Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tahukah Anda?  (Read 83523 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Tahukah Anda?
« on: 23 March 2010, 10:50:04 AM »
Yuk, bagi-bagi info unik... Awali dengan kata “Tahukah Anda” ya...
G duluan...

Tahukah anda, tanduk badak sebenarnya adalah rambutnya yang mengeras?

(ternyata gak hanya manusia aja yang bisa cepak, badak pun bisa  ;D )

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Tahukah Anda?
« Reply #1 on: 23 March 2010, 12:16:23 PM »
Tahukah anda, kita bisa mengukur temperatur suhu udara dari jumlah derik jangkrik?

Hal ini dikarenakan, jangkrik adalah satwa berdarah dingin dan semua satwa berdarah dingin menjalankan fungsi tubuh mereka lebih cepat pada temperatur lebih tinggi. Singkat kata, semakin panas, deriknya makin cepat.

Cara mengetahui suhu udara (di tempat jangkrik itu berderik): hitunglah jumlah deriknya selama delapan detik, lalu tambahkan dengan lima, itulah suhu udara dalam satuan celcius.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #2 on: 23 March 2010, 11:26:52 PM »
Tahukah anda .....
kecoa bisa hidup tanpa kepala selama 7 hari  :-?
itu-pun mati karna tidak mendapat suplai makan dan minum
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Tahukah Anda?
« Reply #3 on: 23 March 2010, 11:33:42 PM »
Tahukah anda? Sarang burung kutilang di Sri Lanka kok style-nya sama persis dengan di Indonesia. Sebabnya, saya juga ngga tahu kenapa padahal burung2 kutilang di Indonesia nggak ada komunikasi dengan yang di Sri Lanka. Hebat kan!?  Adakah yang tahu alasannya?  :|

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #4 on: 23 March 2010, 11:42:56 PM »
Mungkin .... itu Kutilang yg sama dengan Indonesia
Kutilang itu hijrah ke Srilangka .... mungkin mao lebih mendengarkan Dhamma di sana  ;D

Jawabannya : asal yaaah  ^-^ ;)

Tahukah Anda .......
Pinquin salah satu jenis burung yg gak bisa terbang ....
dan hanya hidup di kutub selatan (cmiiw) ato kutub utara??  ::)
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Tahukah Anda?
« Reply #5 on: 24 March 2010, 07:44:01 AM »
Tahukah anda? Sarang burung kutilang di Sri Lanka kok style-nya sama persis dengan di Indonesia.

Apakah tiap hewan dalam spesies yang sama memiliki cara berpikir/berperilaku yang mirip? mungkin...

Tahukah Anda .......
Pinquin salah satu jenis burung yg gak bisa terbang ....
dan hanya hidup di kutub selatan (cmiiw) ato kutub utara??  ::)

Tidak ada seekorpun burung penguin yang hidup di kutub utara (yang di kutub utara itu beruang). Jadi penguin di antartika, beruang di artik. Belahan bumi bagian utara bukanlah habitat alami penguin. Keseluruhan 17 sub spesies penguin tinggal di belahan selatan bumi. Penguin adalah satu-satunya burung yang tidak bisa terbang namun bisa berenang. Penguin sangat ahli berenang, walau bernafas dengan paru-paru, penguin sering menyelam hingga 18 menit, tanpa mengambil udara sekalipun. Selain ahli berenang, penguin memiliki keunikan karena memiliki organ desalinasi khusus di daerah sekitar matanya. Dengan organ ini, penguin dapat mengubah air asin menjadi air tawar. (Sumber Unik tapi Fakta, Shira Media)

(Nb: wah g baru tau penguin hebat juga...  ;D )
« Last Edit: 24 March 2010, 07:56:48 AM by Mayvise »

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Tahukah Anda?
« Reply #6 on: 24 March 2010, 09:41:33 AM »
Tahukah anda? Sarang burung kutilang di Sri Lanka kok style-nya sama persis dengan di Indonesia.

Apakah tiap hewan dalam spesies yang sama memiliki cara berpikir/berperilaku yang mirip? mungkin...

Saya sempat berpikir bahwa binatang-binatang ini telah membangun kecenderungan pikiran sudah lama sekali sejak kehidupan2 lampau sehingga meskipun tanpa ada komunikasi dan pembelajaran antara satu dengan lainnya mereka masih berprilaku sampai sekarang dan tidak berbeda antara burung2 di satu tempat dan tempat2 lainnya. Sekedar teori sih.


Quote
Tahukah Anda .......
Pinquin salah satu jenis burung yg gak bisa terbang ....
dan hanya hidup di kutub selatan (cmiiw) ato kutub utara??  ::)

Tidak ada seekorpun burung penguin yang hidup di kutub utara (yang di kutub utara itu beruang). Jadi penguin di antartika, beruang di artik. Belahan bumi bagian utara bukanlah habitat alami penguin. Keseluruhan 17 sub spesies penguin tinggal di belahan selatan bumi. Penguin adalah satu-satunya burung yang tidak bisa terbang namun bisa berenang. Penguin sangat ahli berenang, walau bernafas dengan paru-paru, penguin sering menyelam hingga 18 menit, tanpa mengambil udara sekalipun. Selain ahli berenang, penguin memiliki keunikan karena memiliki organ desalinasi khusus di daerah sekitar matanya. Dengan organ ini, penguin dapat mengubah air asin menjadi air tawar. (Sumber Unik tapi Fakta, Shira Media)

(Nb: wah g baru tau penguin hebat juga...  ;D )

Gimana dengan burung Pinguin yang ada di kebun binatang?  :|

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Tahukah Anda?
« Reply #7 on: 24 March 2010, 10:34:39 AM »
^ ^ ^ Wah gak tau tuh kalo yang di kebun binatang.. ::)

Tahukah anda, menghemat 50kg kertas berarti anda telah menyelamatkan sebatang pohon pinus berusia 20 tahun?

Salah satu tips menghemat kertas: Kalo foto copy, bolak-balik aja walaupun harganya sama. Kalo ke ATM, kalo gak perlu cetak struk, gak perlu cetak :)
« Last Edit: 24 March 2010, 10:40:28 AM by Mayvise »

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Tahukah Anda?
« Reply #8 on: 25 March 2010, 08:09:41 AM »
Tahukah anda? Untuk mendapat tekanan terbang, ular harus berada di tempat yang lebih tinggi. Untuk mendapat jarak yang terjauh, ular memipihkan tubuhnya dan membuat gerakan huruf S.

“Gerakan huruf S itu untuk stabilitas dan mereka memipihkan tulang iganya," jelas Jake Socha dari University of Chicago.

Sedangkan ular kobra yang terlihat meludah sebenarnya bukan meludah. Ular itu memaksa ototnya berkontraksi untuk mengeluarkan kelenjar racunnya menyemprot hingga 2 meter.

Jika mengenai mata, neurotoxin bisa menyebabkan kebutaan pada manusia. Pada penelitian di 2005 ular ternyata sengaja menargetkan mata dengan semprotannya itu. Dan tidak hanya itu, racun itu disemprotkan dengan pola geometris agar tepat mengenai mata.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #9 on: 25 March 2010, 10:26:28 PM »
[at]Mayvise
Pinquin bukan satu-satunya jenis burung yg gak bisa terbang
ada Burung onta .... juga gak bisa terbang  ;D

Tahukah Anda

Kembar Siam (dempet) Paling Tua Di dunia


Ketika Maureen Galyon melahirkan pada tahun 1951, dia tidak tahu dia sedang menunggu dua bayi - apalagi kembar siam. Sekarang, pada usia 57 tahun Ronnie dan Donnie adalah pasangan kembar siam tertua di dunia dan petugas medis kagum dunia dengan hidup mereka yang begitu lama. Dan, walaupun kesehatan mereka menurun dan mereka semakin dekat dengan hari kematian mereka, pasangan ini telah membuka pintu ke tim dokumenter untuk mengungkapkan rahasia kehidupan bersama mereka yang luar biasa. Meskipun setiap hari adalah perjuangan sebagai laki-laki mereka harus mengkoordinasikan tugas yang paling sederhana, mereka mempunyai hubungan yang erat dan mampu hidup bersama di rumah mereka sendiri di Dayton, O
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Tahukah Anda?
« Reply #10 on: 25 March 2010, 11:52:30 PM »
tau kah anda, banyak karya seni unik, bermula dari sebuah kesalahan kecil

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #11 on: 26 March 2010, 12:19:58 AM »
Tahukah Anda!!

Fakta unik tentang Bahasa Inggris

1. Stewardesses adalah kata terpanjang yang dapat diketik di keyboard hanya dengan menggunakan tangan kiri Anda. Sedangkan untuk tangan kanan, lollipop adalah yang terpanjang.

2. Tidak ada kata dalam bahasa Inggris yang bersajak/berima dengan month, orange, silver, purple, angst dan scalp.

3. Dreamt adalah satu-satunya kata bahasa Inggris yang berakhir dengan huruf ‘mt’.

4. Kalimat The quick brown fox jumps over the lazy dog menggunakan setiap huruf yang ada dalam abjad.

5. Kata racecar, kayak dan level dapat dibaca bolak-balik dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri.

6. Hanya ada empat kata dalam bahasa Inggris yang berakhir dengan suku kata ‘dous’, yaitu: tremendous, horrendous, stupendous dan hazardous.

7. Ada dua kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan kelima huruf hidup secara berurutan (a, e, i, o, u), yaitu: abstemious dan facetious.

8. Typewriter adalah kata terpanjang yang dapat diketik menggunakan huruf-huruf yang terdapat pada satu baris tombol keyboard (baris QWERTY).

9. Huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris adalah huruf ‘e’. Ini merupakan fakta baik dalam penggunaan bahasa Inggris secara umum, dalam karya fiksi dan non-fiksi, jurnalisme, kitab suci dan bahkan kode Morse!

10. Untuk huruf konsonan, huruf yang paling sering dipakai adalah huruf ‘t’.

11. Huruf yang paling sedikit digunakan dalam bahasa Inggris adalah ‘q’ – bukan ‘z’.

12. Lima huruf yang paling sering muncul sebagai huruf pertama dalam kata bahasa Inggris – secara berurutan – adalah ‘t’, ‘o’, ‘a’, ‘w’ dan ‘b’.

13. Hampir setengah dari seluruh kata bahasa Inggris diakhiri oleh huruf ‘e’, ‘t’, ‘d’ dan ‘s’.

14. The adalah kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Bila Anda tidak percaya, cobalah berbicara dalam bahasa Inggris standar yang benar selama 5 menit tanpa menggunakan kata ‘the’.
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tahukah Anda?
« Reply #12 on: 26 March 2010, 12:57:13 AM »
Tahukah Anda? (Hewan)



-Gajah merupakan hewan yang tidak bisa melompat.  ;D

-seekor gajah dapat menghabiskan sekitar 227 kg rumput dan 227 liter air dalam sehari.

-Semua beruang kutub Kidal.

-Beruang kutub dapat berlari dengan kecepatan 50 km per jam dan loncat hingga ketinggian 4 meter di udara.

-Seekor beruang kutub mampu mencium bau manusia dari jarak 30 kilometer.

-Semut selalu jatuh ke kanan setiap kali disemprot cairan anti hama.

-Seekor semut yang dilepas beberapa kilo dari sarangnya akan mampu kembali ke sarang dengan bantuan indera penciumannya.

-Semut mampu bertahan hidup 2 minggu di dalam air.

-Dalam 18 bulan, 2 ekor tikus bisa punya lebih dari sejuta anak tikus.

-Tikus ML cuma bertahan 5 detik.

-Secara fisik, babi tidak bisa memandang ke langit.

-Seekor babi berorgasme selama kurang lebih satu jam.

-Anjing dengan ukuran terbesar adalah Irish Wolfhound.

-Anjing dengan ukuran tubuh terkecil adalah Chihuahua, sementara untuk ukuran berat badan terberat adalah Saint Bernard.

-Coklat asli(dari buah coklat yang baru dijemur/kering) dapat membunuh anjing,karena bisa menyerang jantung dan sistem sarafnya.

-Seekor Kucing mampu membuat 100 macam suara individual yang berlainan sementara seekor anjing hanya 10 macam saja.

-Kehadiran orang baru, anjing, atau kucing baru di sebuah rumah dapat menyebabkan seekor kucing stres.

-Satu-satunya binatang yang telah dijinakkan dan tidak disebutkan di dalam Alkitab adalah kucing.

-Kucing kampung mendengkur setiap 26 kali per detik, sama dengan frekwensi mesin diesel dalam keadaan idle.

-Kucing kampung dapat mendengar frekswensi suara hingga 65 kHz, sedangkan manusia hanya 20 kHz.Kemampuan indera penciumannya 14 kali lebih kuat daripada penciuman manusia.

-Seekor buaya memiliki asam yang sangat kuat di dalam perutnya yang bahkan mampu melumatkan baja.

-Seekor buaya mampu memiliki satu set gigi baru hingga 50 kali selama hidupnya.

-Seekor buaya ternyata tidak mampu menjulurkan lidahnya sendiri.

-Burung hantu adalah satu-satunya burung yang mampu melihat warna biru.

-Burung hantu adalah satu-satunya burung yang menurunkan kelopak mata bagian atasnya untuk berkedip.Burung-burung lainnya mengangkat kelopak mata bagian bawahnya.

-Burung elang dapat menyerang, membunuh, dan membawa mangsanya hingga sebesar rusa muda.Sementara makanan elang Harpy dari Amerika Selatan adalah kera.

-Dalam 4.000 tahun terakhir ini hanya sapi yang tidak mengalami perubahan genetik.

-Dibutuhkan kulit dari 3000 sapi untuk bikin bola football bermerk NFL per tahunnya.

-Seekor sapi ternyata tidak mampu menaiki anak tangga, tapi anehnya mampu menuruni anak tangga.

-Sapi mulanya didatangkan orang-orang Spanyol ke Amerika untuk dipekerjakan, namun orang-orang Indian menemukan bahwa dagingnya ternyata enak. Mereka malah menjadi gembala-gembala sapi yang pertama, yang menggiringnya menyeberangi sungai Mississippi ke padang-padang rumput.

-Keju Mozzarella ternyata dibuat dari air susu banteng dan bukan sapi.

-Banteng tidak menyeruduk kain merah matador bukan karena merahnya,namun karena goyangan dari kain tersebut.Sesungguhnya banteng buta warna.Kain merah digunakan untuk menyamarkan darah jika matadornya terluka.

-Semua berang-berang mampu mengambang di air.

-Gigi berang-berang tidak pernah berhenti tumbuh.

-Manusia dan lumba-lumba adalah mamalia yang melakukan hubungan sexual untuk kesenangan.

-Lumba-lumba tidur dengan satu mata tertutup sedangkan mata yang satunya tetap terbuka.

-Seekor paus biru memiliki lidah yang sama persis berat dan panjangnya dengan yang dimiliki gajah Afrika.

-Seekor ikan mas hanya memiliki 3 detik saja ingatan di otaknya.

-Ikan mas koki akan memudar warnanya bila diletakkan dalam tempat yang suram cahayanya, atau bila ditempatkan di air yang mengalir.Ikan ini akan tetap berwarna keemasan bila diletakkan di sebuah akuarium dengan cahaya yang cukup.

-Kecoa dapat bertahan dari radiasi nuklir.

-Seekor kecoa mampu menahan nafas hingga 40 menit.

-Kecoa masih bisa betahan hidup 10 hari tanpa kepala.

-Manusia dan jerapah memiliki jumlah tulang yang sama di lehernya.

-Seekor jerapah ternyata lebih mampu bertahan tanpa air jika dibandingkan dengan seekor unta.

-Unta dan kuda laut mampu melihat ke 2 arah yang berbeda pada waktu yang bersamaan.

-Seekor tarantula mampu bertahan hidup 2 tahun tanpa makan.

-99% ibu tarantula pasti membunuh anaknya.

-Seekor laba-laba hitam wanita mampu berhubungan seksual dengan 25 ekor laba-laba yang berbeda dan memakannya setelah hubungan seksual selesai.

-Penelitian menyebutkan bahwa jaring laba-laba 5 kali lebih kuat dari baja.

-Lintah memiliki 4 hidung.

-Rekor catatan seekor ayam yang terbang adalah selama 13 detik.

-Suara "Wek..wek..wek" bebek tidak akan menggema baik di gua, lembah, dll.Sejauh ini belum ada penjelasan dari para ilmuwan.

-Semua angsa di Inggris adalah properti dari ratu dan mengangu mereka merupakan sebuah pelanggaran berat dengan sanksi hukuman penjara.

-Rayap akan memakan kayu 2 kali lebih cepat saat mendengarkan musik rock.

-Sejak dari jaman batu nyamuk anopheles betina yang membawa bibit malaria dipercaya menjadi penyebab kematian dari hampir setengah kematian di dunia, tidak termasuk perang dan kecelakaan.

-Indera perasa kupu-kupu ada di kaki.

-Serangga terkecil di dunia adalah serangga peri yang ukurannya hanya 0,2 milimeter.

-Seekor capung hanya memiliki rata-rata waktu hidup 24 jam saja.

-Singa mampu berhubungan seksual hingga 50 kali dalam sehari.

-Seekor cheetah hanya membutuhkan waktu 2 detik untuk berlari hingga kecepatan 65 kilometer perjam.

-Belang pada harimau bukan hanya pada bulunya, tetapi juga kulitnya.

-Cacing tambang penghisap darah ada dalam tubuh lebih dari 700 juta orang di seluruh dunia.

-Ular membutuhkan waktu 50 jam untuk mencerna seekor katak.

-Air susu kuda nil ternyata berwarna pink cerah.

-Ubur-ubur raksasa memiliki mata yang terbesar di dunia.

-Pada saat grogi, seekor octopus akan memakan testikelnya sendiri, yang nantinya akan tumbuh lagi.

-Testikel Octopus terdapat di kepalanya.

-Bintang laut ternyata tidak memiliki otak.

-Siput bisa tidur selama 3 tahun.

-Kelelawar selalu berbelok ke kiri saat meninggalkan goa.

-Sidik jari koala paling mirip sidik jari manusia.


Komplit daaaah  ;) ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Online Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.387
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Tahukah Anda?
« Reply #13 on: 26 March 2010, 07:52:49 AM »
Quote
2. Tidak ada kata dalam bahasa Inggris yang bersajak/berima dengan month, orange, silver, purple, angst dan scalp.
silver -> quiver?
There is no place like 127.0.0.1

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Tahukah Anda?
« Reply #14 on: 26 March 2010, 01:05:56 PM »
^ ^ ^ sculp = pulp ?

[at]Mayvise
Pinquin bukan satu-satunya jenis burung yg gak bisa terbang
ada Burung onta .... juga gak bisa terbang  ;D

Kalo dipikir-pikir, kok onta dikategorikan burung ya? Padahal gak ada sayap. Masih mending pinguin, walaupun sayapnya untuk berenang. Kalo kalkun? Atau kalkun itu unggas, eh unggas juga burung ya? akh ribet akh :))