan menit (kira2 30 menit) dia diterjang truk gandeng tp hny gegar otak, yang mana posisi dia waktu itu sudah pasti akan mengakibatkan kematian seketika karena truk gandeng tsb rem nya blong dan menabrak dia dari arah lawan, dia telah dilindungi kamma baiknya menolong bpk korban tabrak lari.


Demikian pula dengan anda bro Juan, motor anda tidak jadi hilang karena dilindungi kamma baik anda, jadi hanya helm yang hilang, itu masih mending jika harus kehilangan motor. untung aja anda dilindungi kamma baik.  ;D
I'm an ordinary human only

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #9 on: 14 September 2013, 08:46:44 PM »
kalo gak balikin flashdisk sekalian motornya yang ilang
brutal sekali :))




kalo gak balikin flashdisk sekalian motornya yang ilang



Saya setuju dg pandangan Bro Gacha, karena itu juga terjadi pada keponakan saya, dikala dia menolong seorang Bpk korban tabrak lari, lantas hny dlm hitungan menit (kira2 30 menit) dia diterjang truk gandeng tp hny gegar otak, yang mana posisi dia waktu itu sudah pasti akan mengakibatkan kematian seketika karena truk gandeng tsb rem nya blong dan menabrak dia dari arah lawan, dia telah dilindungi kamma baiknya menolong bpk korban tabrak lari.


Demikian pula dengan anda bro Juan, motor anda tidak jadi hilang karena dilindungi kamma baik anda, jadi hanya helm yang hilang, itu masih mending jika harus kehilangan motor. untung aja anda dilindungi kamma baik.  ;D

begitu y... berarti bs diartikan sy punya kesempatan untuk mengurangi rasa buah kamma buruk sy dengan pilihan yg sy buat...
tapi tetep ada sedikit greget mengingat yang dicuri itu helm sy yang notabenenya lebih jelek dari helm-helm yang lain :'( :))

perbuatan baik akan berakibat baik, perbuatan buruk akan berakibat buruk, ini sudah hukum alam. gak ada hubungannya balikin flashdisk dan kehilangan helm. kehilangan helm adalah akibat dari perbuatan yg lain (mungkin pernah nyolong sandal dari mesjid). sedangkan balikin flashdisk belum berbuah.
asumsi ini juga bisa cocok, cuman karena kejadiannya berurutan sehingga sy pkir ada hubungannya.
oy, seingat sy, sy cuman menerima sandal peninggalan orang yang ngambil sandal saya ;D

trims atas pencerahannya ya om om ci _/\_


next question: Ketika nemu barang di jalan tanpa diketahui pemiliknya itu tepatnya dianggap buah kamma baik apa kamma buruk? :D

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #10 on: 15 September 2013, 12:11:12 AM »
brutal sekali :))
begitu y... berarti bs diartikan sy punya kesempatan untuk mengurangi rasa buah kamma buruk sy dengan pilihan yg sy buat...
tapi tetep ada sedikit greget mengingat yang dicuri itu helm sy yang notabenenya lebih jelek dari helm-helm yang lain :'( :))
asumsi ini juga bisa cocok, cuman karena kejadiannya berurutan sehingga sy pkir ada hubungannya.
oy, seingat sy, sy cuman menerima sandal peninggalan orang yang ngambil sandal saya ;D

trims atas pencerahannya ya om om ci _/\_


next question: Ketika nemu barang di jalan tanpa diketahui pemiliknya itu tepatnya dianggap buah kamma baik apa kamma buruk? :D
Berarti helm anda memiliki daya tarik tersendiri  ;D
Duuuhhh...hari gini ada nenek2 setua sy dipanggil Ci ?  :o :o :hammer: :hammer: :hammer:

Yaahhh...ini khan kisah yg dialami tuna wisma itu, cincin yg dia temukan dia kembalikan, jadi kalo anda menemukan barang dijalan, upayakan temukan pemiliknya, dengan menyiarkan melalui radio, memasang iklan di koran, toh...akhirnya tuna wisma ini skrg jd milyarder, jadi perbuatan baik pasti akan berbuah baik pula.... ;D
« Last Edit: 15 September 2013, 12:14:39 AM by Shasika »
I'm an ordinary human only

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #11 on: 21 September 2013, 08:23:07 AM »
Berarti helm anda memiliki daya tarik tersendiri  ;D
Duuuhhh...hari gini ada nenek2 setua sy dipanggil Ci ?  :o :o :hammer: :hammer: :hammer:

Yaahhh...ini khan kisah yg dialami tuna wisma itu, cincin yg dia temukan dia kembalikan, jadi kalo anda menemukan barang dijalan, upayakan temukan pemiliknya, dengan menyiarkan melalui radio, memasang iklan di koran, toh...akhirnya tuna wisma ini skrg jd milyarder, jadi perbuatan baik pasti akan berbuah baik pula.... ;D
wah maaf Oma ^:)^ :))
ya mungkin selera pencurinya aneh :P

hehe iya maksudnya terlepas dari reaksi kita terhadap barang temuan tersebut (diambil/dibiarkan/dikembalikan) aktivitas nemu barang itu sendiri termasuk golongan yang mana?

kalo reaksi banyak ya. ada yang mau usaha ngembaliin kayak saran Oma, ada yang ngambil karena dianggap lagi mujur, atau ada juga yang ngga mau ngambil karena nggak mau susah2 ngembaliin ataupun takut barangkali itu barang pengikat tumbal (jika ngambil barang itu maka otomatis jadi tumbal hajat seseorang) ;D

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: mungkin kisah ini yg disebut dgn 'karma baik berbuah' :)
« Reply #12 on: 23 September 2013, 08:58:04 PM »
wah maaf Oma ^:)^ :))
ya mungkin selera pencurinya aneh :P


Gpp bro.... ;D
I'm an ordinary human only