Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [Ask] Apakah BENAR2 ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 19484 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: [Ask] Apakah BENAR2 ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #120 on: 06 December 2012, 05:01:13 PM »
dari sutta yang saya kutip di atas, sang Buddha mengatakan tentang berdana kalung bunga kok. Berarti dana parfum juga sebenarnya tidak masalah? Kenapa Sang Buddha mengatakan hal itu? bukankah hal-hal demikian tidak akan digunakan oleh si penerima? bahkan jika digunakan, malah dapat terjadi pelanggaran?
"Mālā" ini bisa berarti 'bunga' saja, 'kalung bunga', ataupun 'rangkaian bunga'. Dalam artian 'kalung/rangkaian bunga', maksudnya adalah bunga yang sudah dirangkai. Ini untuk diletakkan di altar, bukan untuk dipakai.
Sama halnya dengan "gandha" atau wangi-wangian bukan untuk dikenakan, tapi untuk tempat/ruangan. Wangi-wangian untuk tubuh dalam bentuk bubuk mandi wangi hanya digunakan oleh bhikkhu yang memiliki gangguan bau badan (atau penyakit kulit yang menyebabkan bau badan). Bhikkhu lainnya hanya menggunakan bubuk mandi biasa tanpa pewangi.

Penggunaan untuk menghias diri sudah tidak perlu dibahas, sebab dalam atthasila bagi umat awam saja sudah dihindari. Untuk vinaya, diatur dalam Culavagga V.36 tentang perilaku yang tidak sesuai. Jika membandel setelah dinasihati, maka bisa dikenakan Sanghadisesa.