Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^  (Read 64735 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #45 on: 08 March 2013, 02:48:48 PM »
Banyak persoalan dari kerasukan manusia selain ternak, seperti perkebunan dan tambang.
IMHO dengan bervegetarian saya mencoba mengurangi salah satu dampak kerusakan lingkungan.

Pokok persoalan lain yang tidak dapat diukur dan perlu dipertimbangkan adalah aspek kesejahteraan hewan serta pengaruh moral dari penyembelihan hewan secara masal terhadap kesadaran manusia. Membunuh hewan untuk kesenangan indra atau membayar orang lain untuk melakukan hal itu untuk diri kita dapat memperkeras hati kita, menyebabkan perang, serta bentuk-bentuk kekerasan lainnya. Selain itu jika Anda mencari uang dengan darah, itu akan menurunkan kehormatan Anda.

Setiap tahun 15.000.000.000 hewan ternak dipotong untuk makanan, begitu juga hewan laut yang ditangkap dalam jumlah yang tidak diketahui tapi diperkirakan lebih besar lagi jumlahnya (termasuk di antaranya 1000 ikan lumba-lumba yang secara tidak sengaja tertangkap)

Anak ayam jantan yang tidak diinginkan (karena mereka tidak dapat bertelur) dibinasakan dengan gas atau digiling sampai hancur. Sementara anak ayam betina paruhnya dipotong tanpa pembiusan untuk mencegah mereka saling mematuk karena mereka dimasukkan ke dalam kandang sempit tanpa jendela. Mereka bahkan tidak dapat melebarkan sayapnya dan yang lainya bahkan tidak dapat berdiri. Kandang ayam pedaging dinyalakan lampunya selama 23 jam sehari untuk mengasilkan pertumbuhan yang pesat.

Metode peternakan modern menggunakan hormon penumbuh daging dan sinar buatan untuk membesarkan anak ayam yang membuat banyak ayam yang tumbuh melampaui kapasitas pertumbuhan tulangnya sehingga mengakibatkan tulang mereka rapuh dan kaki mereka patah.

Induk-induk babi dikurung dalam kandang seluas 1,3 meter x 1 meter di lantai beton atau logam, mereka bahkan tidak bisa memutarkan tubuhnya.

Sapi secara alami dapat hidup lebih dari 20 tahun tetapi mereka dibantai setelah 5 sampai 7 tahun ketika produksi susu mereka mulai berkurang. Untuk menandai sapi dengan tujuan identifikasi, para peternak menekan besi panas yang membara ke daging sapi sementara mereka melenguh kesakitan. timbul luka bakar tingkat tiga. Kelamin anak sapi jantan dipotong dari kantung kemaluannya, dan semua itu dilakukan tanpa diberikan penghilang rasa sakit.

Sapi-sapi yang dipelihara untuk diambil susunya, secara berulang-ulang dibuat hamil kembali dan bayi-bayi mereka diambil sehingga manusia dapat minum hasil susunya yang sebenarnya dimaksudkan untuk bayi-bayi sapi. Sapi-sapi tersebut dihubungkan dengan mesin-mesin beberapa kali sehari dan menggunakan manipulasi genetik, hormon-hormon yang kuat, dan penyedotan susu yang intensif. Sapi secara alami biasanya menghasilkan 5 liter susu per hari untuk anak-anaknya, tetapi di bawah sistem peternakan modern yang intensif, mereka menghasilkan 25-40 liter susu per hari sehingga mengakibatkan kantung susunya meradang dan membengkak, dengan demikian mereka mudah menjadi letih.

Amerika Serikat sendiri telah membunuh lebih daripada 10 juta hewan setiap tahun. Hal ini dilakukan hanya demi mempertahankan sifat kerakusan akan daging yang tak dapat kita bandingkan pada zaman dahulu kala ketika “sebuah ayam di mangkuk” merupakan sesuatu hal yang mewah.

Para hewan dibawa dari peternakan ke rumah jagal dengan transportasi yang penuh sesak dan tanpa makanan maupun air sehingga menimbulkan stres, luka-luka, dan kematian. Persyaratan resmi yang ada seringkali diabaikan. 95% hewan ternak menderita luka-luka sebelum akhirnya dibunuh dan 30% di antaranya menderita patah tulang.

Masalah yang mengerikan adalah ada banyak hewan yang digorok lehernya pada saat mereka masih sadar (sekitar 6% atau 200.000 sapi per tahun) atau dimasukkan ke dalam tangki berisi air mendidih (untuk menghilangkan bulu-bulu halus dan keras mereka) ketika mereka masih penuh dengan kesadaran. Setiap menit ada 4000 ekor hewan yang mati di rumah jagal Inggris dan mereka mati dengan menyemburkan darah.

Sapi membantu menyuburkan tanah, dan memberi susu untuk anak-anak yang tidak mempunyai susu ibu, atau memberi susu kepada makhluk apapun, untuk segala hewan juga, dan mereka memberi susu untuk dibuat keju. Mereka tidak keberatan melakukannya. Kita dapat mengatakan bahwa sapi adalah ibu kita yang kedua. Tetapi lihatlah apa yang kita lakukan terhadap mereka.

Ketika kalian memandang ke dalam mata seekor hewan, kadang kalian akan menyadari “Kita adalah sama.” Dan perasaan itu akan mengirimkan getaran ke seluruh tubuh kalian, dan akan memberikan suatu pencerahan yang tidak dapat kita bayangkan. Mereka tidak melakukan apapun kepada kita. Tetapi kita, sebaliknya, menjadikan mereka korban berbagai macam penderitaan. Beberapa dari mereka bahkan bekerja membantu kita, dan kita masih juga membunuh mereka untuk dimakan. Tidak ada rasa “Terima Kasih” untuk mereka, tidak ada! Bahkan tidak juga kematian yang damai dan bermartabat. Kita membunuh dan memakan mereka tanpa belas kasihan, tanpa penyesalan yang dalam, bahkan tanpa berpikir bahwa kita tidak seharusnya melakukan hal itu. Kita melakukannya seperti sesuatu yang biasa, dan kita menyebut diri kita manusia cerdas, ciptaan tertinggi. 

Di dunia ini, jika kita membunuh seseorang, maka itu disebut pembunuhan dan kita harus masuk penjara dan seterusnya. Tetapi kita telah membunuh milyaran, trilyunan, ziliunan hewan setiap hari, tetapi tidak ada seorang pun yang masuk penjara. Bersama-sama, kita seharusnya dapat menciptakan masyarakat yang lebih manusiawi terhadap seluruh penghuninya, termasuk para satwa.

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #46 on: 08 March 2013, 02:49:34 PM »
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,17773.msg287809.html#msg287809


Ini petapa berprilaku anjing....

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #47 on: 08 March 2013, 02:50:40 PM »
Terlepas dari keyakinan beragama, saya pilih2 makanan karena alasan kesehatan. Emangnya agama bisa jamin saya selalu sehat? hehehe...

Pada umumnya saya tidak menentang makan ternak, tapi melihat fakta bahwa ternak yang diproduksi pada zaman ini banyak yang sudah terkontaminasi, misalnya diberi hormon pertumbuhan, dll.. kalau ternak itu dipelihara dengan cara yang alami, sih saya setuju.. tapi karena susah menentukannya, maka saya memilih lebih banyak mengonsumsi produk tanaman daripada produk ternak.

Produk tanaman juga harus pilih2, misalnya yang GMO (Genetically Modified Organisms) juga sebaiknya dihindari. Kalau bisa pilih yang organik walaupun lebih mahal. Kalau dari sudut pandang ekonomi, yang organik mahal karena demand-nya masih rendah. Konsumen pasti memilih produk tanaman yang tampak "cantik" karena tidak diganggu hama. Petani yang organik juga takut kalau produknya tidak laku, sehingga memasang harga lebih tinggi. Tetapi coba dibayangkan kalau suatu saat nanti masyarakat sadar bahwa tanaman organik itu lebih baik, pastinya permintaan akan naik.. kemudian banyak petani yang beralih ke organik, sehingga supply juga meningkat.. dan akhirnya harga bisa menurun.
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #48 on: 08 March 2013, 02:52:58 PM »
Ini petapa berprilaku anjing....

dan sapi

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #49 on: 08 March 2013, 02:53:18 PM »
Ada gap yg lebar antara Berpikir melakukan perbuatan bermanfaat dengan perbuatan nyata melakukan perbuatan bermanfaat

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #50 on: 08 March 2013, 02:55:14 PM »
Berawal dari ajakan moral yg sederhana agar kita memulai dari diri kita utk melakukan suatu perbuatan yg bermanfaat bagi makhluk lain
TS : Mari menjaga kebersihan lngkungan dan merawat bumi ini, kurangilah memakai plastik

A: Kenapa bukan pabrik plastik di tutup?
B: KEnapa cuma soroti plastik, masih banyak penebangan kayu dll yg merusak lingkungan? Minyak dan limbah yang tumpah ?? Kenapa gak ditangkap oknumnya?
C:Dari mana anda bisa tahu tidak memakai plastik bisa menjaga kebersihan lingkungan?
D; Kenapa hanya plastik?
E: Kenapa ................. dst............ dst........
F; mana referensinya????????

Ajakan dan nasehat yg sederhana terlalu susah di cerna oleh pikiran yg penuh dng pengetahuan.
Apa gunanya pengetahuan jika tidak membuat anda bijaksana dan tidak mampu melihat esensi yang sangat sederhana dari suatu ajakan moral untuk melakukan suatu perbuatan yang bermanfaat.

Pikiran yg rumit (dirumitkan oleh pengetahuan) hanya membuat segala sesuatu yg kjita lihat menjadi kabur.

atau hanya ingin menunjukkan ego?

Saya pernah posting bedanya konsumsi daging dan konsumsi plastik.

Untuk kasus daging, hewan dibunuh, lalu bangkainya dibuat daging. Terlepas kita makan atau tidak, tetap ada pembunuhan, tetap ada bangkai.

Untuk kasus plastik, jika kita tidak pakai plastik, maka tidak ada sampah plastik.


Bisa lihat bedanya?


Anda punya argumen lain, atau hanya bertindak sebagai penasihat bijak seperti biasanya?



Ada gap yg lebar antara Berpikir melakukan perbuatan bermanfaat dengan perbuatan nyata melakukan perbuatan bermanfaat
Dan ada gap yang lebih lebar lagi antara orang yang dari cara berpikirnya aja sudah salah, motivasinya keliru, niatnya tidak tepat sasaran, maka perbuatannya juga tidak akan bermanfaat.
« Last Edit: 08 March 2013, 02:57:28 PM by Kainyn_Kutho »

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #51 on: 08 March 2013, 02:59:27 PM »
rupaya ada yg terkena kentut zen

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #52 on: 08 March 2013, 03:00:39 PM »
Berawal dari ajakan moral yg sederhana agar kita memulai dari diri kita utk melakukan suatu perbuatan yg bermanfaat bagi makhluk lain
TS : Mari menjaga kebersihan lngkungan dan merawat bumi ini, kurangilah memakai plastik

A: Kenapa bukan pabrik plastik di tutup?
B: KEnapa cuma soroti plastik, masih banyak penebangan kayu dll yg merusak lingkungan? Minyak dan limbah yang tumpah ?? Kenapa gak ditangkap oknumnya?
C:Dari mana anda bisa tahu tidak memakai plastik bisa menjaga kebersihan lingkungan?
D; Kenapa hanya plastik?
E: Kenapa ................. dst............ dst........
F; mana referensinya????????

Ajakan dan nasehat yg sederhana terlalu susah di cerna oleh pikiran yg penuh dng pengetahuan.
Apa gunanya pengetahuan jika tidak membuat anda bijaksana dan tidak mampu melihat esensi yang sangat sederhana dari suatu ajakan moral untuk melakukan suatu perbuatan yang bermanfaat.

Pikiran yg rumit (dirumitkan oleh pengetahuan) hanya membuat segala sesuatu yg kjita lihat menjadi kabur.

atau hanya ingin menunjukkan ego?

tambahan G: Dan ada gap yang lebih lebar lagi antara orang yang dari cara berpikirnya aja sudah salah, motivasinya keliru, niatnya tidak tepat sasaran, maka perbuatannya juga tidak akan bermanfaat.

pikiran yg rumit tidak bisa melihat relasi antara bervegetarian  dengan effek yang ditimbulkan dari makan daging secara global
« Last Edit: 08 March 2013, 03:02:57 PM by djoe »

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #53 on: 08 March 2013, 03:04:00 PM »
rupaya ada yg terkena kentut zen

 :o  Siapa..... siapa?  ???     (kaget sambil menutup hidung).
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #54 on: 08 March 2013, 03:04:08 PM »
rupaya ada yg terkena kentut zen
Iya, hanya anda yang tidak terkena yah, seperti biasa. :jempol:

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #55 on: 08 March 2013, 03:05:48 PM »
pikiran yg rumit tidak bisa melihat relasi antara bervegetarian  dengan effek yang ditimbulkan dari makan daging secara global

Coba jelaskan donk relevansinya. Kalau memang anda merasa lebih tahu, bukankah sedikitnya anda merasa terbebani untuk mendidik orang yang tidak tahu? Jangan cuma bisa memvonis saja bahwa orang begini-begitu, berikan analisanya, itu lebih penting.

Silahkan...

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #56 on: 08 March 2013, 03:08:06 PM »
dapat 2 -

 ;D ;D ;D

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #57 on: 08 March 2013, 03:09:19 PM »
tulisan kentut zen , tidak ditujukan kepada siapa siapa. Disitu saya tidak mengquote tulisan siapapun

jadi siapa yg terkena?

bukti dapat 2 -  :)) :)) :))

pasti dengan penuh dendam dan benci sama aye

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #58 on: 08 March 2013, 03:09:54 PM »
dapat 2 -

 ;D ;D ;D

makanya lebih rajin lagi biar cepat mencapai 1000

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #59 on: 08 March 2013, 03:10:48 PM »
tulisan kentut zen , tidak ditujukan kepada siapa siapa. Disitu saya tidak mengquote tulisan siapapun

jadi siapa yg terkena?

bukti dapat 2 -  :)) :)) :))

pasti dengan penuh dendam dan benci sama aye

lepaskanlah dendam dan amarah
tidak ada gunanya dendam dan amarah
 _/\_