Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kuliah Psikologi  (Read 56200 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #75 on: 15 February 2010, 11:07:29 PM »
jadi inget dulu ada temen yang maksa en gak mau kalah IP sama ogut...
tiap kali UTS en quiz dibagiin, pasti nanyain hasilnya ogut sama temen ogut...kalau dia lebih tinggi, mukanya cengengesan. kalo ogut lebih tinggi, wualah...mesti meriksa lembaran ujian ogut dulu. jangan2 dosennya salah ngitung atau apa gitu..nyebelin banget deh.
terlalu pentingin hasil ujian en IP  bikin dia jadi nggak sehat secara psikis. makanya wei jangan ikutin ya..
 


Kalau yang merah itu gak akan diikutin ci, gak punya tujuan untuk ngalahin nilai siapapun ;D

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #76 on: 15 February 2010, 11:10:12 PM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #77 on: 16 February 2010, 06:32:06 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #78 on: 16 February 2010, 08:25:21 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?

.................... dilema IP tinggi vs gaji tinggi

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #79 on: 16 February 2010, 09:10:07 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?
biasanya identik, dgn sulitnye bersosialisasi...
aka susah gaolll...
Samma Vayama

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #80 on: 16 February 2010, 09:11:49 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?

.................... dilema IP tinggi vs gaji tinggi
MR wei,
[cuma saran] kalau orientasi gaji tinggi, biasanya menjadi beban dan jadi males kerja...
kalau orientasinya sosial [membantu,mengabdikan diri] jd lebih ringan, dan otomatos duit ngalir terusss
Samma Vayama

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #81 on: 16 February 2010, 09:55:23 AM »
Quote
[at] Ci Yuri: btw hari ini gw dapat kelasnya Ibu Henny lo, dosennya lucu banget ya, terus dia juga bilang akan terus mengingat gw, karena......... dari 60 mahasiswa di kelas dia, hanya ada 1 orang cowok (sisanya cewek), dan jangan tanyakan siapa cowok yang beruntung itu Hammer

apakah 1 cowok tsb dikelas di INTIMIDASI?, di suit2, atau di tarik2 ?
apakah konsentrasi belajarnya menjadi terganggu?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #82 on: 16 February 2010, 10:28:52 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?
biasanya identik, dgn sulitnye bersosialisasi...
aka susah gaolll...
kalau ini seh masuk akal juga seh..
tapi kalau gaji tinggi.. mungkin kita juga harus sadar diri.. fresh graduate gak ada pengalaman gimana mo minta gaji tinggi :D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #83 on: 16 February 2010, 10:48:09 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...

Mau gaji tinggi harus mencari bidang yang masih niche kayaknya deh....hehhehe

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #84 on: 16 February 2010, 11:34:05 PM »
Quote
[at] Ci Yuri: btw hari ini gw dapat kelasnya Ibu Henny lo, dosennya lucu banget ya, terus dia juga bilang akan terus mengingat gw, karena......... dari 60 mahasiswa di kelas dia, hanya ada 1 orang cowok (sisanya cewek), dan jangan tanyakan siapa cowok yang beruntung itu Hammer

apakah 1 cowok tsb dikelas di INTIMIDASI?, di suit2, atau di tarik2 ?
apakah konsentrasi belajarnya menjadi terganggu?

Gak ada, cuma diketawain doank koq di awal-awal pertemuan karena cowok satu-satunya ;D

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #85 on: 16 February 2010, 11:41:06 PM »
Quote
[at] Ci Yuri: btw hari ini gw dapat kelasnya Ibu Henny lo, dosennya lucu banget ya, terus dia juga bilang akan terus mengingat gw, karena......... dari 60 mahasiswa di kelas dia, hanya ada 1 orang cowok (sisanya cewek), dan jangan tanyakan siapa cowok yang beruntung itu Hammer

apakah 1 cowok tsb dikelas di INTIMIDASI?, di suit2, atau di tarik2 ?
apakah konsentrasi belajarnya menjadi terganggu?

Gak ada, cuma diketawain doank koq di awal-awal pertemuan karena cowok satu-satunya ;D
suitt..suit....

Sebenernye kalo ane pikir2, kulieh/ilmu apapun yg berhubungan dengan human (psikologi/dokter/fengshui) mekin di ulik makin menjelimet, mendingan praktek meditasi-- mengasah intuisi. tanpa kulieh psikologi pun bisa menjadi seorang psikolog...
(kalau bisa di gabung dgn buddhisme, makin okelah...)
Samma Vayama

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #86 on: 18 February 2010, 04:22:21 PM »
Kalo kemarin kata dosen psikologi kepribadian gw, orang tua kita pun juga uda kayak psikolog, kenapa? Soalnya kalau kita mau married pasti ditanyain kan keluarga calon istri/suami kita, bokapnya gimana, nyokapnya gimana. Nah itu uda kayak psikolog aja, dianalisa kepribadiannya melalui genetika :))

Offline deph

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 27
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #87 on: 21 March 2010, 03:23:46 PM »
haha...baru liat nih forum seru juga..kebetulan gue alumni psi untar juga 2003 n  ci yuri angkatan berapa ya? yg pasti atas gw banyak nih haha enaknya dapet gelar psikolog tanpa s2 hihihi....
coz pas jaman gue udah sistem baru..tapi kok pas jaman gue jarang ada magang ya? cuma tugas2 yang perlu cari data n tergantung kita mau bikin topik apa di tugas. gw aja blm perna ke RSJ buat tugas hehehe ribet sih urusannya.

salam kenal yah buat anak2 psiko!


_/\_ buat temen2 yang udah nanya soal kuliah psikologi (tapi belom sempet saya jawab),
saya coba terangin secuil aja yah. Bukan bermaksud sok tau, bukan bermaksud menggurui. Hanya bermaksud memberikan gambaran soal kuliah psikologi.
Kuliah di fakultas psikologi biasanya menghabiskan waktu 4-6 tahun. Setelah lulus berhak menyandang gelar S.Psi (sarjana psikologi). Buat yang masih getol kuliah, sambung lagi 4 semester praktek spesialisasi. Kalau udah kelar, gelarnya Psi (psikolog).
Bedanya apaan tuh yang ada S ama yang nggak ada S?
Bedanya yang Psikolog boleh membuka praktek psikologi, dan dalam hal alat tes juga boleh membeli ke himpunan psikologi (himpsi).
Pada dasarnya, psikologi adalah ilmu jiwa. Jadi, kalau kuliah psikologi pasti mempelajari kepribadian, tes psikologis, dsbdsb...
Psikologi sendiri terbagi dalam berbagai bidang spesialisasi. Ada psikologi klinis (mempelajari berbagai macam penyakit kejiwaan), psikologi industri (mempelajari seluk beluk karyawan, motivasinya, prestasi kerjanya, blabla), psikologi pendidikan, psikologi perkembangan (di dalamnya terbagi lagi ada psikologi anak, remaja, dewasa, manula).
Jadi, sesuai minat masing2 psikolog, tiap psikolog nggak mesti menguasai seluruh bagian psikologi. Untungnya lagi, cakupan pekerjaannya luas banget. Bisa di perusahaan (HRD), bisa di sekolah (psikolog sekolah), bisa di rumah sakit (biasanya membantu psikologis pasien menerima kondisi tubuhnya), bisa di majalah/koran (konsultasi psikologi), bisa di lab (melakukan penelitian2), bisa di praktek psikologi (menjadi 'tong sampah' curhat klien yang dibayar, melakukan psikotes, dsb) dsb.
Berita baiknya, mahasiswa fakultas psikologi mempelajari itu semua. Berita buruknya, teorinya jelimet, pakai bahasa inggris (waktu saya kuliah seperti itu tapi sepertinya tidak semua uni begini)
jadi, kalau kuliah psikologi, kita akan belajar bagaimana menentukan kepribadian seseorang, apa alasan yang mendasarinya, bagaimana masa kecilnya, hubungannya dengan sesama blablabla...
Waktu saya kuliah, saya praktek di banyak tempat. Misal, praktek hrd di perusahaan, praktek klinis di RSJ, praktek interview pecandu narkoba di pusat rehab, dsbdsb. Jadi, dari situ kita bisa tentukan di bidang mana kita cocok...
Segitu dulu. Moga bisa membantu yah.

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #88 on: 22 April 2010, 03:24:12 PM »
Zaman dulu di Untar ada dosen yang namanya Sjamsunuwijati Mar'at aka Bu Mar'at gak? Nilai ane babak belur di kelas dia... :((

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #89 on: 22 April 2010, 07:48:39 PM »
kalau psikolog ini bisa menghipnotis orang gak ya...
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak