//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?  (Read 5080 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
kalau kita membaca ramalan cuaca...

spt angin topan, hujan besar,.. maka lebih baik kita tidak berpergian dgn kapal laut atau pesawat terbang...

spt radio tertentu yg selalu menyiarkan berita keadaan jalan...
   nah dgn tuneIn ke channel tsb,.. kita dpt lebih mudah mengalamin kemacetan...

kalau ramalan kehidupan (sejenis suhu yg bisa melihat kartu, dll) utk mengantisipasi
   kejadian/kesulitan yang akan datang,  apakah boleh ?


(mohon Mod pindahkan, kalau salah thread!, thx)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #1 on: 01 October 2011, 09:49:58 AM »
kalau kita membaca ramalan cuaca...

spt angin topan, hujan besar,.. maka lebih baik kita tidak berpergian dgn kapal laut atau pesawat terbang...

spt radio tertentu yg selalu menyiarkan berita keadaan jalan...
   nah dgn tuneIn ke channel tsb,.. kita dpt lebih mudah mengalamin kemacetan...

kalau ramalan kehidupan (sejenis suhu yg bisa melihat kartu, dll) utk mengantisipasi
   kejadian/kesulitan yang akan datang,  apakah boleh ?


(mohon Mod pindahkan, kalau salah thread!, thx)

Kalo ramalan cuaca bisa ditelusuri dari faktor-faktor alam. Kalo ramalan hidup, nerawangnya dari mana ya ?  :-?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #2 on: 01 October 2011, 11:35:27 AM »
Kalo ramalan cuaca bisa ditelusuri dari faktor-faktor alam. Kalo ramalan hidup, nerawangnya dari mana ya ?  :-?

Dari sila dan perbuatan yg dilakukan, baik atau buruk.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #3 on: 01 October 2011, 01:18:43 PM »
Hmmm ramal meramal,

emang kalau tahu kenapa dan kalau tidak kenapa ?
Toh tetap saja kita harus rajin melakukan kamma baik selagi kita masih mampu melakukannya.

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #4 on: 03 October 2011, 12:47:35 AM »
saya bilang boleh2 saja, toh nda ada salah nya.

sama seperti ramalan cuaca, sedia payung jika akan hujan.

rajin2 nabung kebaikan, untuk siap2 kalau dapat bonus vipaka buruk.
bukankah dgn begitu anda akan lebih mawas diri?
Samma Vayama

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #5 on: 03 October 2011, 06:12:19 AM »
Yaaah manusia itu macam macam, ada yang simpel cukup laksanakan kewajibannya dengan baik , plus kalau ada peluang yah dilaksanakan lebih baik lagi. Ada juga yang perlu hal hal yang mendukung motivasinya supaya dia semangat mengerjakan kewajibannya :)

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #6 on: 03 October 2011, 07:08:43 AM »
Dari sila dan perbuatan yg dilakukan, baik atau buruk.


benarkah? bisa dijelaskan lebih lanjut? bagaimana sila dan perbuatan seseorang bisa jadi alat untuk meramalkan masa depannya?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #7 on: 03 October 2011, 07:34:25 AM »
benarkah? bisa dijelaskan lebih lanjut? bagaimana sila dan perbuatan seseorang bisa jadi alat untuk meramalkan masa depannya?

Kalau sila bagus yah kehidupannya cenderung damai dan tentram untuk kedepannya.  Kalau silanya jelek maka keadaan2 jelek yang biasa mengikutinya tergantung sila keberapa yang sering dilanggar.

Banyak melakukan perbuatan bajik ditambah melaksanakan sila biasanya sih akan sejahtera.

Mohon jangan ditanya prosesnya yah, ntar dibantai lagi.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #8 on: 03 October 2011, 07:47:52 AM »
Kalau sila bagus yah kehidupannya cenderung damai dan tentram untuk kedepannya.  Kalau silanya jelek maka keadaan2 jelek yang biasa mengikutinya tergantung sila keberapa yang sering dilanggar.

Banyak melakukan perbuatan bajik ditambah melaksanakan sila biasanya sih akan sejahtera.

Mohon jangan ditanya prosesnya yah, ntar dibantai lagi.

tapi karma kan udah bekerja sejak berkalpa2 lalu, apakah jika dalam kehidupan ini silanya bagus dan banyak berbuat baik, maka karma lampau jadi bisa ditiadakan?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #9 on: 03 October 2011, 07:53:57 AM »
tapi karma kan udah bekerja sejak berkalpa2 lalu, apakah jika dalam kehidupan ini silanya bagus dan banyak berbuat baik, maka karma lampau jadi bisa ditiadakan?

Memang karma lampau tidak bisa ditiadakan, minimal jika kehidupan ini mempunyai sila yang bagus dan perbuatan bajik yang banyak, maka mudah2an akibat yg diterima akibat karma lampau bisa lebih ringan akibatnya.
Tapi secara garis besar yang dijadikan patokan ya itu, sila dan kebajikan.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #10 on: 03 October 2011, 08:57:49 AM »
Hmmm ramal meramal,

emang kalau tahu kenapa dan kalau tidak kenapa ?
Toh tetap saja kita harus rajin melakukan kamma baik selagi kita masih mampu melakukannya.

contoh si A
1. pinter masak > apakah buka resotran/rumah makan
2. hobi mobil > apakah buka pencuci mobil
3. hobi menulis > jualan eBook
4. hobi computer > online business

nah sih A pergi ke ahli peramal yg konon 90% akurat...
utk menentukan 4 pilihan manakah yg paling baik/cocok utk dijalankan...

pertanyaannya :
1. apakah si A telah melakukan "curang" dgn bantuan ahli peramal ?
2. adakah karma yg harus ditanggung karna melakukan "kecurangan tsb"
3. dgn bantuan hali peramal, apakah ini termasuk membocorkan rahasia langit ?
    (pepatah ini sering kita dengar)

ahli peramal bisa juga diganti dgn ramalan cuaca, telescope, microscope, dan alat deteksi lainnya....  mohon masukan


Quote
Kalo ramalan cuaca bisa ditelusuri dari faktor-faktor alam. Kalo ramalan hidup, nerawangnya dari mana ya ? 
Nerawangnya bayarlah pada yg ahli...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #11 on: 03 October 2011, 11:45:11 AM »
nah sih A pergi ke ahli peramal yg konon 90% akurat...
utk menentukan 4 pilihan manakah yg paling baik/cocok utk dijalankan...

pertanyaannya :
1. apakah si A telah melakukan "curang" dgn bantuan ahli peramal ?

apakah kita ke dokter untuk menyembuhkan penyakit itu curang ? Apakah kita minta bantuan polisi untuk menjaga rumah juga curang ?
Kalau saya lebih prefer ke arah manfaat dan mudaratnya hahaha

2. adakah karma yg harus ditanggung karna melakukan "kecurangan tsb"

well, karma itu sebenarnya rumit, bahkan lebih rumit dari isi komputer.
Sekalipun mau mikir pake sisi apapun, tetep aja tidak akan sempurna. Paling paling yah sebatas "meyakini" "skenario" yang disusun oleh "keyakinan" diri sendiri.
Kalau lihat ajaran Sang Buddha, daripada sibuk dalam urusan njlimet ini, ada sesuatu yang benar benar bikin kita bebas dari penderitaan, tidak peduli kejadian apapun yang kita alami, yaitu menjalankan Dhamma, termasuk sila, bukan dengan motivasi kelak pasti dapat hal hal yang menyenangkan, namun lebih ke arah rasional bahwa Dhamma daan termasuk sila di dalamnya akan memberi kita kebijaksanaan dalam menyikapi hidup. Kenapa dmeikian ? apa sih kebahagiaan itu ? orang dapat 1 M aja masih penuh ketidak puasan .

Jadi sebenarnya, kamma baik dan kamma buruk pun masih dalam kategori ilusi. Ga percaya ? coba terus kejar motivasi kamma baik dan kamma buruk, maka Anda tidak akan menemukan ketenangan yang sebenarnya.

3. dgn bantuan hali peramal, apakah ini termasuk membocorkan rahasia langit ?
    (pepatah ini sering kita dengar)

Yahhh... masalahnya apa apa yang termasuk rahasia langit juga masuk dalam kategori berubah ubah (sesuai pemikiran manusia dari jaman ke jaman).
So, masih pada prinsip Sang Buddha, jalani dan praktekkan Dhamma. Bebaskan batin. Hanya ini satu satu nya jalan lepas dari jerat kamma.

ahli peramal bisa juga diganti dgn ramalan cuaca, telescope, microscope, dan alat deteksi lainnya....  mohon masukan

Nerawangnya bayarlah pada yg ahli...

Cara nerawang ?
Buat apa kalo tahu cuaca tapi tidak punya perbekalan yang lengkap untuk menghadapi segala cuaca ?
Padahal dalam hidup biasa banyak contoh. Contohlah orang yang rajin menabung sadar akan masa depan, yah dia ngga akan pusing apakah kelak benar benar tertimpa kemalangan mendadak atau rejeki nomplok, satu satunya pikiran dia adalah "berjaga jaga dengan cara yang  tepat."

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #12 on: 03 October 2011, 12:08:54 PM »
tapi karma kan udah bekerja sejak berkalpa2 lalu, apakah jika dalam kehidupan ini silanya bagus dan banyak berbuat baik, maka karma lampau jadi bisa ditiadakan?

tidak bisa ditiadakan, tapi paling tidak udah menguranginnya...

pertanyaannya adalah perbuatan apa yg bisa melunasin semua karma2 lampau ? bro Indra ? ada tips nya? atau tanya peramal lagi ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #13 on: 04 October 2011, 09:42:40 AM »
tidak bisa ditiadakan, tapi paling tidak udah menguranginnya...

pertanyaannya adalah perbuatan apa yg bisa melunasin semua karma2 lampau ? bro Indra ? ada tips nya? atau tanya peramal lagi ?

Tidak ada pelunasan juga,
tapi karma bisa menjadi mandul.
Dan ingatlah antara baik dan buruk itu tergantung permainan pikiran.

Jadi laksanakan Dhamma (sesuai taraf yang bisa Anda jangkau, laksanakan sebaik baiknya dan kurangi terlibat dengan emosi emosi atau kegiatan yang tidak menunjang peningkatan batin . Hati hati terhadap pergerakan dan tipu daya batin, karena satu pergerakan salah akan menyebabkan Anda makin jauh dari Dhamma dan makin terjerumus dalam kegelapan.)
setelah realisasi, maka bahkan kejadian yang di "pikir" buruk oleh orang awam , tidak akan berlaku lagi bagi Anda.

Apakah ini usaha menghibur diri ?
Bukan
Sebab mengalami kejadian buruk , namun mencoba membohongi diri sendiri, mengatakan diri sendiri tidak sedih padahal batin tertekan, ini masih harus dikatakan bahwa dia terkena imbas karma buruk.

Seperti halnya orang miskin yang menyatakan tidak kemaruk harta namun sehari hari terus mengeluh beban hidup anak istri dan lainnya.
« Last Edit: 04 October 2011, 09:47:42 AM by lucky »

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: ramalan cuaca, trafic information, ramalan kehidupan... apakah boleh ?
« Reply #14 on: 04 October 2011, 11:17:56 PM »
Penghidupan Salah

Seorang bhikkhu tidak diperbolehkan untuk mempraktekkan ilmu membaca garis tangan dan meramal nasib; untuk meramal cuaca, gangguan-gangguan, wabah; menginterpretasikan tanda-tanda dan petanda lainnya; untuk menentukan apakah lokasi untuk bangunan yang diusulkan memiliki keberuntungannya atau tidak; mempraktekkan ilmu gaib; bertindak sebagai dokter, terkecuali kepada sanak keluarga dan kenalan dekat.

Penjelasan yang lebih merinci diberikan di beberapa Sutta Digha Nikāya, misalnya Sāmaññaphala Sutta dan Ambaṭṭha Sutta

source : http://dhammacitta.org/dcpedia/Peraturan_Kedisiplinan_Bhikkhu:_Panduan_Bagi_Umat_Awam_%28Dhammavuddho%29#cite_ref-10
« Last Edit: 04 October 2011, 11:21:02 PM by suwarto8116f »