//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...  (Read 13491 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Bro & Sis...cuma mau coba share saja tentang sakit maag....Gak tau sebelumnya ada gak topik mengenai ini...masalahnya saya newbie...
Begini saya semenjak tahun 2008 bulan Juli..sering merasa mau muntah...seperti masuk angin...Pas kedokter ,katanya kena Typus..diopname deh 3 hari...keluar dari sana ...masih sering mual2..trus opname lagi bulan September...keluar lagi dan opname lagi bulan Oktober...
Menurut dokter saya kena sakit Maag,alias Gastritis...Sudah 2x dilakukan Endoscopy (masukin kamera ke perut..buat liat2 keadaannya )..pertama di Kampung halaman..kedua di malaysia...
Berdasarkan hasil pemeriksaan...Maag saya sebenarnya ringan saja...gak parah2 amat...
Tapi kok udah 2 tahuin....sampai detik ini..perut saya selalu ngak enak...tiap hari rasanya mau mual2...kek orang mo masuk angin begitu...
Tapi udah gak separah dulu..yg sampai mau pingsan..
cuma sangat mengganggu aktivitas...

Gini dulu deh intronya...nanti saya edit lagi...
Mana tau ada bro&sis..yg kira2 punya pengalaman sama dengan saya...
Bisa jadi masukkan buat saya...capek deh sakit mulu...udah banyak hutang...sakit lagi
 _/\_
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline dhammasiri

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 465
  • Reputasi: 44
  • Gender: Male
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #1 on: 13 April 2010, 02:56:41 PM »
Saya dulu kena maag juga tetapi sekarang makan teratur. Maag itu hilang sendiri. Kalau di keluarga kami, kami makan ubi kayu yang masih mentah. Ubi itu cukup dikupas dan dicuci lalu dimakan. Tujuannya adalah agar kanjinya mengendap di perut kita dan itu akan menjadi obat. Kakak saya sih sembuh dengan cara begitu dan tidak terkena maag lagi. Ya, yang teratur saja jam makannya. Jangan makan sesuka hati, alias makan tidak pakai jadwal yang tepat.
Kedamaian dunia tidak akan tercapai bila batin kita tidak damai

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #2 on: 13 April 2010, 03:31:24 PM »
itu bukannya asam lambung ya?
stop dulu konsumsi makanan/minuman yang bisa membuat lambung makin asam. contohnya kayak mi instan, minuman berkafein, sayuran yang mengandung gas (kayak kol), cabe, dll
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #3 on: 13 April 2010, 03:53:07 PM »
Gangguan lambung akibat meningkatnya asam lambung dapat disebabkan oleh multifaktor antara lain: pola makan tidak teratur, kelelahan, dan stress. Bila Anda sudah 2 kali menjalani endoscopy dan tidak ditemukan kelainan maka faktor stress kelihatannya lebih dominan.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #4 on: 13 April 2010, 04:32:58 PM »
saya ada bikin index list.. di sticky.. kalau tidak salah ada bahas mengenai gastritis.. coba dibaca2 saja..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #5 on: 13 April 2010, 05:25:22 PM »
hehehe,mirip kejadian yg saya alami...
dulu awalnya di bilang gastritis ternyata setelah di endoskopi ada polip...tapi bisa juga liver loh,soalnya liver tak sehat juga sering bikin mual.
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #6 on: 13 April 2010, 06:15:36 PM »
hehehe,mirip kejadian yg saya alami...
dulu awalnya di bilang gastritis ternyata setelah di endoskopi ada polip...tapi bisa juga liver loh,soalnya liver tak sehat juga sering bikin mual.
polipnya dimana bro....
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #7 on: 13 April 2010, 06:31:56 PM »
jajal makan mie dan bihun mana yang lebih enak baru tahu jenis cairan didalam lambung basa atau asam. bihun buat nya asam jadi netralin basa kalau mie basa netralin asam gitu saja.(kira kira gitu lupa lupa ingat nihh).

jadi kalao dalam asam di isi dengan basa (makanan yang bersifat basa)biar netral begitu juga sebaliknya.
« Last Edit: 13 April 2010, 06:39:53 PM by daimond »

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #8 on: 13 April 2010, 06:35:56 PM »
sy juga sering mual2 sehabis minum kopi..;D

Bro pecandu kopi??
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #9 on: 13 April 2010, 07:01:39 PM »
Jika memang sakit maag, coba untuk makan makanan yang tidak berat dan keras. Kemudian coba makan bubur kacang hijau secara teratur
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #10 on: 13 April 2010, 09:44:32 PM »
sy juga sering mual2 sehabis minum kopi..;D

Bro pecandu kopi??
kopi udah stopp bro...cuma rokok saja yang masih.......
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #11 on: 14 April 2010, 10:25:19 AM »
hehehe,mirip kejadian yg saya alami...
dulu awalnya di bilang gastritis ternyata setelah di endoskopi ada polip...tapi bisa juga liver loh,soalnya liver tak sehat juga sering bikin mual.
polipnya dimana bro....
polip gw yah sudah di angkat...tapi menderita banget...hahaha...
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: (SHARE) SAKIT MAAG...pengalaman..pencegahan dan cara mengatasinya...
« Reply #12 on: 16 April 2010, 09:40:40 PM »
sy juga sering mual2 sehabis minum kopi..;D

Bro pecandu kopi??

sebaiknya makan sesuatu dulu baru ngopi yahh soalnya katanya tuh kopi tajam (buat lambung).