Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: tolong pendapat rekan rekan semua.  (Read 8593 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
tolong pendapat rekan rekan semua.
« on: 12 July 2013, 11:42:49 AM »
kepada member dc semua, tolong bantuan pendapat kalian dan informasi tentang tempat yang ingin saya cari dijakarta dan sekitarnya.

sedikit masalah yang ingin saya bagikan untuk di jadikan topik disini.
saya mempunyai mertua perempuan yang sedikit bermasalah dengan kejiwaan nya ( gila ) sebelumnya tidak pernah jadi masalah dalam kehidupan berumah tangga saya selama 3 tahun kebelakang. sekarang agak menjadi sedikit masalah bagi saya karena penyakit jiwa nya mulai jadi parah. kemarin ini dia pergi dan tidak pulang selama 3 hari saat pulang kondisinya kondisi fisik nya sehat tapi bau dan kumel dapat dipastikan hidup 3 hari jadi gelandangan. yang menjadi masalah adalah istri saya suka sekali marah marah karena stres malu dan lain lain hal nya. korban nya adalah anak saya jadi sering kena marah karena bandel yang ia lakukan.

yang ingin saya tanyakan
1. ada kah tempat penampungan untuk orang lansia yang mempunyai masalah kejiwaan?

Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #1 on: 12 July 2013, 09:03:00 PM »
kondisi Ibunya membahayakan ndak ?
harusnya Rumah Sakit Jiwa Grogol siap tampung, untuk jelasnya boleh coba konsultasi dengan petugas disana.
« Last Edit: 12 July 2013, 09:05:07 PM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #2 on: 12 July 2013, 09:59:50 PM »
Coba ikutkan program2 buddhist, tapi dimana saya lupa, jadi mereka yang mengalami depresi mampu kembali mendapatkan kesehatan kejiwaan nya. Semoga ada member sini yang punya info itu.

Atau anda searching di google untuk RSJ yang berada tidak jauh dari rumah anda, karena akan memudahkan kel anda menengok, hanya orang2 yang dia cintai yang sll dia rindukan, kita2 yang orang sehat aja bila menahan rindu bisa galau apalagi yang orang mengalami gangguan kejiwaan, akan semakin memberatkan jiwanya, jadi carilah yang dekat tempat tinggal anda.
I'm an ordinary human only

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #3 on: 12 July 2013, 10:28:35 PM »
Coba cari psikiater dulu sebelum menyerah dan membawanya ke penampungan.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #4 on: 13 July 2013, 06:41:51 AM »
kondisi Ibunya membahayakan ndak ?
harusnya Rumah Sakit Jiwa Grogol siap tampung, untuk jelasnya boleh coba konsultasi dengan petugas disana.

rsj grogol sudah sering kali dikunjungi setiap kali cek up atau kalau sedang parah rawat inap disana.
cuma harga nya ga tahan dulu pernah rawat inap disana 14 hari sudah habis 5 juta an + obat.
maksud saya penampungan seperti panti jompo begitu
untuk informasi lanjut umur mertua saya 59 tahun.
« Last Edit: 13 July 2013, 06:58:25 AM by Alucard Lloyd »
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #5 on: 13 July 2013, 06:49:09 AM »
Coba ikutkan program2 buddhist, tapi dimana saya lupa, jadi mereka yang mengalami depresi mampu kembali mendapatkan kesehatan kejiwaan nya. Semoga ada member sini yang punya info itu.

Atau anda searching di google untuk RSJ yang berada tidak jauh dari rumah anda, karena akan memudahkan kel anda menengok, hanya orang2 yang dia cintai yang sll dia rindukan, kita2 yang orang sehat aja bila menahan rindu bisa galau apalagi yang orang mengalami gangguan kejiwaan, akan semakin memberatkan jiwanya, jadi carilah yang dekat tempat tinggal anda.


orangnya agak sedikit susah, diajak kevihara aja ga mau.
masalah nya penyebab dia menjadi gila karena tidak bisa melepas kondisi masa lalu
dia selalu mengingat masa lalu. saya sih baru kenal kurang lebih 5 tahun an ini tapi dia sudah sakit 35 tahun
bolak balik rsj sudah sering sekali, orang yg ia cintai ? wah kurang tau deb siapa sebab kalau sama istri saya selalu ribut terus sedangkan anak nya hanya dia. nb dulu pernah punya anak tapi sudah meninggal sewaktu kecil.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #6 on: 13 July 2013, 06:55:47 AM »
Coba cari psikiater dulu sebelum menyerah dan membawanya ke penampungan.

di rsj sudah sering konsultasi tentang dia hampir 2 bulan sekali.
yang jadi masalah saya sudah tidak tahan mertua saya dengan istri saya selalu ribut setiap hari
sendang kan saya ingin keluarga saya bahagia. dulu waktu tidak serumah istri saya jarang sekali marah marah tapi sekarang setiap hari ada saja yang diributkannya saya kasih an dengan anak saya efek nya nanti setelah dia dewasa akan terbawa. solusinya saat ini ya pisah kan mertua saya dan istri saya dulu agar tidak terjadi keributan tiap hari.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #7 on: 13 July 2013, 07:04:06 AM »
sepertinya panti jompo pun akan menolak karena kesulitan menangani pasien yang ada gangguan kejiwaan.
Biasanya panti jompo menerima "penyakit tua" yang "wajar" seperti pikun dll.

Dan biasanya panti jompo juga tidak menyenangkan bagi orang2 tua..  mereka sangat2 kesepian dan yang mereka harapkan biasanya kunjungan dan makanan. Saya pikir mungkin idenya bro Kelana bagus juga, bisa cari psikiater yang kompeten, jadi sekaligus bisa mendengar keluh kesah + kasih obat. Kalau RSJ takutnya hanya fokus ke pemberian obat tapi core masalah tidak bisa menerima masa lalu terabaikan..

Masalah dengan istri anda  yang sedang ribut, memang menjengkelkan ya.. tapi saya pikir coba dibicarakan baik2, jelek2nya ortu, segila-gilanya ortu juga ortu sendiri. Harap lebih sabar aja.. Dan karena sudah tahu ada gangguan kejiwaan jangan terlalu dibawa ke hati.. Solusinya jika gak tahan ngurusnya, mungkin bisa hire perawat juga di rumah..

 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #8 on: 13 July 2013, 08:47:25 AM »
Saya rasa saran bro Forte yang termudah dijalankan, hire perawat utk mertua, jika tidak tahan mendengar keributan antara anak dengan ibu yg berlanjut anak kalian jadi korban pelampiasan istri, gimana kalo sewa kamar, bnyk pasti di Jkt kamar2 sewaan, kalo ga salah sebulan Rp.300rb, coba cari didekat rmh anda, agar bisa mengawasi nya mudah selain itu juga memudahkan mengantar makanan, dengan demikian istri anda sebagai anak tunggal nya tetap dapat berbakti dengan ibunya dengan bahagia tidak stress lagi karena pisah rumah.
I'm an ordinary human only

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #9 on: 13 July 2013, 10:26:45 AM »
Saya rasa saran bro Forte yang termudah dijalankan, hire perawat utk mertua, jika tidak tahan mendengar keributan antara anak dengan ibu yg berlanjut anak kalian jadi korban pelampiasan istri, gimana kalo sewa kamar, bnyk pasti di Jkt kamar2 sewaan, kalo ga salah sebulan Rp.300rb, coba cari didekat rmh anda, agar bisa mengawasi nya mudah selain itu juga memudahkan mengantar makanan, dengan demikian istri anda sebagai anak tunggal nya tetap dapat berbakti dengan ibunya dengan bahagia tidak stress lagi karena pisah rumah.


ikutan nimbrung yah  ;D

Saran ini bagus tp ada kendalanya yaitu dimana mau mencari nanny (perawat) yg mau mengurus org tua yg (maaf) 'stress' ? mencari nanny yg bs mengurus org tua biasa aja sdh sulit jmn sekrg, kebanyakan ga sabar & cm bs bekerja bbrp bulan aja trus minta berhenti. Kalo pun ada pastinya gaji yg diminta sangat tinggi.
Saran saya sih menyewakan sebuah rmh utk Mama mertuanya itu & ajak sodaranya yg lbh tua (mgkn kakak atau adik mamanya, sepupunya atau siapalah yg udah lbh tua, spy lbh sabar) utk menemaninya......siapa tau dgn ditemani org yg dikenal & mempunyai rmh sendiri, mama mertuanya sedikit demi sedikit bs lbh tenang & bs diajak bicara & diarahkan.......
(sekedar saran aja sih  ;D ).

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #10 on: 13 July 2013, 10:33:06 AM »

ikutan nimbrung yah  ;D

Saran ini bagus tp ada kendalanya yaitu dimana mau mencari nanny (perawat) yg mau mengurus org tua yg (maaf) 'stress' ? mencari nanny yg bs mengurus org tua biasa aja sdh sulit jmn sekrg, kebanyakan ga sabar & cm bs bekerja bbrp bulan aja trus minta berhenti. Kalo pun ada pastinya gaji yg diminta sangat tinggi.
Saran saya sih menyewakan sebuah rmh utk Mama mertuanya itu & ajak sodaranya yg lbh tua (mgkn kakak atau adik mamanya, sepupunya atau siapalah yg udah lbh tua, spy lbh sabar) utk menemaninya......siapa tau dgn ditemani org yg dikenal & mempunyai rmh sendiri, mama mertuanya sedikit demi sedikit bs lbh tenang & bs diajak bicara & diarahkan.......
(sekedar saran aja sih  ;D ).

Iya ya, saran sis betul juga, dengan demikian dia bisa bicara dengan orang tsb, tapi kalo mertuanya juga anak tunggal lantas gimana donk (***semoga menemukan salah satu family yang bersedia menolong, karena jaman sekarangpun orang mau bersedia mengaku family jika kita KAYA, maaf ya sis.....kenyataan tapi pahit.  :( :( )
I'm an ordinary human only

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #11 on: 13 July 2013, 10:43:25 AM »

ikutan nimbrung yah  ;D

Saran ini bagus tp ada kendalanya yaitu dimana mau mencari nanny (perawat) yg mau mengurus org tua yg (maaf) 'stress' ? mencari nanny yg bs mengurus org tua biasa aja sdh sulit jmn sekrg, kebanyakan ga sabar & cm bs bekerja bbrp bulan aja trus minta berhenti. Kalo pun ada pastinya gaji yg diminta sangat tinggi.
Saran saya sih menyewakan sebuah rmh utk Mama mertuanya itu & ajak sodaranya yg lbh tua (mgkn kakak atau adik mamanya, sepupunya atau siapalah yg udah lbh tua, spy lbh sabar) utk menemaninya......siapa tau dgn ditemani org yg dikenal & mempunyai rmh sendiri, mama mertuanya sedikit demi sedikit bs lbh tenang & bs diajak bicara & diarahkan.......
(sekedar saran aja sih  ;D ).


Kalau tinggal sendiri dirumah kontrakan takut nya tidak dapat dikontrol dengan baik karena saya pernah dengar dari istri saya dulu waktu tinggal dirusun saat istri saya kerja mama nya suka bawa masuk orang yang istri saya ga kenal. Atau suka keluar tidak jelas rimba nya. Pernah tinggal dengan adik perempuan mamanya juga tapi ga tahan lama karena masalah tingkah laku mertua saya yang kurang sopan karena tinggal di mess. Ada tempat tinggal di rumah saudara istri saya tapi saya larang karena masa orang tua sendiri dititip di tempat orang. Tetapi lain kalau rumah panti jompo karena disana adalah wadahnya tempat orang sudah tua. Kalau masalah pisikiater apakah ada yang kenal? Kalau ada boleh minta no tlp nya?
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #12 on: 13 July 2013, 10:53:15 AM »

Kalau tinggal sendiri dirumah kontrakan takut nya tidak dapat dikontrol dengan baik karena saya pernah dengar dari istri saya dulu waktu tinggal dirusun saat istri saya kerja mama nya suka bawa masuk orang yang istri saya ga kenal. Atau suka keluar tidak jelas rimba nya. Pernah tinggal dengan adik perempuan mamanya juga tapi ga tahan lama karena masalah tingkah laku mertua saya yang kurang sopan karena tinggal di mess. Ada tempat tinggal di rumah saudara istri saya tapi saya larang karena masa orang tua sendiri dititip di tempat orang. Tetapi lain kalau rumah panti jompo karena disana adalah wadahnya tempat orang sudah tua. Kalau masalah pisikiater apakah ada yang kenal? Kalau ada boleh minta no tlp nya?

Oh sdh prnh dicoba ya Bro, hmm kalo gt sy jg ga bs berkata apa2 lg hehehe.....kalo sy jd anda jg mgkn akan bingung sprt ini krn sdh kehabisan akal.....tp maaf sy tdk tau dimana panti jompo yg bs menampung mertua anda, sy tdk tggal di Jkt. (Sebnrnya usia mertuanya msh terbilang muda utk masuk panti jompo, mgkn lbh tepat anda mencari tempat rehabilitasi utk org yg berperilaku khusus).

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #13 on: 13 July 2013, 10:56:39 AM »
Iya ya, saran sis betul juga, dengan demikian dia bisa bicara dengan orang tsb, tapi kalo mertuanya juga anak tunggal lantas gimana donk (***semoga menemukan salah satu family yang bersedia menolong, karena jaman sekarangpun orang mau bersedia mengaku family jika kita KAYA, maaf ya sis.....kenyataan tapi pahit.  :( :( )

Kenyataan lebih pahit dari pada sebuah mimpi belaka...
Kenyataan mama mertua saya mempunyai keluarga yang berantakan alias tidak akur satu dengan yang lain
Bahkan bila di ceritakan sanggat menyedihkan bagai cerita sinetron...

Versi cerita istri saya,
Dia terlahir dari sebuah ibu yang tidak waras dan dilahirkan di rumah sakit jiwa.
Saat kecil dirawat oleh neneknya karena mama nya berada di rsj.
Saat masa sekolah sering sekali dicemoh (ledek) oleh anak anak yang lain "mamanya gila"
Pada saat mamanya pulang sering sekali tidak diakui oleh mamanya dia sebagai anaknya.
Maka dari itu istri saya menyimpan rasa sedih yang sangat dalam bagi kondisi masa lalu nya saat berkaitan dengan mamanya.
Sekarang saat sudah dewasa ia harus merawat mamanya dengan beban masa lalu yang menyedihkan.
Kadang dia berpikir dia tidak minta terlahir sebagai anaknya tetapi kenapa dia harus menaggung semua ini.
Maka dari itu sering sekali istri saya ribut dengan mamanya hanya karena soal sepeleh.
Dari semua saudara mamanya tidak ada yang mau merawat mamanya karena beranggap an sudah tugas istri saya sebagai anaknya. ( menurut pribadi saya sebuah tugas bisa diemban bila kita merasa sanggup ).
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: tolong pendapat rekan rekan semua.
« Reply #14 on: 13 July 2013, 11:03:24 AM »
Bro, barusan saya googling nemu Yayasan Dian Krida Mitra Utama, alamatnya Kebayoran baru, Jkt.
Ini adalah pusat rehabilitasi utk penderita gangguan mental, ini sedikit profil websitenya. (Untuk lengkapnya silahkan googling sendiri  ;D ).

Program dan Kegiatan
 Yayasan Dian Krida Mitra Utama[/t][/t][/t]
 
[/t] 
Program[/t][/t][/t]
Saat ini mempunyai dua unit bidang pelayanan Yayasan DKMI yaitu:
 1. Tempat penitipan pasien gangguan jiwa/mental
 - Merupakan suatu Panti Rehabilitasi mental yang ditangani oleh perawat dan caregiver.
 - Penitipan pasien adalah atas keinginan atau permintaan keluarga karena pasien tidak dapat ditangani di rumah atau karena menggangu lingkungan.
 - Dalam panti ini tersedia 23 tempat tidur untuk pasien dewasa laki-laki dan perempuan dan 4 tempat tidur bagi usia lanjut.
2. Praktek Dokter Psikiater
 Untuk menangani pasien rawat jalan, konsultasi masalah rumah tangga, perkawinan dsb, maupun konsultasi bagi pasien gangguan jiwa yang dititipkan di panti rehab mental tsb.
 
 
Kegiatan
1. Kegiatan dalam panti penitipan pasien gangguan jiwa:
 • ADL (activity daily living)
 - mandi
 - makan
 - mengurus diri
 - sosialisasi dengan teman
 - mengisi waktu luang, menonton TV, membaca, menulis, melukis, main catur
 - olah raga: renang, senam dsb.
2. Diskusi kelompok dan relaksasi
 • Lomba-lomba dan gathering bagi pasien dalam rangka memperingati hari raya/hari besar
Kegiatan keluar panti
 - Rekreasi 3-4x/tahun
 - Family Gathering bagi keluarga pasien 3-4x/tahun untuk sharing antara keluarga baik yang masih dititipkan maupun yang telah berobat jalan.
 
Rencana kegiatan th 2013 1. Kegiatan rehabilitasi : setiap hari dilaksanakan kegiatan rutin harian seperti, kebersihan diri dan lingkungan, Olah raga pimpong , senam, Pengajian / ceramah agama, Sharing , diskusi dll. 2. Family gathering 2x Setahun. 3. Rekreasi keluar kota 4. Kegiatan dlm rangka mem peringati hari besar dg lomba-lomba dan doa bersama.
[/t]
[/td][/tr][/table][/td][/tr][/table]