Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya  (Read 10024 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Apache

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« on: 04 February 2008, 12:41:59 AM »
Perkenalkan saya member baru disini.
saya adalah Mahasiswa semester 12 yang sedang terjebak masalah perkuliahan
Mohon  beri  saran dan pencerahan dari temen2 sekalian disini.

Saat ini saya sudah menempuh kuliah 12 semester. artinya 6 Tahun sudah saya kuliah dan hidup merantau di Ibukota. saat ini saya cuma satu2 nya mahasiswa angkatan saya yang belum menempuh skripsi. dan masa studi saya akan habis september 2008 ini walaupun masa studi ini bisa diperpanjang namun hati saya bimbang untuk meneruskan karena pada dasarnya saya menyadari kemampuan otak saya.
dan saya yakin 2 tahun lagi saya kuliah. Gelar S1 belum tentu bisa saya dapatkan.
saya juga mengikuti beberapa kursus untuk membantu masalah studi saya, dengan tujuan supaya mempercepat kelulusan saya.

namun tetap saja nilai saya mengecewakan.
saat ini gw serasa ada di titik paling bawah dalam hidup gw. di satu sisi gw pengen dapetin Gelar dan bikin orang tua gw bangga. namun secara pikiran beberapa tahun belakangan ini gw merasa tertekan dan sempat gw kena depresi beberapa bulan yang lalu.

semua keluarga gw uda tau klo gw sebenernya ngga suka dan ngga kuat di jurusan yang sekarang ini.
untuk hal terburuk nya gw uda bilang klo bulan Februari ini gw mau Give Up aja.
dan semua keputusan di serahkan ke gw. mau diterusin atau berhenti di Februari ini. karena Februari ini saatnya isi KRS baru.

Temen2 tolong kasi saran ya. gw masi awam soal pengalaman hidup.
Gw pengen banget dapet gelar, walaupun ortu gw punya usaha yang cukup mapan dan cuma gw penerus satu2 nya yang memungkinkan meneruskan usaha ortu saya.karena saudara2 ku yang laen tidak mau meneruskan usaha di rumah.

Pertimbangan gw harus dapet gelar
1.Tuntutan pekerjaan
2.Mungkin gw termasuk orang yang beruntung. ada usaha dari orang tua yang bisa saya kerjain. tp apa itu abadi. gimana kalau nanti Jatuh dan buruk nya bangkrut semisal. dan pada waktu itu saya tidak ada Gelar.susah juga kan cari kerja.


Bagi temen2 yang uda membaca. Tolong kasi masukan ya. Apapun masukannya saya ucapkan Thx u banget.

ada 1 ide di otak saya. yaitu kuliah lagi namun ambil jurusan yang gampang seperti manajemen dengan shift malem. siang nya saya jadi bisa kerja. tp umur gw sekarang uda 26 Thn  :'( lulus aja uda pasti umur 30an
keburu tua ngga ya?

Apa keluar kuliah aja trus kerja. tp ijazah saya cuma SMA. ijazah S1 aja uda inflasi sekarang. beberapa tahun mendatang mungkin harus S2.
ijazah SMA mau kerja apa gt  :'(

Duh bingung.

gw merasa Tuhan lagi nge-hukum gw.





Offline andry

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #1 on: 04 February 2008, 01:14:04 AM »
malam menjelang subuh..
boleh wa tahu jurusan apa??
mmm.. yakin nda suka?? kok isa tahan 6 thn?? yakin bener nda suka?? yakin bner nda suka?? yakin titik paling bawah dalam hidup anda??
mmm,,, usaha keluarga yah.. jika sudah jalan dan punya customer alias planggan tetap, knapa anda tidak mulai menggarapnya dari sekarang??
kuliah tetap lanjutkan bang... apapun hasilnya kalo bisa terus sampai lulus... karena hal ini dibutuhkan kelak..(longterm) jgn putus asa bang!!! + perbuatan baik ,kelak buah dari hasil ini akan membantu anda.. namun jangan di salah artikan.. menggantungkan ini semua pada buah dari perbuatan baik ini.. mirip saudara kita lah...
ber ikhtiar.. namun tetap berusaha..
apapun hasilnya mau A B C D E asalakan jangan D DAN E SAJA>>> yg dilihat dari kuliah bukan hasilnya bang>> A B C nya.. namun prosesnya..
perjuangan anda..pola pikir anda.. pengalaman anda.. (inilah inti dari kuliah) kesuksesan seseorang tidak dilihat sekejap mata saja.. namun dilihat dari seberapa keras dia berusaha, jadilah manusia yang besar

eh ada lage.. hhee..
dari sekarang olahraga lah baik batin maupun jasmani (maaf bukan maksud mengurui.. jgn salah paham)
jika anda keristen atae katolix yah rajin2 lah kegereja +baca alkitab dan pahami maknanya + aktif di kepemudaan +rajin2 lah berdana
jika anda seorang moeslim rajin2 lah ke mesjid +zikir+ikhtiar+jalankan kewajiban sebagai seorang muslim sholat 5 waktu +sodakoh
jika anda seorang buddhis rajin2 lah ke vihara+baca paritta or keng+meditasi..samatha or vipasanna bhavana+ beramal
jika anda seorang hindu.. maaf saya belum mempelajarinya..  jadi nda tahu apa2..hehe..
SEMANGAT
« Last Edit: 04 February 2008, 01:30:27 AM by andry »
Samma Vayama

Offline Kembara

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 426
  • Reputasi: 13
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #2 on: 04 February 2008, 01:17:48 AM »
Salam kenal Apache...

Saran saya coba anda menenangkan pikiran dan mencoba positif thinking, coba cari dan sadari apa yang membuat kamu tidak suka terhadap fak yang kamu ambil sekarang ini tapi tetap kamu menggelutinya? setelah kamu temukan jawabannya / sadari, coba dirubah pandangan anda selama ini tentang fak yang kamu tidak sukai ini, coba anda balikkan pikiran anda bahwa ternyata fak yang anda ambil ini (gak dijelaskan ya tentang fak apa yang anda geluti sekarang ini) mempunyai banyak nilai positifnya dan akan memberikan anda kejayaan masa depan.

Mudah2an kalau anda berhasil merubah persepsi ini, anda akan lebih ringan (tanpa beban yang menghantui yang justru membuat anda 'melangkah' lebih berat) dan lebih semangat, sehingga anda akan memperoleh nilai2 yang baik dalam ujian dan lulus lebih cepat. Semua ini tidak mudah memang, tapi dengan tekad yang kuat, anda PASTI BISA !!

~Kalau Thomas Alfa Edison berhenti mencoba, maka hari ini dunia akan gelap gulita~

Sesungguhnya sebuah persepsi tentang baik-buruk, bisa-tidak, suka-tidak suka, dsb. adalah permainan dari otak kita, asalkan kita punya kemauan dan tekad yang keras, setiap individu bisa melakukan apa saja, coba sadarilah hal ini.

Maaf, saya tidak pandai menulis, tapi semoga sedikit kata2 dari saya ini bermanfaat dan mohon maaf bila ada kata2 yang kurang berkenan.

"Ingat tidak ada yang mustahil dalam hidup ini asal kita memiliki kemauan, dan yakin ANDA PASTI BISA", semua orang akan mensupport kamu disini, tunggu saja saran2 dari rekan2 lainnya yang mungkin mempunyai ide dan saran yang lebih baik buat solusi anda.

AYO SEMANGAT!!!
 
SABBE SATTA BHAVANTU SUKHITATTA
SADHU, SADHU, SADHU.

_/\_


Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #3 on: 04 February 2008, 06:45:24 AM »
Seperti yang diucapkan para senior di atas.
Jika bro Apache berpikir tidak bisa.. maka akan tidak bisa.
Jika bro Apache berpikir bisa.. maka ada kemungkinan untuk bisa..

Dan jika ditelusuri, Anda sudah kuliah 6 tahun. Apa gak sayang ? Ibaratnya dari Jakarta, Anda naik mobil sendiri ke Bali misalnya, sudah sampe di surabaya Anda give up, berapa biaya ? Ongkos nya akan doble dan hasilnya juga kurang.
Ada baiknya Anda coba bersabar.

Tapi misalnya Anda tidak bisa bersabar lagi. Mengenai kuliah, saya sebaya dengan Anda, dan ada kemungkinan mau ambil kursus / kuliah lagi. Umur bagi saya bukanlah suatu masalah yang berat. Jadi Anda mungkin bisa kerja dulu di perusahaan yang lebih lunak peraturannya. Mudah2an ada diberi semacam dispensasi.

Semua berbalik lagi ke Anda. :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #4 on: 04 February 2008, 07:23:37 AM »
Minum Cerebrovit bro :))

Lakukan yang menurut Kata hati anda benar. Asal anda benar2 berusaha menurut aye sih pasti ada hasilnya mau baik atau buruk yang penting niat anda sungguh2.

O ya kalo mau Bisnis ya bisnis aja deh, jangan terlalu terbeban dengan HARUS ada gelar sarjana, banyak loh bos2 besar yang lulusan SD juga, So Jangan Minder dan Jangan Menyerah OK.  ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #5 on: 04 February 2008, 08:51:37 AM »
Kuliah hanya untuk mendapatkan gelar? hm.... Kuliah sebaiknya bukan melihat gelarnya tetapi pelajaran yang kamu dapatkan itu yang bermanfaat buat modal pengetahuan untuk bekerja nantinya.

Jika memang bro sudah tidak sanggup lagi melanjutkan jurusan saat ini, tidak perlu di paksakan karena hanya akan membuang2 "lagi" waktu yang ada. Segera putar arah, apapun yang sudah lewat jadikan pengalaman berharga dan mulai lah langkah baru yang lebih baik.

Bro merasa sanggup dengan jurusan manajemen ? kalau Ya, silahkan daftarkan segera ... Jangan tunda lagi ... Faktor usia tidaklah menjadi masalah, lebih baik telat dari pada tidak melakukan apa2. menurut anda ?

" Just do it ... - Iklan Nike ^-^

_/\_

« Last Edit: 07 February 2008, 10:11:35 PM by Felix Thioris »


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline Sol Capoeira

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.746
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #6 on: 04 February 2008, 09:08:26 AM »
aku pernah denger ceramah...Bhante itu bilank..dia bisa jadi Bhikkhu karena gagal uni..haha ;D

trus...gk lama kemudian(ganti pembicara)..sang pembicara bilank..kalo dia juga pengen jadi Bhikkhu..tapi gagal..karena dia lulus uni... ;D

kesimpulanne...

gk ada yg namane "wrong decision"...setiap keputusan itu melahirkan kesempatan yg baru dan unik...^^

eniwei..Tuhan menghukummu? kamu bukan Buddhist yak?

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #7 on: 04 February 2008, 10:03:45 AM »
Usaha utk lulus harus sampe titik darah terakhir, dan jangan miliki pikiran negatif ttg diri Anda. Jika Anda gagal, coba analisa lagi apa yg kurang, coba belajar mencintai apa yg Anda tidak suka.Karena itu hanya perasaan. Kalo sampe titik darah terkakhir gagal juga(biasa ada batas waktu maksimal kuliah, kalo ngak lulus drop out), baru banting stir kuliah yg Anda suka. Keluar dari depresi Anda, dan katakan dengan lantang"AKU ORANG YG PALING BERUNTUNG DI DUNIA" mengapa? karena masih ada org yg memiliki pengalaman lebih buruk dari Anda dan Tidak ada SEORANGPUN yg bisa menjadi DIRI ANDA.

Kuliah ngak tergantung umur, bisnis tidak tergantung sepenuhnya pada gelar. Tapi AKAL SEHAT ANDA, dan kebijaksanaan Anda dalam mengelola problem yg menentukan keberhasilan Anda dalam hidup ini.

Hidup adalah problem, tapi jangan menyerah pada problem, jadilah pemenang bukan pecundang. Tidak masalah berapa kali anda jatuh, tapi yg menjadi sangat berarti adalah kalau Anda bisa BANGKIT kembali dari setiap kejatuhan dan bisa berjalan dengan LAPANG DADA.

Good Luck bro APACHE.
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #8 on: 04 February 2008, 10:13:34 AM »
aku pernah denger ceramah...Bhante itu bilank..dia bisa jadi Bhikkhu karena gagal uni..haha ;D

trus...gk lama kemudian(ganti pembicara)..sang pembicara bilank..kalo dia juga pengen jadi Bhikkhu..tapi gagal..karena dia lulus uni... ;D

kesimpulanne...

gk ada yg namane "wrong decision"...setiap keputusan itu melahirkan kesempatan yg baru dan unik...^^

eniwei..Tuhan menghukummu? kamu bukan Buddhist yak?

Heheh.. Gw suka banget pendapat u sol.. Keren.
Benar apa yang u katakan. Dan itu gw alami sendiri..
Gw dulu bercita kuliah kedokteran.. karena kesulitan dana..
Gw banting stir cari kerja dulu agar bisa kuliah :D
Kebetulan ada peluang kuliah ya saya ambil :)
Jadi kerja tiap malam di bidang IT, kuliah pagi sampe sore di bidang farmasi..
Capek memang.. tapi ini merupakan proses pendewasaan juga.

Jadi intinya selalu ada pilihan yang baik dari situasi terjelek..
Tergantung bagaimana kita memilih

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Fei Lun Hai

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 687
  • Reputasi: 24
  • Gender: Female
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #9 on: 04 February 2008, 12:43:13 PM »
Tetap positive thinking & terus semangat dalam berusaha. Jalani kuliah itu sesuai dengan kemampuan kita. Jadikanlah kuliah sebagai proses pembelajaran diri bukan sebagai beban.  Hargailah apa yg sudah anda peroleh karena masih banyak orang di luar sana yg sama sekali tidak bisa merasakan bangku kuliah.. Dalam hidup pasti ada hambatan & justru hambatan itulah yg akan membuat anda menjadi lebih tegar & kuat dalam menghadapi kerasnya kehidupan. Jangan merasa tidak bisa sebelum mencoba. Segala sesuatu jika anda mencoba, 50% anda bisa sukses tetapi jika anda sama sekali tidak mencoba maka 100% anda gagal.

Teman kuliah saya juga mengalami seperti anda. Dia satu angkatan dengan saya (angkatan 2001). Dia merasa kemampuannya kurang. Jadi dia tidak menetapkan target yg tinggi untuk hasil ujiannya (mis: mata kuliah X hrs dapat A) tapi dia tetap belajar keras untuk lulus ujian.

Jika nilai UTS-nya rendah, dia berusaha agar mendapatkan nilai yg tinggi saat UAS. Awalnya dia belajar sendiri. Jika tidak bisa/ tidak mengerti, dia bertanya kepada orang lain yg lebih menguasai mata kuliah itu. Dia tidak malu untuk bertanya kepada mahasiswa yg lebih junior. Saat waktu senggang ia mencari referensi di perpustakaan atau mengikuti bimbingan belajar di kampus (UKM tutorial). 

Sekarang dia sudah menyelesaikan skripsinya dan akan disidang tanggal 15 februari nanti. Anda pun bisa seperti dia jika anda terus berusaha.
your life simple or complex is depend on yourself

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #10 on: 04 February 2008, 02:13:57 PM »
skr jurusan apa bro (dari nicknya jurusan web server ya)?
kok kedengaran begitu menyeramkan?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #11 on: 04 February 2008, 02:35:54 PM »
Kalau disekitar Binus dan jurusan IT...
Mari saya coba bantu (kursus) private...

---

IMO...
Kesalahan anda adalah karena anda mengejar GELAR.
Anda kuliah bukan untuk sekedar Title S1...
Anda kuliah untuk mengejar Ilmu...

Coba kejar ketinggalan anda dengan mengikuti bbrp diskusi (mailing/list) yg sesuai jurusan anda.
Coba menjawab pertanyaan-pertanyaan di diskusi tersebut.
Benar ataupun salah itu biasa, Koreksi dari yang lain yg dibutuhkan...

dan yang paling terpenting...
Segera rubah pandangan anda...
Pandangan bahwa anda sedang mengejar "Title S1"
Coba dirubah menjadi anda sedang menimba "Ilmu"
« Last Edit: 04 February 2008, 02:39:43 PM by Kemenyan »

Offline Ginny_weasley

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputasi: 6
  • Hujan... Hujan...
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #12 on: 04 February 2008, 07:11:16 PM »
Halo ko Apache...

Kondisi koko pernah ginny alami... cuma belum sempat telat tamat  ^-^ ^-^ ^-^ untung deh kalo gak bonyok bisa kicewa. pas nyelesain skripsi yang susahnya minta ampun... mana dosen pembimbing galaknya minta ampun selalu menuntun sistem yang perfect tanpa cacat... mana dosen pengujinya banyak minta diganti ini itu...ampe stress berat... itu stress paling berat dalam hidup ginny.

sudah separuh dijalanini skripsinya malah dosennya minta sistem yang di gunakan di ganti yang lebih update. stress makin parah terpaksa cari buku-buku terbaru....

ampe akhirnya mama liat ginny terlalu stress mama bilang udah gak usah di lanjutin lagi... demi membanggakan mama papa, penasaran dengan dosen killer itu. ginny teruskan sampai beli buku yang banyak, ke perpustakaan nasional di medan, dekatin dosen-dosen baru, dekatin kakak kelas....
wek... jadi banyak teman nih... ada untungnya juga...
terakhir... dekatin dosen pembimbing yang killer dan dosen penguji... akhirnya sistem dengan cacat sedikit di terima karena mereka liat kerja keras dan usaha ginny....

wek... kok jadi cerita kisah ginny...  :)) :)) :)) :)) :))

Ko, intinya kita coba belajar 10 kali lebih dari biasanya... mudah2an berhasil... (pengalaman pribadi nih... moga aja... bisa membantu)

 _/\_

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #13 on: 04 February 2008, 07:21:12 PM »
hajar trus broo... gw lulus karena dapat SP dr jurusan ;D
klo engak gw engak lulus2  ^-^
kesimpulannya selama msh ada kesempatan perbaiki diri hajar terus.. jgn malu kan mantep dpt gelar macan kampus  8)

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Mohon beri pencerahan untuk masa depan saya
« Reply #14 on: 04 February 2008, 08:34:46 PM »
Ciaa Youu, bro apache .. Semangat2 .. Teman2 sedhamma di forum akan terus mendukung perjuanganmu ... Lakukan yang terbaik buat masa depanmu dan keluarga mu juga ...  <:-P <:-P <:-P

:lotus:


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com