//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Melihat Seorang Anak Kerasukan  (Read 21612 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 113
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Melihat Seorang Anak Kerasukan
« on: 09 May 2009, 11:12:39 AM »
Dear All,

Kebetulan saya cukup sering mengunjungi sebuah Cetiya di dekat rumah. Suatu hari ada sekelompok anak² SMU yang datang ke Cetiya untuk meminta bantuan Bhante untuk mengeluarkan makhluk yang ada di tubuh mereka. Sebagian dari anak² tersebut ada "isi" ada yang diturunkan dari orang tuanya, ada yg memang meng"isi" dari paranormal.

Kemudian oleh Bhante, anak² tersebut diminta untuk kebaktian / baca parita yang dipimpin oleh salah seorang pengurus Cetiya. Dan setiap kali mereka baca parita ada saja beberapa dari anak² itu yg kerasukan kebanyakan bertingkah seperti seekor harimau.

Diantara anak² tsbt, ada salah satu anak yang cukup membuat saya kaget dan prihatin dengan apa yg terjadi. Setiap kali ada anak lain kerasukan anak ini akan ikut kerasukan dan akan berteriak seolah emosi ada makhluk yg menggangu di ruang kebaktian.

Kejadian ini sudah berlangsung hampir 2 minggu hampir setiap hari saya ikut menyaksikan. Pernah 1x saya ikut  membantu menenangkan anak tsbt yang sedang kerasukan. Kemudian Saya sedikit bertanya kepada si Anak :

Saya : Kamu kenapa marah² disini, kan disini Ada Sang Buddha, Apa pantas kamu beteriak emosi di depan Sang Buddha ?

Anak : Mereka (anak² lain yg kerasukan) hanya ingin menggangu disini, aku tidak suka mereka menggangu ditempat ini. Mereka harus diusir dari sini

Saya : Kamu tau nggak, Sang Buddha mengajarkan cinta kasih kepada semua makhluk. Tapi kamu ingin mengusir mereka dengan kasar. Kamu nggak malu sama Sang Buddha?

Anak : Jangan banyak bicara, mereka itu harus dimusnahkan dari sini. mereka nggak boleh ada disini.. mereka hanya pengganggu.

Saya : Ya sudah kamu tenang, mereka akan kami suruh pergi. Kamu jangan berteriak emosi lagi. Ingat disini ada Sang Buddha, kamu harus jaga emosi kamu.

Kemudian dengan sedikit mengalihkan perhatian saya tanya kepada si anak yg masih kerasukan tadi :

Saya : Kamu koq bisa ada di tubuh anak ini, kamu nggak kasihan sama anak ini ? Kamu kan ingin melindungi tempat ini, kenapa kamu nggak keluar aja dari tubuh anak ini? kan kamu bisa disini terus temeni Sang Buddha ?

Anak : Saya juga nggak mau ada ditubuh anak ini, saya di SEGEL disini, saya juga mau keluar tapi saya tidak bisa (Suara agak keras, masih emosi)

Saya : Ya sudah kamu kasih tau, gmn caranya biar kita bisa bantu kamu keluar dari tubuh anak ini, Siapa yg Segel kamu di tubuh anak ini ?

Kemudian tiba² anak ini menangis dengan terseduh, Saya juga mau keluar tapi saya tidak bisa,, segel ini yg membuatku tidak bisa keluar.. hikz.. hikz.. Saya pengen disini.. saya pengen dekat dengan Sang Buddha.. Tapi saya tidak bisa.. kata si anak sambil terus menangis.

Akhirnya saya dan beberapa pengurus Cetiya ikut menangkan si Anak. agar dia bisa sadarkan diri.

Kami seolah tidak tahu harus berbuat apa agar anak ini bisa "Sembuh" yang bisa kami lakukan adalah kebaktian dan meditasi bersama anak ini dengan harapan Kesadaran anak ini akan lebih kuat sehingga dia tidak dapat dirasuki lagi.

Namun setiap kebaktian/meditasi selalu berakhir seperti ini.. setiap ada anak lain yg kerasukan anak ini juga akan kerasukan.

Kepada teman² sedharma saya sangat mengharapkan saran dan bantuan dari teman² bagaimana agar anak ini bisa segera "Sembuh" karna kasihan sekali melihat kondisi anak ini juga makhluk yg ada ditubuh anak ini.

 _/\_

« Last Edit: 09 May 2009, 11:15:07 AM by lim »

Offline Xan To

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 481
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #1 on: 09 May 2009, 11:37:13 AM »
Minta tolong sama umat Buddha yang bisa "Ilmu" :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #2 on: 09 May 2009, 02:10:45 PM »
Kasihan ya..
kadang kalau baca2 cerita seperti ini, hantu sejenisnya itu sebenarnya lebih pantas dikasihani daripada ditakuti..


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #3 on: 09 May 2009, 03:08:23 PM »
maksudnya disegel disini apa dulu ?
apa anak ini pernah mempelajari suatu ilmu atw tubuhnya diisi sesuatu atw gimana ?
coba dikorek keterangan lg kalo pas anak itu kerasukan , diajak bicara makhluknya .
kalo makhluk yg punya kecendrungan baik , mungkin dia akan memberikan petunjuk .
anaknya mau bc paritta / liamkeng gak ? trus kalo kebaktian biasa baca paritta apa ?
thanks Buddha...

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #4 on: 09 May 2009, 03:18:56 PM »
Baca Jinapanjara Gatha , ratana sutta serta karaniya metta sutta. _/\_

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #5 on: 09 May 2009, 03:53:16 PM »
bawa ke RSJ
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #6 on: 09 May 2009, 03:57:35 PM »
^
^
:-SS

kasian lah.. masa dikit2 dibawa ke RSJ, nantinya dia akan stress karena dicap orang gila..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #7 on: 09 May 2009, 04:09:57 PM »
:)) maksudnya kan disono ada spesialis psikologi.... :D

sapa tau cuma masalah psikologi doank..... :D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #8 on: 09 May 2009, 04:17:17 PM »
bawa ke RSJ

kasian bro , org yg ngalamin hal kyk gini tu kasian bnget . g tau krn g pernah ngalamin bro .
kita tau diri kita sendiri , tp ada kekuatan lain yg mendominasi dan itu sngat menyusahkan .

thanks Buddha...

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #9 on: 09 May 2009, 04:24:41 PM »
kalo gitu no comment :|

masalah kek gini adalah masalah yg belum i mengerti......
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #10 on: 09 May 2009, 04:33:19 PM »
ada hal2 tertentu di luar medis juga seh..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #11 on: 09 May 2009, 04:34:10 PM »
bawa ke RSJ

kasian bro , org yg ngalamin hal kyk gini tu kasian bnget . g tau krn g pernah ngalamin bro .
kita tau diri kita sendiri , tp ada kekuatan lain yg mendominasi dan itu sngat menyusahkan .


terus bro gimana sembuhnya.. share di sini aja.. sapa tau dapat ilham
berobatnya ama sapa ? kalau sama kota dengan TS mungkin bisa membantu sekali..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Jhana78

  • Teman
  • **
  • Posts: 88
  • Reputasi: 4
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #12 on: 09 May 2009, 04:39:00 PM »
bro lim, kalo boleh saya kasih saran :

untuk menangani anak yang kerasukan :

1. mintalah dengan sopan dan lembut, agar makluk halus tersebut mau pergi. jika tidak berasil lakukan cara berikutnya.

2. jika yang kerasukan tidak ngamuk, ajaklah diskusi. gunakan kesempatan itu untuk menggali informasi dunia gaib. mereka akan memberikannya. dan tanyakan pula kepada mereka, apa yang dia perlukan untuk bisa keluar dari tubuh anak tersebut. jika cara ini belum berhasil, maka lakukan cara berikutnya.

3. pegang ubun-ubun anak tersebut, dan bacakan parita atau mantra-mantra yang sering dibaca oleh umat budhis di vihara. yang membaca harus konsentrasi dan tenang hati. lakukan hal ini selama 5 menit. jika kelihatan ada reaksi, maka teruskan. jika tidak, maka coba cara berikutnya.

4. pegang lambungnya, punggungnya, atau pundaknya anak yang sedang kerasukan tersebut. pejamkan mata anda dan berkonsentrasilah. rasakan ada semacam sesuatu yang halus yang bergerak-gerak di tubuh anak tersebut. sesuatu itu akan kontak dengan tangan anda. itu adalah makhluk halus yang merasuki anak tersebut.  apabila anda menahan nafas, maka energi yang memancar dari tangan anda dapat mendorong makhluk halus tersebut seperti anda menggeser sebuah benda. jadi, doronglah pela-pelan tangan anda ke arah ubun-ubun atau kaki. biasanya makhluk halus bisa keluar lewat ubun-ubun, jempok kaki, atau lubang-lubang, seperti lubang mulut dan dubur. Jika cara ini tidak berhasil, maka lakukan cara berikutnya.

5. cara kelima ini membutuhkan pengetahuan tentang urat-urat. di jempok kaki, betis, tangan atau kepala ada urat yang mampu membangkitkan kesadaran, seperti membangunkan orang pingsan. tekan urat tersebut sampai yang kesurupan meringis kesakitan. kesadarannya akan menguat dan mendesak makhluk halus yang merasukinya untuk keluar.

tapi ingat ya, jangan dipijit terlalu keras sehingga melukai anak tersebut. sekali lagi, ini memerlukan keterampilan dan pengetahuan tentang urat-urat.

untuk memberiskan tempat dari makhluk halus :

bersambung.....

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #13 on: 09 May 2009, 04:48:44 PM »
yg g lakukan adalah dgn terus2an rajin bc paritta/liamkeng , nienfo n meditasi .
dgn meditasi sati jd kuat n gak gampang dirasuki n g bener2 merasakannya .
g udh bnyk berobat tp ya hasilnya spt itu ... ud baik tp tar kambuh lg .
selama udh mengenal Buddhadharma hanya satu kali g pernah ngalaminya lg yaitu sekitar 3,5 thn lalu dan itupun krn g males liamkeng n medit ( kdg ada titik jenuh ).
skg sih udh mendingan bnyk sejak punya altar di rumah , trus g selalu melakukan pelimpahan jasa setiap selesai liamkeng , nienfo n medit , trus bljr pancarin metta jg n hasilnya cukup baik :)

makanya g nanya anak yg kerasukan itu mo bc paritta/liamkeng gak ?
« Last Edit: 09 May 2009, 04:52:41 PM by lophenk »
thanks Buddha...

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Melihat Seorang Anak Kerasukan
« Reply #14 on: 09 May 2009, 04:53:21 PM »
cuma mo mengingatkan aja......

kan katanya "makhluk" itu disegel, berarti makhluk itu emang udah berdiam di tubuh, jadi tinggal tunggu munculnya aja...

jadi bukan makhluk itu lalu merasuki kan? karena emang sudah merasuk hanya saja kadang2 on nya.. :P

dan katanya emang dia (makhluk itu) sendiri gak bisa keluar karena di segel....

mendingan .... ongkosin aja tuh si om jhana kesono... kan katanya dia punya "kemampuan" :whistle:
i'm just a mammal with troubled soul



 

anything