Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apa yang disembah dalam agama Buddha?  (Read 46527 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Juice_alpukat

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 734
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #30 on: 18 August 2010, 06:59:29 PM »
aku sering menyembah bhante kadang kasih ampao di hari kaathina apa berhala ngga iya menyembah bhante?

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #31 on: 18 August 2010, 08:23:37 PM »
Menyembah atau menghormat itu 2 hal berbeda. Tergantung bagaimana mindset kita, apakah kita benar2 menyembah atau menghormat.
appamadena sampadetha

Offline Juice_alpukat

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 734
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #32 on: 18 August 2010, 08:32:36 PM »
kayakkna kita sujud pada bhante memang tradisiii iyoo itu aku rasa kita sedang lakuin penghormaten pada bhante bukannya nyembah seperti ketika buddha masih hidup mereka murid muridna pada bersujudd pada buddha tanda hormatin bukanna menyuembah buddha begitu loo

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.749
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #33 on: 19 August 2010, 10:00:31 AM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?"
laen kali jawab, "pertanyaannya salah. pertanyaan yang bener: kenapa batin manusia cenderung mencari sesuatu untuk disembah?".
trus jelasin...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #34 on: 20 August 2010, 01:56:46 AM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?"
laen kali jawab, "pertanyaannya salah. pertanyaan yang bener: kenapa batin manusia cenderung mencari sesuatu untuk disembah?".
trus jelasin...

Jelasin dong Om.. nunggu nih.. 8->
appamadena sampadetha

Offline waliagung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 417
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • SEMOGA SEMUA MAHLUK HIDUP BERBAHAGIA
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #35 on: 29 May 2011, 11:09:10 PM »
tp kebanyakan umat sekarang apalagi yg cuma ktp parahnya lgf yg tua-tua............

pastinya buddha minta perpuluh,budha suka kembang ,budha suka nyanyian, budha suka marah,budha suka suka dia kayanya sih......hehehehehhehe

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #36 on: 03 June 2011, 12:14:55 PM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.
itu bukan menyembah patung,..buddha rupang merupakan salah satu obyek puja dalam agama buddha, selain itu juga ada bunga, air, dupa, lilin, daun boddhi dll, rupang buddha diciptakan karena dulu ada ceritanya, setelah Buddha gotama mahaparinibbana, disuatu tempat disana ada seorang bhikkhu muda sedang menyapu halaman vihara, dan tiba2 ditembok ia melihat bayang2 buddha yang terbentuk dari ranting2 pohon, dan bhikkhu muda ini menghormati bayangan tersebut, dan mencapai pencerahan karena melihat sosok bayangan yang dikirannya adalah buddha. maka setelah itu dibentuklah buddha rupang dg tujuan agar yang melihat perwujudan buddha itu bathinnya menjadi tenang dan tentram, namaskara adalah adat istiadat kerajaan kapilavastu, karena Buddha berasal dari keluarga kerajaan, mana namaskara itu adalah tatacara kerajaan kapilavastu(india kala itu) dan dikarenakan buddha berasal dari pangeran kerajaan kapilavastu, banyak pengikut buddha yang berasal dari kerajaan masih membawa adat istiadat kerajaan,..maka orang lain menyangka bahwa itu adalah cara menyembah sesuatu,.padahal itu tata cara kerajaan abdi kepada keluarga raja, sembah sujud seperti itu yang masih ada sampai sekarang. ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #37 on: 03 June 2011, 10:08:52 PM »
Tapi kalau objek penghormatan umat Buddha ini diutak-atik, pasti sebagian atau malah mungkin banyak yg akan spontan meradang. Dan memang kenyataan, banyak umat yg melampaui batas penghormatan dan menjadi menyembah. Ini yg masih harus diklarifikasikan pada mereka yg demikian.
appamadena sampadetha

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #38 on: 07 June 2011, 09:25:14 AM »
Tapi kalau objek penghormatan umat Buddha ini diutak-atik, pasti sebagian atau malah mungkin banyak yg akan spontan meradang. Dan memang kenyataan, banyak umat yg melampaui batas penghormatan dan menjadi menyembah. Ini yg masih harus diklarifikasikan pada mereka yg demikian.
symbol penghormatan ini memang diagungkan oleh umat Buddha,.karena gini pertama Buddha dan Arahat sdh jarang didunia ini, wajar jika umat Buddha sangat mengagungkan obyek puja ini, nggak bagus juga kl kita bersikap masa bodoh tentang ini,.nanti akan menimbulkan ego yang mendalam, dan malah jadi Atheis( banyak loh kenyataannya ) ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline fran

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 312
  • Reputasi: 8
  • Omitofo
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #39 on: 07 June 2011, 10:14:49 AM »
Apa yang disembah dalam agama Buddha? ---> Mengapa harus ada yg disembah ??

Kalo agama lain ada yg disembilih, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disembilih dlm agama Buddha ?

Kalo agama lain ada yg disalib, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disalib dlm agama Buddha?

Apa yg bisa saya "lepaskan" jika saya memilih agama Buddha ?

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #40 on: 07 June 2011, 11:43:26 AM »
Apa yang disembah dalam agama Buddha? ---> Mengapa harus ada yg disembah ??

Kalo agama lain ada yg disembilih, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disembilih dlm agama Buddha ?

Kalo agama lain ada yg disalib, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disalib dlm agama Buddha?
betul,..pertanyaan timbul karena keingin tahuan, dan jawaban jg timbul berdasarkan pemikiran,.. ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #41 on: 06 July 2012, 10:03:47 AM »
Apa yang disembah dalam agama Buddha? ---> Mengapa harus ada yg disembah ??

Kalo agama lain ada yg disembilih, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disembilih dlm agama Buddha ?

Kalo agama lain ada yg disalib, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disalib dlm agama Buddha?
Jawaban yang sangat baik dan jitu.
maaf terlambat komentarnya  ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #42 on: 15 July 2012, 09:26:54 AM »
Imo, buddhist ga menyembah apapun....
Buddhist merenungkan filosofi hidup, penghormatan kepada Guru yang telah memberi ajaranNya untuk hidup benar.

andai disini ada tombol like this  ;D
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #43 on: 15 July 2012, 12:01:21 PM »
andai disini ada tombol like this  ;D
ada key "thank you" di sebelah kanan atas post....

sebagai percobaan boleh di tekan di post yang satu ini...  :))
« Last Edit: 15 July 2012, 12:02:59 PM by will_i_am »
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #44 on: 16 July 2012, 06:34:11 AM »
Om Will ngarep.com,  sampe double lagi   :)) :P
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »