//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?  (Read 35538 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #60 on: 28 April 2008, 08:21:34 AM »
klo kgk ada yang mesen daging masak orang kerajinan motong hewan utk konsumsi...
ada supply ada demand...
secara tidak lgsg gw bilang binatang itu dibunuh atas permintaan kita


hukum supply demand yaph,huehehehhe.....kalo balik lagi ke hukum keseimbangan alam(pelajaran IPA dulu soal rantai makanan) boleh ngga.....yang dipermasalahkan oleh kalangan vegetarian bisanya adalah pembunuhan,padahal kalo mau ditilik,semua kegiatan kita sadar atau tanpa sadar sudah melakukan pembunuhan,bahkan mata berkedip sekalipun sejuta bakteri tewas...apa yang diajarkan Sang Buddha sudah cukup jelas bukanlah total makan sayur tapi makanlah secukupnya untuk menjaga badan tetap hidup menjalankan Dhamma.

Kalo semua org vegetarian di dunia, bumi ini penuh dengan kerbau,babi,kambing berkeliaran dimana-mana....pernah terpikir?



xiixiixii... klo bgt kenapa mesti menjadi bingung ini makanan dipersiapkan apa tidak  ^-^ ^-^ hajar aja gak usah pusing

n soal over population tidak akan terjadi karena loe ude bilang rantai makanan...


Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #61 on: 28 April 2008, 08:25:03 AM »
haa...
gara-gara asal hajar neh...
makanya tingkat population hewan meningkat di bumi ini
keseimbangan alam mulai bergeser........
hayo siapa yang tau...dan sadar....
apa aja tuh....population yang meningkat dan punah...
karna 'hajar' bleh....... ::) ::) ::) ::)

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #62 on: 28 April 2008, 08:27:48 AM »
yang pasti hewan2 yang dikonsumsi manusia kgk bakan punah dipelihara terus

yang punah itu yg gak bisa dimakan contoh nya dinosaurus :)) :)) :))

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #63 on: 28 April 2008, 08:58:12 AM »
:hammer: mode

Hati2x juga jangan beli dan pesen sayur karena itu disediakan utk kita beli/pesen loh. selama dari penanaman sampai panen dan distribusi buanyak mahluk hidup yang terbunuh juga loh. Nanti punah lagi...

oh iya, baju->kain->benang->kapas juga banyak makan korban tuh. masih mau pake baju? >:D

There is no place like 127.0.0.1

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #64 on: 28 April 2008, 09:06:25 AM »
makanya blehhhhh
jangan asal hajar
apa mau tuh pakai baju ampe berlapis lapis
tiap jam ganti
makan terusssssssssssss sampai meledus tuh perut :)) :))
makan untuk hidup apa hidup untuk makan....

aku mahhh
lou mau makan........ya makan....engak ada hubungan dengan ku
mau engak makan yah engak makan........engak ada hubungan dengan ku juga
kalau mau aku traktir yah ikut aku dah....makan vg
EGOIS mode on  8) 8) 8)
« Last Edit: 28 April 2008, 09:08:32 AM by EVO »

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #65 on: 28 April 2008, 09:48:33 AM »
oh iya, baju->kain->benang->kapas juga banyak makan korban tuh. masih mau pake baju?

Pake Daon aja kayak Adam dan Hawa :P
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Purnama S

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #66 on: 28 April 2008, 03:53:02 PM »
Halo Bro Zhang !;
Apa kabar ?
Ternyata dunia inet ini sempit buat kita yah ! :))
Temu dimilis tetangga eh ketemu lagi disini   :))
Kebetulan dikasih temen juga forumnya
Bukan si henyung ama kang akian yang kasih tau forumnya lokh.

Offline koiichi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 12
  • Reputasi: 1
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #67 on: 15 November 2008, 05:56:00 PM »
kl vege wajib bagi seorang umat buddha, napa ms bnyk umat yg gak vege? cnthnya, seorg umat beragama diwjbkan berdoa/kebaktian/smbhyang tp untuk yg sederhana ini sj bnyk yg gk ngelaksanain pa lg soal vege yg menygkt nfs mkn..... hehehe... namaste

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #68 on: 20 November 2008, 09:41:33 AM »
Dahulu, sebelum Bodhisatta Kassapa mencapai kebuddhaan, ia memiliki sahabat bernama Tissa yang kemudian meninggalkan keduniawian dan menjadi pertapa. Dalam pertapaannya, Tissa menjauhkan diri dari makanan yang berasal dari daging dan menggolongkannya sebagai Amagandhā (yang menodai).
Sewaktu Bodhisatta Kassapa meninggalkan keduniawian dan mencapai kebuddhaan, Tissa sangat gembira. (Tissa percaya akan pencapaian yang akan dicapai oleh Kassapa karena melihat 32 tanda manusia agung (maha purisa lakkhana) pada tubuh Kassapa, di mana dikatakan jika berumah tangga, akan menjadi seorang Cakkavati, dan bila meninggalkan kehidupan berumah tangga, akan menjadi seorang Samma Sambuddha).

Kemudian Tissa pergi mengunjungi Buddha Kassapa dan mencari tahu apakah Buddha Kassapa ini makan daging. Dan ketika melihat bahwa ternyata Buddha Kassapa ini makan daging, ia menjadi kecewa. Kemudian Buddha Kassapa berkata kepada Tissa:

‘Menghancurkan mahluk hidup, membunuh, mengikat, mencuri, berbohong, penipuan, bicara tak berguna, berzinah dengan istri orang lain, inilah amagandhā, bukan memakan daging;

Mereka di dunia yang tidak mengendalikan diri dalam kenikmatan indriah, tamak akan hal-hal yang indah; berkumpul dengan yang tidak baik, berpandangan salah, tidak adil, tidak rasional, inilah amagandhā, bukan memakan daging;

Mereka yang tidak sopan, kasar, menghasut, pengkhianat, kejam, sombong, memaksakan kehendak, kikir, inilah amagandhā, bukan memakan daging;

Kemarahan, bermabuk-mabukan, keras kepala, tidak menghargai pendapat orang, dusta, iri hati, omong besar, angkuh, tinggi hati, bergaul dengan yang tidak bermoral, inilah amagandhā, bukan memakan daging;

Mereka di dunia yang jahat, yang tidak membayar hutangnya, pemfitnah, pengingkar janji, pemalsu, mereka yang melakukan perbuatan rendah, inilah amagandhā, bukan memakan daging;

Mereka di dunia ini yang tidak menjaga perilaku terhadap mahluk lain, yang tidak mengaku setelah mengambil milik orang lain, jahat, kejam, kasar, tidak memiliki rasa hormat, inilah amagandhā, bukan memakan daging;

Para mahluk yang haus akan permusuhan, menyakiti, selalu melakukan kejahatan, yang karenanya, setelah meninggal, akan pergi pada kegelapan dan jatuh ke alam neraka, inilah amagandhā, bukan memakan daging;

Bukan daging atau ikan, atau berpuasa, atau ketelanjangan, atau rambut tercukur, atau rambut kusut, atau kotoran, atau kulit kasar, atau pemujaan pada api, atau penyiksaan diri, atau mantra-mantra, atau sumpah (keagamaan), atau persembahan (pengorbanan), atau perayaan musim yang dapat menyucikan seseorang yang belum mengalahkan keragu-raguan;

Seorang yang bijaksana berjalan dengan indera yang terjaga, indera yang terkendali, teguh dalam Dhamma, berbahagia dalam hal yang benar dan wajar; mengalahkan semua ikatan dan meninggalkan semua dukkha, tidak melekat dengan apa yang dilihat dan didengar’


Setelah itu, Tissa bersujud di kaki Buddha Kassapa dan bersama dengan dua puluh ribu pengikutnya memasuki Sangha Buddha Kassapa. Tissa bersama Bharadvaja kemudian menjadi murid utama (Agga Savaka) Buddha Kassapa, seperti halnya Sariputta dan Maha-Moggallana pada jaman Buddha Gotama.

---

Buddha Kassapa adalah Buddha setelah Buddha Konagamana, sebelum Buddha Gotama.
« Last Edit: 20 November 2008, 10:02:55 AM by Kainyn_Kutho »

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #69 on: 20 November 2008, 09:58:20 AM »
 [at]  atas...

:jempol:

Tipitaka berjalan.... sudah kembali...  :jempol:

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #70 on: 20 November 2008, 09:59:52 AM »
[at]  atas...

:jempol:

Tipitaka berjalan.... sudah kembali...  :jempol:

_/\_ :lotus:

Hi, Lily!  :)

 _/\_

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #71 on: 20 November 2008, 10:04:00 AM »
All Buddhas have a meal with meat on the day of their final Nibbana.

Diambil dari riset Sayagyi U Chit Tin mengenai Bodhisatta Metteya.

Sekali lagi, gak akan ketemu titik temunya. Yang gak vegetarian punya referensi sendiri, yang vegetarian punya referensi sendiri.

Toleransi dalam Buddha Dhamma bukanlah melalui persetujuan dalam arti semua harus sama, melainkan melalui pengertian. Persetujuan yang dipaksakan merupakan sumber sektarian.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #72 on: 20 November 2008, 10:15:18 AM »
Peraturan Vegetarian tidak masuk dalam Vinaya juga, menurut saya, adalah karena tidak mau menjadikan Bhikkhu kurang waspada pada pikirannya (dengan merasa tidak ada bahaya jika makan makanan yang sudah dipilih-pilih tersebut, padahal tetap saja bahayanya ada pada pikiran, bukan makanan).

Di samping itu, mungkin untuk mengukuhkan nasihat agar Bhikkhu mempunyai sifat "mudah dirawat". Susah dibayangkan merawat Bhikkhu dengan paham vegetarianisme mutlak, dilakukan oleh komunitas nelayan.


Tambahan: Untuk daging Gajah, Kuda, Singa, Harimau, Macan, Ular, Anjing Liar (dan sejenisnya, termasuk Hyena), Beruang, dan Manusia, tidak boleh dimakan karena alasan lain.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #73 on: 20 November 2008, 10:23:28 AM »
Alasannya adalah karena binatang ini bisa menicum aroma sesamanya sendiri maka dengan memakan binatang ini ototmatis tubuh akan menyebarkan aroma yang sama dengan binatang tersebut namun dalam sinyal yang berbeda yaitu musuh. kalau kamu menjumpai mereka yang suka daging ular dan meminum darahnya atau dagingnya,ketika orang itu masuk ke dalam hutan maka ular akan berdatangan untuk mematuk orang itu.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline chingik

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 924
  • Reputasi: 44
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #74 on: 20 November 2008, 10:24:52 AM »
  Yang gak vegetarian punya referensi sendiri, yang vegetarian punya referensi sendiri.

Toleransi dalam Buddha Dhamma bukanlah melalui persetujuan dalam arti semua harus sama, melainkan melalui pengertian. Persetujuan yang dipaksakan merupakan sumber sektarian.

sip deh _/\_
« Last Edit: 20 November 2008, 10:26:38 AM by chingik »