Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.  (Read 351415 times)

0 Members and 6 Guests are viewing this topic.

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #45 on: 08 June 2009, 07:44:29 PM »
[at] mercedes
kebenaran kan menurut loe?
emang loe uda mencapai pencerahan?

no offense loh,
tapi loe bicara seakan akan loe uda mencapai pencerahan...
bisa tau mana yang merupakan kenyataan sebagai acuan kebenaran ;D

sedikit intermezzo:
uda ah, pulang dulu, jalan cengkareng mo ditutup jam 20:00 sampai 05:00 sumber: wartakota

saduara navis
mungkin penjelasan saya akan sama persis dengan apa yang saya jelaskan pada saudara Hatred

metta.
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #46 on: 08 June 2009, 08:29:22 PM »
wuihh rame yakk...
apakah setiap pendiskusi disini menjalankan apa yg harus d jalankan, dan tidak melakukan apa yang harus tidak dilakukan
?

Dari yg akan mencapai pengelapan sempurna:
Bagaimana tanggapan theravada apabila ada sutta palsu yang disebarluaskan 

jawaban:
ada yg marah2
ada yang biasa saja
ada yang tertawa
ada yang sedih...
it's all relative
Samma Vayama

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #47 on: 08 June 2009, 08:31:04 PM »
wuihh rame yakk...
apakah setiap pendiskusi disini menjalankan apa yg harus d jalankan, dan tidak melakukan apa yang harus tidak dilakukan
?

Dari yg akan mencapai pengelapan sempurna:
Bagaimana tanggapan theravada apabila ada sutta palsu yang disebarluaskan 

jawaban:
ada yg marah2
ada yang biasa saja
ada yang tertawa
ada yang sedih...
it's all relative


OOT, pertanyaan seputar theravada ada thread sendiri

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #48 on: 08 June 2009, 08:39:01 PM »
di sticky ahh ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Xan To

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 481
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #49 on: 08 June 2009, 09:10:46 PM »
^-^

ternyata ada juga thread ini...

"Akhirnya datang juga"

kalo gitu pertanyaan kritis dari saya deh....

Apakah dalam Theravada, altar dan patung dimaklumi ?
Ya
Apakah altar dan patung diharuskan?
Tidak
Bisakah melakukan puja tanpa altar dan patung?
Bisa, nih dirumah relik Sang Buddha yang saya puja :P


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #50 on: 08 June 2009, 09:37:44 PM »
gak asyik ah, sepi

Offline Xan To

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 481
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #51 on: 08 June 2009, 10:00:49 PM »
Yang lurus lurus emang sepi kok, yang kontroversial lah yang rame ;D

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #52 on: 08 June 2009, 10:47:17 PM »
theravada kadang kala disebut juga hinayana... atau roda kecil...

koq kedua yg terakhir kurang populer ya?
kenapa tuh ?

thanks atas jawabannya...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #53 on: 08 June 2009, 11:02:33 PM »
gak pernah dengar roda kecil, dapet di mana tuh ceng?

Offline sakura

  • Teman
  • **
  • Posts: 54
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #54 on: 09 June 2009, 12:26:06 AM »
suatu diskusi yang penuh dengan mutu dan bobot yang sangat berat.
saya akan menambahkan :
1. Dalam Kitab/Sutta manakah disebutkan sekte/aliran yang dianjurkan/diakui Sang Buddha ?
2. Apakah Sang Buddha memberi merk pada Dhamma dengan merk K, E, C, A, P dll ?
3. Sangat penting kah u kita sebelum memperlajari Dhamma atau mengikuti puja bhakti, terlebih dahulu harus menanyakan "Tempat ini Merk apa yah ?"
4. Apakah kita wariskan semangat perpecahan kepada generasi di bawah kita ?
(simaklah Rumusan Rumusan Kongres International The World Sangha, tahun 1967, yang telah diterima secara aklamasi dalam kongres tersebut)
 _/\_ mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. krn saya sangat awam  ^:)^

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #55 on: 09 June 2009, 12:38:03 AM »
Sdr. Sakura, pertanyaan anda akan terjawab jika diajukan dalam board diskusi umum, kalau di sini, maka pertanyaan anda tidak relevan. tapi kalau anda memaksa, maka jawaban atas semua pertanyaan anda sehubungan dengan topik ini adalah TIDAK, khusus no.1. TIDAK ADA

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #56 on: 09 June 2009, 05:47:54 AM »
gak pernah dengar roda kecil, dapet di mana tuh ceng?

Gw dengar dari mana lupa juga (soalnya sering berkelana beberapa ajaran)...
selain roda kecil, juga ada roda besar...

mungkin senior lain bisa beri masukan.
(kenapa bisa punya ide sampai disebut roda kecil?)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #57 on: 09 June 2009, 06:48:30 AM »
Apakah di theravada mengenal Buddha Amitabha? ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #58 on: 09 June 2009, 08:55:38 AM »
^
bukan kah ditheravada juga mengakui adanya buddha buddha sebelum nya sebelum buddha sakyamuni?

apakah panca dhayani buddha tidak berlaku di theravada,
bukan kah salah satu panca dhayani buddha itu menghadap sebelah barat adalah buddha Amitabha?

bagaimana pandangan theravada terhadap buddha Amitabha?
tidak mengakui ato mengakui?

CMIIW,
navis
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.
« Reply #59 on: 09 June 2009, 08:57:37 AM »
kenapa negara seperti sri langka, burma, ama thailand
yang menganut paham Theravada begitu suram, begitu kelam, ato begitu ribut, tidak pernah damai?
apakah yang menyebabkan hal demikian?

lain halnya seperti negara Tiongkok yang menganut paham Mahayana begitu berkembang?
apakah yang menyebabkan hal demikian?

no offense,
navis
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.