Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...  (Read 12306 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #15 on: 05 June 2009, 06:38:59 PM »
bacalah sutra Amitabha atw kalo tdk bc mantra sukhavati vyuha / wang sen cou + nienfo ,
atw keng yg lainpun gak apa2 , pancarkan metta / welas asihmu , setelah itu limpahkan jasa2nya pd akong & amamu , ucapkan saja " semoga jasa & pahala dr kebajikan ini dpt membahagiakan akong & ama ( atw sebut nama mereka ) di alamnya yg skg "
yakini kalo apa yg kamu lakukan akan sampai pd mereka :)

thanks Buddha...

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #16 on: 05 June 2009, 08:51:09 PM »
 [at] andry
Saya perlu bukti! Bukan janji! :D

 [at] hatred
Gw juga lupa neh latar belakang si Kakek itu. Konon katanya semacam arwah baek nan sakti lah.
Kata mereka juga dulu ada yang kerasukan geto, terus si Kuku gw neh 'masukin' tuh si Kakek terus tarung ma yang kerasukan ampe kaya di pilem2 silat katanya, konon...

Emang gw agak2 skeptis hal beginian sejak kenal ajaran Buddha. Apalagi kalo mau dibandingin ama konsep tumimbal lahir, ga nyambung kayanya. Apa mereka jadi peta semua? gile, karmanya kok pada jelek semua... Tapi bisa dibilang si Kakek ni ga sembarangan juga ngomongnya, omongan2 dia banyak yang tepat kok. Salah satunya waktu dulu PS gw ilang dicolong anak tetangga... Si Kakek ngasi tau dengan bener siapa yang nyuri, orangnya dimana sekarang... Tepat 100%.

Terlepas dari kebenarannya, gw cuma pengen 'arwah' mereka lebih berbahagia, lebih tenang...
Secara logika, orang tua mana yang gak sedih liat anak2 mereka banyak gak akur... Malah saling menjatuhkan, ribut sana-sini, bukannya akur2 n saling ngebantu...

Offline sakura

  • Teman
  • **
  • Posts: 54
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #17 on: 05 June 2009, 09:02:53 PM »
sumbang saran u Kokuzo (maaf jika tidak pas/berkenan krn sy masih awam)
1. utang disana, setuju dengan Elin (beliau mewarisi akusala kamma lebih banyak drpd kusala kamma). kita dapat melimpahkan jasa (kusala kamma) atas perbuatan baik yang telah kita lakukan u mereka (Akong & Ama) perbuatan itu tidak cukup hanya dengan membaca paritta, krn bobot kusala kamma nya kurang besar, alangkah baiknya jika sebelum melimpahkan jasa coba anda dan keluarga melaksanakan kusala kamma (berdana atau fang sen), (lihat TIROKUDDA SUTTA) dalam bait ke 12 tertulis
     AYAN CA KHO DAKKHINA
     DINNA SANGHAMHI SUPATITTHITA
     DIGHARATTAM HITAY'ASSA
     THANASO UPAKAPPATI
                SO NATIDHAMMO CA AYAM NIDASSITO
                PETANAM PUJA KATA ULARA
                BALAN CA BHIKKHUNAM ANUPPADINNAM
                TUMEHI PUNNAM PASUTAM ANAPPAKAM

   akan tetapi apabila persembahan jasa diberikan,
   kepada Sangha atas nama mereka, maka akan dapat menolong mereka
   dalam waktu yang lama, dimasa datang maupun masa sekarang.
      Kewajiban Dhamma untuk keluarga telah dipertunjukkan
      dan bagaimana pelimpahan jasa kepada yang telah meninggal dilaksanakan
      dan bagaimana para bhikkhu telah diberikan kekuatan,
      dan betapa besar jasa kebaikan yang telah anda perbuat.

pelimpahan jasa hanya dilakukan kepada keluarga atau leluhur yang terlahir di alam alam di bawah alam manusia, krn jika kusala kamma mereka besar (banyak) maka mereka tidak akan terlahir di bawah alam manusia.
atau perbanyaklah anda membaca Metta Paritta dan kemudian limpahkan lah jasa kebaikan u AKong & Ama, semoga dengan kekuatan bhakti anda dan keluarga dapat menolong Akong & Ama.
(demikian 1x lagi mohon maaf kalau terlalu jauh)
 _/\_

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #18 on: 05 June 2009, 09:18:20 PM »
 [at] Sakura
No problem. malah gw seneng kalo dikasi saran... Thanks ya...
Ya paling gw cuma bisa baca paritta aja dulu sementara... Lagi sibuk banget nyiapin desain buat sidang minggu depan... Akhir bulan mau balik, rencana mau ziarah ke makamnya juga... Tapi kayanya ga perlu yah? Soalnya KATANYA kan arwahnya ngikutin ortu gw, lagian altarnya juga di rumah gw... Paling bacain paritta lagi...

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #19 on: 05 June 2009, 09:26:38 PM »
 masalah seperti ini udah sering terjadi.,
dilingkunganku jika ada keluarga yg punya masalah bertanya ke paranormal,pasti jawaban ga jauh beda ama jawaban kuku/om TS,terutama paranormal yg bertradisi kongcuhu...

Tapi anehnya,etnis lain ga ada hal2 seperti ts...

Apakah ini pengaruh tradisi??
Soalnya masalah ts ini masalah klise bagi kalangan tionghua ;D

buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #20 on: 05 June 2009, 09:39:35 PM »
Emang gw agak2 skeptis hal beginian sejak kenal ajaran Buddha. Apalagi kalo mau dibandingin ama konsep tumimbal lahir, ga nyambung kayanya. Apa mereka jadi peta semua? gile, karmanya kok pada jelek semua... Tapi bisa dibilang si Kakek ni ga sembarangan juga ngomongnya, omongan2 dia banyak yang tepat kok. Salah satunya waktu dulu PS gw ilang dicolong anak tetangga... Si Kakek ngasi tau dengan bener siapa yang nyuri, orangnya dimana sekarang... Tepat 100%.

benar dalam satu hal, bukan berarti benar terus... :)
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #21 on: 05 June 2009, 09:52:11 PM »
 [at] jhonz
Pengaruh tradisi sudah pasti ada...
karena etnis laen kaga datengin Dangki/orang2 yang bisa kemasukan roh (konon)
Dan praktek agama laen kan ga ada begituan... Boro2 praktek begini, roh orang mati aja udah ga diakuin. Itu penampakan arwah sodara/kerabat,dll, semua kan perbuatan setan :D

sayangnya selama om gw praktek, gw belom pernah liat langsung...
pengen liat langsung... Yang jelas apapun yang masuk ke badan om gw, bener ato boong omongannya, tujuannya baek kan... Penasaran sih, tapi bukan waktunya gw ngorek tentang itu. Yang penting buat Akong-Ama gw dulu, gw merasa ada yang gak beres juga. Soalnya anak2 mereka itu kebanyakan pada bermasalah, sosial, ekonomi, keluarga, dll, ada aja deh pokoknya...

 [at] hatred
benull... apalagi gw ga liat langsung, agak skeptis juga...
tapi gw ga masalahin bener kaga cerita dia. yang pasti tujuannya baek kan nyuruh anak2nya pada sembahyang = pelimpahan jasa. mungkin masalah laen juga karena anak2nya banyak da pindah agama... yang kr****n ada 3, muslim ada 5 sekarang... no sara, itu yang nikah ma suku pribumi jadi ikutan agama istri, aneh2 aja... beberapa tuh sebelumnya ama tionghoa, tapi cerai/putus, terus selanjutnya ama pribumi. Yang parah, anak2 pindah agama ini jadi fanatik abis lama kelamaan, sampe megang hio pun ga mau lagi... ga pernah sembahyang ortu mereka lagi... chengbeng, yang dateng cuma beberapa... parah deh... untungnya keluarga gw ga gitu  :| kalo ngga altar Akong-Ama gw pasti dah dibuang... Soalnya anak cowok yang tinggal Konghucu ya cuma bokap gw doank...
« Last Edit: 05 June 2009, 09:54:55 PM by Kokuzo »

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #22 on: 05 June 2009, 10:07:16 PM »
Ya jelas lha banyak masalah..
Namanya juga banyak sodara..
"banyak sodara banyak rejeki masalah"

Itu ma masalah klasik...
Ampir semua keluarga besar juga pernah dan punya masalah,baik kecil maupun besar...

Keluara bokap gw aja banyak masalah..katanya tata letak kuburan kakek ku bermasalah,..(tanya kebeberapa paranormal kawakan)
Akhirnya keluarga mufakat untuk mengubah tata letak kuburan kakekku..
Alhasil sekarang..
Masih banyak masalah juga..sampai2 bokap gw ga bertegur sapa ama om,tante gw...
Dilain sisi sudah mengeluarkan banyak
materi untuk membangun kuburan tionghua..tahu sendiri kuburan tionghua stlyenya seperti apa...

Sebenarnya masalah itu terdapat didalam diri,bukan di orang lain,leluhur ato di kuburan ;D
coba dhe setiap insan bisa mengintropeksi diri pasti bumi ini lebih hijau ;D
"Stop global warming"
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #23 on: 05 June 2009, 10:24:20 PM »
^ Hahaha... betul... tapi gw seh mending milih lahan dijadiin kuburan daripada lapangan golf... lebih merusak lingkungan...

mm, kebalikan sih bro jhonz, maksud gw karena anak2 pada bermasalah, jadi ortu mereka ga tenang gitu. mungkin ada kemelekatan buat ngebantu anak2 mereka? ngeliat anak2 mereka pada rukun2? don't know... yang pasti dimana pun mereka skrg, jadi apapun, gw pengen berbuat sesuatu deh... :)

Offline sakura

  • Teman
  • **
  • Posts: 54
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #24 on: 05 June 2009, 10:28:19 PM »
anda salah kalau bilang yang percaya hal spt itu hanya etnis China saja, coba anda perhatikan yang datang ke Gunung Kawi dan tempat keramat lainnnya, yang jadi pasien setia paranormal "dukun" siapa aja, kalau hal itu  bukan masalah etnis tapi masalah kepercayaan aja sih

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #25 on: 05 June 2009, 10:44:32 PM »
^
Maksud gw konteks dukun/paranormal yang bikin kontak dengan arwah leluhur.
Etnis tionghoa, yang erat ma tradisi Konghucu, sangat menghormati leluhur, jadi lebih deket ma masalah begini...

Gw ga bilang etnis laen ga percaya, cuma kalo ga nyari2 kontak ma leluhur ya ga bermasalah ama leluhur. biasanya kan nyari dukun karena sakit, jodoh, dsb...

Offline sakura

  • Teman
  • **
  • Posts: 54
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #26 on: 05 June 2009, 11:18:35 PM »
jika bicara apakah benar yang mempengaruhi itu arwah leluhur ?
memang sangat sulit dibuktikan. (Thera dan Maha dlm hal ini berbeda pandangan)
menurut saya sebagai seorang anak (keturunan)yang terpenting adalah bagaimana membuktikan kepada laluhur, bahwa kita adalah anak yang berbakti sebagaimana di tuliskan dalam Sigalovada Sutta (5 kelakuan berbakti seotang anak) tanpa harus menunggu adanya permintaan dari "Arwah"
krn hal tersebut bila kita jalankan benar atau tidak itu diminta oleh "Arwah leluhur kita" yang pasti kita sdh memiliki tabungan Kusala kamma

Offline karuna suryani(sari)

  • Teman
  • **
  • Posts: 52
  • Reputasi: 3
  • Gender: Female
Re: Baca paritta dan pelimpahan jasa buat Akong & Ama...
« Reply #27 on: 11 June 2009, 02:04:28 PM »
kita hrs jaga nama baik & berbuat karma baik jd mrk para leluhur jg dpt karma baiknya & senang.
kuras kita bs sering nien fo ll pelimpahan jasa ke almarhum & ikut pelimpahan jasa atas nama almarhum
(jao too).
sering2 nien fo & pelimpahan jasa itu sgt bgs kan? jd knp tdk kita lakukan. selain karma baik buat kita jg u/ almarhum.