Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?  (Read 59819 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #75 on: 20 October 2009, 02:02:30 AM »
_/\_

ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...

kok ada jhana ke 5?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #76 on: 20 October 2009, 02:05:34 AM »
_/\_

ikt nimbrung..
saya baru tau kalo dalam jhana 1 masih ada rintangan batin yang merintangi shg perlu beralih ke Vippasana lalu ke jhana, bahkan dalam jhana 2 sekalipun sehingga harus beralih ke Vippasana.... btw dr mana statement demikian????  ;D

 _/\_



Misalnya mencapai jhana 1, terus terikat pada keadaan kebahagian yg luar biasa itu dan terus ingin mengulanginya. Ini juga termasuk rintangan. Kalo tidak disadari  akan membuat berputar2 di situ saja. Kalo bisa di lepas yah masuk ke tahap selanjutnya.

Kebahagiaan adalah rintangan?

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #77 on: 20 October 2009, 02:21:28 AM »
Sewaktu di kelas meditasi mingguan,ada sesi wawancara secara terbuka, sang pembimbing menanyakan sensasi2 yg dialami para meditator, pas sampai di gw, setelah gw menjelaskan sensasi yg dialami, divonis telah mencapai jhana 1..Tapi setelah itu kg prnh merasakan lagi,soalnya udh kg pernah meditasi lg seh... :P

Kalo gw coba mengingat2 lg, rasanya udah lupa..hahaha...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #78 on: 20 October 2009, 02:21:37 AM »
_/\_

ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...

kok ada jhana ke 5?
:hammer:
baca yg bener, wangsatpala nulisnya ngga pake titik-koma, nulis samatha juga masih samantha. maklumin atuh. perfeksionis amit Om ini. :))
mksdnya: "dalam jhana, ke-5 rintangan batin sudah dapat ditekan."

IMO, Vipassana yg dikembangkan lewat 4 Sati-patthana secara benar seharusnya menuntun ke Samma-Samadhi:Jhana.
appamadena sampadetha

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #79 on: 20 October 2009, 02:33:56 AM »
Sewaktu di kelas meditasi mingguan,ada sesi wawancara secara terbuka, sang pembimbing menanyakan sensasi2 yg dialami para meditator, pas sampai di gw, setelah gw menjelaskan sensasi yg dialami, divonis telah mencapai jhana 1..Tapi setelah itu kg prnh merasakan lagi,soalnya udh kg pernah meditasi lg seh... :P

Kalo gw coba mengingat2 lg, rasanya udah lupa..hahaha...

:hammer:

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #80 on: 20 October 2009, 06:47:06 AM »
_/\_

ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...

kok ada jhana ke 5?

Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.

Quote
In the first jhàna, all the five jhàna-factors are present. Then
by meditating on the pañibhàga-nimitta of pathavã-kasiõa further
and eliminating the lower jhàna- factors one by one, a person
can attain the higher jhànas. He attains the second jhàna when
vitakka is eliminated, the third jhàna when vicàra is further

eliminated, the fourth jhàna when pãti is also eliminated, and
finally the fifth jhàna when sukha is replaced by upekkhà. (Ultimate Science~Dr. Mehm Tin Mon

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #81 on: 20 October 2009, 06:53:42 AM »
_/\_

ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...

kok ada jhana ke 5?

Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.


berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #82 on: 20 October 2009, 06:56:17 AM »
_/\_

ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...

kok ada jhana ke 5?

Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.


berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?

Om Kumis... mendingan ehipassiko aja.... yg itu kan adanya di teks book... ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #83 on: 20 October 2009, 07:05:11 AM »
_/\_

ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...

kok ada jhana ke 5?

Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.


berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?

Om Kumis... mendingan ehipassiko aja.... yg itu kan adanya di teks book... ;D

_/\_ :lotus:

dan apa salahnya teks book? apakah sis Lily pernah mengalami pengalaman yg berbeda dengan sutta/abhidhamma?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #84 on: 20 October 2009, 07:49:42 AM »

Misalnya mencapai jhana 1, terus TERIKAT pada keadaan kebahagian yg luar biasa itu dan terus ingin mengulanginya. Ini juga termasuk rintangan. Kalo tidak disadari  akan membuat berputar2 di situ saja. Kalo bisa di lepas yah masuk ke tahap selanjutnya.

Kebahagiaan adalah rintangan?

Yup kalo terikat pada kebahagian itu sehingga tidak bisa di lepas, itu juga melupakan halangan bagi kemajuan batin berikutnya.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #85 on: 20 October 2009, 08:00:03 AM »

Misalnya mencapai jhana 1, terus TERIKAT pada keadaan kebahagian yg luar biasa itu dan terus ingin mengulanginya. Ini juga termasuk rintangan. Kalo tidak disadari  akan membuat berputar2 di situ saja. Kalo bisa di lepas yah masuk ke tahap selanjutnya.

Kebahagiaan adalah rintangan?

Yup kalo terikat pada kebahagian itu sehingga tidak bisa di lepas, itu juga melupakan halangan bagi kemajuan batin berikutnya.

melihat pada faktor2 jhana, kebahagiaan ada dalam jhana 1-3, baru lenyap dalam jhana 4, mungkinkah dari jhana 1 langsung ke 4?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #86 on: 20 October 2009, 08:07:26 AM »
ups, salah ngasih contoh, harusnya kebahagian itu diganti dengan kegiuran yah?

Sorry!
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #87 on: 20 October 2009, 08:13:59 AM »
ups, salah ngasih contoh, harusnya kebahagian itu diganti dengan kegiuran yah?

Sorry!

kebahagiaan, kegiuran, dll itu adalah faktor2 jhana, apakah menurut anda faktor2 jhana = rintangan?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #88 on: 20 October 2009, 08:20:15 AM »
menurut saya kalo terikat sehingga tidak bisa dilepas maka akan menjadi rintangan untuk ke tahap selanjutnya
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada yang telah mencapai Jhana ?
« Reply #89 on: 20 October 2009, 08:46:27 AM »
menurut saya kalo terikat sehingga tidak bisa dilepas maka akan menjadi rintangan untuk ke tahap selanjutnya

misalnya dalam faktor jhana kebahagiaan
sebelumnya sudah saya katakan bahwa kebahagiaan ada pada jhana 1,2,3, jika terikat pada faktor jhana kebahagiaan, menurut anda tidak mungkin untuk untuk masuk ke jhana 2 dari jhana 1 atau ke jhana 3 dari jhana 2. begitukah?