Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apa yang disembah dalam agama Buddha?  (Read 47323 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Tommy Fong

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 35
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« on: 15 May 2010, 05:52:36 PM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.

Offline seorangv

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 13
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #1 on: 15 May 2010, 06:02:25 PM »
Imo, buddhist ga menyembah apapun....
Buddhist merenungkan filosofi hidup, penghormatan kepada Guru yang telah memberi ajaranNya untuk hidup benar.

Offline eew

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 179
  • Reputasi: 7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #2 on: 15 May 2010, 06:07:02 PM »
Imo, buddhist ga menyembah apapun....
Buddhist merenungkan filosofi hidup, penghormatan kepada Guru yang telah memberi ajaranNya untuk hidup benar.
betull.. makanya Buddha ga pernah minta disembah.. tapi dianggap guru & diteladani.. ;D

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #3 on: 15 May 2010, 06:40:50 PM »
kita tidak pernah menyembah apa pun kita hanya memberi penghormatan yang layak pada yang patut di hormati.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #4 on: 15 May 2010, 07:02:51 PM »
 [at] daimond:

Setuju, Buddha mengajarkan agar kita menghormati yg patut dihormati (puja ca pujaniyanam). Mereka yg patut dihormati adalah Buddha, Dhamma, Sangha, orang tua, guru, dst
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Sol Capoeira

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.746
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #5 on: 15 May 2010, 09:28:26 PM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.

Ajahn Brahmavamso, salah satu Bhikkhu terkemuka..bilang...

"Pada saat kita menyembah Buddha rupang, yg kita sembah adalah nilai2(value2) beliau...seperti Metta,Karuna dan Mudita..kita sembah jasa2 beliau...itulah yg kita sembah di agama Buddha"...

dia melanjutkan juga, kalau semasa beliau berkunjung ke Gereja atas undangan pemuka agama tersebut, Ajahn Brahmavamso juga menyembah patung , dan pemuka agama kr****n itu sempet kaget...:D

dan jelas sekali..yg disembah oleh Ajahn Brahmavamso bukanlah patung  ataupun si  itu sendiri...

tapi yg disembah adalah nilai2 kebajikan dan moral yg tersirat di Patung tersebut..:D

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #6 on: 15 May 2010, 09:46:27 PM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.

tidak perlu terlalu kaget dgn bentuk "menyembah", karna setiap negara maupun tempat memiliki kebiasaan yg berlainan. ada yg jabat tangan, ada yg anjali, ada yg tempel di pipi, ada yg memberi hormat (spt hormat pd Hittler), dan udah tentu juga ada "menyembah".....................

di serial TV master chef di USA, beberapa koki hebat bertanding, ada pria mau................ nah setelah satu babak selesai bertanding........... mereka memberi salam satu sama lainnya...

jelas bukan dgn salam tangan maupun menyembah tetapi dengan.........

spt apa?: ShowHide
berpelukan lelaki dgn wanita............(utk jelasnya cara berpelukan ya nonton serial tsb deh)


so jangan kaget dgn menyembah...kita cuma tidak biasa saja dgn hal itu...

bagaimana menurut yg lain ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #7 on: 15 May 2010, 10:05:42 PM »
Jawab aja gini: Ibu mu yang ku sembah!!!
karena jasanya sungguh besar, ampe ngeluarin ente. perjuangkan nyawa.
Tapi coba liat kelakuan anaknya.. malah ributin sembah menyembah.

Simpel-Nusuk-Tajam-Terpercaya
Samma Vayama

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #8 on: 15 May 2010, 10:44:41 PM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.


Umat Buddha menyembah "hati" mereka.. :)
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Khantiviro

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 8
  • Reputasi: 1
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #9 on: 17 August 2010, 12:53:42 AM »
Buddha bukan Allah yg menciptakan langit dan bumi dan manusia dengan tujuan supaya manusia menyembahnya...makanya kita ga nyembah2 ma buddha,

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #10 on: 17 August 2010, 11:14:27 AM »
Silahkan baca http://dhct.org/d300
There is no place like 127.0.0.1

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #11 on: 17 August 2010, 01:09:35 PM »
ndak nyembah sapa sapa kek nya.. cuma hormati dan jasa jasa beliau aja

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #12 on: 17 August 2010, 04:25:46 PM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.

Nyembah Buddha juga nda masalah, nda usah sungkan, yang penting banyak berbuat baik, dan rajin meditasi.
Buddha memang nda minta disembah tapi juga nda melarang. Yang paling penting melaksanakan ajaran.
Kalau dengan menyembah Buddha merasa lebih nyaman, itu baik. Tapi jangan merasa kalau nda namaskara di depan patung minggu ini merasa tidak diberkahi, Buddha kan transendental, mau namaskara menghadap siapa saja kalau pikiran mau menhormati Buddha nda masalah.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #13 on: 17 August 2010, 04:46:50 PM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.

Bro Tommy Fong,

Mungkin maksud Bro Tommy adalah kita menghormati pribadi Sang Buddha yg telah tercerahkan sempurna yg dilambangkan dengan rupam tsb.

Tapi dalam penyampaian ke umum, penggunaan kalimat Bro tsb bisa disalahpahami bahwa kita menghormati sosok yg ada di dalam patung.

Mungkin dalam penyampaian ke umum, lebih baik kalimatnya diubah sedikit menjadi:  kita menghormati pribadi yg dilambangkan oleh patung tersebut
 

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline WhoAmI

  • Teman
  • **
  • Posts: 72
  • Reputasi: -1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #14 on: 17 August 2010, 08:04:01 PM »
 [at] Tommy
Dilihat secara kasat mata, umat Buddha memang menyembah (rupang)....
Namun berbeda dengan sembah dari agama lain, umat budha tidak menuhankan rupang tersebut..jadi jika tiba2 ada gempa dan rupangnya jatuh lalu pecah, umat buddha tidak akan merasa bersalah...
kita tidak Worship, tapi kita Praise... bukan memuja, tapi memuji...
apa yang kita puji? tingkah laku, ajaran dan cinta beliau pada semua makhluk hidup...
mengapa kita memuji? untuk menguatkan tekad kita dalam mencapai ke-buddha-an seperti yang telah dilakukan dan diajarkan oleh Sang Buddha..

Jika umat agama lain tersebut tidak bisa mengerti, biarkan saja, bukan salah mereka...
kita tidak perlu memaksakan pengertian kita pada mereka...
(Btw, kasus ini terjadi juga pada saya, dengan penjelasan diatas, mereka umumnya ngangguk2...;)  )

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #15 on: 17 August 2010, 10:11:36 PM »
jangan mau kalah, bilang aja di Buddha juga ada Tuhan, namanya LAU MU, kalau mau adu kesaktian Bilang aja di Buddhism ada Lu Sheng Yen ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #16 on: 17 August 2010, 10:29:36 PM »
jangan mau kalah, bilang aja di Buddha juga ada Tuhan, namanya LAU MU, kalau mau adu kesaktian Bilang aja di Buddhism ada Lu Sheng Yen ;D
Trus Suma Chinghai apanya? Li Hongzhi?
appamadena sampadetha

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #17 on: 17 August 2010, 10:35:11 PM »
jangan mau kalah, bilang aja di Buddha juga ada Tuhan, namanya LAU MU, kalau mau adu kesaktian Bilang aja di Buddhism ada Lu Sheng Yen ;D
Trus Suma Chinghai apanya? Li Hongzhi?
contoh orang suci di Buddhism *BANGGA* ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #18 on: 17 August 2010, 10:38:47 PM »
jangan mau kalah, bilang aja di Buddha juga ada Tuhan, namanya LAU MU, kalau mau adu kesaktian Bilang aja di Buddhism ada Lu Sheng Yen ;D
Trus Suma Chinghai apanya? Li Hongzhi?
contoh orang suci di Buddhism *BANGGA* ;D
btw di Buddhism juga ada tuhan loh.. namanya Lao Wu (baca: si tua Wu) *kabur*
appamadena sampadetha

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #19 on: 17 August 2010, 10:40:05 PM »
jangan mau kalah, bilang aja di Buddha juga ada Tuhan, namanya LAU MU, kalau mau adu kesaktian Bilang aja di Buddhism ada Lu Sheng Yen ;D
Trus Suma Chinghai apanya? Li Hongzhi?
contoh orang suci di Buddhism *BANGGA* ;D
btw di Buddhism juga ada tuhan loh.. namanya Lao Wu (baca: si tua Wu) *kabur*
Menghina TUHAN, GW BRP =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #20 on: 17 August 2010, 10:56:37 PM »
Biarin.. masih ada stok 2 digit. :P
appamadena sampadetha

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #21 on: 17 August 2010, 11:02:02 PM »
Biarin.. masih ada stok 2 digit. :P
bentar lagi di Ban loh, tau rasa =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #22 on: 17 August 2010, 11:06:26 PM »
Biarin.. masih ada stok 2 digit. :P
bentar lagi di Ban loh, tau rasa =))
Ah.. aliran sesat macam Ryuyana aja kaga diban, apalagi yg gini :))
appamadena sampadetha

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #23 on: 18 August 2010, 02:12:52 PM »
jangan mau kalah, bilang aja di Buddha juga ada Tuhan, namanya LAU MU, kalau mau adu kesaktian Bilang aja di Buddhism ada Lu Sheng Yen ;D
Trus Suma Chinghai apanya? Li Hongzhi?
contoh orang suci di Buddhism *BANGGA* ;D
btw di Buddhism juga ada tuhan loh.. namanya Lao Wu (baca: si tua Wu) *kabur*

Dibanding tuhan2 agama lain yg senang dipuja dan sering menghukum umatnya, tuhan yg disebut Jerry ini jauh lebih baik, murah hati dan tidak sombong...


::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #24 on: 18 August 2010, 02:24:29 PM »
:hammer: x99999999
There is no place like 127.0.0.1

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #25 on: 18 August 2010, 02:28:40 PM »
jangan mau kalah, bilang aja di Buddha juga ada Tuhan, namanya LAU MU, kalau mau adu kesaktian Bilang aja di Buddhism ada Lu Sheng Yen ;D
Trus Suma Chinghai apanya? Li Hongzhi?
contoh orang suci di Buddhism *BANGGA* ;D
btw di Buddhism juga ada tuhan loh.. namanya Lao Wu (baca: si tua Wu) *kabur*

Dibanding tuhan2 agama lain yg senang dipuja dan sering menghukum umatnya, tuhan yg disebut Jerry ini jauh lebih baik, murah hati dan tidak sombong...


::
:hammer: x99999999
kaga terbukti nih, baik di mananya? murah hati di mananya? =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #26 on: 18 August 2010, 04:06:58 PM »
:backtotopic:
There is no place like 127.0.0.1

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #27 on: 18 August 2010, 06:12:05 PM »
jangan mau kalah, bilang aja di Buddha juga ada Tuhan, namanya LAU MU, kalau mau adu kesaktian Bilang aja di Buddhism ada Lu Sheng Yen ;D
Trus Suma Chinghai apanya? Li Hongzhi?
contoh orang suci di Buddhism *BANGGA* ;D
btw di Buddhism juga ada tuhan loh.. namanya Lao Wu (baca: si tua Wu) *kabur*

Dibanding tuhan2 agama lain yg senang dipuja dan sering menghukum umatnya, tuhan yg disebut Jerry ini jauh lebih baik, murah hati dan tidak sombong...


::
:hammer: x99999999
kaga terbukti nih, baik di mananya? murah hati di mananya? =))

confirm memang hatinya murahan, cuma yg jadi masalah, malesnya itu loh ...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #28 on: 18 August 2010, 06:20:22 PM »
sirik tanda tak mampu... be er peee :P
There is no place like 127.0.0.1

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #29 on: 18 August 2010, 06:37:44 PM »
jangan mau kalah, bilang aja di Buddha juga ada Tuhan, namanya LAU MU, kalau mau adu kesaktian Bilang aja di Buddhism ada Lu Sheng Yen ;D
Trus Suma Chinghai apanya? Li Hongzhi?
contoh orang suci di Buddhism *BANGGA* ;D
btw di Buddhism juga ada tuhan loh.. namanya Lao Wu (baca: si tua Wu) *kabur*

Dibanding tuhan2 agama lain yg senang dipuja dan sering menghukum umatnya, tuhan yg disebut Jerry ini jauh lebih baik, murah hati dan tidak sombong...


::
Akan jauh lebih baik, jauh lebih murah hati dan jauh lebih tidak sombong lagi kalau tuhan ini mentraktir kita-kita Ge eR Pe. ^-^
appamadena sampadetha

Offline Juice_alpukat

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 734
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #30 on: 18 August 2010, 06:59:29 PM »
aku sering menyembah bhante kadang kasih ampao di hari kaathina apa berhala ngga iya menyembah bhante?

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #31 on: 18 August 2010, 08:23:37 PM »
Menyembah atau menghormat itu 2 hal berbeda. Tergantung bagaimana mindset kita, apakah kita benar2 menyembah atau menghormat.
appamadena sampadetha

Offline Juice_alpukat

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 734
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #32 on: 18 August 2010, 08:32:36 PM »
kayakkna kita sujud pada bhante memang tradisiii iyoo itu aku rasa kita sedang lakuin penghormaten pada bhante bukannya nyembah seperti ketika buddha masih hidup mereka murid muridna pada bersujudd pada buddha tanda hormatin bukanna menyuembah buddha begitu loo

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.749
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #33 on: 19 August 2010, 10:00:31 AM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?"
laen kali jawab, "pertanyaannya salah. pertanyaan yang bener: kenapa batin manusia cenderung mencari sesuatu untuk disembah?".
trus jelasin...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #34 on: 20 August 2010, 01:56:46 AM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?"
laen kali jawab, "pertanyaannya salah. pertanyaan yang bener: kenapa batin manusia cenderung mencari sesuatu untuk disembah?".
trus jelasin...

Jelasin dong Om.. nunggu nih.. 8->
appamadena sampadetha

Offline waliagung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 417
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • SEMOGA SEMUA MAHLUK HIDUP BERBAHAGIA
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #35 on: 29 May 2011, 11:09:10 PM »
tp kebanyakan umat sekarang apalagi yg cuma ktp parahnya lgf yg tua-tua............

pastinya buddha minta perpuluh,budha suka kembang ,budha suka nyanyian, budha suka marah,budha suka suka dia kayanya sih......hehehehehhehe

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #36 on: 03 June 2011, 12:14:55 PM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.
itu bukan menyembah patung,..buddha rupang merupakan salah satu obyek puja dalam agama buddha, selain itu juga ada bunga, air, dupa, lilin, daun boddhi dll, rupang buddha diciptakan karena dulu ada ceritanya, setelah Buddha gotama mahaparinibbana, disuatu tempat disana ada seorang bhikkhu muda sedang menyapu halaman vihara, dan tiba2 ditembok ia melihat bayang2 buddha yang terbentuk dari ranting2 pohon, dan bhikkhu muda ini menghormati bayangan tersebut, dan mencapai pencerahan karena melihat sosok bayangan yang dikirannya adalah buddha. maka setelah itu dibentuklah buddha rupang dg tujuan agar yang melihat perwujudan buddha itu bathinnya menjadi tenang dan tentram, namaskara adalah adat istiadat kerajaan kapilavastu, karena Buddha berasal dari keluarga kerajaan, mana namaskara itu adalah tatacara kerajaan kapilavastu(india kala itu) dan dikarenakan buddha berasal dari pangeran kerajaan kapilavastu, banyak pengikut buddha yang berasal dari kerajaan masih membawa adat istiadat kerajaan,..maka orang lain menyangka bahwa itu adalah cara menyembah sesuatu,.padahal itu tata cara kerajaan abdi kepada keluarga raja, sembah sujud seperti itu yang masih ada sampai sekarang. ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #37 on: 03 June 2011, 10:08:52 PM »
Tapi kalau objek penghormatan umat Buddha ini diutak-atik, pasti sebagian atau malah mungkin banyak yg akan spontan meradang. Dan memang kenyataan, banyak umat yg melampaui batas penghormatan dan menjadi menyembah. Ini yg masih harus diklarifikasikan pada mereka yg demikian.
appamadena sampadetha

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #38 on: 07 June 2011, 09:25:14 AM »
Tapi kalau objek penghormatan umat Buddha ini diutak-atik, pasti sebagian atau malah mungkin banyak yg akan spontan meradang. Dan memang kenyataan, banyak umat yg melampaui batas penghormatan dan menjadi menyembah. Ini yg masih harus diklarifikasikan pada mereka yg demikian.
symbol penghormatan ini memang diagungkan oleh umat Buddha,.karena gini pertama Buddha dan Arahat sdh jarang didunia ini, wajar jika umat Buddha sangat mengagungkan obyek puja ini, nggak bagus juga kl kita bersikap masa bodoh tentang ini,.nanti akan menimbulkan ego yang mendalam, dan malah jadi Atheis( banyak loh kenyataannya ) ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline fran

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 312
  • Reputasi: 8
  • Omitofo
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #39 on: 07 June 2011, 10:14:49 AM »
Apa yang disembah dalam agama Buddha? ---> Mengapa harus ada yg disembah ??

Kalo agama lain ada yg disembilih, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disembilih dlm agama Buddha ?

Kalo agama lain ada yg disalib, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disalib dlm agama Buddha?

Apa yg bisa saya "lepaskan" jika saya memilih agama Buddha ?

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #40 on: 07 June 2011, 11:43:26 AM »
Apa yang disembah dalam agama Buddha? ---> Mengapa harus ada yg disembah ??

Kalo agama lain ada yg disembilih, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disembilih dlm agama Buddha ?

Kalo agama lain ada yg disalib, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disalib dlm agama Buddha?
betul,..pertanyaan timbul karena keingin tahuan, dan jawaban jg timbul berdasarkan pemikiran,.. ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #41 on: 06 July 2012, 10:03:47 AM »
Apa yang disembah dalam agama Buddha? ---> Mengapa harus ada yg disembah ??

Kalo agama lain ada yg disembilih, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disembilih dlm agama Buddha ?

Kalo agama lain ada yg disalib, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disalib dlm agama Buddha?
Jawaban yang sangat baik dan jitu.
maaf terlambat komentarnya  ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #42 on: 15 July 2012, 09:26:54 AM »
Imo, buddhist ga menyembah apapun....
Buddhist merenungkan filosofi hidup, penghormatan kepada Guru yang telah memberi ajaranNya untuk hidup benar.

andai disini ada tombol like this  ;D
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #43 on: 15 July 2012, 12:01:21 PM »
andai disini ada tombol like this  ;D
ada key "thank you" di sebelah kanan atas post....

sebagai percobaan boleh di tekan di post yang satu ini...  :))
« Last Edit: 15 July 2012, 12:02:59 PM by will_i_am »
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #44 on: 16 July 2012, 06:34:11 AM »
Om Will ngarep.com,  sampe double lagi   :)) :P
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #45 on: 16 July 2012, 02:13:07 PM »
 :)) :)) :))
namanya cari rezeki...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #46 on: 16 July 2012, 02:22:18 PM »
berhala

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #47 on: 16 July 2012, 02:26:04 PM »
:)) :)) :))
namanya cari rezeki...
Setiap seratus thankyou bisa ditukar sama 1 buah piring di supermarket terdekat   :)) :)) :P
Plus 1 bungkus mie instant  ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #48 on: 16 July 2012, 06:34:17 PM »
Apa yang disembah dalam agama Buddha? ---> Mengapa harus ada yg disembah ??

Kalo agama lain ada yg disembilih, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disembilih dlm agama Buddha ?

Kalo agama lain ada yg disalib, tar akan muncul pertanyaan : Apa yg disalib dlm agama Buddha?


hahahha, ngakak baca ini.
akibat terlalu maksain konsep di agama lain ke agama Buddha ya, wkwkwk

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #49 on: 16 July 2012, 09:12:25 PM »
hahahha, ngakak baca ini.
akibat terlalu maksain konsep di agama lain ke agama Buddha ya, wkwkwk

beginilah yang terjadi kalo memandang sesuatu memakai kacamata buatan sendiri ;D

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #50 on: 16 July 2012, 09:58:45 PM »
apa yang disunat dalam agama Buddha?? =))
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #51 on: 17 July 2012, 08:00:37 AM »




Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #52 on: 17 July 2012, 09:40:04 AM »

Di Indiakah?  Srilangka?
Ada Kuam im juga ya di sana?    ::)
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #53 on: 17 July 2012, 09:44:23 AM »

Yang ini bhiksuni tantra kah?   ::)
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #54 on: 20 July 2012, 09:42:32 PM »
tapi teman2 bukannya kadang2 didalam rupang katanya ada yg mendiami mahkluk halus gitu ??? ada teman dari kr****n bisa liat MG gitu bilang wuihh rupang yg itu ada MG nya gede bangett dll , klo pun kita menyembah apakah salah ? yg pasti memuja, menyembah bukankah itu sesuatu hal yg baik ? atau sesuatu tindakan yg buruk ?  :-? kita menyembah kristus atau memuja kristus salahkah ? yg pasti aktivitas2 tsb apakah ada yg melatih batin kita menuju nibbana ?  :-?

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #55 on: 20 July 2012, 11:15:19 PM »
menyembah patung = mencari perlindungan kepada objek luar...

Sang Buddha berkata, jadilah pelindung bagi dirimu sendiri, jangan mencari perlindungan lainnya...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Gwi Cool

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 170
  • Reputasi: -2
  • Terpujilah Sang Buddha
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #56 on: 25 November 2017, 02:50:24 PM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.
Harusnya dijawab walaupun kami menyembah Sang Buddha ataupun katakanlah siapa pun, jika kami tidak mengikuti ajaran itu maka itu sama saja kosong. Bagi kami adalah menjalankan praktik, yaitu Dhamma, Ajaran Buddha.

Sang Bhagava mengatakan: "Mereka yang menyembah-Ku (Sang Buddha), sebenarnya mereka tidaklah menghormati-Ku, tetapi mereka yang menjalankan Ajaran-Ku, merekalah yang sebenarnya menghormati-Ku."

Beberapa pengikut Buddhis, mereka hanya ingin jasa, tetapi tidak mau mempraktikkan Ajaran Buddha, di sinilah mereka dikatakan menghormati, tetapi sesungguhnya tidak, sebaliknya jika mereka hanya mempraktikkan apa yang Beliau ajarkan walaupun mereka tidak menghormati Beliau (tidak terlihat), mereka sebenarnya sangat menghormati Beliau.

Seperti halnya mereka yang menghormati leluhur, jika mempertahankan budaya leluhur mereka maka mereka sangat menghormati leluhur, tetapi jika mereka tidak mempertahankan budaya leluhur walaupun menyembah leluhur tinggi-tinggi, sebenarnya mereka tidak punya rasa hormat kepada leluhur.
Yang mau debat, saya diam, dan mengaku kalah karena saya hanyalah makhluk lemah, debat sama yang lain saja.
Mari berbicara Dhamma yang indah di awal, indah di pertengahan, dan indah di akhir. Indah dengan pikiran penuh cinta kasih. Hobiku menggubah syair.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #57 on: 25 November 2017, 03:28:47 PM »

Sang Bhagava mengatakan: "Mereka yang menyembah-Ku (Sang Buddha), sebenarnya mereka tidaklah menghormati-Ku, tetapi mereka yang menjalankan Ajaran-Ku, merekalah yang sebenarnya menghormati-Ku."


Ref pls?
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Gwi Cool

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 170
  • Reputasi: -2
  • Terpujilah Sang Buddha
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #58 on: 25 November 2017, 05:19:00 PM »
Yang mau debat, saya diam, dan mengaku kalah karena saya hanyalah makhluk lemah, debat sama yang lain saja.
Mari berbicara Dhamma yang indah di awal, indah di pertengahan, dan indah di akhir. Indah dengan pikiran penuh cinta kasih. Hobiku menggubah syair.

Offline abhassara

  • Teman
  • **
  • Posts: 93
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang disembah dalam agama Buddha?
« Reply #59 on: 03 February 2018, 09:29:56 AM »
Saya pernah ditanya oleh seseorang; pertanyaannya begini ,"Kalau dlm agama kr****n & Islam" umatnya menyembah Tuhan atau Allah, kalau dlm agama Buddha apa yg kamu sembah?" "Apakah patung Buddha?" Sy jawab kami tidak menyembah patungnya tapi kita menghormati pribadi yg ada di patung tersebut. Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yg menarik, bisalah para saudara memberi penjelasan/jawaban yg lebih baik.
tidak ada ritual dalam agama buddha, apa yang mau u sembah? batu? dapat apa? agama buddha itu untuk dipraktekkan, kayak u belajar bahasa indonesia, kimia, biologi, matematika, dan peajaran lainnya, emang u sembah unsur kimia atau aljabar atau apa? yang ada u praktek aja! praktek sesuai dhamma. nah, guru yang ngajar kan u hormati, bukan disembah, itu namanya ber**** kalau disembah!
Buddhisme awal = theravada, bukan sekte ekayana/buddhayana. Baca Mahavamsa dan Dipavamsa. Jangan biarkan sejarah terkubur. jangan biarkan fiksi buddhis menutup nonfiksi. tdk ada yg perlu disembunyikan. sadhu 3x
KBTI (keluarga Buddhayana Tsu chi indonesia). STI (Sangha Theravada Indonesia) #SaveSTI