Kupas Tuntas Sotapanna menurut Sutta

Started by Sumedho, 10 December 2009, 07:20:32 AM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

ciputras

kalo kita merujuk pada belenggu yang berhasil dipatahkan oleh seorang sotapanna, sepertinya tidak perlu jhana (merujuk pada penjelasan dalam buku yang sama, halaman yang sama pada alinea selanjutnya (alinea 3). apa mungkin yang dimaksud 'stream' dalam SN55.5 itu bukan pemasuk arus tetapi sakadagami ke atas yang notabene sudah berada pada arus itu sendiri?
Buddha said to his followers:
"cetanaham bhikkhave kammam vadami" - "The intention, monks, is what I maintain to be the action."
Ajahn Lee : "An evil intention blemishes virtue. A good intention helps keep it pure."

ciputras

Quote from: ciputras on 16 December 2009, 04:06:03 PM
apa mungkin yang dimaksud 'stream' dalam SN55.5 itu bukan pemasuk arus tetapi sakadagami ke atas yang notabene sudah berada pada arus itu sendiri?

hehe... mo ralat tulisan saya sendiri di atas. semalam baca tipitaka tematik lagi seputar sotapanna. dalam terjemahan SN55.5 tersebut disebut pemasuk arus, jadi kesimpulan saya sendiri kata 'stream' itu diterjemahkan ke pemasuk arus. dalam sutta tersebut tidak disebut-sebut jhana. ketika saya membuka halaman mengenai yang kembali sekali, dalam Majjhima Nikaya 64 Mahamalunkya Sutta disinggung mengenai jhana mulai jhana 1 sampai jhana 4. maaf saya tidak bisa quote isinya saat ini (setelah browse sana sini tidak menemukan link ke sutta tersebut dan di kantor saya tidak bawa buku tipitaka tematik).
Buddha said to his followers:
"cetanaham bhikkhave kammam vadami" - "The intention, monks, is what I maintain to be the action."
Ajahn Lee : "An evil intention blemishes virtue. A good intention helps keep it pure."

bond

Kalau menurut sutta atau commy pada upacara samadhi saja sudah bisa melakukan vipasanna berarti sotapanna tidak perlu jhana bisa dicapai.
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Sumedho

 [at] ciputras: kalau dari SN 55.5 itu memang tidak disinggung Jhana sih, akan tetapi Samma Samadhi pada JMB8 itu adalah Jhana itu sendiri.

[at] bond: pada sutta saya belum pernah ketemu definisi upacara samadhi, CMIIW. Kita akan coba telaah dari berbagai sutta, kalau ada rujukannya, tolong donk bro buat pembelajaran kita semua.
There is no place like 127.0.0.1

bond

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Sumedho

There is no place like 127.0.0.1

Jerry

Quote from: Sumedho on 16 December 2009, 05:33:39 AM
[at] jerry: sources please
Berbagai sumber.. Lupa om.. Muup. ^:)^ Tp ada yg ini nih. Sotapanna adalah mereka yg telah menggenapi 5 indriya (MN 70: kitagiri sutta)

appamadena sampadetha

Sumedho

Quote from: MN 70: Kitagiri Sutta...
"And what is the individual who is a Dhamma-follower? There is the case where a certain individual does not remain touching with his body those peaceful liberations that transcend form, that are formless, nor — having seen with discernment — are his fermentations ended. But with a [sufficient] measure of reflection through discernment he has come to an agreement with the teachings proclaimed by the Tathagata. And he has these qualities: the faculty of conviction, the faculty of persistence, the faculty of mindfulness, the faculty of concentration, & the faculty of discernment. This is called an individual who is a Dhamma-follower.9 Regarding this monk, I say that he has a task to do with heedfulness. Why is that? [I think:] 'Perhaps this venerable one, when making use of suitable resting places, associating with admirable friends, balancing his [mental] faculties, will reach & remain in the supreme goal of the holy life for which clansmen rightly go forth from home into homelessness, knowing & realizing it for himself in the here & now.' Envisioning this fruit of heedfulness for this monk, I say that he has a task to do with heedfulness.
...
kalau menurut commy Dhamma-follower itu adalah sotapanna magga, senada dengan SN 25.3 - Viññana Sutta, jadi sebelum sotapanna phala. Nah disana dikatakan salah satu kualitasnya adalah konsentrasi, apakah itu jhana  :-?
There is no place like 127.0.0.1

Jerry

#68
Kayanya kalo konsentrasi sotapanna apakah sama dengan jhana, iMo, masih relatif. Beberapa sotapanna spt Ananda jelas sudah punya Jhana. Tapi tidak menutup kemungkinan ada yg mencapai tanpa via Jhana. Mis: Anathapindika.
Minimal, konsentrasi di sana yg dimaksud adl konsentrasi yg "cukup" utk indriya-kebijaksanaan dalam mengamati timbul-tenggelamnya fenomena. Konsentrasi yg "cukup" ini mungkin yg kadang di Sutta2 dirujuk dg konsentrasi yg timbul berawal dari kesenangan, lalu dr kesenangan timbul kegiuran, dr kegiuran timbul ketenangan, dari ketenangan kebahagiaan muncul, dan dr kebahagiaan maka konsentrasi timbul. Konsentrasi jenis ini belum sekuat Jhana yg bebas dr panca-nivarana tetapi sudah "cukup" sbg definisi konsentrasi pd samadhi-indriya di atas, konsentrasi yg cukup bagi timbulnya mata Dhamma. Dan btw tahapan yg dilaluinya juga hampir mirip dg Jhana.
appamadena sampadetha

Sumedho

There is no place like 127.0.0.1

Jerry

Referensi ttg konsentrasi yg bukan Jhana tsb? Ada, tp saat ini tidak kondusif utk nyari. Ada yg bs membantu? :D
The whole I wrote itu sih interpretasi personal dr berbagai sumber.. :-[
appamadena sampadetha

Ario_botax

wah menarik ya..
referensi saya itu dari kutipan Dhamma yang diterbitkan oleh Buddha Metta Arama. Materinya itu disusun dari ceramah Bhante Luangpo Bhud Thaniyo.

hmm.. pada majalah yang saya tidak sengaja temukan itu terdapat pada halaman 2.
hehe..

waah menarik y..
saya sependapat dengan pencapaian sottapanna belum tentu memiliki jhana yang tinggi. hanya saja jhana (konsentrasi) yang cukup untuk mendukung sila makhluk tersebut.
karena dalam buku Bhikku Bodhi yang mengenai jalan mulia beruas 8. Dikatakan bahwa terdapat 1 jalan mulia tapi memiliki 8 ruas. sama seperti kumpulan batang yang diikat. jika salah satu dari ke 8 batang tersebut diangkat. Maka ke 7 batang lainnya juga ikut terangkat.

Dengan penafsiran seperti di atas, maka saya sependapat bahwa seorang atau semakhluk sottapanna minimal memiliki samadhi dalam hal ini konsentrasi yang mendukung syarat2 untuk tercapainya tingkat kesucian tersebut ^^


carinex

Mungkin resensi tentang sotapanna dari link ini lebih cocok menurut saya
http://www.patria.or.id/downloads/liberation.pdf

Sumedho

#73
 [at] carinex: itu juga sudah dilihat di pepustakaan dhammacitta di http://dhammacitta.org/perpustakaan/kebebasan-sempurna/, akan tetapi ada sutta lain yg menjelaskan bahwa semua faktor JMB8 ada apada pemasuk arus, silahkan baca dari awal.
There is no place like 127.0.0.1

fabian c

Quote
Quote[at] ciputras: kalau dari SN 55.5 itu memang tidak disinggung Jhana sih, akan tetapi Samma Samadhi pada JMB8 itu adalah Jhana itu sendiri.

[at] bond: pada sutta saya belum pernah ketemu definisi upacara samadhi, CMIIW. Kita akan coba telaah dari berbagai sutta, kalau ada rujukannya, tolong donk bro buat pembelajaran kita semua.

Bos mau nanya nih, menurut bos pencapaian Jhana melibatkan nimitta nggak?
Pertanyaan kedua bila konsentrasi kita hampir mencapai Jhana apakah itu termasuk samma-samadhi atau tidak?

_/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata