Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kunyah Permen Karet Tingkatkan Kemampuan Matematika  (Read 1047 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Kunyah Permen Karet Tingkatkan Kemampuan Matematika
« on: 24 April 2009, 11:54:15 AM »
CHICAGO - Banyak asupan konsumsi yang bisa bermanfaat bagi kesehatan dan bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam keahlian tertentu, misalnya kemampuan matematika. Sebelumnya pernah ada penelitian yang menyebutkan coklat bisa meningkatkan kemampuan berhitung.

Kali ini, studi terbaru di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa permen karet selain dapat mengendalikan asupan kalori ternyata juga dapat meningkatkan kemampuan matematika, demikian yang dilansir dari Reuters, Jumat (24/4/2009).

Adalah Craig Johnson dari Baylor College of Medicine, Houston, Texas, bersama dengan tim risetnya meneliti empat kelas matematika berisi 108 pelajar berusia 13 hingga 16 tahun di Houston.

Setengah dari keseluruhan pelajar diizinkan mengunyah permen karet bebas gula selama pelajaran, saat mengerjakan PR dan ketika ujian. Sebaliknya, setengahnya lagi tidak diperbolehkan makan permen karet.

Setelah 14 pekan, pada ujian matematika nilai murid yang mengunyah permen karet naik sekira tiga persen. Bahkan saat ujian akhir, nilai mereka mengungguli pelajar yang tidak mengunyah permen karet. Hasil temuan tersebut, menurut para ahli, berkorelasi dengan tingkat stres pelajar.

Gil Leveille, Direktur Eksekutif dari Wrigley Research Insitute, yang juga produsen permen karet di Amerika menanggapi hal ini dengan gembira. "Untuk pertama kalinya kami bisa memperlihatkan dalam situasi nyata bahwa murid-murid memperlihatkan kemampuan matematika yeng lebih baik pada saat mereka diizinkan mengunyah permen karet," ujarnya.

source