Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?  (Read 83512 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #45 on: 28 January 2013, 01:19:19 PM »
Penjelasan bro Forte sangat baik, di sini saya bantu lengkapi.
Lemak Jenuh yang kurang baik itu adalah lemak jenuh rantai panjang (LCFA)
Yang jahat itu adalah lemak trans (terhidrogenasi) misalnya margarin
Sumber : http://dinkes.kulonprogokab.go.id/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=114
Sedangkan lemak jemuh dari kelapa (santan maupun minyak kelapa) adalah tergolong Lemak Jenuh rantai Sedang (MCFA/MCT).

Selebihnya bisa cari tahu tentang MCFA di google, bahwa manfaat Medium Chain Fatty Acid ini sangat baik untuk kesehatan.
http://en.wikipedia.org/wiki/Medium-chain_triglycerides

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #46 on: 28 January 2013, 02:13:12 PM »
ada yang tau di mana ada jual vco?
berapa per liternya?
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #47 on: 28 January 2013, 02:28:24 PM »
ada yang tau di mana ada jual vco?
berapa per liternya?

Saya pikir di apotik atau toko obat tersedia. Biasanya ukurannya 100-200 ml. Untuk harga saya kurang tahu untuk saat ini. Kalau minyak goreng dari kelapa ada merk Barco.

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #48 on: 28 January 2013, 02:32:20 PM »
vco ama virgin olive oil khasiatnya sama ga yaa

Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #49 on: 28 January 2013, 03:01:55 PM »
vco ama virgin olive oil khasiatnya sama ga yaa

Tidak sama, minyak zaitun termasuk minyak sehat karena mengandung lemak tak jenuh tunggal cukup tinggi.
Sementara minyak kelapa justru mengandung lemak jenuh rantai sedang yang cukup tinggi.
Lauric acid termasuk lemak jenuh rantai sedang.

Dulu saya bikin vco sendiri dan tes di sucofinco asam lauratnya lebih dari 55%, berarti separuh vco itu adalah asam laurat (lauric acid).
Minyak kelapa 'pernah' dituduh jelek karena mengandung lemak jenuh. Sekarang penelitian ditemukan ternyata lemak jenuh rantai sedang justru sangat baik untuk kesehatan, ditambah asam laurat dalam minyak kepala bisa membunuh virus dengan cara merusak DNA-nya sehingga otomatis virus tidak punya "cangkang". Itulah alasan mengapa ibu yang memberi ASI kepada bayi daya tahannya lebih baik daripada minum susu formula biasa.

Offline s.l

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 39
  • Reputasi: 1
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #50 on: 28 January 2013, 03:10:18 PM »
Mau tanya, apa masa mengobatan masih dalam minum obat dokter boleh minum air kelapa? Atau beberapa jam habis minum obat boleh minum air kelapa? Kata orang2 dulu sih bisa buat colappse alias meninggal, sering ke tempat dokter ada tulis kasiat minum air kelapa, tp sering lupa tanya juga, apa habis minum obat boleh minum air kelapa?, makasih sarannya, kepengenminum soalnya,,

Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #51 on: 28 January 2013, 03:48:03 PM »
Mau tanya, apa masa mengobatan masih dalam minum obat dokter boleh minum air kelapa? Atau beberapa jam habis minum obat boleh minum air kelapa? Kata orang2 dulu sih bisa buat colappse alias meninggal, sering ke tempat dokter ada tulis kasiat minum air kelapa, tp sering lupa tanya juga, apa habis minum obat boleh minum air kelapa?, makasih sarannya, kepengenminum soalnya,,

Air kelapa tentu segar dan menyehatkan diminum ketika kita sehat.
Jika anda mendapat resep obat, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter yang memberikan resep, apakah setelah minum obat boleh minum air kelapa?

Karena dokter lebih jelas apakah bahan obat yang diberikan akan mendapat pengaruh dari minum air kelapa atau tidak.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #52 on: 28 January 2013, 05:54:21 PM »
Mau tanya, apa masa mengobatan masih dalam minum obat dokter boleh minum air kelapa? Atau beberapa jam habis minum obat boleh minum air kelapa? Kata orang2 dulu sih bisa buat colappse alias meninggal, sering ke tempat dokter ada tulis kasiat minum air kelapa, tp sering lupa tanya juga, apa habis minum obat boleh minum air kelapa?, makasih sarannya, kepengenminum soalnya,,
Jika mau aman.. hindari konsumsi obat dengan minuman selain air biasa. Dan jika ingin konsumsi air kelapa sebenarnya tidak menjadi masalah sejauh tidak ada gangguan patologis yang serius. Misal jika ada kelainan ginjal, kelainan jantung, dll ada baiknya konsultasikan ke dokter dulu. Karena jika kondisi tubuh cenderung hiperkalemi bisa mengakibatkan penambahan kalium ketika meminum air kelapa.. Akibatnya jika kalium berlebihan bisa menyebabkan gangguan polarisasi, dan paling simpel kalau ke jantung bisa menyebabkan aritmia dan paling parah ya gagal jantung.

Obat2an ada juga yang diwaspadai meningkatkan kadar Kalium darah, maka dilarang untuk konsumsi air kelapa.. Contohnya seperti : golongan ACE Inhibitor, golongan NSAID tertentu seperti ibuprofen, celecoxib, dll.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.383
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #53 on: 28 January 2013, 08:35:46 PM »
nah kalo yg barco itu, bagaimanakah jika dibandingkan dengan vco?
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #54 on: 28 January 2013, 08:42:28 PM »
nah kalo yg barco itu, bagaimanakah jika dibandingkan dengan vco?
apa itu barco ? ???
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #55 on: 28 January 2013, 08:43:44 PM »
nah kalo yg barco itu, bagaimanakah jika dibandingkan dengan vco?

Beda proses aja om Ben. Kalau Barco kan proses kering.
Quote
Metode pembuatan minyak kelapa dengan cara kering, terlebih dahulu daging buah kelapa dibuat dalam bentuk kopra.  Untuk dibuat dalam bentuk kopra, maka daging buah kelapa dibuat menjadi kering dengan jalan menjemur pada terik matahari atau dikeringkan melalui oven. Pengeringan daging kelapa dengan penjemuran sangat tergantung pada kondisi cuaca, sehingga pengeringan akan lebih baik ketika berada pada musim panas.  Dan apabila pengeringan dilakukan pada musim penghujan, proses pengeringan dapat memakan waktu yang lebih lama.  Waktu yang lama dalam proses pengeringan akan sangat mengganggu kualitas kopra yang dihasilkan yang disebabkan karena adanya proses biologis.
Untuk proses pengeringan dengan menggunakan oven akan lebih cepat dibandingankan dengan cara pengeringan melalui penjemuran pada sinar matahari.  Pengeringan dengan menggunakan oven akan memakan biaya operasional yang lebih besar.
Adapun langkah-langkah pembuatan minyak kelapa dengan cara kering adalah sebagai berikut (www.warintek.ristek.go.id)
1. Kopra dicacah, kemudian dihaluskan menjadi serbuk kasar.
2. Serbuk kopra dipanaskan, kemudian dipres sehingga mengeluarkan minyak. Ampas yang dihasilkan masih mengandung minyak. Ampas digiling sampai halus, kemudian dipanaskan dan dipres untuk mengeluarkan minyaknya.
3. Minyak yang terkumpul diendapkan dan disaring.
4. Minyak hasil penyaringan diberi perlakuan berikut:
• Penambahan senyawa alkali (KOH atau NaOH) untuk netralisasi (menghilangkan asam lemak bebas).
• Penambahan bahan penyerap (absorben) warna, biasanya menggunakan arang aktif agar dihasilkan minyak yang jernih dan bening.
• Pengaliran uap air panas ke dalam minyak untuk menguapkan dan menghilangkan senyawa-senyawa yang menyebabkan bau yang tidak dikehendaki.
5 Minyak yang telah bersih, jernih, dan tidak berbau dikemas di dalam kotak kaleng, botol plastik atau botol kaca.

Sementara VCO dengan cara basah atau extraksi pelarut.

Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #56 on: 28 January 2013, 08:44:11 PM »
apa itu barco ? ???

merk minyak goreng om

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #57 on: 28 January 2013, 09:00:59 PM »
Beda proses aja om Ben. Kalau Barco kan proses kering.
Sementara VCO dengan cara basah atau extraksi pelarut.
agak bingung sih kalau disebut cara basah.. cara kering..
saya pribadi dari pengalaman kerja yang sebelumnya, minyak kelapa biasanya dibuat dengan pemanasan tinggi sedangkan VCO cenderung menggunakan tanpa pemanasan tinggi.

Untuk minyak kelapa, tidak hanya dari kopra, tetapi bisa juga diperoleh dari pemanasan santan dengan suhu tinggi. Namun untuk VCO, biasanya bahan yang digunakan adalah santan murni, dengan berbagai metoda, seperti metoda minyak pancing, fermentasi dll, nantinya akan terpisah antara minyak dan sedimennya.. Nah yang diambil adalah bagian minyaknya.

Bisa juga menggunakan metoda lain, berhubung santan adalah suatu jenis cairan koloid, maka kita bisa melakukan metoda pemisahan dengan cara mekanik seperti sentrifugal. Jadi intinya banyak jalan menuju ke roma dalam menghasilkan VCO. Dan khususnya pabrik, kebanyakan menggunakan mesin sentifugal ini.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #58 on: 28 January 2013, 09:07:26 PM »
agak bingung sih kalau disebut cara basah.. cara kering..
saya pribadi dari pengalaman kerja yang sebelumnya, minyak kelapa biasanya dibuat dengan pemanasan tinggi sedangkan VCO cenderung menggunakan tanpa pemanasan tinggi.

Untuk minyak kelapa, tidak hanya dari kopra, tetapi bisa juga diperoleh dari pemanasan santan dengan suhu tinggi. Namun untuk VCO, biasanya bahan yang digunakan adalah santan murni, dengan berbagai metoda, seperti metoda minyak pancing, fermentasi dll, nantinya akan terpisah antara minyak dan sedimennya.. Nah yang diambil adalah bagian minyaknya.

Bisa juga menggunakan metoda lain, berhubung santan adalah suatu jenis cairan koloid, maka kita bisa melakukan metoda pemisahan dengan cara mekanik seperti sentrifugal. Jadi intinya banyak jalan menuju ke roma dalam menghasilkan VCO. Dan khususnya pabrik, kebanyakan menggunakan mesin sentifugal ini.

Kebetulan saya pernah membuat VCO tanpa pemanasan, dan memang bahan yang digunakan dari santan murni, gak pake penambahan zat apapun, biasanya minyak-nya akan otomatis naik sendiri ke permukaan itu lah VCO-nya sangat harum dan tidak ada bau tengik. Karena itu dinamanya Virgin. Untuk pabrik saya setuju memakai mesin sentrifugal lebih praktis supaya minyaknya lebih cepat keluar dari santan.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.383
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ask]apakah air kelapa boleh direbus dan diminum ?
« Reply #59 on: 28 January 2013, 09:18:22 PM »
maksudnya gini, kalo ternyata barco punya hasil yg sama dengan vco, kan barco jauh lebih murah dibanding vco dan sudah dari dulu ada. Dulu sih pernah pakai barco setahun, tapi mahal jg yah :P
There is no place like 127.0.0.1