Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan  (Read 15421 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« on: 20 August 2009, 11:57:44 PM »


Madu palsu atau tiruan adalah larutan yang menyerupai madu. Dibuat tanpa pertolongan lebah atau menggunakan gula sebagai nektar. Umumnya mempunyai warna sama dengan madu asli. Karena itu bagi orang awam sulit untuk membedakan antara madu asli dan madu tiruan. Pada perusahaan-perusahaan yang telah mendapat izin produksi akan mencantumkan keterangan produknya sehingga dapat diketahui apakah itu madu asli atau sintetis. Madu sintetis yang beredar di antaranya adalah madu melon, labu semangka, dan kurma.

Sejak lama madu palsu telah banyak diproduksi orang. Dengan cara mencampur glukosa dengan gula pasir, buah, flavour serta zat warna. Di laboratorium madu palsu akan mudah dikenali dengan analisis kimia. Kandungan HMF (5 hydroxyl-methyl furfural) dengan jumlah maksimum 3mg/100gram, aktivitas enzim diastase minimal 5 serta rasio kandungan kalium (K) dan natrium (Na) dalam madu asli sekitar 4,0 sedangkan madu palsu 0,005-0,1.

Pengujian kadar keaslian madu memang tidak gampang, di samping biayanya juga mahal. Dibutuhkan alat-alat canggih untuk mendeteksi ada tidaknya campuran dengan gula lainnya di dalam madu. Sementara, khasiat madu yang sudah jelas manfaat bagi kesehatan, membuat para pedagang nakal melakukan campuran dengan gula tebu atau gula aren. Bagi orang kebanyakan, rasa manis yang dikeluarkan oleh madu asli dan campuran sulit dibedakan. Dengan melihat dan merasakannya, ahli madu akan dapat membedakan antara madu asli dan yang palsu. Salah satu pengujian yang paling praktis adalah dengan menggunakan pH meter. Madu palsu biasanya memiliki pH 2,4-3,3 atau di atas 5, sedangkan madu asli mempunyai pH 3,4-4,5. Untuk mengetahui lebih lanjut, dapat dilakukan uji kandungan madu di laboratorium. Salah satu laboratorium tempat pengujian madu terdapat di Bogor.

Madu di Indonesia sendiri terbagi menjadi dua, yaitu madu hasil lebah ternak dan madu hutan. Yang dimaksud madu ternak adalah madu tersebut diambil dari nektar bunga pohon-pohon tertentu seperti rambutan, kelengkeng, durian dan sebagainya. Ketika pohon-pohon tersebut sedang berbunga, maka digiringlah lebah-lebah yang sudah berada dalam kotak-kotak menuju perkebunan pohon tersebut. Ciri khas dari madu ternak adalah aroma madunya sesuai dengan nektar bunga dari pohon yang dihinggapi.
Sedangkan madu hutan, lebih variatif nektar bunganya karena dihisap dari berbagai pohon. Madu hutan ini dikenal lebih baik karena lebih banyak mengandung nutrisi yang terdiri dari mineral dan vitamin. Jenis tawon madu hutan pun lebih baik daripada tawon madu ternak. Madu terbaik jenis ini tidak akan beku walaupun diletakkan di freezer selama berbulan-bulan karena kadar airnya di bawah 20%.

Kendati demikian, baik madu hutan maupun madu ternak mempunyai kelemahan. Ketika dipanen pada musim hujan madu akan banyak mengandung air hujan, sedangkan sifat air hujan sendiri bersifat asam. Selain menyebabkan lebih cair, madu juga teroksidasi udara menjadi lebih asam dan akan terfermentasi. Akibatnya, timbul gas yang bisa menjebol tutup botolnya. Semut pun tidak mau menghampiri karena rasanya yang masam-masam manis. Bila madu jenis ini dimasukkan ke dalam freezer akan mudah beku, meski termasuk asli.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengetahui keaslian madu secara ilmiah. Misalnya dengan analisis karbon, analisis mikroskopis, analysis hydroxymethylfurfural, analisis polaritas cahaya dan terakhir tes keasaman. Dari lima cara tersebut, empat yang pertama harus menggunakan alat bantu yang cukup mahal harganya dan keahlian tertentu. Jadi, tidak semua orang bisa melakukannya. Sedangkan tes keasaman, merupakan tes yang terbilang relatif mudah dan tidak mahal. Tapi, masih tetap memerlukan pengetahuan tentang madu yang mendalam. Jika tidak, tetap akan sulit membedakan mana madu asli, madu campuran, dan madu buatan (artificial honey).

Di masyarakat berkembang kebiasaan uji keaslian madu yang ditunjukkan menyala ketika dibakar dengan korek api, telur bisa matang, tidak rembes ketika diteteskan pada kertas koran, dan sebagainya. Pengujian tersebut sebenarnya tidak seratus persen benar, masih butuh pembuktian melalui laboratorium.

Sebenarnya masih ada cara lain yang bisa menjadi tolok ukur dan dilakukan oleh semua orang, yakni dengan meneteskan madu di air di atas piring beling putih. Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk segi enam atau sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias madu asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisinya sudah jauh berkurang.

Cara lain yang mungkin mudah dilakukan adalah sama seperti di atas, namun piringnya tidak digoyang-goyang. Cukup didiamkan saja. Madu asli yang memiliki kadar air rendah tidak akan membuat air di piring menjadi keruh. Sedangkan madu yang telah dicampur atau madu buatan perlahan-lahan akan membuat air menjadi keruh. Apakah semut bisa menjadi patokan untuk menentukan madu itu asli atau tidak? Pada dasarnya, sifat semut suka pada yang manis-manis, termasuk rasa manis yang ada pada madu. Namun, semakin kental madunya (kadar airnya sedikit) semakin sulit bagi semut untuk mendeteksi lokasi rasa manis madu tersebut karena molekul yang ada di dalam madu tetap utuh, tidak pecah. Sebaliknya, bila kadar airnya tinggi (di atas 20%), maka semut mudah menghampiri.

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #1 on: 21 August 2009, 12:27:44 AM »
nice thread  _/\_

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #2 on: 21 August 2009, 05:19:53 AM »
Kalau gak salah. Pas pelajaran farmakognosi smt4 diajrkan simpan madu di freezer, kalau beku, berarti palsu
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.383
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #3 on: 21 August 2009, 09:27:34 AM »
kalo beku itu karena kadar airnya tinggi aja bukan patokan pasti asli, tapi patokan kualitas madu.

sempat ada coba beli madu "organic hutan" rasanya mirip dengan madu yg dibeli di peternak langsung yg belinya pakai jerigen tapi kualitasnnya jelek, encer.
There is no place like 127.0.0.1

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #4 on: 21 August 2009, 09:56:05 AM »
Sebenarnya madu kalo beku ketika ditaruh di kulkas itu karena sudah diolah dan ada campuran gula dan air. Apakah palsu ? tidak palsu hanya biasa disebut madu olahan. Kebanyakan madu yg dijual adalah madu olahan.

Kalau madu yg langsung dari sarang lebahnya....dan belum di olah biasanya ketika di taruh dikulkas tidak ada endapan atau bekuan putih, kedua jika kita teteskan madu di mana saja tidak ada semut yg mau mengerubung madu tersebut. Dan biasanya tutup botolnya pakai gabus atau plastik, dan katanya kalau dicampur telur, telurnya bisa setengah matang...
Biasanya kalo saya ngetes dengan cara masukan ke kulkas lalu teteskan madu dimana saja...kalo hasilnya tidak ada semut dan membeku maka itu madu asli yg belum diolah entah itu dari ternak ataupun dari hutan.

« Last Edit: 21 August 2009, 10:00:10 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Gunadipo

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 7
  • Reputasi: 2
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #5 on: 21 August 2009, 08:24:47 PM »
Thread bagus....
jadi ingat dulu yg rame di milis....
terima kasih...
Salam,

Gndp

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #6 on: 21 August 2009, 08:54:08 PM »
Sy hampir tidak percayaa lg yg namanya 'madu asli'
soalnya dibelakang rumah(di kalbar),ada pabrik madu,pabrik madunya dalam jumlah besar lg..
Cara penjualanya mempunyai berbagai macam trik,
1.dari kota pontianak dikirim kedaerah pedalaman,nanti dr daerah pendalaman di kirim lg kekota,katanya madu asli dari kapuas hulu ;D
2.pakai merk2 terkenal yg ada di pulau jawa.
jadi bisa dibilang madu pontianak 70% madu buatan manusia,parahnya nasib lebah penghasil madu asli makin terancam habitatnya soalnya hutan2 pada digunduli..
Ironis!
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Gunadipo

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 7
  • Reputasi: 2
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #7 on: 21 August 2009, 09:07:26 PM »
mau madu asli?
beli langsung sama peraih madu pohon...ikut masuk hutan dan bantuin peraih madu itu pegangin ember tempat ia menempatkan air madu hasil panen nya...saya jamin jika demikian pasti madu yg Bro dapat asli!
tetapi saya sungguh tidak menyarankannya...krn secara langsung Bro akan terlibat langsung dlm melanggar sila pertama...
Bro akan menyaksikan banyak larva dan anak kumbang / lebah yg mati ketika sarangnya dipetik...
Salam,

Gndp

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #8 on: 21 August 2009, 09:48:37 PM »
mau madu asli?
beli langsung sama peraih madu pohon...ikut masuk hutan dan bantuin peraih madu itu pegangin ember tempat ia menempatkan air madu hasil panen nya...saya jamin jika demikian pasti madu yg Bro dapat asli!
tetapi saya sungguh tidak menyarankannya...krn secara langsung Bro akan terlibat langsung dlm melanggar sila pertama...
Bro akan menyaksikan banyak larva dan anak kumbang / lebah yg mati ketika sarangnya dipetik...

Hormat pada Sifu...^:)^  Sifu jagonya milih MADU nich... :jempol:

_/\_ :lotus:

~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #9 on: 21 August 2009, 11:23:12 PM »
tah gampang nya yah semut semut kemari manis tidak gitu

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #10 on: 27 September 2009, 11:18:11 PM »
Lebah Madu Yang Unik

Lebah madu adalah salah satu jenis serangga dari sekitar 20.000 spesies lebah. Saat ini ada sekitar tujuh spesies lebah madu yang dikenal dengan sekitar 44 subspesies. Semua spesies ini termasuk dalam genus Apis. Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Selain itu mereka juga membuat sarang dari lilin, yang dihasilkan oleh para lebah pekerja di koloni lebah madu.

Spoiler: ShowHide


Lebah madu yang ada di alam Indonesia adalah A. andreniformis, A. cerana dan A. dorsata, serta khusus di Kalimantan terdapat A. koschevnikovi. Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat. Aspek lain yang mengagumkan adalah cara komunikasi antar lebah yang sulit untuk dipercaya

Setelah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.

Lebah menggunakan cara yang sangat menarik ketika membangun sarang. Mereka memulai membangun sel-sel tempat penyimpanan madu dari sudut-sudut yang berbeda, seterusnya hingga pada akhirnya mereka bertemu di tengah. Setelah pekerjaan usai, tidak nampak adanya ketidakserasian ataupun tambal sulam pada sel-sel tersebut.

dari Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas madu bunga dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah. Di samping itu di dalam madu terdapat pula tembaga, yodium dan seng dalam jumlah yang kecil, juga beberapa jenis hormon.


 
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #11 on: 28 September 2009, 09:49:22 PM »
kalo gak salah madu asli itu gak bakal disemutin
soalnya kemarin ce2 di kasi madu asli dari hongkong..
gak dimasukin kulkas di taruh diluar gak pernah disemutin
n rasanya gak gitu manis malah enak
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #12 on: 28 September 2009, 09:51:00 PM »
^
^
gak "caya" kalo lom cobain n dibagi  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #13 on: 28 September 2009, 11:21:01 PM »
gak tau juga deh bro virya tuh asli atau bukan
tapi kata ce2 itu asli...
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Cara membedakan madu asli dan madu tiruan
« Reply #14 on: 28 September 2009, 11:34:30 PM »
Quote
Sebenarnya masih ada cara lain yang bisa menjadi tolok ukur dan dilakukan oleh semua orang, yakni dengan meneteskan madu di air di atas piring beling putih. Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk segi enam atau sarang lebah

Kalau yg ini udah gw coba, bener bro.........


Bagaimana menentukan madu asli atau tidak dalam kemasan yg tidak boleh dibuka?

 _/\_
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya