Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?  (Read 60785 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Stephensuleeman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 119
  • Reputasi: -15
Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« on: 15 August 2012, 06:15:53 PM »
saya lihat teman2 disini pd mengkritisi agama Krizten & tak segan2 menjuluki Yesus sebagai Gusti Brewok. Bahkan pernah ada yg mengira saya Krizten hanya karena nama saya yg sedikit berbau Krizten. ada apa sih sebenarnya ? kl berdasarkan trit2 mengenai Krizten disini yg saya tangkap maksudnya adalah:
1. melakukan Kriztenisasi (saya kaget soal ini karena selama ini masalah Kriztenisasi awalnya hanya dr situs Islam doank)
2. mengganggu Buddha dengan menganggapnya sebagai berhala & melecehkannya

tp mohon disharing lebih jelas lagi donk. bagaimana kisahnya teman2 disini bisa demikian ? alasannya ? bahkan kisah & alasan yg mantan Krizten disini bisa jd Buddha ?

(IMHO, sebenarnya saya awalnya ingin mengatakan "membenci" hanya saja karena membenci sesuatu itu tidak boleh maka saya pakai kata "mengkritisi" agar tampak lebih halus)

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #1 on: 15 August 2012, 06:32:05 PM »
saya lihat teman2 disini pd mengkritisi agama Krizten & tak segan2 menjuluki Yesus sebagai Gusti Brewok. Bahkan pernah ada yg mengira saya Krizten hanya karena nama saya yg sedikit berbau Krizten. ada apa sih sebenarnya ? kl berdasarkan trit2 mengenai Krizten disini yg saya tangkap maksudnya adalah:
1. melakukan Kriztenisasi (saya kaget soal ini karena selama ini masalah Kriztenisasi awalnya hanya dr situs Islam doank)
2. mengganggu Buddha dengan menganggapnya sebagai berhala & melecehkannya

tp mohon disharing lebih jelas lagi donk. bagaimana kisahnya teman2 disini bisa demikian ? alasannya ? bahkan kisah & alasan yg mantan Krizten disini bisa jd Buddha ?

(IMHO, sebenarnya saya awalnya ingin mengatakan "membenci" hanya saja karena membenci sesuatu itu tidak boleh maka saya pakai kata "mengkritisi" agar tampak lebih halus)

Sebenarnya sudah anda jawab sendiri di nomor 1 dan nomor 2.  Selanjutnya tinggal kembangan dan variasinya aja.
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #2 on: 15 August 2012, 06:55:33 PM »
saya lihat teman2 disini pd mengkritisi agama Krizten & tak segan2 menjuluki Yesus sebagai Gusti Brewok. Bahkan pernah ada yg mengira saya Krizten hanya karena nama saya yg sedikit berbau Krizten. ada apa sih sebenarnya ? kl berdasarkan trit2 mengenai Krizten disini yg saya tangkap maksudnya adalah:
1. melakukan Kriztenisasi (saya kaget soal ini karena selama ini masalah Kriztenisasi awalnya hanya dr situs Islam doank)
2. mengganggu Buddha dengan menganggapnya sebagai berhala & melecehkannya

tp mohon disharing lebih jelas lagi donk. bagaimana kisahnya teman2 disini bisa demikian ? alasannya ? bahkan kisah & alasan yg mantan Krizten disini bisa jd Buddha ?

(IMHO, sebenarnya saya awalnya ingin mengatakan "membenci" hanya saja karena membenci sesuatu itu tidak boleh maka saya pakai kata "mengkritisi" agar tampak lebih halus)

kalau saya pribadi tidak membenci agama apa pun dan misionaris apa pun
saya pikir misionaris ya ibarat salesman, namanya juga orang usaha
yg jadi masalah kalo salesman itu sudah 'memaksa' dlm memasarkan produknya (ini sudah sering saya temui)
apakah calon konsumen itu harus mau 'dipaksa', di mana donk HAM
terlebih lagi kalau misionaris tsb di forum agama lain, apa ngak jadi masalah?

karena aku ingin menjadi praktisi Buddhis
tentunya 'membenci/melecehkan' telah melencengkanku dari Buddhism
maka sebisa mungkin ini tidak terjadi
apakah ini tidak bisa terjadi?
sangat2 bisa terjadi, karena pd dasarnya kita masih belajar
belumlah sempurna spt Buddha atau Arahat
paling kalau itu terjadi padaku,
aku akan introspeksi diri lagi,
agar di masa mendatang tidak terulang

kalau masalah orang melecehkan, jujur sih terganggu
paling ya coba diluruskan, moga2 bisa saling mengerti
kalo ternyata orang itu ngotot
ya sudah karma-mu adalah karma-mu, karma-ku adalah karma-ku

Offline Predator

  • Sebelumnya: Radi_muliawan
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 585
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
  • Idealis tapi realistis dan realistis walau idealis
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #3 on: 15 August 2012, 07:21:04 PM »
Kalo saya awalnya karena ada kr****nisasi di keluarga mama saya smpai ada acara bakar2 rupang dan asesoris berbau buddha, sampai akhirnya sering diajak KKR di tempat kerja lama walau sering menolak secara halus tapi usahanya gigih.. Jadi akhirnya terpaksa "berdiskusi" mengenai keyakinan yg dipercaya itu dengan pengetahuan dasar yg saya miliki mengenai buddhism, walau butuh waktu tapi setidaknya orang tersebut malah jadi temen kerja yg baik dan sering curhat.. Cuma ya karena sudah terbiasa berdiskusi sebelumnya sampai sekarang kalo masih ada yg maksa mau gak mau terpaksa ikut "berdiskusi serius"


saya lihat teman2 disini pd mengkritisi agama Krizten & tak segan2 menjuluki Yesus sebagai Gusti Brewok. Bahkan pernah ada yg mengira saya Krizten hanya karena nama saya yg sedikit berbau Krizten. ada apa sih sebenarnya ? kl berdasarkan trit2 mengenai Krizten disini yg saya tangkap maksudnya adalah:
1. melakukan Kriztenisasi (saya kaget soal ini karena selama ini masalah Kriztenisasi awalnya hanya dr situs Islam doank)
2. mengganggu Buddha dengan menganggapnya sebagai berhala & melecehkannya

tp mohon disharing lebih jelas lagi donk. bagaimana kisahnya teman2 disini bisa demikian ? alasannya ? bahkan kisah & alasan yg mantan Krizten disini bisa jd Buddha ?

(IMHO, sebenarnya saya awalnya ingin mengatakan "membenci" hanya saja karena membenci sesuatu itu tidak boleh maka saya pakai kata "mengkritisi" agar tampak lebih halus)
susah dan senang, sakit dan sehat selalu silih berganti

Offline decay2000

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 32
  • Reputasi: 8
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #4 on: 15 August 2012, 08:30:00 PM »
Daripada saling mengkritik antar agama antar kepercayaan, lebih baik jika kita melihat diri kita sendiri, kebencian diri kita sendiri, ketidak-nyamanan batin kita sendiri dan sadari semua apa yang datang ke pikiran kita sendiri. dari sana akan timbul kebijaksanaan dan jika anda tidak bisa mencintai agama/ras/kepercayaan lain, setidaknya belajarlah untuk tidak membencinya... semoga bahagia.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia dan damai sejahtera.
-----------------------------------------

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #5 on: 15 August 2012, 08:39:40 PM »
Daripada saling mengkritik antar agama antar kepercayaan, lebih baik jika kita melihat diri kita sendiri, kebencian diri kita sendiri, ketidak-nyamanan batin kita sendiri dan sadari semua apa yang datang ke pikiran kita sendiri. dari sana akan timbul kebijaksanaan dan jika anda tidak bisa mencintai agama/ras/kepercayaan lain, setidaknya belajarlah untuk tidak membencinya... semoga bahagia.
Amin
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #6 on: 15 August 2012, 08:43:29 PM »
bagaimana kisahnya teman2 disini bisa demikian ? alasannya ? bahkan kisah & alasan yg mantan Krizten disini bisa jd Buddha ?

(IMHO, sebenarnya saya awalnya ingin mengatakan "membenci" hanya saja karena membenci sesuatu itu tidak boleh maka saya pakai kata "mengkritisi" agar tampak lebih halus)
Ini dari gw pribadi...
Mereka orang orang yg dalam upaya missionaris, sering kali...
- Menghina budaya leluhur gue
- Menginjak-injak dan mencemooh budaya leluhur gue
- Mengeksekusi pembuangan pernak-pernik budaya leluhur, tanpa izin keluarga besar dirumah tsb

Sanak sodara gw boleh sanggup elo cuci otak,
Tapi bukan berarti elo bisa seenak2nya menganggu isi rumah kami.
« Last Edit: 15 August 2012, 08:45:34 PM by Kemenyan »

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #7 on: 15 August 2012, 08:49:52 PM »
- Menghina budaya leluhur gue
- Menginjak-injak dan mencemooh budaya leluhur gue
- Mengeksekusi pembuangan pernak-pernik budaya leluhur, tanpa izin keluarga besar dirumah tsb

Pengamatan gw, mereka hanya menghina, mencemooh dan pernak-pernik budaya yang ada sangkutannya dengan agama, tetapi mereka akan membanggga-banggakan bahkan membesar-besarkan budaya yang tidak ada sangkutannya dengan agama dan budaya yang di besar-besarkan itu digabungkan ke bagian dari acara agama mereka. Udah bawaannya dari timur tengah. wajar bangat, ada mamak ada anaknya.
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline Predator

  • Sebelumnya: Radi_muliawan
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 585
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
  • Idealis tapi realistis dan realistis walau idealis
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #8 on: 15 August 2012, 09:26:40 PM »
Awalnya juga saya sering merenung "apa salah gw sampe harus diajak KKR dan diajak melihat penyembuhan mujizat", kalo tidak memberitahukan signal inilah ajaran yg aku pegang teguh pandangan anda keliru atas ajaran yg saya pegang, hargai keyakinan yg saya pegang.. Kalau dari pengalaman saya pribadi jika tidak memberikan signal mungkin penderitaan always to be continue :D sampai pernah disodori telp ke pendeta  pas jam kerja dibilang biar saya tercerahkan hehehe bener berkesan waktu itu. Tapi yah mungkin itu tergantung dari siapa yg melakukan pemaksaan walau secara halus tapi tetep dihadapinya jangan pake tersinggung  ^-^

Daripada saling mengkritik antar agama antar kepercayaan, lebih baik jika kita melihat diri kita sendiri, kebencian diri kita sendiri, ketidak-nyamanan batin kita sendiri dan sadari semua apa yang datang ke pikiran kita sendiri. dari sana akan timbul kebijaksanaan dan jika anda tidak bisa mencintai agama/ras/kepercayaan lain, setidaknya belajarlah untuk tidak membencinya... semoga bahagia.
« Last Edit: 15 August 2012, 09:30:13 PM by Radi_muliawan »
susah dan senang, sakit dan sehat selalu silih berganti

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #9 on: 15 August 2012, 09:38:28 PM »
yg lebih lucu adalah, kenapa thread ini bisa masuk ke board ini? apakah karena mengandung kata "kritik"?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #10 on: 15 August 2012, 09:47:21 PM »
yg lebih lucu adalah, kenapa thread ini bisa masuk ke board ini? apakah karena mengandung kata "kritik"?
:))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Predator

  • Sebelumnya: Radi_muliawan
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 585
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
  • Idealis tapi realistis dan realistis walau idealis
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #11 on: 15 August 2012, 09:53:36 PM »
???  :)

Ow maksudnya board kritik ini seharusnya kritik mengEnai DC bukan mengenai yg lain yak :)) salah tempat dong bang step ini
« Last Edit: 15 August 2012, 09:57:52 PM by Radi_muliawan »
susah dan senang, sakit dan sehat selalu silih berganti

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #12 on: 15 August 2012, 10:04:33 PM »
Daripada saling mengkritik antar agama antar kepercayaan, lebih baik jika kita melihat diri kita sendiri, kebencian diri kita sendiri, ketidak-nyamanan batin kita sendiri dan sadari semua apa yang datang ke pikiran kita sendiri. dari sana akan timbul kebijaksanaan dan jika anda tidak bisa mencintai agama/ras/kepercayaan lain, setidaknya belajarlah untuk tidak membencinya... semoga bahagia.

Setuju.  Tapi kalau anda tidak berkeberatan, coba posting juga kalimat yang anda tulis diatas di forum agama / kepercayaan yang lain.  Supaya kebahagiaan bisa timbul disemua umat apapun kepercayaannya.
~Life is suffering, why should we make it more?~

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #13 on: 15 August 2012, 10:10:04 PM »
malah pindah ke sini, kenapa bukan kafe jongkok?

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Buddhist, mengapa kalian mengkritisi Krizten ?
« Reply #14 on: 16 August 2012, 05:37:29 AM »
malah pindah ke sini, kenapa bukan kafe jongkok?

harusnya ada board 'IQ jongkok' =))
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.