//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mengapa Hantu harus ditakuti?  (Read 7756 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dhammasiri

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 465
  • Reputasi: 44
  • Gender: Male
Mengapa Hantu harus ditakuti?
« on: 09 November 2009, 12:43:33 AM »
Mau bertanya nih:
1.Mengapa umat Buddha di Indonesia banyak yang percaya akan keberadaan hantu bahkan sangat takut kepada hantu?
2. Bukankah hantu adalah makhluk yang kebetulan terlahir di alam yang menderita dan butuh pertolongan kita?
3. Mengapa hantu itu harus ditakuti?
4. Apakah anda juga pernah melihat atau bertemu dengan hantu?
Kedamaian dunia tidak akan tercapai bila batin kita tidak damai

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #1 on: 09 November 2009, 12:46:36 AM »
1. banyak yg takut tp byk jg yg nga takut, yg takut justru bukan umat Buddha yang mempelajari Dhamma melainkan yang ikt ikt tradisi... tp kalo liat hantu terkejut sich biasa, cuma setelah itu nga lagii....

2. yaaaa memang bgt, dan satu satu nya cara adalah pelimpahan jasa
3. hantu tdk perlu ditakuti... karena mereka tdk akan bisa menyakiti kita dgn syarat sila org tersebut baik, kekuatan konsentrasinya baik.
4. secret

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #2 on: 09 November 2009, 01:28:34 AM »
Mau bertanya nih:
1.Mengapa umat Buddha di Indonesia banyak yang percaya akan keberadaan hantu bahkan sangat takut kepada hantu?
2. Bukankah hantu adalah makhluk yang kebetulan terlahir di alam yang menderita dan butuh pertolongan kita?
3. Mengapa hantu itu harus ditakuti?
4. Apakah anda juga pernah melihat atau bertemu dengan hantu?
1. w juga kadang berpikir pancarin metta ke hantu2 itu, w juga pernah bilang ke dd wnya, seharusnya kita kasian lha ma hantu2 itu, mereka terlahir di alam yg rendah gini2 gitu2. Tapi, walau begitu, kadang w tetep aja masih takutt... :)) :)) :)) :P :P :P
tapi klo ma kelelawar kyknya, w pernah berusahain gak takut ma kelelawarnyaa... \;D/\;D/\;D/
waktu itu w lagi liat bintang di atas, bintangnya banyak ;D ;D ;D , wnya manjat pagar biar lbh deket ma langitnya \;D/\;D/, ada kelelawar lewat, awalnya takutt, tapi w pikir2in sambil tutup mata, mikir2in : "kelalawarnya juga makhluk lhoo... w takut ma dianya, dianya juga takut ma wnyaa pasti, dia kan ngga apa2in w, gak gigit w, napa juga w harus takut ma dianya? klo w jadi dia, bagaimana klo w merasa diri w ditakuti makhluk lain? pasti sedih, ditakuti..(saat itu juga lagi belajar hilangi ketakutan w ma org lain :P ). stlh mikir2, waktu kelelawar lewat w dah gak ada perasaan takut lagi ma si kelelawar \;D/\;D/\;D/, kyk ibarat kucing lewat gitu ajaa...\;D/\;D/\;D/, tapi saat itu w hanya bisa hilangi ketakutan wnya dari si kelelawar... :P
mungkin krn persepsi itu lho broo...
krn kita berpersepsi hantu itu seram kayak gini gitu mukanya, jadinya kita takut.. ;D ;D ;D
coba kalo kita kasih persepsi ma anak bayi, yg msh blum tau apa2, kita jangan masukin persepsi hantu itu menakutkan, misalnya hantu itu makhluk yg lucu, gini2 gitu2, pasti anak itu juga tdk akan takut ma yg begituan. Padahal kita blum pernah jumpa ma yg namanya hantu, tapi sudah berpersepsi hantu itu kyk yg difilm2(w waktu kecil paling ngeri ma film susana, suara kuntilanak kikikikinya itu lhoo.... :)) :)) :)) ). W juga pernah bilang ke dd w, kita kan gak pernah liat hantu, napa harus takut, bisa aja yg namanya/dimaksud hantu itu kursi, gayung, :)) klo melihat ma bertemu hantu sptnya blumm... ;D ;D ;D

tapi w bingung juga lhoo, spt di koran baru2 ini, kan ada penjaga kamar mayat kan, bpknya tidur di blkg tempat kamar mayat itu, katanya malam2 ia srg denger suara2 gitu, uda itu ada yg ngetuk2 pintu kamarnyaa, tapi ketika dibuka gak ada org sama sekali. katanya sih dah biasa ma yg begituan.
pertanyaannya adlh:
1. menurut Buddhis itu yg bener yg mana, seseorg yg meninggal, ianya langsung tumimbal lahir(<<=setau wnya yg ini yg bener) atau masih ada beberapa hari jeda gentayangan gitu2an(nunggu 49 hari gituan)?
2. trus, apakah seseorg yg sdh meninggal dunia itu, bisa memimpikan org yg msh hidup, lalu menghantuinya gitu2?

trus ada lagii, temen w ceritain ke wnya, dianya byk ceritain soal hantu2 d tempat rumahnya gitu...
wnya denger2, rumah nenek w(dari ii) rumahnya ada hantunya/penghuninya gitu, kadang pintu kamarnya dah ketutup, msh terbuka lagi, sampai2 prt yg tinggal di sana bykan yg gak betah, sering diganggu2in.. ;D ;D ;D
 
Metta cittena,
Citta _/\_
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline hariyono

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 253
  • Reputasi: 17
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #3 on: 09 November 2009, 01:37:44 AM »
Umat Buddha sejati tidak takut Hantu.

Hantu tidak perlu di takuti tapi kita harus bersikap metta .

Tidak ada Secret ,,
yang ada adalah nasehat
Orang yang tidak tercerahkan membicarakan tentang roh .
Orang yang tercerahkan membicarakan tentang kesadaran yang tercerahkan

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #4 on: 09 November 2009, 05:09:05 AM »
1. IMO, adanya lingkungan yang mengajarkan hantu itu jahat, iblis dll yang menyebabkan anak kecil menjadi takut pada hantu sehingga akibatnya ketika anak kecil itu dewasa akan mengajarkan hal yang sama pada turunan dsb. Dan katanya, hantu memiliki rupa yang ganjil dan aneh, jadi wajar seorang manusia yang menyukai hal yang indah2, tiba2 melihat hal yang aneh menjadi takut
2. Yup
3. sama dengan jawaban no. 1
4. belum

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #5 on: 09 November 2009, 06:16:21 AM »
Kebanyakan nonton film kali !  ;D

Makhluk hantu(peta) juga kebanyakan mantan makhluk manusia, jadi tidak ada alasan untuk ditakuti.
maka nya selagi jadi manusia harus menghindari kejahatan, harus banyak berbuat kebajikan dan gemarlah mengembangkan batin.
Semoga bisa terhindar kelahiran kembali jadi makhluk peta(hantu)

_/\_
« Last Edit: 09 November 2009, 06:18:00 AM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #6 on: 09 November 2009, 06:48:20 AM »
Mau bertanya nih:
1.Mengapa umat Buddha di Indonesia banyak yang percaya akan keberadaan hantu bahkan sangat takut kepada hantu?
karena udah diberi mindset dr kecil,dan sering di takut-takuti,exp;"eh,jangan kesana,disana ada setannya lho..","jangan kesana,nanti dicaplok ama setan..",dll sebagian pengaruh dari tontonan telivisi,apalg di tahuan 90an waktu pilem horor mandarin sering2nya di telivisi indonesia.
Quote
2. Bukankah hantu adalah makhluk yang kebetulan terlahir di alam yang menderita dan butuh pertolongan kita?

masalahnya banyak buddhis yg belum tahu dan mengerti soal siklus 31 alam(termasuk alam peta) sehingga masih terengaruhi oleh doktrin agama tetangga mengenai iblis,setan,dll
Quote
3. Mengapa hantu itu harus ditakuti?

senada dengan Forte,sebagian dipengaruhi doktrin sebagian dipengaruhi dogeng masa kecil,exp; setan itu jahat,kejam,dan pemangsa manusia
Quote
4. Apakah anda juga pernah melihat atau bertemu dengan hantu?

belum.
_______
Kadang gw bingung melihat orang Indonesia,setan yg dijajakan di bioskop2 di antri masyrakat,eh setan benaran pada takut..ckckckck,memang masyarakat Indonesia senangnya ama barang2 tiruan, :))
malah,banyak transaksi jual-beli rumah yang gagal hanya karena isu rumahnya dihuni setan.
« Last Edit: 09 November 2009, 06:51:30 AM by Mr.Jhonz »
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #7 on: 09 November 2009, 06:59:25 AM »
Takut jg sbnrnya, walau tidak pernah melhat hantu scra langsung, misalnya sj pergi ke tempat2 angker sndirian, spti rumah tua, gedung pnyiksaan belanda tmpo dulu, dsb, belum melhat hantu sja,bulu kuduk dah brdiri.Kalo anda tidak takut, coba saja buktiin masuk sendirian ke tempat2 angker, spti gedung pnyiksaan belanda...Buktikan saja, apakah memang sdah didoktrin takut hantu smasa kecil atau tidak?
« Last Edit: 09 November 2009, 07:04:56 AM by Johsun »
CMIIW.FMIIW.

Offline nick

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 31
  • Reputasi: 1
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #8 on: 09 November 2009, 07:17:30 AM »
1. Mereka memang ada, tp tidak semua org takut hantu, bahkan ada yg malah pingin liat.
2. Yup.... krn cumulative karma buruk, maka seseorang dpt terlahir menjadi makhluk spt itu.
3. Seharusnya kita ga perlu takut pada mereka, mungkin krn banyaknya info yg mengatakan/menunjukkan
bahwa wujud mereka serem.... jd ya.... pada takut duluan... hrsnya ehipasiko....
4. Belum..

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #9 on: 09 November 2009, 07:51:20 AM »
1. Percaya hantu = karena banyak yg percaya
    Takut hantu =  karena katanya serem, dan menakutkan.

2. mereka tidak kebetulan lahir di alam menderita, karena karma mereka maka lahir dialam seperti itu, gak hanya hantu saja yg butuh pertolongan dari makhluk lain ;D kita jg butuh pertolongan.

3. Karena katanya menakutkan, tapi terserah sih gak harus.. ;)

4. belum :|
i'm just a mammal with troubled soul



Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #10 on: 09 November 2009, 09:39:26 AM »
- percaya hantu krn memang ada,

- rasa takut krn dr kecil udh tertanam dlm pikiran ini kalo hantu itu menyeramkan, pdhal mereka     sangat menderita & butuh pertolongan dr kita,

- melihat & diganggu beberapakali ...
thanks Buddha...

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #11 on: 09 November 2009, 03:07:18 PM »
Yang menjadi salah kaprah bagi banyak orang adalah mereka belum pernah melihat hantu, tapi sudah takut dengan hantu. Sebenarnya yang ditakuti bukan hantu, tapi pikirannya sendiri yang berimaginasi bahwa ada semacam makhluk yang menyeramkan. Coba kalau kita bisa membayangkan bahwa apa yang disebut hantu memiliki tubuh yang indah, cantik, ganteng, tidak seram, saya yakin kta tidak akan takut.  :) ;) :)

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #12 on: 09 November 2009, 03:14:53 PM »
Setan alavaka pemakan manusia itu bgaimana pula??
CMIIW.FMIIW.

Offline ajan

  • Teman
  • **
  • Posts: 71
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #13 on: 09 November 2009, 03:22:07 PM »
Mau bertanya nih:
1.Mengapa umat Buddha di Indonesia banyak yang percaya akan keberadaan hantu bahkan sangat takut kepada hantu?
2. Bukankah hantu adalah makhluk yang kebetulan terlahir di alam yang menderita dan butuh pertolongan kita?
3. Mengapa hantu itu harus ditakuti?
4. Apakah anda juga pernah melihat atau bertemu dengan hantu?

1. hantu memang ada toh, bisa dibuktikan dengan main jelangkung, pasti pada berdatangan.
    Orang takut hantu karena katanya hantu tampangnya seram, suka usil.

2. begitulah menurut ajaran Sang Buddha.

3. mungkin karena gak keliatan, tapi bisa dirasakan kehadirannya, jadi misterius, jadi bikin takut.

4. melihat pake mata sih belom pernah, tapi berinteraksi pernah, lewat permainan jelangkung.

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Mengapa Hantu harus ditakuti?
« Reply #14 on: 10 November 2009, 06:40:11 AM »
Bagaimana dengan orang kesurupan? Hantukah yang maksud ke orang kesurupan?