Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Keajaiban, Relik Bersinar..  (Read 5895 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline vilsonn

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 1
Keajaiban, Relik Bersinar..
« on: 25 April 2009, 01:35:07 AM »
Keren..!! Ini ada beberapa foto, kemaren opening ceremony di Pameran Relik Suci Sang Buddha..

Ketika itu, ada beberapa relik (dari 40 koleksi relik) yang sempat bersinar..benar2 luar biasa, ga pernah liat yang seperti ini..
katanya pameran yang di surabaya reliknya Sang Buddha melayang dan bertambah, tapi sayang ga sempat ngopy fotonya...

Spoiler: ShowHide
Ini foto relik Mogallana yang bersinar yang aku dapat:

belakangan ada dua yang bersinar, tp aku ga dapat fotonya..
kudu antri..hehe..



Pengunjung yang sedang melihat relik..



ini relik nagarjuna yang jg bersinar..



kalo yg ini Blood Relik Buddha Sakyamuni:



ada pemberkahan dengan relik suci Sang Buddha..:D:D:D



ini pengunjung lagi meditasi..



pembacaan doa bersama..



konferensi pers sebelum acara pembukaan..




informasinya:Pameran relik suci sang buddha 
« Last Edit: 25 April 2009, 09:50:38 AM by Hendra Susanto »

Offline vilsonn

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 1
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #1 on: 25 April 2009, 01:36:29 AM »
relik Mogallana..
Spoiler: ShowHide
« Last Edit: 25 April 2009, 09:51:29 AM by Hendra Susanto »

Offline vilsonn

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 1
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #2 on: 25 April 2009, 02:04:40 AM »
nih..yg katanya relik Sang Buddha melayang..
[deleted]
« Last Edit: 25 April 2009, 02:28:52 AM by Indra »

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #3 on: 25 April 2009, 06:51:09 AM »
 [at] glomod Indra: kenapa deleted?

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #4 on: 25 April 2009, 07:58:28 AM »
ini acara di kampus sanata dharma yogyakarta... kemarin sempat mampir...

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #5 on: 25 April 2009, 07:59:44 AM »
boleh gak... bri komentar?
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #6 on: 25 April 2009, 09:05:22 AM »
pengen liat relik yang melayang.. gimana sih? anyone have a photo?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #7 on: 25 April 2009, 09:13:17 AM »
cari sensasi.. aja........
i'm just a mammal with troubled soul



Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #8 on: 25 April 2009, 09:22:37 AM »
Quote
6.26. Kemudian Moriya dari Pipphalavana mendengar bahwa Sang Bhagavà telah wafat, dan mereka mengirim pesan: ‘Sang Bhagavà adalah seorang Khattiya dan kami juga seorang Khattiya. Kami pantas mendapatkan sebagian dari relik-relik Sang Bhagavà, dan kami akan membangun Stupa besar untuk relik-relik itu.’
‘Tidak ada lagi relik-relik Sang Bhagavà yang tersisa, semuanya telah dibagi. Jadi kalian boleh mengambil arang pembakaran.’ Dan mereka mengambil arang pembakaran.

6.27. Kemudian Raja Ajàtasattu dari Magadha membangun sebuah stupa besar untuk menyimpan relik-relik Sang Bhagavà di Ràjagaha.
[167] Para Licchavã dari Vesàlã membangun sebuah stupa besar di Vesàlã,
para Sakya dari Kapilavatthu membangun sebuah stupa besar di Kapilavatthu,
para Bulaya dari Allakappa membangun sebuah stupa besar di Allakappa,
para Koliya dari Ràmagàma membangun sebuah stupa besar di Ràmagàma,
Brahmana dari Veñhadãpa membangun sebuah stupa besar di Veñhadãpa,
para Malla dari Pàvà membangun sebuah stupa besar di Pàvà,
para Malla dari Kusinàrà membangun sebuah stupa besar untuk menyimpan relik-relik Sang Bhagavà di Kusinàrà,
Brahmana Doõa membangun sebuah stupa besar untuk menyimpan kendi takaran relik,
dan para Moriya dari Pipphalavana membangun sebuah stupa besar untuk menyimpan arang pembakaran di Pipphalavana.
Demikianlah, delapan stupa didirikan untuk relik-relik,
yang ke sembilan untuk kendi takaran relik, dan yang ke sepuluh untuk arang pembakaran. Demikianlah hal ini dilakukan di masa lalu.

6.28. Terdapat delapan porsi relik dari Beliau,
Yang Maha Melihat. Dari delapan ini, tujuh disimpan
Di Jambudipa dengan penuh hormat.
Yang ke delapan Di Ràmagàma di simpan oleh Raja Nàga.
Satu gigi di simpan oleh Tiga Puluh Tiga Dewa,
Raja Kalinga memiliki satu, para nàga juga.
Semuanya memancarkan keagungan di atas tanah yang subur.
Demikianlah Yang Maha Melihat dihormati oleh yang terhormat. [168]
Para dewa, nàga, raja-raja, dan orang-orang mulia
Merangkapkan tangan dalam penghormatan, karena sangat sulit
Menemukan tandingannya selama banyak kappa yang tidak terhingga.


ini yang tertulis dalam mahaparinibbana sutta
mengenai wafatnya sang buddha.
demikian adanya!!!
apa mungkin bisa di bawa ke indonesia???
« Last Edit: 25 April 2009, 09:24:32 AM by EVO »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #9 on: 25 April 2009, 09:41:10 AM »
[at] glomod Indra: kenapa deleted?
regulasi forum, tidak boleh link ke forum lain, apalagi tidak ada informasi tambahan, sama spt yg diposting di sini
« Last Edit: 25 April 2009, 09:43:09 AM by Indra »

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #10 on: 25 April 2009, 09:53:27 AM »
relik memang sesuatu yang aneh, sama seperti jatukham dan lainnya.

jika batin kita peka, kita dapat merasakan pancaran energi dari relik-relik.
dan relik memiliki pancaran energi yang berbeda-beda..

bentuk-bentuk relik juga berbeda beda,
kalau Ananda yang paling aku ingat. relik-nya berbentuk seperti gambar love/hati. ^^
sedangkan kalau Angulimala seperti jari-jari...

salam metta.
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #11 on: 25 April 2009, 09:59:02 AM »
saya merasa terganggu dengan fakta ini,

YM. Ananda mencapai Parinibbana dengan cara terbakar di atas sungai Rohini, kalau ada relik, maka relik itu pasti jatuh ke sungai besar dan deras itu, bagaimanakah orang2 mengambil relik tersebut yg kemungkinan bercampur dengan pasir di dasar sungai atau hanyut ke laut.

Offline chubby

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 374
  • Reputasi: 29
  • ponakan tercinta.....
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #12 on: 25 April 2009, 10:19:23 AM »
relik bersinar maksudna gimana c???
kok aku gak liat sinarnya yah
hy2 salam kenal ya semuanya

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #13 on: 25 April 2009, 10:39:49 AM »
Mau lihat cara memperbanyak relik? ni liat di [youtube]https://www.youtube.com/watch?v=ucfPoH7jCVM
[/youtube]
Jadi tidak ada relik yg bisa bertambah dengan sendirinya . Dan yg aneh tiap kali aye liat foto relik misalnya mogalana, pasti beda2...... :)

Bukannya saya tidak percaya keberadaan relik, tetapi keliatannya banyak yg palsu. Misalnya relik darah Sang Buddha, bisa dibagikan dengan mudahnya dengan sumber yg tidak jelas. :D

Kalau relik Buddha bisa melayang baru sebatas "katanya"  :) Nah yg harus di perjelas siapa yg mengatakan dan mengalaminya, lalu selidiki kebenarannya. Bisa2 bukan mempelajari dhamma malah jadi ketakhayulan . No offense but think about it clearly. _/\_
« Last Edit: 25 April 2009, 11:04:15 AM by Sumedho »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline karuna suryani(sari)

  • Teman
  • **
  • Posts: 52
  • Reputasi: 3
  • Gender: Female
Re: Keajaiban, Relik Bersinar..
« Reply #14 on: 03 June 2009, 01:10:22 PM »
baru denger relik bs melayang. bener tdk? mau liat deh!
kl relik bersinar prnh  tau. dan relik bs banyak mmg ya & bkn tipuan. prnh ada tmn dpt dr bikhu (lupa namanya), ditaruh gt bs beranak. tp prnh suatu saat dia timbul rasa tdk percaya... eh hilang lo tuh relik. akhirnya saya suruh dia berdoa & menaruh kepercayaan pd Triratna & relik tsb suatu hr bs ada lg. tmn saya girangnya bkn main.