Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?  (Read 10279 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Rilna

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 3
ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« on: 21 June 2009, 05:59:19 PM »
sy punya teman baik, sebut ja namanya A. singkat cerita kita kemanapun juga saling ngajak, en kalaupun cuma sy yg diajak teman lain, sy tetap bilang sama teman lain "eh, kalian gak ajak A?" en pokoknya sampai A juga ada ikut lah. ataupun kalau teman lain gak pingin A ikut, sy tetap bilang sama A kalau bla bla bla, soalnya gak enak sama A, secara kita teman baik, gak ada rahasia2an lagi.

nah, sampai pada seminggu lalu, A diajak teman lain keluar, PARAHNYA, A sama sekali gak kasih tau sy en merahasiakan sampai sy sendiri yang tau. jujur sy marah bangat.

yang ingin sy diskusikan itu,
perlukah sy menanyakan pada A kenyataannya? seperti mengapa dia tidak memberitahukanku, mengapa bla bla bla lainnya.
atau sy hanya diam dan seolah2 semua ini tidak terjadi? tetapi sy hanya seperti orang bodoh yang berhasil dia tipu.

mohon solusi yah  :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #1 on: 21 June 2009, 06:28:57 PM »
IMO ya.. dalam hal ini karena teman baik.. ada baiknya Anda bertanya..
Namun Anda bertanya pun idealnya juga dengan nada bekerja sama.. dan mencari SOLUSI. bukan mencari benar salah..

Contoh begini.. Rilna bisa menggunakan kalimat yang intinya seperti ini

Saya agak sedih pas u merahasiakan ini pada gw.. Namun mengingat kita ini berteman sangat akrab.. Mungkin u lagi ada masalah sehingga merahasiakan ini dari gw.. Cobalah cerita.. mudah2an kita bisa cari jalan keluarnya sama2.. Jadi kita sama2 senang..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #2 on: 21 June 2009, 06:36:00 PM »
klo teman dekat seharusnya bisa menerima kekurangan dia, walau pun dia seperti itu... itu idealnya, tapi tetap kita bukan lah dewa/malaikat dimana perasaan kita lebih bermain saat mengalami hal tersebut dan mempertanyakan apakah seperti itu teman yg sejati, karena kita mengharapkan imbalan atas apa yg telah kita lakukan terhadap dia...

salah satu kriteria teman yg baik : ada saat kita susah dan senang... klo menurut aa lebih baik ditanyakan saja, tp bukan berarti mengakhiri pertemanan, setidaknya kita tau apa alasan dia melakukan hal itu... selanjutnya tergantung dari anda
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #3 on: 21 June 2009, 06:39:42 PM »
sy punya teman baik, sebut ja namanya A. singkat cerita kita kemanapun juga saling ngajak, en kalaupun cuma sy yg diajak teman lain, sy tetap bilang sama teman lain "eh, kalian gak ajak A?" en pokoknya sampai A juga ada ikut lah. ataupun kalau teman lain gak pingin A ikut, sy tetap bilang sama A kalau bla bla bla, soalnya gak enak sama A, secara kita teman baik, gak ada rahasia2an lagi.

nah, sampai pada seminggu lalu, A diajak teman lain keluar, PARAHNYA, A sama sekali gak kasih tau sy en merahasiakan sampai sy sendiri yang tau. jujur sy marah bangat.

yang ingin sy diskusikan itu,
perlukah sy menanyakan pada A kenyataannya? seperti mengapa dia tidak memberitahukanku, mengapa bla bla bla lainnya.
atau sy hanya diam dan seolah2 semua ini tidak terjadi? tetapi sy hanya seperti orang bodoh yang berhasil dia tipu.

mohon solusi yah  :)


Tidak perlu lah menanyakan masalah yg sudah terjadi itu... karena itu akan menambah penderitaan kamu aja...jika jawabannya itu tidak memuaskan bagimu.

Kamu malah akan menjadi lebih bodoh kalo kamu menanyakan itu...karena mungkin dia tidak bermaksud u/menipumu .... ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline chizz_roll

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.028
  • Reputasi: 74
  • Gender: Female
  • Be Mindful
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #4 on: 21 June 2009, 06:42:34 PM »
saya pikir juga lebih baik ditanyakan, Rilna..
jangan dipendam.. karena ini ga baik buat suatu persahabatan..
tapi saya prefer kamu menanyakannya pada saat santai atau kondisi yang tepat deh..
atau coba guyonin dia aja ( kalo dia emang orangnya bisa diajak bercanda ), contohnya gini
" wah ada yang keluar ga ajak2 nih.. ehemm... bla bla bla.."
or kalo dia emang seriusan, jangan pake kata2 seperti itu, ya coba aja tanya dengan kata2 yang lebih serius..
saya yakin kamu kan udah berteman dekat dengan A, jadi tau sedikit banyak tentang A dan cara buat bicara dengan dia..
saran saya, jangan mikir terlalu jauh dulu, seperti kamu orang bodoh yang dia tipu, or apapun itu. karena itu bisa mempengaruhi persahabatan kamu dengan dia.
makin cepat ditanyakan makin baik, agar semuanya jelas dan kamu pun ga menduga2 lagi.. tapi satu, konsekuensinya, kamu harus siap dengan apapun alasan dia..
ok, semoga masalahnya cepat selesai ya , Rilna..
semoga saran ini bisa membantu
ketika kehidupan memberimu seribu alasan untuk menangis, tunjukkan kalo kamu mempunyai sejuta alasan untuk tersenyum.. Tersenyumlah selalu.. :)

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #5 on: 21 June 2009, 06:56:53 PM »
btw...... masa mesti maen lapor laporan sih.. =)) 

gak pegel apa tiap pegi laporan terus.... jangan2 ke wc aja laporan neh :D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #6 on: 21 June 2009, 07:15:09 PM »
^
^ hatred ga pernah muda apa?
Biasa lah,anak muda memang begitu ;D
kadang terlalu lebaiii *becanda

saran sy,anda harus positif thinking..
Namanya pertemanan pasti ada pasang-surutnya,kadang berasa teman akrab,kadang berasa sodara,kadang berasa iilfeel..
"Segala sesuatu yg berkondisi tidak kekal"
lebih baik pura2 ga tahu aja..
Nanti juga perasaan kesal ini juga akan berlalu...
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #7 on: 21 June 2009, 07:32:12 PM »
coba bilang ke si A kyk gini:
A, A anggap w temen baiknya A kann? :D :D :D
klo w, w nganggap A itu temen baikkuu \;D/\;D/\;D/
w akan jadi sahabat A dalam suka dan dukaa, karena w nganggap A itu temen baikku, kemanapun w pergi, w akan nanyain A mo ikutt gakk \;D/\;D/\;D/

sekedar sarann\;D/\;D/\;D/
mungkin klo kita bilang spt itu, si A klo nganggap kita temen baiknya juga, mungkin ia akan ingat kita ketika ia bahagia, atopun sedihh \;D/\;D/\;D/
tapii, jangan hanya diomongi ajaa, musti dipraktekin jugaa, sahabat suka dan dukanyaa\;D/\;D/\;D/ , klo hanya ngomongg, ntar jadinya hanya omong kosong ajaa deh berartii... ;D ;D ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline sakura

  • Teman
  • **
  • Posts: 54
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #8 on: 21 June 2009, 07:33:36 PM »
cuekin aja cari temen lain lagi, khan temen bukan dia doang
gitu aja susah, jangan dipikiran nanti kurus loh :'( :'(

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #9 on: 21 June 2009, 07:42:03 PM »
coba bilang ke si A kyk gini:
A, A anggap w temen baiknya A kann? :D :D :D
klo w, w nganggap A itu temen baikkuu \;D/\;D/\;D/
w akan jadi sahabat A dalam suka dan dukaa, karena w nganggap A itu temen baikku, kemanapun w pergi, w akan nanyain A mo ikutt gakk \;D/\;D/\;D/

sekedar sarann\;D/\;D/\;D/
mungkin klo kita bilang spt itu, si A klo nganggap kita temen baiknya juga, mungkin ia akan ingat kita ketika ia bahagia, atopun sedihh \;D/\;D/\;D/
tapii, jangan hanya diomongi ajaa, musti dipraktekin jugaa, sahabat suka dan dukanyaa\;D/\;D/\;D/ , klo hanya ngomongg, ntar jadinya hanya omong kosong ajaa deh berartii... ;D ;D ;D


contoh :

A= Cide

Cide, Cide anggap w temen baiknya Cide kann? :D :D :D
klo w, w nganggap Cide itu temen baikkuu \;D/\;D/\;D/
w akan jadi sahabat Cide dalam suka dan dukaa, karena w nganggap Cide itu temen baikku, kemanapun w pergi, w akan nanyain Cide mo ikutt gakk \;D/\;D/\;D/


kek gitu yakk ? ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #10 on: 21 June 2009, 08:03:35 PM »
sy punya teman baik, sebut ja namanya A. singkat cerita kita kemanapun juga saling ngajak, en kalaupun cuma sy yg diajak teman lain, sy tetap bilang sama teman lain "eh, kalian gak ajak A?" en pokoknya sampai A juga ada ikut lah. ataupun kalau teman lain gak pingin A ikut, sy tetap bilang sama A kalau bla bla bla, soalnya gak enak sama A, secara kita teman baik, gak ada rahasia2an lagi.

nah, sampai pada seminggu lalu, A diajak teman lain keluar, PARAHNYA, A sama sekali gak kasih tau sy en merahasiakan sampai sy sendiri yang tau. jujur sy marah bangat.

yang ingin sy diskusikan itu,
perlukah sy menanyakan pada A kenyataannya? seperti mengapa dia tidak memberitahukanku, mengapa bla bla bla lainnya.
atau sy hanya diam dan seolah2 semua ini tidak terjadi? tetapi sy hanya seperti orang bodoh yang berhasil dia tipu.

mohon solusi yah  :)


Rilna yg baik ...

IMHO..

supaya kedua belah pihak tidak ribut (saling menyalahkan),
ya perlu dibuat AKTE PENDIRIAN PT... beserta
Hak dan kewajiban kedua belah pihak yg telah disetujuin...
protokol, procedure melakukan aktivitas.....

Contoh...bila anda berdua udah sepakat ikut "internet marketing" di Jakarta dan udah membayar uang beserta tiket kesana. Nah... tau2 teman baik anda jatuh sakit.

1. Apakah anda BATAL berangkat?
2. Atau menemaninnya di rumah sakit
   (walaupun org rumah/dokter/suster udah bisa mengatasinnya).
3. Berangkat aja...(karna nanti pulang bisa mengajarkan dia).

Pilih yg mana?

Jadi buatlah aturan2 yg telah disepakain bersama...

jangan tiba2 mengharapkan sesuatu dari orang lain...
   belum tentu orang lain mengerti apa kemaunan anda...
^:)^

teman baik, ada teman yg dpt kita komunikasikan secara terbuka...
pertemanan yg baik adalah kedua belah pihak dpt berkembang bersama-sama...(walaupun tidak berpergian bersama-sama)
dst

Bisa juga ngomong pd teman baik anda....
ehhh kalau elu mau pergi sama yg lain...sih ok aja... tapi sedapat mungkin
beritahukan saya... sehingga saya bisa menjadwal kegiatan gw...
soalnya gw senang sekali bersama elu dlm berbagai kegiatan....
(jadi berilah dia juga kebebasan.... menghirup udara segar....)

semoga berguna..
« Last Edit: 21 June 2009, 08:22:32 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #11 on: 21 June 2009, 08:08:20 PM »
btw...... masa mesti maen lapor laporan sih.. =)) 

gak pegel apa tiap pegi laporan terus.... jangan2 ke wc aja laporan neh :D
ntah ya.. tapi kadang bagi beberapa personnel.. itu penting.. walau keliatan konyol..
makanya dalam pertemanan biasanya juga ada pembedaan.. mana teman.. mana sahabat..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #12 on: 21 June 2009, 08:20:15 PM »
btw...... masa mesti maen lapor laporan sih.. =))  

gak pegel apa tiap pegi laporan terus.... jangan2 ke wc aja laporan neh :D

Kalau makan, sama tidur ada DOA nya,...

kalau kencing dan BAB apakah juga ada DOA nya maupun MAnteranya ? =))

Kalau penjaga PINTU KERETA API...

kencing gak LAPOR pada temannya BAKAL di PECAT........ :)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #13 on: 21 June 2009, 08:38:54 PM »
biasa kalo kencing ada mantra yg bebunyii ssshhhhsss......... sssshhhssssssss......... =))

i'm just a mammal with troubled soul



Offline Rilna

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 3
Re: ditanyakan lagi atau pura-pura gak tau?
« Reply #14 on: 21 June 2009, 10:39:35 PM »
 [at] hatred
bukan masalah lapor atau tidaknya, seperti hansip ja lapor 24jam. tetapi masalahnya sekarang itu, kenapa dia mesti merahasiakan dari sy, kenapa membohongi.

 [at] mr.johnz
teman sy ini cewek, dan sy juga cewek. jadi gak ada alasan untuk lebai ini itu, hanya sy merasa kecewa mengapa hal seperti ini ja dirahasiakannya. tapi, makasih atas solusi anda  :)  _/\_

 [at] forte
kayaknya gak mungkin dia ada masalah, soalnya dia merahasiakan pergi nonton dan jalan2. anyway, makasih atas solusinya, akan sy coba praktekan.  _/\_

 [at] chizz_roll
nice, solusi yang bagus buat sy. makasihh. _/\_  :)  :x :x :x

 [at] dhanuttono, lily w, johan3000
makasih atas solusi2nya yah,  :) :) :) makasih, makasih

 [at] sakura
jujur ja sy sedang melakukannya,  :))