//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa  (Read 16649 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #30 on: 21 May 2013, 07:47:35 PM »
gue simak terus kok ! dapat jatah ndak ?

Karena telat, bagaimana kalau sekarang giliran anda yg bagi2 GRP ?  :whistle: :))


#Gawat. Preman lain temennya si preman senior minta jatah, :-?  daripada thread gw kenapa-napa, gw kasih daaaah....  :D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #31 on: 21 May 2013, 08:32:07 PM »
After Buddha Vessabhu parinibbana, when the aeon in which he appeared had come to an end, twenty nine sunna kappas elapsed and there emerged the present bhadda kappa of five buddhas. In this kappa had appeared four buddhas: Kakusandha, Konagamana, Kassapa, and Gotama. The buddha yet to come is Metteya.

The bhadda kappa comprises sixty four antara kappas, when human life span decreased from asankhyeyya to forty thousand years, Kakusandha bodhisatta bla bla bla....


Sebelumnya disebutkan sudah 4 AK dan 100.000 kappa berlalu sejak Buddha Dipankara dan akhirnya sampai ke kappa yg sekarang.  Dikatakan di atas, bhadda kappa (yg sekarang) terdapat 64 antara kappa, artinya klop dengan penjelasan 1 Asankheyya kappa di bagian Anudipadi buku RAPB. 

Kesimpulan:
-  Akhiran 100.000 kappa yg disebutkan dilalui bodhisatta berarti kalpa dari Asankheyya kappa.
   Tau dari mana? 
   RAPB/TGCB menyebutkan bhaddakappa yg sekarang 64 antara kappa di mana dalam 64 ini muncul 5 Buddha.

-  Buddha Gotama menempuh 4AK + 100.000 kappa sejak pertemuan dengan Buddha Dipankara.
   = 4AK + 100.000 (AK)
   = 100.004 AK

Kenapa gw formulasikan demikian?  Bacalah kembali Anudipadi RAPB.  Secara saklek buku ini memformulasikan
1MK = 4AK
1 AK = 64 antara kappa.

Back to :  Kesimpulan.


Rancu.  Gw kah?  ???
lagi-lagi lupa om... ;D
dalam 1 MK terdapat 4 AK, dan dari 4 AK, yang dapat dihuni manusia hanya 1 AK, jadi penjelasan RAPB yang mengatakan kappa ini terdiri dari 64 kappa kecil adalah benar, karena 192 kappa lainnya tidak dihuni dapat manusia...
jadi kappa disini tetap bisa merujuk pada MK...

dan AK disana tetap merujuk pada hitungan Maha Kappa yang tak terhitung, bukan AK 'kecil'
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.396
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #32 on: 21 May 2013, 08:43:22 PM »
Coba cross cek ke Visuddhimagga, di sana juga ada penjelasan MK dan AK, pada pembahasan tentang kemampuan mengingat kehidupan lampau.....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #33 on: 21 May 2013, 09:19:33 PM »
Coba cross cek ke Visuddhimagga, di sana juga ada penjelasan MK dan AK, pada pembahasan tentang kemampuan mengingat kehidupan lampau.....

Monggo buat yg punya textnya dibahas di sini...
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #34 on: 21 May 2013, 09:21:43 PM »
lagi-lagi lupa om... ;D
dalam 1 MK terdapat 4 AK, dan dari 4 AK, yang dapat dihuni manusia hanya 1 AK, jadi penjelasan RAPB yang mengatakan kappa ini terdiri dari 64 kappa kecil adalah benar, karena 192 kappa lainnya tidak dihuni dapat manusia...
jadi kappa disini tetap bisa merujuk pada MK...

dan AK disana tetap merujuk pada hitungan Maha Kappa yang tak terhitung, bukan AK 'kecil'

Ya. Karena MK ada 4AK, tapi dari 4AK itu hanya 1AK yg memungkinkan ada manusianya, maka boleh dikata untuk pembahasan sammasambuddha, 1MK sama saja dengan 1AK kalau cuma bahas segi waktu yg ada manusianya.
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #35 on: 21 May 2013, 09:36:32 PM »
Ya. Karena MK ada 4AK, tapi dari 4AK itu hanya 1AK yg memungkinkan ada manusianya, maka boleh dikata untuk pembahasan sammasambuddha, 1MK sama saja dengan 1AK kalau cuma bahas segi waktu yg ada manusianya.
ya kalau hitungan kappa cuma dihitung yang ada manusianya, 3 kappa lainnya tidak dihitung, maka perhitungannya ujung-ujungnya pun akan sama...
kalau 100.000 AK dihitung, 300.000 AK lainnya tidak dihitung, ya balik lagi totalnya 100.000 MK

hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.396
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #36 on: 22 May 2013, 08:13:50 AM »
Link Visuddhimagga ada di ATI, pernah gw post di sini juga (sori pake HP susah ngasih link)
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #37 on: 26 May 2013, 08:22:30 PM »
okelah, kita anggap itu antara kappa, tapi tahukah anda kapan kemunculan Buddha Metteya??

dalam Bhadda kappa ini sudah muncul 4 Buddha, dan Buddha Metteya menyusul setelah umur manusia turun hingga 10 tahun, naik lagi sampai 100.000 tahun, turun lagi hingga 10 tahun, baru setelah naik lagi hingga 100.000 tahun Buddha metteya muncul....
Itu sudah berapa antara kappa??
ini gak salah wil?
bukannya buddha gak akan muncul saat usia lg naik?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #38 on: 26 May 2013, 08:25:00 PM »
Spoiler: ShowHide
GRP balik untuk semuanya.
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.396
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #39 on: 26 May 2013, 08:57:13 PM »
Spoiler: ShowHide
GRP balik untuk semuanya.


Gw naikin juga deh.... ;D
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #40 on: 27 May 2013, 04:10:49 PM »
Awalnya adalah miskonsepsi antara "Asankheyya Kappa" dan "Asankheyya". Ini dua kappa yang berbeda.

Dalam satu mahakappa, terbagi dalam 4 Asankheyya Kappa, yaitu
-Kappa penyusutan (samvatta asankheyya kappa) di mana galaksi mengerut
-Kappa penyusutan sempurna (samvattatthayi asankheyya kappa) di mana galaksi mengerut maksimal
-Kappa pengembangan (vivatta asankheyya kappa) di mana galaksi mengembang
-Kappa pengembangan sempurna (vivattatthayi asankheyya kappa) di mana galaksi mengembang sempurna

Kehidupan di galaksi tersebut hanya berlangsung selama masa pengembangan sempurna. Maha-Brahmalah yang pertama terlahir, dan ikut mati bersamaan dengan berakhirnya kappa tersebut, dan memulai kembali masa penyusutan.

Keempat periode ini membentuk satu periode yang disebut Mahakappa (yang diumpamakan dengan menggosok gunung batu dengan isi 1 yojana kubik dengan kain benares setiap seratus tahun sekali atau mengambil dari kotak raksasa sebesar satu yojana kubik satu biji sawi setiap seratus tahun).

Kumpulan Mahakappa yang sangat banyak ini, disebut dengan Asankheyya (tidak terhitung). 4/8/16 yang dilalui oleh para bodhisatta setelah menerima niyattavivaranam adalah Asankheyya ini, yang dalam kasus Bodhisatta Gotama, setelah menerima niyatavivaranam dari Buddha Dipankhara melewati masa yang terbagi dalam:
-Sela Asankheyya (Buddha Kondanna)
-Bhasa Asankheyya (Buddha Mangala, Sumana, Revata, Sobhita)
-Jaya Asankheyya (Buddha Anomadasi, Paduma, Narada)
-Ruci Asankheyya (tidak ada kemunculan Buddha)

Setelah lewat Ruci Asankheyya, bodhisatta masih melewati 100.000 Mahakappa dan bertemu dengan 15 Samma Sambuddha lainnya sebelum akhirnya ia sendiri menjadi Buddha dengan nama Gotama.

100.000 Mahakappa ini menarik karena semua Mahasavaka, Aggasavika dan Mahasavika bertekad pada masa ini di hadapan Buddha Padumuttara, sedangkan Aggasavaka bertekad selama 1 Asankheyya + 100.000 Mahakappa (di hadapan Buddha Anomadasi).

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.396
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #41 on: 27 May 2013, 04:17:18 PM »
Awalnya adalah miskonsepsi antara "Asankheyya Kappa" dan "Asankheyya". Ini dua kappa yang berbeda.

Dalam satu mahakappa, terbagi dalam 4 Asankheyya Kappa, yaitu
-Kappa penyusutan (samvatta asankheyya kappa) di mana galaksi mengerut
-Kappa penyusutan sempurna (samvattatthayi asankheyya kappa) di mana galaksi mengerut maksimal
-Kappa pengembangan (vivatta asankheyya kappa) di mana galaksi mengembang
-Kappa pengembangan sempurna (vivattatthayi asankheyya kappa) di mana galaksi mengembang sempurna

Kehidupan di galaksi tersebut hanya berlangsung selama masa pengembangan sempurna. Maha-Brahmalah yang pertama terlahir, dan ikut mati bersamaan dengan berakhirnya kappa tersebut, dan memulai kembali masa penyusutan.

Keempat periode ini membentuk satu periode yang disebut Mahakappa (yang diumpamakan dengan menggosok gunung batu dengan isi 1 yojana kubik dengan kain benares setiap seratus tahun sekali atau mengambil dari kotak raksasa sebesar satu yojana kubik satu biji sawi setiap seratus tahun).

Kumpulan Mahakappa yang sangat banyak ini, disebut dengan Asankheyya (tidak terhitung). 4/8/16 yang dilalui oleh para bodhisatta setelah menerima niyattavivaranam adalah Asankheyya ini, yang dalam kasus Bodhisatta Gotama, setelah menerima niyatavivaranam dari Buddha Dipankhara melewati masa yang terbagi dalam:
-Sela Asankheyya (Buddha Kondanna)
-Bhasa Asankheyya (Buddha Mangala, Sumana, Revata, Sobhita)
-Jaya Asankheyya (Buddha Anomadasi, Paduma, Narada)
-Ruci Asankheyya (tidak ada kemunculan Buddha)

Setelah lewat Ruci Asankheyya, bodhisatta masih melewati 100.000 Mahakappa dan bertemu dengan 15 Samma Sambuddha lainnya sebelum akhirnya ia sendiri menjadi Buddha dengan nama Gotama.

100.000 Mahakappa ini menarik karena semua Mahasavaka, Aggasavika dan Mahasavika bertekad pada masa ini di hadapan Buddha Padumuttara, sedangkan Aggasavaka bertekad selama 1 Asankheyya + 100.000 Mahakappa (di hadapan Buddha Anomadasi).


Sumbernya dari mana bro?
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #42 on: 27 May 2013, 04:33:13 PM »
Sumbernya dari mana bro?
Berbagai artikel yang mengutip Buddhavamsa dan Visuddhi-magga.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #43 on: 31 May 2013, 08:48:10 PM »
ini gak salah wil?
bukannya buddha gak akan muncul saat usia lg naik?
iya, salah, kemarin lupa di koreksi.. ;D

yang benar adalah Buddha Metteya muncul setelah usia manusia turun sampai 10 tahun, naik lagi sampai 100.000 (atau 84.000) tahun, dan di fase turun baru muncul Buddha Metteya
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Gwi Cool

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 170
  • Reputasi: -2
  • Terpujilah Sang Buddha
Re: Pertanyaan mengenai Kappa / Kalpa
« Reply #44 on: 12 November 2017, 10:16:32 AM »
1 kappa sangat lama. 1 kappa, bumi belum tentu hancur. Karena, dikatakan bumi kita akan hancur ketika 5 Buddha telah selesai (pada masa bumi ini), baru 4 Buddha yang muncul, Buddha Kassapa muncul 90-an Kappa yang lalu, bumi usianya sudah berkappa-kappa (masa sekarang).

100.000 kappa gimana itungna?? Makhluk bukan-persepsi juga bukan-bukan-persepsi usianya 84.000 kappa (klo gak salah), ini aja uda bingung itungnya, bagaimana hitung 100.000 kappa. Bahkan 1/2 kappa, 1/8 kappa juga mungkin da ribut mana yang benar.

Sang Buddha bisa hidup "satu kappa", ini hanyalah istilah. Seperti halnya pencuri, istilahnya "panjang tangan", apakah semua org yang tangannya panjang, disebut pencuri? Yang tangannya pendek pasti bukan pencuri? Tidak. Karena, itu hanya istilah, klo tangannya panjang ya memang panjang aja, gk da hubungannya dengan pencuri. Panjang tangan berarti tangannya panjang, klo istilahnya "pencuri".

Demikian pula, 1 kappa adalah satuan tahun yang begitu lama. Namun, jika dijadikan istilah maka itu artinya "usia rata-rata". Mengapa bisa dijadikan istilah ini? Ambil kasus Buddha Kassapa yang hidup puluhan ribu tahun, jika Buddha Gotama mengatakan, dapat hidup hingga 100 tahun (usia rata-rata pada zaman Buddha Gotama) maka di zaman Buddha Kassapa, 100 tahun cukup sedikit, apalagi di zaman Buddha Dipankara. Oleh karena itu, dipakai istilah 1 kappa, maksudnya adalah usia rata-rata. Jika Buddha Kassapa memiliki usia puluhan ribu tahun maka Buddha Kassapa bisa memperpanjang usia hingga puluhan ribu tahun. Woow! Jika Buddha Dipankara bisa hidup 100.000 tahun maka Buddha Dipankara bisa hidup 100.000 tahun lagi.
Yang mau debat, saya diam, dan mengaku kalah karena saya hanyalah makhluk lemah, debat sama yang lain saja.
Mari berbicara Dhamma yang indah di awal, indah di pertengahan, dan indah di akhir. Indah dengan pikiran penuh cinta kasih. Hobiku menggubah syair.