//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011  (Read 15043 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Dcy

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 3
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« on: 28 February 2011, 09:03:35 PM »
Namo Buddhaya, _/\_

Dalam rangka meningkatkan kesadaran serta kualitas masyarakat akan kesehatan, kami UKKB(Unit Kegiatan Kerohanian Buddha) Universitas Airlangga akan mengadakan kegiatan bakti sosial berupa Pengobatan Gratis Umum & Gigi disertai Penyuluhan dengan

Tema                        :   Bersama Membangun Masyarakat Sehat
Bentuk Pelaksanaan:    Penyuluhan, Pengobatan Umum dan Pemeriksaan Gigi Gratis
Tempat                     :   Kompleks Rumah Susun Sombo RW 5,
                                     Kelurahan Simolawang, Kecamatan Simokerto, Surabaya
Waktu                       :  20 Maret 2011.
Sasaran                    :  300 pasien umum & 100 pasien gigi

Berikut adalah rincian dana yang dialokasikan untuk kegiatan bakti sosial tersebut
ANGGARAN KEGIATAN
Sumber Dana :
1.   Dana UKM Rektorat          : Rp   1.500.000,-
2.   Swadana                          : Rp   1.000.000,-
3.   Sponsor dan donatur         : Rp   3.760.000,-   

Jumlah                                      : Rp  6,260.000,-
(Enam Juta Dua Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah)

Pengeluaran :
Konsumsi   
Makanan untuk 50 orang  [at]  Rp 8.000,-    : Rp   400.000,-
Air kemasan 50 botol  [at]  Rp 1.000,-          : Rp      50.000,-
Publikasi dan Dokumentasi
Pembuatan spanduk                                 : Rp 100.000,-
Pembuatan cd dokumentasi                     : Rp     50.000,-
Cuci cetak                                                 : Rp  50.000,-
Transportasi                                              : Rp 300.000,-
Sekretariat
Pembuatan proposal dan surat menyurat: Rp     50.000,-
Pembelian souvenir untuk 12 tim medis   : Rp   720.000,-
Obat                  
Obat-obatan                                           : Rp   4.000.000,-
Pembuatan etiket                                   : Rp     10.000,-
Pembelian kresek dan plastik                 : Rp     20.000,-
Perlengkapan
Terop 2 buah                                          : Rp  400.000,-
Meja 10 buah + taplak                           : Rp   100.000,-
Tali rafia                                                  : Rp    10.000,-
                                  +
   Jumlah      :  Rp 6.260.000,-
(Enam Juta Dua Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah)
         

Kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu kesempatan yang baik bagi saudara saudari untuk ikut serta berpartisipasi dalam gerakan sosial, oleh karena itu kami mengajak saudara saudari untuk berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial ini.
Partisipasi saudara saudari dapat berupa donasi. Donasi yang hendak anda sumbangkan dapat ditransfer melalui

1. BCA
No rek : 1520385301
Atas Nama : Dicksen Huang

atau

2. Mandiri
No Rek :1420007220980
Atas Nama:Tan Deasy Tandika Wijaya


CP: Dicksen Huang (085261790315)
       Deasy (085237020698)

Partisipasi saudara saudari sangat kami hargai dan sangat bernilai untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan bakti sosial ini. Setiap minggunya kami akan melaporkan perolehan dana dari  saudara saudari, dan tidak lupa laporan pertanggung jawaban akan juga kami laporkan.
Semoga donasi yang kita berikan berguna bagi saudara saudara kita yang membutuhkannya. Atas pastisipasi dan perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.
Anummodana..
Sadhu sadhu sadhu......... _/\_

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #1 on: 28 February 2011, 11:27:54 PM »
confirm?? dr yg laen?
Samma Vayama

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #2 on: 01 March 2011, 12:25:21 AM »
berikut ini adalah pos biaya lucu2 dari suatu proyek sosial. tepatkah menghambur2kan uang diperoleh dari dana publik?

Pembuatan spanduk                                 : Rp 100.000,-
Pembuatan cd dokumentasi                     : Rp     50.000,-
Cuci cetak                                                 : Rp  50.000,-
Transportasi                                              : Rp 300.000,-
Sekretariat
Pembuatan proposal dan surat menyurat: Rp     50.000,-
Pembelian souvenir untuk 12 tim medis   : Rp   720.000,-

menurut saya, biaya di atas tidak ada hubungannya dengan bakti sosial ini

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #3 on: 01 March 2011, 06:08:51 AM »
Quote
Obat-obatan                                           : Rp   4.000.000,-

obat2 apa saja yg dipesan sejumlah 4jt? dan udah pasti obat yg dipakai pasien dan obat yg dipesan tak bakal sama! trus bagaimana sistem retour obat tsb ? dan utk GIGI, hanya pemeriksaan... jadi gak ada pembersihan karang atau hal lainnya yg lebih bermanfaat bagi masyarakat?

jam berapa s/d berapa akhir ?
apakah udah mendptkan tanggapan dari RW tsb ? adakah preregistrasi sehingga mengetahui minat dari RW tsb ?


swadana=self-financing

sementara itu dulu ya.. mohon dijawab
« Last Edit: 01 March 2011, 06:11:48 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #4 on: 01 March 2011, 09:25:54 AM »
berikut ini adalah pos biaya lucu2 dari suatu proyek sosial. tepatkah menghambur2kan uang diperoleh dari dana publik?

menurut saya, biaya di atas tidak ada hubungannya dengan bakti sosial ini
menurut saya sudah tepat.
semoga sukses acaranya...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #5 on: 01 March 2011, 09:43:44 AM »
menurut saya sudah tepat.
semoga sukses acaranya...


ya tentu itu terserah kepada masing2 individu, tapi saya tetap merasa ada yg salah jika dalam suatu kegiatan bakti sosial pengobatan gratis, dana yg terkumpul dari publik yg seharusnya untuk beli obat2an malah digunakan untuk beli souvenir

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #6 on: 01 March 2011, 09:53:29 AM »
ya tentu itu terserah kepada masing2 individu, tapi saya tetap merasa ada yg salah jika dalam suatu kegiatan bakti sosial pengobatan gratis, dana yg terkumpul dari publik yg seharusnya untuk beli obat2an malah digunakan untuk beli souvenir

Kalau foto bersama ya itulah udah souvenir. Atau surat keterangan bahwa org tertentu udah terlibat dlm baksos tsb... apakah souvenir tsb merupakan trophy begitu ? menurut gw.... tidak terlalu perlu dehhhh

utk transportasi 300ribu bisa pakai mobil universitas aja dehhhh lebih irit (ganti bensin gitu) ? apakah universitas gak punya mobil?
« Last Edit: 01 March 2011, 09:55:11 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #7 on: 01 March 2011, 09:56:15 AM »
Kalau foto bersama ya itulah udah souvenir. Atau surat keterangan bahwa org tertentu udah terlibat dlm baksos tsb... apakah souvenir tsb merupakan trophy begitu ? menurut gw.... tidak terlalu perlu dehhhh

utk transportasi 300ribu bisa pakai mobil universitas aja dehhhh lebih irit (ganti bensin gitu) ? apakah universitas gak punya mobil?

lagipula karena ini acara sosial, sebaiknya panitia juga harus berjiwa sosial dan bersedia meminjamkan mobilnya untuk keperluan antar jemput dan angkat barang.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #8 on: 01 March 2011, 09:58:22 AM »
ya tentu itu terserah kepada masing2 individu, tapi saya tetap merasa ada yg salah jika dalam suatu kegiatan bakti sosial pengobatan gratis, dana yg terkumpul dari publik yg seharusnya untuk beli obat2an malah digunakan untuk beli souvenir
imo seh.. gak masalah juga..
kita gak tau apakah tim baksos ini mengundang tenaga medis dari luar.. makanya sebagai kenang2an diberi souvenir..
720rb / 12 = 60 rb, 60rb 1 orang u/ 12 tenaga medis tersebut melayani 400 pasien.. tidak berlebihan.

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #9 on: 01 March 2011, 09:59:57 AM »
btw bro / sis Dcy, tahu id calon arahat(eurika kalau gak salah namanya) ga ? dia FKU unair, mungkin bisa turut andil di baksos ini
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #10 on: 01 March 2011, 10:00:15 AM »
ya tentu itu terserah kepada masing2 individu, tapi saya tetap merasa ada yg salah jika dalam suatu kegiatan bakti sosial pengobatan gratis, dana yg terkumpul dari publik yg seharusnya untuk beli obat2an malah digunakan untuk beli souvenir
acara organisasi kampus seperti ini tentu sifatnya lebih untuk komunitas, hubungan sesama buddhis, eksistensi... bukan murni sosial.
sah2 saja kalo anak2 muda ini bikin spanduk untuk publikasi eksistensi mereka yg segelintir ditengah2 kaum mayoritas, dokumentasi kegiatan, bayarin transport pengurus yg notabene anak kuliahan dan kasih souvenir sukarelawannya.
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #11 on: 01 March 2011, 10:10:31 AM »
Kalau foto bersama ya itulah udah souvenir. Atau surat keterangan bahwa org tertentu udah terlibat dlm baksos tsb... apakah souvenir tsb merupakan trophy begitu ? menurut gw.... tidak terlalu perlu dehhhh

utk transportasi 300ribu bisa pakai mobil universitas aja dehhhh lebih irit (ganti bensin gitu) ? apakah universitas gak punya mobil?
lagipula karena ini acara sosial, sebaiknya panitia juga harus berjiwa sosial dan bersedia meminjamkan mobilnya untuk keperluan antar jemput dan angkat barang.
ini unair bung, universitas negri... mungkin tiap tahunnya ada 20 buddhis diantara 4000 mahasiswa udah terhitung sangat banyak. diakui eksis oleh universitas saja udah sukur. apakah ada mobil universitas untuk segelintir buddhis ini? anak yg skolah di universitas negri kebanyakan bukan orang berada yg punya mobil dan asalnya dari daerah2 lain. uang skolah mereka saja seupil kalo dibandingkan swasta (jaman doeloe).
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #12 on: 01 March 2011, 10:14:25 AM »
ini unair bung, universitas negri... mungkin tiap tahunnya ada 20 buddhis diantara 4000 mahasiswa udah terhitung sangat banyak. diakui eksis oleh universitas saja udah sukur. apakah ada mobil universitas untuk segelintir buddhis ini? anak yg skolah di universitas negri kebanyakan bukan orang berada yg punya mobil dan asalnya dari daerah2 lain. uang skolah mereka saja seupil kalo dibandingkan swasta (jaman doeloe).


saya kenal dengan seorang dokter lulusan UNAIR yg rela mengendarai sepeda motor pribadinya dari surabaya ke mojokerto demi untuk memberikan pengobatan gratis, dengan bensin yg ia beli dari uangnya pribadi, bahkan tanpa memasang spanduk, dan hanya dengan modal obat2an yg dibeli dari dana sukarela teman2nya sendiri.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #13 on: 01 March 2011, 10:23:53 AM »
imo seh.. gak masalah juga..
kita gak tau apakah tim baksos ini mengundang tenaga medis dari luar.. makanya sebagai kenang2an diberi souvenir..
720rb / 12 = 60 rb, 60rb 1 orang u/ 12 tenaga medis tersebut melayani 400 pasien.. tidak berlebihan.



bukankah hal semacam trophy2 adalah disediakan universitas.... karna dia pesan banyak...pasti deh harganya lebih murah dan udah ada logo univ tsb....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.435
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Kesempatan Berdana: Bakti Sosial UKKB-UNAIR 2011
« Reply #14 on: 01 March 2011, 10:24:43 AM »
walaupun ini adalah kegiatan yang diadakan oleh organisasi Buddhis, belum tentu seluruh anggota tim medis adalah Buddhis. sekalipun 12 anggota itu seluruhnya Buddhis,  saya pikir juga tidak berlebihan untuk mengapresiasi mereka.. apalagi nilainya juga masih tergolong masuk akal.. :)
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

 

anything