//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: main saham kamma buruk?  (Read 7757 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
main saham kamma buruk?
« on: 02 December 2009, 10:31:17 PM »
kalo main saham? karma buruk ndak?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
main saham kamma buruk?
« Reply #1 on: 02 December 2009, 10:33:23 PM »
kalo main saham? karma buruk ndak?
tergantung niat dan batin..
main saham mengandalkan kepintaran analisa itu seh tidak karma buruk..
main saham mengandalkan spekulasi itu bisa jadi merugikan orang banyak..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
main saham kamma buruk?
« Reply #2 on: 02 December 2009, 10:36:41 PM »

tergantung niat dan batin..
main saham mengandalkan kepintaran analisa itu seh tidak karma buruk..
main saham mengandalkan spekulasi itu bisa jadi merugikan orang banyak..


kalo gw sih biasanya mainin pasar

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
main saham kamma buruk?
« Reply #3 on: 02 December 2009, 10:41:25 PM »
hm.. mungkin bagusnya split thread aja ya sis.. biar thread ini tetep bahas rokok dll
 [at] gmods/admin : need your help.

lanjut..

maksudnya mainin pasar ?

** thanks 4 split..
« Last Edit: 02 December 2009, 10:45:05 PM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #4 on: 02 December 2009, 11:22:10 PM »
main di pasar? yah ampun, mending bantu jaga toko :P
...

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #5 on: 02 December 2009, 11:27:47 PM »
mainin pasar??
nge goreng gitu?
nah ntuh, buruk...
dari niat ajah, udah buat nge raup banyak (lobha berperan)
, kalau bisa seh jangan bro, kasian yg punya jtg
Samma Vayama

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #6 on: 02 December 2009, 11:41:33 PM »
itu sis kali :P, tp hebat juga bisa maenin pasar..sekelas si soros yah :P
...

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #7 on: 03 December 2009, 08:43:41 AM »
kalo main saham? karma buruk ndak?
tergantung niat dan batin..
main saham mengandalkan kepintaran analisa itu seh tidak karma buruk..  ---> ini bagus, halal lho..
main saham mengandalkan spekulasi itu bisa jadi merugikan orang banyak..  ---> ini yg nama nya judi, haram..


Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #8 on: 03 December 2009, 09:08:51 AM »
Saham naik...


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #9 on: 03 December 2009, 09:19:19 AM »

tergantung niat dan batin..
main saham mengandalkan kepintaran analisa itu seh tidak karma buruk..
main saham mengandalkan spekulasi itu bisa jadi merugikan orang banyak..


kalo gw sih biasanya mainin pasar

Wah bandar dong...kasi bocoran dong.... ^-^ :whistle:
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #10 on: 03 December 2009, 11:16:43 AM »
kalo main saham? karma buruk ndak?

Kalau melakukan transaksi di pasar saham adalah kamma buruk, maka membeli dollar juga adalah kamma buruk. Membeli emas juga kamma buruk, membeli tanah juga kamma buruk, membangun pabrik juga kamma buruk. Dan yang paling malang adalah para hedge fund yang melakukan transaksi derivatif, karena mereka telah melakukan akusala garuka kamma.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #11 on: 03 December 2009, 11:24:39 AM »
[at] CKRA

Bisa dijelaskan kenapa para hedge fund yang melakukan transaksi derivatif sebenarnya sudah melakukan akusala garuka kamma?

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #12 on: 03 December 2009, 11:33:17 AM »
 [at]  upasaka

Apabila seorang yang melakukan transaksi di pasar saham dianggap telah melakukan kamma buruk, maka yang menjadi sumber kamma tersebut atau cetana-nya adalah risk appetite. Bila demikian halnya maka seorang yang berani mengambil risiko sangat besar, salah satunya adalah para hedge fund yang melakukan transaksi derivatif (yang mengandung risiko sangat tinggi) bisa dianggap sudah melakukan kamma buruk yang luar biasa besar.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #13 on: 03 December 2009, 12:07:19 PM »
[at] CKRA

Sejauh yang saya tahu, hedge fund adalah lembaga atau personal yang membuka kerjasama investasi dalam jumlah besar dengan sejumlah investor, yang menggunakan strategi investasi; salah satunya adalah transaksi derivatif. Sedangkan transaksi derivatif adalah transaksi valuta asing jangka panjang.

Silakan koreksi bila ada kekeliruan...


Kamma buruk (akusala kamma) adalah perbuatan yang dilandasi dengan niat buruk. Karena itu, kita tidak bisa memukul rata bahwa semua aktivitas transaksi di pasar saham adalah kamma buruk. Tapi kita bisa lebih mudah mengidentifikasi apakah sebuah aktivitas di pasar saham termasuk bentuk perjudian atau tidak. Kriterianya adalah:

- jika aktivitas transaksi di pasar saham dilakukan dengan landasan analisa dinamika keuangan dan kesediaan menanggung untung-rugi sebagai konsekuensi, maka ini adalah investasi (investation).
- jika aktivitas transaksi di pasar saham dilakukan dengan landasan untuk meraup keuntungan dengan cara bergantung pada probabilitas mobilisasi keuangan, maka ini adalah perjudian (gambling)

Seumpamanya para hedge fund yang mengambil resiko besar itu melakukan kamma buruk, perbuatan itu tidak bisa disebut sebagai akusala garuka kamma. Seperti yang tercantum dalam Parikuppa Sutta - Anguttara Nikaya 5.129, akusala garuka kamma hanya mencakup:
- membunu ibu
- membunuh ayah
- membunuh Arahanta
- melukai Sammasambuddha
- memecah belah Sangha

:)

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: main saham kamma buruk?
« Reply #14 on: 03 December 2009, 12:19:26 PM »
;D DN, mksd ko CKRA kan perumpamaan gitu..

[at]  upasaka

Apabila seorang yang melakukan transaksi di pasar saham dianggap telah melakukan kamma buruk, maka yang menjadi sumber kamma tersebut atau cetana-nya adalah risk appetite. Bila demikian halnya maka seorang yang berani mengambil risiko sangat besar, salah satunya adalah para hedge fund yang melakukan transaksi derivatif (yang mengandung risiko sangat tinggi) bisa dianggap sudah melakukan kamma buruk yang luar biasa besar.
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~